Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 5 Hal yang Bisa Membuat Tagihan Listrik Membengkak!



Di zaman yang serba modern ini pasti kita semua pastinya sudah terbiasa menggunakan barang elektronik canggih terkini. Dengan banyaknya barang elektronik yang kita gunakan, tidak mengherankan jika penggunaan listrik di rumah seakan-akan menjadi salah satu hal tidak bisa dihindari. Meskipun tersedia banyak model, dalam pembayaran tagihan listrik tetap saja banyak orang sering menyepelekan penggunaan barang elektronik, sehingga membuat tagihan listrik di rumah menjadi membengkak.

Nah, buat kamu yang sering melakukan berbagai aktivitas dalam hal menggunakan listrik, kali ini saya akan memberikan beberapa hal kecil yang disepelekan banyak orang, padahal hal tersebut malah justru berdampak buruk hingga berdampak tagihan listrik yang bengkak.




1. Menggunakan dispenser 24 jam tanpa henti

Agar kebutuhan air minum terpenuhi banyak orang kini menggunakan dispenser sebagai opsi terpenting. Kebanyakan orang saat menggunakan dispenser menyolokkannya selama 24 jam penuh, hal tersebut lakukan supaya dapat menikmati air minum kapanpun diperlukan. Padahal hal sepele seperti ini malah justru dapat menyedot daya listrik yang begitu besar. Mengenai hal tersebut sebaiknya kamu dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan dispenser dengan cara mencolokkan dispenser selama 15 menit sebelum digunakan.

2. Lupa untuk mencabut charger dari stop kontak 

 

Hal ini menjadi sangat sepele dan sering kali di hiraukan, jadi tak heran banyak sekali orang yang melakukannya. Perlu kamu ketahui bahwa lupa mencabut charger dari stop kontak juga dapat berisiko mengambil daya listrik yang begitu banyak secara cuma-cuma, lho. Apalagi kalau sering dilakukan dan ada lebih dari satu charger yang terhubung ke stop kontak, maka hasilnya pun akan tetap saja boros. Hal ini pun menjadi penyebab dari tagihan listrik yang membengkak.


3. Terlalu lama membuka tutup kulkas 

 

Meski terdengar sangat sepele dan banyak diremehkan banyak orang, membuka tutup kulkas terlalu lama juga dapat berdampak pada membengkaknya tagihan listrik. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan kulkas sebaik mungkin dengan cara hanya membukanya saat diperlukan saja sehingga kamu nggak perlu lagi sering membuka tutup kulkas.

Baca juga : 4 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga agar Pengeluaran Keluarga Tidak Boros

4. Memasukkan makanan dan minuman masih panas ke dalam kulkas

Hal seperti ini pasti sering banget terjadi saat kita sedang memasak sesuatu. Terkadang pasti kita akan merasa terburu-buru dan tidak sabar untuk mendinginkan olahan, sehingga kita memaksakan untuk menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas. Padahal hal tersebut akan membuat suhu di dalam kulkas menjadi lebih panas sehingga kulkas membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa menyesuaikan suhu tersebut. Jadi, tak heran jika kebiasaan yang sering disepelekan ini dapat membuat tagihan listrik menjadi melonjak begitu pesat.

5. Menggunakan setrika dengan suhu yang tinggi

Yang sering melakukan hal ini biasanya para ibu-ibu rumah tangga yakni dengan mengatur suhu tinggi meskipun baru saja di colokkan. Hal ini menjadi alasan supaya setrika lebih cepat panas dan bisa segera digunakan. Padahal hal sepele ini bisa membuat daya listrik menjadi melonjak dan berdampak tagihan listrik yang begitu besar. Untuk menghindari hal ini kamu bisa mengatur suhu setrika sesuai dengan bahan pakaian yang akan disetrika. Hal seperti ini dirasa sangat efektif untuk meminimalisir penggunaan daya dari mesin setrika tersebut.

Nah, itulah lima hal yang terkadang sering dianggap remeh oleh beberapa orang namun sebenarnya malah membuat tagihan listrik menjadi melonjak drastis. Kalau kamu ingin lebih menghemat tagihan listrik dirumah coba dulu untuk mengurangi melakukan hal sepele di atas selama satu bulan penuh dan coba cek tagihan listrik kamu bulan depan.

20 Comments

  1. Poin 1 dan 2 yang sering saya lakukan hehe

    ReplyDelete
  2. Terlihat sepele ya bun. Padahal nyedot listrik jadi gede kalau dibiarin terus-terusan. Aku baru tahu juga kalau masukin makanan panas-panas ke kulkas bisa nyedot listri ya

    ReplyDelete
  3. No.2 nih yang selalu disepelekan,padahal charger smarphone sudah nggak digunakan lagi tapi tetap aja di colokin ke listrik,dan tetiba tagihan membengkak malah ngedumel.

    Semoga kita lebih bijak dalam penggunaan listrik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. saya nih yg masih suka nyolokin walau hp nya dah full baterai. jd keinget kan... abis ini saya tarik deh dan simpan yg rapi

      Delete
  4. nomor 2,3 dan 4 tuh paling sering anak-anak dan suami lakukan, bete maksimal saya tiap saat ngingetin, kudu istigfar mulu kali ya, biar bisa nggingatin terus.
    Padahal, apa sulitnya ya charger itu dicabut dulu setelah nggak digunakan

    ReplyDelete
  5. Cuma nomor 3 aja nih yang masih susah, anak-anak tuh suka lama kalau buka kulkas, huhu...

    ReplyDelete
  6. Nomor 2 sama 3 nih di rumah suka di lakuin ternyata itu bikin tagihan gede ya, great info 😊

    ReplyDelete
  7. Nah anak saya mah paling suka buka buka kulkas tuh. Adem katanya. Hahaha... Ternyata itu bisa bikin bengkak tagihan listrik ya. Duuh... Sekarang ta larang deh

    ReplyDelete
  8. Aku dispenser selalu nyolok karena kalau dilepas atau matiin bukannya tambah naik ya? Nah kalau colokan charger sih gak pernah nancep terus di stop kontak.

    ReplyDelete
  9. Wah, yang terakhir nih masih suka lupa. Nyari baju yang mau disetrika dengan setrika udah dalam posisi panas banget. Untuk yang lain, Alhamdulillah udah enggak lagi.

    ReplyDelete
  10. Nah ini aku banget lupa cabut charger hp ternyata diam2 bsa bkin tagihan listrik naik juga ya mba

    ReplyDelete
  11. Duh, cabut charger ini yg suka lupa..
    Makanya tagihan kok trs membengkak..
    Makasih sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  12. Naaahh colokan itu tu kyk vampir listrik makanya skrng aku tu ngomel kalau ada colokan gak tercabut juga ngomel kalau kulkas gak ditutup hahaha
    Hemat listrik penting sekali soalnya itu berarti kita berkontribusi jg menyelamatkan lingkungan ya mbak :D

    ReplyDelete
  13. Iyaa loo..
    Mbak iparku lebih memilih ke laundry untuk mencuci dan menyetrika, katanya....karena bisa lebih menghemat pengeluaran listrik.
    Sebegitu signifikannya yaa...

    ReplyDelete
  14. aku sering missing yang nomor 2 mba, kalao nomor 3 pernah tapi gak sering, makasih banyak informasinya karena tadinya aku ga tau kalau nyetrika panas-panas bisa bikin listrik mahal

    ReplyDelete
  15. Hiks yang nomor 3 jadi inget kemarin kulkasku ternyata gak ketutup pas ditinggal kerja. Seharian ampe hilang dinginnya semua isi kulkas. Wah jadi khawatir nih membengkak tagihan listriknya. Terima kasih mbak sudah mengingatkan. Charger juga case yang sering terjadi

    ReplyDelete
  16. Jleb banget nih kelima poinnya, terutama yang membuka pintu kulkas lama-lama, duh ... saya perlu sering ngecekin kulkas nih. Takut dibuka anak anak dan dia lupa nutupnya. Terus kalau memasukkan makanan yang panas ke dalam kulkas, alhamdulillah belum sih, karena khawatir kulkas rusak juga. Nah, jeng jeng banget nih kalau soal setrikaan. Kadang karena buru buru dan nggak sabaran pengen lekas selesai (soalnya saya nggak suka nyetrika) akhirnya dinyalakan full itu panasnya, biar lekas kelar kerjaan.

    ReplyDelete
  17. Aih, semuanya masih saya lakukan di rumah :( kerasanya sepele banget tapi ternyata itu vampir listrik ta,, pantesan tagihan listrik ga turun2

    ReplyDelete
  18. Bocil nih paling suka buka kulkas lama-lama. Kalau yang sering colokin air panas dispenser dan lupa matiin anakku yang gede mbak. Emang ya kadang sepele sepele gitu bisa bikin tagihan listrik bengkak

    ReplyDelete
  19. Aku banget nih pernah empat dari lima hal di atas, hehe apalagi anakku sekarang lagi suka buka2in kulkas :( kalo dispenser alhamdulillah ngga pernah nyalain :D

    ReplyDelete