Tempat Wisata Keluarga di Batu Malang yang Ingin Dikunjungi

Tempat wisata keluarga di Batu Malang - Beberapa tahun lalu, saya melakukan perjalanan ke kota Surabaya bersama adik dan seorang temannya. Kedatangan kami ke kota Buaya tersebut dalam rangka menghadiri pernikahan sahabat adik saya yang berlokasi di Masjid Al Akbar Surabaya. Lucunya, alih-alih menginap di dekat lokasi pernikahan, kami malah memilih menginap di salah satu hotel di kota Surabaya yang notabene cukup jauh dari lokasi pernikahan.

Di hari pernikahan, sambil mengisi waktu hingga resepsi di malam harinya, saya dan adik mengunjungi salah satu mal yang ada di dekat mesjid. City of Tomorrow kalau tidak salah nama mall-nya. Nah, saat berada di mal ini iseng saya meng-update status tentang keberadaan saya di Surabaya. Eh, ternyata ada teman sesama MP-ers yang mengajak saya ketemuan. Singkat kata, kami pun kopdar di foodcourt City of Tomorrow.

"Bagaimana kalau besok kita ke Malang?" ajak Ino, nama sobat MP-ers itu pada saya siang itu.

Berhubung waktu itu saya juga tidak ada rencana jalan-jalan tentunya ajakan tersebut langsung saya setujui. Kapan lagi coba saya bisa mengunjungi tempat wisata di Malang? Apalagi ada temannya. Pastinya akan lebih menyenangkan. Sayangnya baik adik saya maupun temannya menolak ikut dengan alasan kelelahan.

Keeseokan harinya, pukul 6 pagi saya berangkat dari hotel menuju terminal Bungurasih dan bertemu Ino di sana. Dari terminal ini kami naik bis menuju kota Malang kemudian dilanjutkan dengan naik angkot menuju Batu. Tujuan kami waktu itu adalah Jatim Park 2 yang kala itu baru dibuka.

Jujur saat pertama kali mengunjungi Jatim Park 2 ini saya sukses dibuat terkagum-kagum dengan konsepnya yang seperti kebun binatang raksasa. Di sini saya dipuaskan melihat aneka macam binatang dari yang hidup hingga yang sudah jadi fosil. Tak ketingggalan juga saya mencoba beberapa wahana yang ada di Jatim Park 2 tersebut.

Kenang-kenangan di Jatim Park 2

Sayangnya karena keterbatasan waktu hari itu saya hanya bisa mengunjungi Jatim Park 2. Usai menghabiskan waktu seharian di Jatim Park 2, saya pun pulang kembali ke Surabaya menemui adik saya dan temannya.

Baca juga :  4 Tips Perjalanan Nyaman Di Kereta Api Dengan Si Kecil

Tempat Wisata Keluarga di Batu Malang yang Ingin Dikunjungi

Berhubung saat berkunjung ke Batu dulu saya hanya sempat ke Jatim Park 2, pastinya ada keinginan saya untuk kembali dan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di kota tersebut. Apalagi sekarang saya juga sudah berkeluarga dan memiliki 2 buah hati. Pastinya saya ingin anak-anak saya juga bisa menggunjungi tempat wisata yang pernah saya kunjungi.

Setahu saya, saat ini ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Batu Malang. Nah, berikut adalah daftar tempat wisata yang ingin saya kunjungi bersama keluarga saat berada di kota Batu:

1. Jatim Park

Rasanya tidak afdol ya kalau ke Batu tanpa mengunjungi wisata Jatim Park-nya. Jatim Park sendiri merupakan tempat wisata yang dibangun oleh Jatim Park Group. Saat ini setahu saya sudah ada 3 Jatim Park yang dibangun yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo) dan Jatim Park 3.

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata yang memadukan konsep wahana rekreasi dan edukasi sehingga anak bisa bermain sekaligus belajar. Setidaknya ada 60 wahana yang bisa dinikmati di tempat ini. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu dengan harga tiket masuk reguler Rp. 70.000,00 di hari kerja dan Rp. 100.000,00 untuk hari libur.

Jika Jatim Park 1 berfokus pada wahana rekreasi, maka Jatim Park 2 merupakan sebuah kebun binatang besar yang terbagi menjadi 3 area yakni Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park. Selain bisa melihat aneka satwa binatang, di Jatim Park 2 juga terdapat beberapa wahana permainan. Jatim Park 2 berlokasi di jalan Raya Oro-oro Ombo no. 9 Temas Kota Batu Malang.

Wahana terbaru dari Jatim Park adalah Jatim Park 3 yang mengambil konsep modern. Di tempat ini kita bisa mencoba berbagai wahana antara lain Dino Park, Galeri Musik Dunia, Fun Tech dan The Legend Star. Jatim Park 3 berlokasi di jalan Ir. Soekarno No. 144 Beji Kecamatan Junrejo kota Batu Malang. Adapun untuk tiket masuknya bisa dibeli per zona wisata atau membeli tiket terusan.

2. Museum Angkut

Sumber : http://www.datawisata.com

Museum Angkut merupakan museum yang mengajak kita untuk berkenalan berbagai alat transportasi dan angkutan dari berbagai belahan dunia. Museum ini diresmikan pada 9 Maret 2014 dan merupakan tempat wisata pertama yang mengusung konsep wisata  angkutan di Indonesia. Di  Museum Angkut ini kita bisa belajar sejarah tentang sejarah transportasi yang terbagi menjadi beberapa zona yakni :

• Hall Utama yang memamerkan koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia.
  • Zona edukasi, yang memperlihatkan bagaimana perkembangan dunia transportasi.
  • Zona Sunda Kelapa dan Batavia, di sini kita bisa melihat replika pelabuhan Sunda Kelapa tempo dulu lengkap dengan miniatur kapal-kapal yang sedang berlabuh. Di area ini juga terdapat toko-toko dengan nama ejaan dalam bahasa Belanda dan juga pastinya alat transportasi yang sering digunakan pada masa itu.
  • Zona Gangster dan Broadway Street, di mana kita akan diajak jalan-jalan ke California dan New York yang dikenal sebagai kawasan gangster dan broadway di Amerika sana.
  • Zona Uni Eropa. Di zona ini kita bisa melihat koleksi mobil-mobil Eropa seperti Vespa, Volkswagen dan juga Roll Royce.
  • Zona Buckingham Palace, di zona ini kita bisa melihat replika Buckingham Palace dan tentunya perkembangan transportasi yang ada di Inggris.
  • Zona Las Vegas. Bagi yang penasaran dengan kota Las Vegas, bisa mengunjungi zona ini.
  • Zona Hollywood. Sesuai namanya, zona ini pastinya menggambarkan bagaimana suasana di Hollywood termasuk replika kendaraan yang digunakan dalam film-film box office.

Museum Angkut berlokasi di jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur dan buka dari pukul 12.00 - 20. 00 WIB. Tiket masuk untuk Museum Angkut ini adalah Rp. 70.000,00di hari kerja dan Rp. 100.000,00 hari libur.

Baca juga : Pengalaman Mengajak Bayi Travelling

3. Batu Nigth Spectacular

Batu Night Spectacular merupakan tempat rekreasi populer di kota Batu yang buka dari sore hingga malam hari. Beberapa wahana yang ada di Batu Night Spectacular antara lain:

• Spectacular Show, berupa parade laser show dan adanya air mancur menari yang pastinya menyajikan pertunjukan yang mengagumkan
  • Merry Go Round, yakni komidi putar yang dilengkapi dengan berbagai macam permainan lampu yang indah
  • Lampion Garden, menyajikan berbagai bentuk lampion yang indah dan menawan
  • Bioskop 4D
  • Rumah Kaca, merupakan sebuah wahana penuh misteri dan penuh dengan jebakan kaca.
  • Rumah Hantu
  • Karaoke Keluarga
  • Go Cart
  • Sepeda Udara
  • Trick Art Galery

Lokasi dari Batu Night Spectacular ini juga tak jauh dari Jatim Park 2 yaknj di jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Batu, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu. Untuk tiket masuknya, setiap pengunjung akan dikenai biaya Rp. 30.000,00 di hari kerja dan Rp. 40.000,00 di hari libur.

4. Selecta

Sumber : https://travelspromo.com

Selecta merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup lama ada di kota Batu Malang. Taman Selecta ini dibangun oleh warga Belanda di jaman penjajahan bernama Ruyter de Wildt diantara tahun 1920 sampai 1928. Dulunya tempat wisata ini hanya diperuntukkan sebagai tempat peristirahatan orang Belanda. Namun sejak tahun 1950, taman Selecta pun mulai dibuka untuk umum hingga sekarang menjadi salah satu primadona di kota Batu Malang.

Salah satu hal yang paling menarik dari taman Selecta ini adalah adanya taman bunga seluas 10 ha dengan puluhan spesies bunga yang pastinya sangat indah dipandang. Di taman ini bunga-bunga dikonsep dengan petak-petak persegi yang sangat teratur dan bermekaran sesuai musimnya. Jenis bunga yang ada di taman ini antara lain Kana, Krisan, Ajisai dan berbagai bunga lain yang ada di Indonesia. Perlu diingat pengunjung dilarang memetik bunga yang ada di taman/

Tak hanya itu taman bunga, Taman Selecta juga memiliki berbagai wahana lain yang pastinya sayang untuk dilewatkan, yakni:
  • Sky bike
  • Waterpark
  • Menunggang kuda
  • Perahu ayun
  • Nonton bioskop 4 D
  • Pasar bunga
Taman Selecta berlokasi Jl. Raya Selecta No. 1, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur dan buka dari pukul 06.00 - 17.00. Tiket masuk ke taman ini sebesar Rp. 35.000,00 setiap harinya belum termasuk tiket untuk wahana yang ada di dalam taman.

Itu dia beberapa tempat wisata keluarga di Batu Malang yang ingin saya kunjungi. Biar nggak ribet, pastinya saya akan memilih hotel atau penginapan yang ada di sekitar kota Batu. Nah, untuk mencari hotelnya sendiri, saya bisa mencari promo hotel Batu di Traveloka. Ada banyak sekali pilihan hotel mulai dari bintang 2 hingga hotel bintang 5. Saya tinggal memilih sesuai dengan budget yang saya miliki.

24 Comments

1. Wahh, saya selalu kepengen ke Museum Angkut. Bisa menyegarkan feed instagram nih
    hihihi

ReplyDelete
  2. Sepengin itu ke Malang, tapi belum kesampaian karena tiket pesawat agak keluar dari budget. Kalau naik kereta lumayan pegel. Hahaha... serba salah. Aku pengin banget ke Museum Angkut.

3. Asyikkkk dapat rekomendasi tempat wisata di Malang.. Makasih mbaaa, entar tinggal mikirin transportasi karena hotelnya bisa dicari lewat Traveloka :)

4. Menarik skali y kak tempatny. Apalagi liat foto pertama kakak hebat bs foto sm harimau hehe

ReplyDelete
  5. menarik sekali Taman Selecta Malang, pantas saja sebagai primadona wisata kota malang. Kalau ke malang mampir akh ...

6. Jatim Park dan Museum Angkut, kalau itu impian wisata di Malang yang ingin saya kunjungi. Apalagi yang museum angkut itu kelihatan instagramable banget. Jadi asyik buat foto-foto di situ.

7. Aku kmrn dari selecta mbak, memang sekarang makin keren ya mbak... Yang belum keturutan museum angkut, abis baca ulasannya jadi pingin cus ke sana deh...

ReplyDelete
  8. Kakakku udah ke Museum Angkut dan foto-fotonya bikin aku mupeng ke sana mba semoga nih abis beres urusan bisa kumpulin uang lagi biar liburan bareng keluarga aamiin :)

9. Walah lah kok sama ya impian yang dikunjunginya. Anak saya ini selalu minta ke Jatim Park sama Museum Angkut. Semoga deh segera tercapai secepatnya. Amin

Kalau Selecta kok saya jadi kepikiran masa kecil, setiap main monopoli selalu ada kebagian nginap di Selecta. Sampai sekarang belum pernah ke sana. Hehehe

ReplyDelete
  10. Taman Selecta . Mak i pernah cerita sewaktu muda pernah kesana. Tempat liburan di kota batu Malang .Ternyata sensasi taman bunga terus eksis . Apalagi jaman sekarang yang di lengkapi dengan aneka permainan

Replies
    1. Selekta itu zamanku kecil adalah tempat perpisahan wajib anak SD hehehe :D

Delete
  11. Wahh pas banget nih saya pingin banget ke Malang dan wisata kesana .saya dlu saat anak2 kecil pernah ke Jatim Park .bagus bngt disana tapi blum pernah ke Musium Angkut ..baca tulisannya jadi ada pencerahan musti ksana buru2 hehhe

ReplyDelete
  12. Udah lama banget aku tak ke Malang, terakhir ke sana pas nikahan teman, tahun 2009 kalau gak salah itupun cuma di alun2.
    Moga tahun ini ada kesempatan pergi ke Malang soalnya anak2ku blm pernah ke sana hehe

13. aaaah kangen kota Batu deh, hawanya itu bikin tenang dan makanannya terjangkau hampir semua hehehe

ReplyDelete
  14. Batu malang nih kece kece banget tempat wisatanya yaaaa. Pengen banget deh ke Jatim Park sama Museum Angkutnyaaa

15. Selain ke Semarang ke Malang juga masuk dalam Whistlist aku, pengen banget bisa kesini, udh bikin itinerary sih tp kenapa ga tertarik ke BNS haha. . Jd itu ga dimasukkan

16. Sudah ada wahana baru ternyata di Jatim park, kapan ya bisa kesampean ke sana ingin juga berwisata ceria 😃

ReplyDelete
  17. Akupun belum semuanya kak,, Sama Kita kpingin bngt kmrin cuma ke Batu Aja sama teman2 kuliah dh dh lbngt gk k malang lg,,,

18. Jatim Park dan Museum Angkut merupakan salah satu destinasi impian saya kalau liburan bersama anakku. Apalagi kemarin lihat beberapa teman pada liburan kesana, bikin tambah mupeng ingin cepat liburan. Nah, biasanya saya juga pakai Traveloka untuk mencari hotel.

19. Lihat tulisan ini jadi makin pengen ke Malang, padahal belum pernah sama sekali. Asli penasaran sama berbagai macam kuliner dan tempat wisatanya yang kerenn. Recommended nih mba

ReplyDelete
  20. Berani banget sih, Mba moto sama harimau. Saya sama babynya aja dah ngeri2 gitu. Apalagi sama emaknya. Hiii..

21. Kemarin mau ke Malang gak jadi krn waktunya mepet. Skrng di sana makin banyak tempat rekreasi gtu ya. Makin banyak pilihannya. Taman kotany yang gak berbayar jg makin oke

22. pengen anget ke Museum Angkut belum kesampaian samapi sekarng huhu

ReplyDelete
  23. Pas ada planning mau ke Malang, pas baca artikelnya Kak Antung ini. Kayaknya nanti mau coba eksplorasi Malang sekalian ke Batu deh sama anak lanang yang kebetulan memilih liburan ke Malang. Makasi sudah menuliskannya ya, Kak