Mengenal Lebih Dekat dengan 8 Gejala Anak Intoleransi Laktosa


Mengenal Lebih Dekat dengan 8 Gejala Anak Intoleransi Laktosa


Susu termasuk dalam minuman yang sangat menyehatkan. Bagi bayi dan juga anak-anak sendiri, konsumsi minuman yang satu ini penting dilakukan, dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi mereka. Namun tahukah teman-teman bahwa ternyata tidak semua orang dapat mengkonsumsi susu? Hal ini dikarenakan ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa atau yang dikenal intoleransi laktosa. Laktosa sendiri adalah jenis gula yang terdapat susu dan produk susu. Namun teman-teman tak perlu khawatir karena ada probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktosa yang ditawarkan sekarang ini untuk mengatasinya.

Kondisi intoleransi laktose ini sebenarnya adalah hal yang sangat umum terjadi, tak hanya pada anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa. Jika anak-anak terkena intoleransi laktosa, maka sampai usia dewasa mereka tidak bisa sembarangan mengkonsumsi susu, hanya beberapa jenis yang dianjurkan untuk penderita intoleransi laktosa tersebut. 
 

Adapun beberapa gejala terkait dengan kondisi ini yang patut untuk dikenali, diantaranya adalah:
  1. Sakit perut. Sakit perut yang dialami oleh mereka yang intoleransi laktosa umumnya sama seperti orang yang sakit perut karena diare.
  2. Kram, ketika kondisinya cukup parah, maka tak jarang pula perut akan mengalami kram.
  3. Kembung, sendawa berkali-kali namun sulit untuk kentut atau mengeluarkan angin dari dubur.
  4. Diare, buang air besar berkali-kali, dengan kondisi feses yang juga cair, bahkan terkadang disertai dengan buih.
  5. Mual, selain diare maka mereka yang mengalami masalah semacam ini umumnya juga akan merasakan mual bahkan muntah-muntah.
  6. Keluar suara bergemuruh pada bagian perut, seperti suara air.
  7. Ruam, beberapa anak terkadang juga ada yang mengalami ruam di sekujur tubuhnya, gatal dan kulit memerah.
  8. Menyebabkan pertumbuhan dan juga perkembangan buah hati menjadi lebih lambat. 
Baca juga : Yuk, Terapkan Pola Hidup Sehat dan Konsumsi Air Terbaik


Jika anak kita sudah terkena intoleransi laktosa ini, sebaiknya kita harus berhati-hati. Karena meskipun dikatakan sepele, namun kasus yang satu ini bisa mempengaruhi perkembangan anak dan juga kondisi mental di masa yang akan datang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah segera menggganti produk susu yang menyebabkan alergi tersebut dengan yang lebih aman. Teman-teman bisa membelinya di Go Apotik. Tak hanya itu, di sini kita juga bisa menemukan juga beragam jenis obat, termasuk diantaranya adakah obat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Post a Comment

2 Comments

  1. Repot ya kalo anak sampai mengalami intolerensia laktosa gitu. Aku sih cuma mual kalo disodori susu sapi, yg murni atau yg bubuk :( Tapi waktu kecil sih doyan minum susu sapi. Nggak tau deh berbaliknya pas umur berapa.

    ReplyDelete