[FBBKolaborasi] Ngeblog Zaman Now

Ngeblog Zaman Now


Beberapa tahun lalu, saat saya mulai ngeblog, tak pernah terpikirkan kalau urusan diary online ini bisa menghasilkan uang. Blog yang dulunya dikenal sebagai tempat curhat kini menjelma menjadi media penyebar informasi dan bahkan juga promosi. Saya yang dulu menulis sesuka hati pun kini mulai belajar lagi untuk bisa lebih baik. Mulai dari cara membuat konten, SEO dan berbagai hal lain yang membuat saya layak disebut blogger profesional.

Saya sendiri mulai berkenalan dengan dunia blog selepas masa kuliah. Sebuah warnet menjadi saksi bagaimana saya membuat blog saya untuk pertama kalinya. Jujur saya lupa apa nama blog tersebut. Saya bahkan lupa mengisinya selama beberapa waktu. Hingga kemudian saya berpindah platform lain dan cukup aktif di dalamnya. Sekarang, saya bersyukur karena hingga hari ini bisa tetap aktif ngeblog bahkan mendapat rezeki dari blog. 

Seiring dengan reputasinya yang semakin meningkat, dunia blog sekarang juga semakin banyak dilirik orang. Sebagai blogger lawas namun gitu-gitu aja prestasinya saya tentunya senang dengan hal ini. Ini menandakan semakin banyaknya orang yang melek dengan dunia menulis dan mulai belajar menggelutinya. Secara tidak langsung, ini juga bisa meningkatkan tingkat literasi di negara kita.


Bicara tentang perkembangan blog sendiri, tentunya adanya sedikit perbedaan antara ngeblog di awal-awal kemunculannya dengan ngeblog di zaman now. Seperti yang saya tulis sebelumnya, blog saat ini bukan lagi rumah pribadi yang isinya berupa keluh kesah pemiliknya, namun sudah menjelma menjadi media informasi. Nah, sebagai media informasi ada beberapa hal yang bisa dibilang menjadi ciri khas blog zaman now, diantaranya adalah:

Kontennya informatif

Beberapa tahun lalu, blog lebih dikenal sebagai diary online yang me jadi. Nah, untuk zaman now, blog lebih banyak memuat tulisan-tulisan yang mengandung informasi bagi pembacanya. Jikapun tulisannya curhat, maka pasti ada info menarik yang diberikan entah itu berupa tips dalam menghadapi sesuatu atau promosi produk dalam rangka lomba atau tulisan berbayar. 

Memiliki target audience

Jika dulu para blogger menulis tanpa memikirkan pembacanya, maka sekarang dikenal sebutan target audience. Target audience ini mengacu pada sasaran pembaca yang ingin kita dapatkan lewat tulisan di blog.  Ada yang targetnya adalah mereka yang mencari produk kecantikan, ada juga yang targetnya para ibu-ibu dengan kesehariab mereka dan berbagai target pembaca lainnya. Karena itulah saat ini ada cukup banyak blog dengan niche khusus seperti travelling, parenting, financial dan berbagai niche lainnya sesuai dengan target audience yang ingin didapatkannya. 

Mengandung riset

Terkait dengan fungsinya sebagai media informasi, blog zaman now juga biasanya mengandung riset di dalamnya. Ini terutama jika tulisan di blog tersebut diikutkan dalam sebuah lomba yang menuntut pesertanya untuk memasukkan data dan referensi dari berbagai sumber.

Tampilan visual menarik

Bicara soal tampilan visual, blog zaman now juga pastinya semakin berbenah. Jika dulu para blogger mungkin kerap menghiasi blognya dengan printilan seperti music box bagi pembacanya, nah untuk zaman now tampilan blog diusahakan lebih clean dan rapi. Bahkan dalam memilih template, diusahakan yang seramah mungkin dengan google dan SEO sehingga memudahkan pencarian di internet. Pun dalam soal tulisan, blog zaman now juga seolah diwajibkan memiliki foto-foto penunjang yang nyaman dilihat.

Itulah dia sedikit bahasan saya tentang dunia ngeblog di zaman now. Bulan Oktober ini sendiri rupanya merupakan bulannya para blogger. Di bulan ini, setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional ini sendiri muncul sejak diadakannya Pesta Blogger 2007 saat Muhammad Nuh yang saat itu menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika membuka acara tersebut. Nah, untuk memperingati Hari Blogger Nasional ini, komunitas Female Blogger of Banjarmasin mengangkat tema tersebut dalam #FBBKolaborasi bulan Oktober.

80 Comments

  1. Mba, kadang aku suka ngebayangin ngeblog zaman old kalo pas baca2 tulisan mba Windi dan semisalnya, kayanya lebih seru zaman dulu ngeblognya, "ikhlas" gitu kesannya... Bener-bener hanya yang suka nulis yang punya blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Mbak Fika. Blog jaman dulu berasa lebih "ikhlas" dan lebih "clean".

      Btw, saya sampai sekarang masih menulis sesuka hati, hahhah. Semoga dengan bergabung di FBB, saya bisa termotivasi untuk menjadi blogger pro juga XD

      Delete
    2. Aku juga hahaha (ikutan). Sekarang ini lagi berusaha kembali menulis sesuka hati. Makanya blognya lagi mandeg ini :(

      Delete
    3. Iya. Sekarang karena tuntutan profesi jadinya nggak bisa full curhat. Heu

      Delete
  2. Betul mbak.. kalo karena udah mulai ngetrend lagi, memang harus ada perubahan terutama jika kita ingin blog kita dibaca orang lain. Dulu saya juga bodo amat tentang SEO, kualitas konten dll, cuma ya gitu.. hahaha.. jarang ada yang mampir ngasih komentar apalagi sekedar baca. Hahaha.. berasa tulisannya ya saya baca sendiri. Dulu saya pikir SEO itu yang selalu berhubungan dengan Monetize, tapi ternyata untuk membuat Blog kita bisa dianggap informatifpun juga harus mengenal SEO. Eaaalaaaah.. ternyata banyak PR, kalo informasi yang kita tulis kita targetkan untuk dibaca orang lain. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Ngeblog ternyata nggak semudah yang dikira yaa jadinya

      Delete
  3. Bener banget mba sekarang curhat pun dibayar ya, semoga tetap enjoy btw udah follback blog saya belum? Tfs

    ReplyDelete
  4. Ngeblog zaman now, menurut saya, jauh lebih berfaedah karena tidak sekadar berisi curhatan ala ala abg kayak saya dulu hahaha. Sumpah, saya sudah enggan membaca blog zaman dulu itu ... urusan rebutan tepat wudhu saja ditulis di blog :D hehehe. Tapi pun blog lama tidak akan saya hapus, itu menjadi ukuran bagaimana perkembangan penulisan saya serta ide dan kontennya. :D

    ReplyDelete
  5. hahaha bener, dulu nulis di blog asal semau gue mau nulis. Dan setelah mulai dapat endorse dan kerjasama sono sini, banyak hal mulai dipertimbangkan, dan sedikit matrek sekarang. duh gusti. Semoga konsisten saja dan tak terlalu mikirin komersial. hehehe

    ReplyDelete
  6. Zaman now, meski tidak ada aturan baku buat ngeblog tapi lebih baik memang diisi tulisan-tulisan bermanfaat. Biar tanpa terasa ada amal jariyah di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, wati. Menulis yang bermanfaat pastinya jadi amal jariyah yaa

      Delete
  7. Lalu, siapa yang jadi target audiencenya ayanapunya.com ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya sih targetnya emak-emak pekerja kayak saya juga tapi kok jarang nemu ide buat tulisannya. He

      Delete
  8. Iya mayoritas blogger sekarang udah tambah kreatif dengan menghidupkan blog dengan tambahan animasi dan struktur yang baik. tapi gimana cara menyeleraskan antara tampilan dan loading blog ya mas??

    ReplyDelete
  9. ngeblog jaman old itu suka2 banget tp aku hepi hihihi

    ReplyDelete
  10. Ah, teringat dulu warnet juga jadi saksi aku ngedit blog sampe bego karena ndak ngerti kode kode cantik itu huhu :(

    btw, selamat hari blogger ya :)
    salam,
    Simatakodok.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku sampai sekarang hobi lo gonta ganti template

      Delete
  11. blogger jaman now selain mau nulis, harus bisa liat blog ini dari sisi bisnis mbak.. setuju banget sama poin-poin yang ditulis. semangat terus mbak ngeblognya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Apalagi kalau sudah dimonetasi ya blognya

      Delete
  12. Dulu blog itu merupakan me time murni buatku, enak bisa curhat dan berbagi apa saja hal-hal yang baru saja aku tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau curhat full di blog rasanya gimana ya

      Delete
  13. Jadi ingat pertama kali ngeblog cuma karena bikin bikin puisi dan ingin dibaca oleh orang banyak heheh. Yang dulunya curhatan pribadi eh sekarang udah mulai tertarik bikin konten yang dilirik audience, berasa tantangan sendiri ngeblog zaman now heheh

    ReplyDelete
  14. Wah, dr kuliah udh ngeblog.. Senpai di fbb banget emg mb antung ini. *salam hormat.. Grak. Hihi

    ReplyDelete
  15. qqiqiqiq, ngakak baca yang tampilan blog pakai musik box, saya juga dulu pernah pasang, tapi malah bikin lelet.

    Zaman old rasanya semua lebih fokus ke penampilan blog ketimbang ngisi blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Aku juga dulu zaman old pilih templatenya suka yang rame banget gitu

      Delete
  16. Terima kasih tipsnya mbak. Bermanfaat sekali. Jadi semangat pengen makin rajin optimalisasi dan belajar. Kalo dulu ga terlalu peduli sama isi blog. Kalo sekarang, selain curhat, berupaya nulis yang lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Waah iyaa sebentar lagi hari blogger. Awal ngeblog dulu alay banget, kangen pacar aja nulisnya 1500 kata hahaaah.. lebih berfaedah ngeblog yg sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Kalau dibaca sekarang kayaknya bikin malu ya. Hehe

      Delete
  18. Dulu blogku isinya curhatanku semua mbak. Kalo dibaca sekarang aku malah malu sama diri sendiri. Jadi kuhapus saja. Hehehe. Ngeblog zaman now tuh keren ya karena sebagai media informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak. Aku juga kalau baca blog zaman dulu rasanya gimana gitu

      Delete
  19. Aku baru mulai ngeblog tahun 2012 mba. Itu pun hasil nekat browsing-browsing aja karena sama sekali nggak punya teman atau kenalan yang bisa ngajarin ngeblog. Awalnya juga cuma untuk curhat dan dokumentasi sendiri. Sekarang lebih untuk sarana berbagi informasi. Cumaaaa.. PR terbesar masih seputaran SEO juga hahahha. Kayaknya masih jauh nih untuk jadi blogger pro.

    ReplyDelete
  20. Iya banget, dulu blog isinya curhat. Mana ngerti bisa ngehasilin duit. Desain juga alay banget pakai lagu, rintik hujan, dan widget yang bikin berat waktu ngebuka, haha.

    ReplyDelete
  21. aq baru tahu bulan oktober ini dan tepatnya tgl 27 adalah hari blogger nasional, nubie banget aq mbak... semoga bisa lebih rajin ngeblog, thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  22. Mbak..aku ngeblog pertama karena kebingungan mau berkegiatan apa lantaran anak-anak sudah sampai siang sekolahnya. Jadilah karena suka nulis, ngeblog jadi pilihan. Alhamdulillah bisa produktif dari rumah dan tambah bayak teman juga wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, mbak selain dapat teman nambah rezeki juga

      Delete
  23. Awal ngeblog juga dulu cuma iseng isinya cerpen semua bgt masuk komunitas baru deh dpt ilmu baru.. jd semangat utk nulis yg lain

    ReplyDelete
  24. Ngeblog jaman now berbeda sekali dengan ngeblog jaman dulu hehe tp itu menurut saya sih. Tapi sekarang banyak tulisan yang berfaedah diblog. Tp saya merindukan temen ngeblog jaman dulu ��

    ReplyDelete
  25. Terima kasih mba sudah diingatkan Hari Blogger Nasional ini. Aku bangga jadi salah satu blogger yang bisa mengoptimasi blog dan mendapatkan nafkah dari sini.

    ReplyDelete
  26. aku dari 2009 ngeblog dan kebanyakan adalah isi curhatan semata, makin kesini kadang emang beban besar karena pengennya yang kita sampaikan bermnafaat.

    ReplyDelete
  27. Ngeblog zaman old vs zaman now memang punya kelebihan dan kekurangan masing2 kalau menurutku sih. Zaman dulu kayaknya ngeblog lebih ke membuat hati happy, tentang persahabatan, tentang rutinitas sehari2 secara personal. Nah zaman now, meskipun infonya soal iklan melulu keuntungannya ya kita sebagai emak2 di rumah tetap bisa menghasilkan seperti ibu pekerja, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya. Zaman dulu mana tahu ya kalau ngeblog ternyata bisa menghasilkan tambahan uang belanja

      Delete
  28. Tampilan visual ini ya PR banget, harus bisa foto, bisa videoin, bisa infografis hehe. Mau gak mau harus belajar, kalau gak ketinggalan :D

    ReplyDelete
  29. Saya juga ngeblog dah lama banget. Dan saya lebih suka bahasa tulisan saya yg dulu2. Membahas sesuatu yg bias abermanfaat buat org lain. Bisa membuat org lain cinta dengan tulisan kita. Kenapa ya? Xixixi.. mgkn dulu ga ada tekanan deadline .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Saya juga kadang kangen nulis curhat biasa aja tanpa harus ngasih tips atau apapun. Heu

      Delete
  30. wah aku baru tau tgl 27 oktober hari blogger nasional hihi. barakallah mba, keep writing, keep inspiring

    ReplyDelete
  31. setiap tanggal 27 oktober aku peringati hari anniversary sama akang suami mba wkwkwk salfoknya ini euy jadi deg2an dikasih apa yah ntar

    btw blog zaman now bersaing sama visualnya buat rebut juara dan juaranya juga dia lagi dan lagi ahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya, mbak. Tiap ada pengumuman pemenang lomba kalau nggak yang ini yang itu yang menang :D

      Delete
  32. Dari dulu saya ingin jadi blogger profesional, tapi mungkin kurang gigih ya. Saya suka kagum dengan yang benar-benar fokus ngejalanin blognya.

    ReplyDelete
  33. Betul banget tadinya menulis suka2 hati, yg penting isi hati dan pikiran plong. Tapi belakangan jadi pengen belajar lebih dalam ttg blog, semoga bisa kesampaian jadi blogger pro juga hahaha...salam kenal ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, mbak. Yuk kita sama-sama belajar

      Delete
  34. Saya juga dulunya nganggap blog cuman sekedar diary aja mba. Hehe. Eh, makin kesini saya dapet banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Alhamdulillah mba, saya bisa dapat penghasilan tambahan yang emang bener-bener hobi saya. Baca artikelnya mba, saya jadi berkaca juga ke diri sendiri. Hehe.

    ReplyDelete
  35. Yups, benar banget mbak. Blog jaman now sekarang sudah menjadi matapencaharian.

    ReplyDelete
  36. inget dulu ngeblog jaman SMA. Diisi music box, chat, gift2 pokonya ramai. ahaha. Setelah kuliah udah berubah, jadi pengen yang simple :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa. Ku juga blognya dipasang macam-macam dulu itu

      Delete
  37. Assalamualaikum.
    Sebenarnya saya kenal blog itu tahun 2010, saat saya masih kuliah S2. Kata teman, saya ketinggalan zaman kalau belum punya blog, maka bikinlah satu blog. Sayangnya blog itu terbengkalai dan akhirnya hilang ditelan kerasnya dunia maya, eh apa sih. Beberapa tahun kemudian baru mulai lagi ngeblog, itupun tidak serius-serius amat hingga memperhatikan SEO segala. Saya ngeblog hanya untuk menyimpan tulisan hasil latihan menulis saya, Yah gitu deh...blog jadi ember buat nampung segalanya.

    Betewe, salam kenal ya Mbak. Boleh tuh berkunjung juga ke blogku, tapi jangan membayangkan blog itu sebagai blog yang keceh yah. Blognya masih unyu-unyu kata anak zaman now. Salaaam

    ReplyDelete
  38. Bisa juga sebagai ekspresi aja ya teh... tapi nulis di blog tuh lebih happy lebih santai.

    ReplyDelete
  39. Iya... sekarang blog kalau cuma curhat, kayaknya kurang afdol. Mau nggak mau blogger berkembang menjadi publisher untuk tulisan-tulisannya sendiri, termasuk memastikan ada yang datang dan membaca postingannya.

    ReplyDelete
  40. SEO yang buatku masih susah deh,susah banget nemuin tulisan sendiri ada di page one :(

    ReplyDelete
  41. Ini yang lagi aku upayain juga biar makin kece blogku. Fokusnya sekarang gimana caranya menghasilkan konten yang berkualitas dulu.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post