Pindah Rumah dan #JadiBaik dengan Aplikasi TCASH


Ramadan tahun ini merupakan Ramadan yang berbeda bagi saya. Pasalnya, terhitung sejak awal Ramadan kemarin saya resmi meninggalkan rumah ibu saya untuk tinggal di rumah yang dibeli secara KPR sekitar 2 tahun lalu. Rumahnya sendiri sebenarnya belum rampung betul. Masih ada beberapa bagian yang ditambah dan masih dalam proses penyelesaian. Selama 1 bulan terakhir, saya tinggal bersama suami dan ayah mertua yang datang dari Jawa untuk membantu penyelesaian rumah tersebut.

Menjalani Ramadan dengan keluarga sendiri tentunya berbeda dengan ketika saya menjalaninya saat masih tinggal bersama ibu dan adik laki-laki. Kalau kata saya sih ini merupakan awal dari perubahan hidup yang saya jalani sekaligus upaya saya untuk bisa #JadiBaik di bulan Ramadan. Misalnya nih, sepulang kerja saya harus langsung bersiap menyiapkan menu berbuka dan tak bisa lagi santai-santai dulu seperti saat masih tinggal bersama ibu saya.

Tak hanya itu, saya juga belajar #JadiBaik dalam tanggung jawab atas mengelola keperluan rumah yang kami tempati. Jika dulu urusan gula, beras dan minyak goreng saya masih berbagi jatah dengan orang tua, maka sekarang saya harus pintar mengelola urusan dapur ini sendiri.

Baca juga : Belajar Menjadi Orang Tua

Hal lain yang masih saya jalani di kediaman yang baru saat ini tentunya adalah proses adaptasi. Berpisah dengan rumah yang telah ditempati selama belasan tahun sendiri tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi nih saat Ramadan, bulan yang lekat dengan kebersamaan. Selama Ramadan saya kerap dilanda rasa kangen akan masakan yang kerap dibuat ibu saat sahur yakni ikan telang atau pindang asam manis. Bisa sih saya belajar membuatnya sendiri. Tapi rasanya jelas tak seenak bikinan ibu saya. Yah, seperti anak lainnya, bagi saya masakan ibu tetap yang paling enak. Heu.

Komunikasi Lebih Mudah #PakeTCASH dari Telkomsel

 

Di awal masa pindah, selama Ramadan saya jadi lumayan sering mampir ke rumah ibu. Meski hanya terpisah 11 kilometer, yang namanya pisah rumah pasti membuat kangen. Apalagi sekarang ibu hanya tinggal berdua dengan adik, pastilah ada rasa sepi karena ditinggal anak dan cucunya. Kebetulan juga kantor saya berada di tengah-tengah antara rumah ibu dan rumah saya sendiri. Jadi ya tinggal cus deh saya naik motor sepulang kerja ke rumah ibu sebelum kemudian kembali ke rumah sendiri.

Tak hanya sering berkunjung, saya dan ibu juga selalu rutin berkomunikasi melalui telepon. Di awal Ramadan, ibu sering menelpon saya di jam sahur untuk mengingatkan agar jangan kesiangan. Kadang lagi kami melakukan video call di jam berbuka. Nah kalau untuk video call ini, ibu masih menggunakan ponsel adik karena masih belum bisa menggunakan ponsel android.

Bicara soal komunikasi, jelas tak jauh-jauh dari yang namanya pulsa dan paket data. Berhubung ibu saya tidak bekerja secara tetap, maka otomatis untuk urusan pulsa ditanggung oleh saya dan adik perempuan. Biasanya nih, untuk mengisi pulsa milik sendiri atau orang tua, saya mengandalkan SMS Banking. Maklum orangnya mager parah kalau harus ke penjual pulsa atau ATM. Sayangnya, SMS banking sebenarnya kurang menguntungkan ini karena lumayan menyedot pulsa saya.

Untungnya sekarang cukup banyak aplikasi berbasis fintech yang sangat memudahkan kita dalam melakukan aneka pembayaran tagihan. Salah satunya adalah TCASH dari Telkomsel. Dengan TCASH ini saya bisa dengan mudah mengirimkan pulsa buat ibu saya hingga membayarkan aneka tagihan di rumah ibu mulai dari listrik, telepon hingga PDAM.

Baca juga : SOBATKU, Aplikasi Nabung Tanpa Ribet dan Banyak Untungnya

Cara Mendaftar TCASH


Saya sendiri mengenal produk TCASH ini dari salah satu rekan kantor. Saat itu saya waktu lalu saya sempat penasaran dengan stiker yang menempel pada bagian belakang ponselnya. Penasaran, saya pun bertanya apa fungsi dari stiker itu.

"Oh ini TCASH, Kak. Kalau pakai ini aku bisa bayar belanjaan di Alfamart atau bayar tagihan listrik. Tinggal isi saldonya aja, Kak."

Karena tertarik dengan fitur-fiturnya, saya pun mencari info lebih lengkap tentang TCASH ini. Jadi ternyata TCASH merupakan layanan uang elektronik dari Telkomsel dan telah memiliki izin dari Bank Indonesia. Layanan ini berbeda dengan pulsa karena lewat TCASH kita bisa menyimpan uang untuk digunakan untuk berbagai keperluan. Entah itu membeli pulsa, membayar tagihan listrik, hingga berbelanja di merchant TCASH.

Baca juga : 7 Tips Belanja Online Ala Konsumen Cerdas di Era Digital

Cara mendaftar TCASH sendiri cukup mudah. Pertama tentu saja kita harus menginstal aplikasi TCASH wallet melalui Google playstore. Selanjutnya untuk mengaktifkan kita bisa menggunakan kode *800*88*6-digit-PIN# dan selanjutnya TCASH sudah bisa digunakan.


Sebagai sebuah aplikasi uang elektronik, TCASH memiliki 2 jenis layanan, yakni Basic Service dan Full Service. Perbedaan dari 2 layanan ini ada pada saldo maksimum yang bisa disimpan serta layanan yang diberikan. Untuk Basic Service, saldo maksimum yang bisa disimpan hingga Rp. 2000.000,00 sementara Full Servise bisa mencapai Rp. 10.000.000,00. Selain itu layanan Full Service juga memungkinkan kita untuk mengirimkan uang ke pengguna TCASH lainnya.


Keuntungan menggunakan TCASH

Seperti yang saya tulis di atas, dengan adanya aplikasi TCASH di ponsel, saya tak repot lagi dalam urusan pembayaran aneka macam tagihan. Sebagai layanan uang elektronik, TCASH memiliki cukup banyak fitur yang bisa digunakan yang bisa membuat kita #JadiBaik yakni:

Kirim uang ke orang tua atau saudara, yang mana hanya bisa dilakukan jika kita mendaftar ke layanan Full Service. Dengan fitur ini tentunya tak perlu repot lagi ke ATM untuk mengirimkan uang pada orang tua atau saudara yang nantinya bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan atau keperluan lainnya. 

Bayar tagihan lewat ponsel. Dengan menggunakan TCASH, kita bisa membayar aneka macam tagihan mulai dari pulsa (Telkomsel pastinya), listrik, telepon, PDAM, iuran BPJS hingga infaq dan sedekah. So, nggak perlu repot lagi pergi ke ATM buat bayar-bayar tagihan atau berinfak ke lembaga yang biasa dituju. 

Berbelanja di merchant TCASH. Sebagai manajer keuangan di keluarga, tentunya para ibu bertanggung jawab atas belanja bulanan di rumah. Nah dengan aplikasi TCASH kita bisa belanja bulanan di Indomaret atau Alfamart dan bayar dengan TCASH. Tak hanya belanja bulanan, TCASH juga bisa digunakan untuk makan di restoran yang tentunya sudah menjadi merchant TCASH.

Cek Promo. Siapa coba yang tak suka promo? Nah, melalui aplikasi TCASH kita bisa mengecek promo apa saja yang sedang berlaku dan bisa kita gunakan. Bisa itu berupa cashback atau potongan harga. Bikin hemat kan yaa.


Itulah dia sedikit cerita tentang Ramadan dan info yang bisa saya berikan tentang TCASH. Berhubung sekarang sudah mendekati akhir bulan, kayaknya sudah saatnya nih saya isi saldo TCASH biar nanti bisa bayar tagihan #PakeTCASH dan #JadiBaik karenanya. Teman-teman sudah instal aplikasi TCASH belum nih?

Post a Comment

70 Comments

  1. Ternyata banyak juga ya manfaat Tcash. Jadi pengen download aplikasi Tcash juga. Nice sharing mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Memudahkan kalau mau bayar-bayar

      Delete
  2. Aku penasaran juga dengan Tcash ini, udah lama tahu tapi gak tahu cara daftarnya. secara teman bakulan do outlate nya pembayaran pakai tcash bisa dapat diskon lumayan klu lg ada promo hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Promonya emang lumayan banget sih von. He

      Delete
  3. Wah saya juga sebentar lagi mau pindah rumah Bun. Karena suami akan selalu dimutasi pekerjaannya. Membuat saya dan anak harus selalu siap jika pindah rumah. Ada perasaan sedih sih. Tapi, tetap menemani dan mendampingi suami itu lebih menenangkan dan nyaman bagi kami. Doakan ya Bun ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semangat, mbak. Semoga lancar ya pindahannya

      Delete
  4. Seneng sama T-cash kalo ngisi pulsa telkomsel selalu dapat saldo bonus gitu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya pulsanya nambah terus ya, eny :)

      Delete
  5. Wah, ikutan lomba TCASH juga ya? Sama...wkwkwk... Semangat mom, sukses jg buat pindahannya. Moga kerasan di tempat baru

    ReplyDelete
  6. Kebayang deh repornya pindah rumah. Karena kemaren aku cuma pindah kamar aja perasaan gak selesai selesai menatap ulangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya, mbak. Ini juga masih seadanya pindahannya

      Delete
  7. Bisa bayar tagihan2 ya TCash. Tertarik juga nih jadinya. Btw, pasti menyenangkan punya rumah sendiri. Bisa menata sesuka hati. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe masih bingung ka mau menata kayak apa :D

      Delete
  8. Yg pakai t-cash nih paksu. Tapi sebatas u.ngisi kuota gadget. Lumayan praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal isi saldo aja ya, kak tiap bulan

      Delete
  9. Aku sudah install TCash, tapi masih belum isi saldo, cuma ngandelin bonus habis tiap isi pulsa ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banar pinanya bonusnya nih. Hihi

      Delete
  10. Trus setelah download tcash, dapetin stiker nya harus ke gerai grapari ya mba? Ini kan tinggal tempel doank setau ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Stikernya bisa didapat di grapari. Ada juga sih yang dikirim tapi di jawa aja

      Delete
  11. Alhamdulillah jadi dimudahkan untuk berbuat baik ke orangtua ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya aku jadi semakin tertarik dengan TCash ini deh :)

      Delete
  12. Ak kr kmrn TCASH ini cm bs buat byr air n listrik. Bingung dpt saldo 350 diapain. Eh, tyt bs buat beli baju dll jg. Hihi. Jdlh kmrn Ramadhan ak beli baju plus keju Mozzarela aja pke TCASH. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beli baju dimana nih, winda? Onlinekah?

      Delete
  13. Aku senang banget nih pakai TCASH, seru deh bisa bagi-bagi pulsa ke saudara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya bikin saudara senang juga ya, mbak

      Delete
    2. Pastinya bikin saudara senang juga ya, mbak

      Delete
    3. Pastinya bikin saudara senang juga ya, mbak

      Delete
  14. Dulu sempat ga tau juga apa itu tcash eh ternyata uang elektronik yaa mbaa.. Blm sempat daftar sih msh blm terlalu tertarik akunya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lumayan kepake kalau pas lagi nggak bawa dompet. Hehe

      Delete
  15. Emak babe tidak perlu khawatir kalau perlu duit mendadak. Maklum aja Kesehatan orangtua yg kadang tengah malam suka sakit mendadak

    ReplyDelete
  16. Ternyata banyak banget ya fungsinya T-Cash. baru tau, makasih mba antung

    ReplyDelete
  17. Banyak manfaatnya ya ternyata t cash, jadi lebih gampang semuanya.

    ReplyDelete
  18. Selamat menempuh hidup baru di rumah baru mbak Antung :D
    InsyaAllah kalau rumah sendiri tu enaknya menjadikan kita lbh mandiri dan lbh bebas mengatur rumah semau kita :D
    Wah Tcash tetep bisa membantu menjaga silaturahmi dengan keluarga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, pril. Rumah baru bikin kita lebih mandiri :)

      Delete
  19. Wah aya baru tau, ternyata banyak banget ya manfaat tcash, makasih mba antung info nya hihihi

    ReplyDelete
  20. Eny juga make tcash loh emang mudah pemakaiannya kadang juga banyak promo hhi

    ReplyDelete
  21. Aku juga pake TCASH mbak. Seneng banget manfaatin promo ramadhannya

    ReplyDelete
  22. Paling seneng kalau beli pulsa. Harganya ajeg, 10 ribu ya 10 ribu. Lebih murah dibandingkan di konter2.

    ReplyDelete
  23. Brb download tcash nih, aku juga pengguna telkomsel hehehe.. ga usah bawa duit cash kemana mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Bisa buat belanja juga soalnya :)

      Delete
  24. Tcash memudahkan sekali...
    Jadi gak akan mati gaya saat berlebaran nanti yaa...^^

    ReplyDelete
  25. Kemarin coba download t cash, tapi masih kurang paham..karena semua juga bisa dilakukan dengan SMS/mobile banking...

    Jadi ku hapus lagi...he2, tapi ntar coba lagi mungkin via TCash semua lebih murah .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak ada mobile banking soalnya, mbak jadi pakai tcash lumayan membantu. He

      Delete
  26. kadang penasaran Tcash-sama waktu tau app go-j** , urusan fintech indonesia selangkah lbh terdepan deh suerrr...,akhirnya ikutan lomba blog juga hehe goodluck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu ya, rahma? Memang sekarang banyak banget aplikasi fintech bermunculan

      Delete
  27. Aku juga pake TCASH karena simple dan memudahkan kita dalam belanja banyak hal. Oke banget ini..

    ReplyDelete
  28. banyak banget ya Mbak kemudahan dengan TCASH.
    disini masih kurang merchant nya nih, jadi masih malas2an juga mau aktifkannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat belanja di indomaret bisa, mbak. He

      Delete
  29. Aku awalnya ngira TCASH ini susah makenya loh

    ReplyDelete
  30. Daku juga pakai TCash, semoga berkah di rumah baru yaa

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah, keep contacts yaa dengan Ibu walau udah pisah rumah

    ReplyDelete
  32. Saya belum pakai TCash. Padahal pakai Telkomselnya udah 8tahunan. Yang bikin ngiler pakai TCash itu poin promonya. Menarik nih dicoba. :D

    ReplyDelete
  33. Pakai T Cash membantu kemudahan operasi sesuai kebutuhan konsumen.

    ReplyDelete
  34. Banyak ya manfaat T-cash. Makasih infonya ya mbak

    ReplyDelete