4 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga agar Pengeluaran Keluarga Tidak Boros

4 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga agar Pengeluaran Keluarga Tidak Boros


Sebagai menteri keuangan di keluarga, saya berusaha membiasakan diri mencatat pengeluaran rumah tangga. Mulai dari tagihan bulanan, hutang, biaya makan, kebutuhan bayi, hingga printilan kecil seperti cemilan untuk di rumah. Dari pencatatan ini, saya tentunya jadi mengetahui di pos mana saja pengeluaran terbesar dari rumah tangga kami dan apakah kami termasuk keluarga yang boros atau hemat. Heu.

Menurut teman-teman sendiri, kira-kira apa saja sih yang menjadi faktor borosnya pengeluaran rumah tangga? Kalau menurut pengalaman saya sih, dari belanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan, gas untuk memasak, hingga membayar aneka tagihan seperti air dan listrik bisa dijadikan sebagai pemicunya. Selain air, listrik memang merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sepertinya tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia, dan mungkin dikarenakan hal itulah, kita sebagai warga negara diharuskan untuk membayar air dan listrik yang telah kita gunakan tersebut.

Lalu, apa yang terjadi jika kita tidak membayar? Tidak menutup kemungkinan aliran listrik akan diputus sepihak. Dengan penggunaan listrik secara terus- menerus, tentu saja hal tersebut juga akan mempengaruhi pengeluaran rumah tangga. Semakin tinggi intensitas penggunaan listrik yang kita lakukan, semakin boros pula dana yang diperlukan untuk pengeluaran rumah tangga. Nah, agar pengeluaran rumah tangga tidak semakin membengkak karena penggunaan listrik berlebih, tidak ada salahnya apabila kita mulai lebih hemat dalam penggunaan listrik.

Selain lebih hemat, mengurangi penggunaan listrik juga bisa memberikan dampak positif bagi bumi lho. Ingin tahu cara hemat listrik rumah tangga? Ikuti saja beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Hemat Listrik Rumah Tangga

1. Gunakan Listrik dengan Sistem Pulsa

Meskipun belum diaplikasikan di seluruh rumah, namun saat ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memberlakukan pembayaran listrik dengan menggunakan sistem pulsa, sehingga masyarakat dapat menentukan sendiri berapa jumlah listrik yang sekiranya dibutuhkan. Dengan menggunakan sistem pulsa, pengeluaran rumah tangga akan sedikit lebih terhitung dan terkontrol tanpa adanya penggunaan listrik berlebih.

Selain itu, penggunaan listrik dengan sistem pulsa juga secara tidak langsung memaksa masyarakat untuk menggunakan listrik dengan lebih bijak, sehingga tentunya akan membantu anda dalam mengatur kondisi finansial rumah tangga.

2. Mencabut Barang Elektronik yang Tidak Digunakan


Saat ini, hampir seluruh aktivitas kita didukung oleh hadirnya aneka ragam peralatan elektronik canggih, mulai dari TV, penanak nasi, setrika, hingga pendingin ruangan (AC). Dengan begitu banyaknya peralatan elektronik yang ada, pastinya tidak seluruhnya kita gunakan sekaligus atau bersamaan, apalagi ketika kita tengah tidak ada di rumah.

Setelah menggunakan suatu peralatan elektronik, ada baiknya untuk segera mencabut stop kontak dari barang-barang elektronik yang tidak terpakai. Sebagai contoh, ketika ingin pergi atau keluar kamar, jangan lupa untuk mematikan Ac. Begitu pula ketika sebelum tidur, matikanlah TV terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil seperti itu akan memberikan dampak yang cukup signifikan lho, salah satunya yaitu dengan lebih menghemat pengeluaran listrik rumah tangga.

(Baca Juga: 4 Cara Cek Tagihan Listrik, Bayarnya? Pakai Kartu Kredit Aja)

3. Menyalakan Lampu Seperlunya

Tidak dapat dipungkiri bahwa lampu merupakan salah satu kebutuhan pokok yang mendukung hampir sebagian besar aktivitas yang kita lakukan. Meskipun lampu itu sendiri membantu kita dalam beraktivitas di malam hari, tetapi belum tentu di siang hari, dan cara inilah yang bisa anda siasati dalam menghemat pengeluaran listrik rumah tangga.

Ketika siang hari, usahakanlah untuk lebih memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan dibandingkan menyalakan lampu. Sedangkan untuk malam hari, anda bisa hanya menyalakan lampu seperlunya saja. Sebagai contoh ketika ingin keluar kamar, jangan lupa untuk matikan lampu terlebih dahulu. Terlihat kecil memang, namun perlu diketahui bahwa penggunaan lampu bisa saja menjadi penyebab membengkaknya pengeluaran listrik rumah tangga anda.

Baca juga : Mau Cari atau Jual Rumah Murah di Bandung? Ini Informasinya





4. Jangan Meninggalkan Peratalan Elektronik dalam Keadaan Menyala Ketika Tidur

Sering kali kita lupa untuk mematikan peralatan elektronik sebelum pergi tidur. Nah, kebiasaan inilah yang mungkin harus segera dirubah. Perlu diketahui bahwa meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan menyala selama satu malam penuh tidak hanya membuat pengeluaran listrik rumah tangga menjadi bengkak tetapi juga sekaligus mengurangi masa dari barang elektronik itu sendiri.

Setiap perangkat teknologi memiliki jangka waktu penggunaan. Sebagai contoh, satu perangkat teknologi hanya mampu bertahan digunakan selama 5 tahun saja. Tetapi jika Anda menggunakannya secara berlebih tentu akan mengurangi jangka waktu penggunaan dari perangkat teknologi tersebut.

Faktanya, banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan ketika hemat penggunaan listrik, dan sebenarnya banyak sekali cara-cara yang bisa anda dapatkan dalam menghemat penggunaan listrik itu sendiri. Mengurangi penggunaan listrik tidak hanya mempengaruhi pengeluaran rumah tangga saja tetapi juga sekaligus berkontribusi dalam melindungi bumi dan memperpanjang jangka waktu penggunaan dari suatu barang elektronik.

Ingin tahu cara mudah menghemat listrik rumah tangga lainnya? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/


Post a Comment

8 Comments

  1. Kagum dengan Konsistensi Menulisnya Kak

    ReplyDelete
  2. Waaah benar tuh setiap alat elektronik ada jangka waktu penggunaannya. Kulkas misalnya. Itu buat 9thn aja. Kalau digunakan lebih dari 9thn jadi nggak hemat energi lagi. Makasih sudah mengingatkan mb antung..

    ReplyDelete
  3. Aku yang 2 sampai akhir setuju banget tapi ga suka kalo yg pake pulsa, asli sih ga enak ah apalagi kalo tiba-tiba abis. Ribet syekali. HUHU :(

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, aku sudah mengamalkan 4 cara ini. Dan memang terasa sekali hematnya. Energi listrik jadi tidak terbuang percuma.

    ReplyDelete
  5. Aku meskipun ngekos tapi listriknya token jadi harus hemat hemat hehe

    Alhamdulillah, kamarnya ada jendelanya jd kalo siang gak perlu nyalain lampu.

    ReplyDelete
  6. Mencabut barang elektronik yang tidak digunakan nih yang masih suka lupa. Kalau buru-buru keluar rumah pasti deh gak sempet buat nyabutnya..

    ReplyDelete
  7. Udah lama denger ini listriik dengan sistem pulsa, tapi belum berniat untuk nyobain ribet nggak sih mba?

    ReplyDelete
  8. Aku mau mulai menerapkan tips ini juga ah

    ReplyDelete