Siap Hadapi UTBK SNBT 2024 bersama Bimbel Brain Academy


Bulan Maret hingga April mendatang, seleksi mahasiswa baru jalur SNBT akan dimulai kembali. Seperti yang diketahui bersama, saat ini proses seleksi mahasiswa di perguruan tinggi negeri terbagi menjadi 2 yakni SNBP (Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Dalam pelaksanaanya, SNBT dilalakukan lewat ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dengan soal-soal berupa tes skolastik untuk mengetahui nalar dan kemapuan problem solving siswa. Hasil dari tes UTBK SNBT ini akan menjadi dasar bagi perguruan tinggi negeri untuk bisa menerima siswa tersebut di kampus mereka.  

Bagi para siswa kelas XII sendiri, bulan-bulan jelang pelaksanaan UTBK SNBT pastilah bulan yang cukup berat. Berbagai persiapan pastinya sudah dilakukan agar bisa mengikuti ujian tertulis dengan baik. Persiapan yang dilakukan bisa berupa membeli berbagai buku terkait SNBT, menambah waktu belajar hingga juga mengikuti les atau bimbingan belajar baik secara online ataupun offline agar bisa mendapat kisi-kisi soal dari SNBT yang akan diselenggarakan. 

Tak bisa dipungkiri kehadiran lembaga bimbingan belajar memang cukup membantu para siswa dalam mengikuti UTBK SNBT. Ini mengingat soal-soal yang dikeluarkan saat UTBK SNBT bisa jadi tidak diajarkan di sekolah karena tesnya berupa tes skolastik bukan tes mata pelajaran saat di sekolah. Berdasarkan informasi yang saya dapat, tes skolastik untuk UTBK SNBT tahun 2024 ini meliputi 4 subtes yakni:

  • Potensi kognitif, adalah tes yang dilakukan untuk menguji kemampuan berlogika dan menganalisis suatu masalah. Untuk bisa menyelesaikan tes ini seorang siswa harus memiliki kemampuan problem solving dan bernalar yang baik
  • Penalaran matematika, adalah tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam menerapkan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia, yakni tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa dalam memahami esensi suatu bacaan serta menganalisi argumen yang ada di dalamnya
  • Literasi dalam Bahasa Inggris yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa dalam memahami bahasa Inggris yang mencakup kosa kata (vocabullary), kemampuan membaca (reading) dan juga kemampuan bernalar

Siap hadapi UTBK SNBT 2024 bersama Brain Academy



Di masa saya masih SMA dulu, untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi mahasiswa baru ini saya hanya mengandalkan buku-buku terkat ujian masuk perguruan tinggi yang banyak dijual di toko buku di kala itu. Saya lupa apakah waktu itu memang sudah ada bimbel khusus persiapan masuk perguruan tinggi ini atau tidak. Namun pastinya memang diperlukan persiapan yang sangat serius jika ingin terpilih sebagai salah satu mahasiswa di perguruan tinggi negeri pilihan kita. Bahkan bagi beberapa siswa, persiapan untuk mengikuti UTBK SNBT ini tidak cukup hanya 1-2 bulan melainkan 1 tahun penuh agar tidak menganggu waktu tidur.

Di era sekarang, ada cukup banyak pilihan bimbel yang menyediakan kelas bimbel khusus persiapan UTBK SNBT 2024. Salah satu lembaga yang  memberikan jasa bimbingan untuk persiapan SNBT 2024 ini adalah Brain Academy yang merupakan lembaga bimbingan belajar yang memberikan kombinasi layanan belajan offline dan online untuk para siswa. Apa saja kelebihan dari Brain Academy ini? Yuk baca tulisan ini sampai selesai!

Brain Academy memiliki ratusan cabang di Indonesia

Sebagai penyedia jasa bimbel offline dan online, Brain Academy kini sudah memiliki 235 cabang di berbagai kota besar di Indonesia yang tersebar dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi bahkan hingga Papua. Di kota Banjarmasin sendiri ada 2 cabang Brain Academy yang bisa dipilih yakni di Jl. Gatot Subroto dan Jl. Hasan Basri. 

Bisa mengetahui minat dan bakat sehingga membantu dalam memilih prodi impian

Ada kalanya siswa kebingungan dalam menentukan prodi yang ingin diikutinya saat kuliah nanti entah karena tidak tahu bakatnya di mana atau karena alasan lainnya. Nah, Brain Academy memiliki fasilitas untuk membantu siswa menemukan bakatnya lewat tes minat dan bakat, info kampus dan prodi yang bisa dimasuki hingga strategi dalam memilih jurusan bersama konselor yang disediakan pihak Brain Academy.


Belajar secara intensif soal-soal SNBT

Pada sistem pengajaran di bimbel Brain Academy siswa akan mendapat pelajaran intensif terkait soal-soal SNBT yang terdiri atas:
  • 10 sesi live teaching per minggu membahas soal SNBT terbaru
  • Konsultasi soal atau materi yang sulit bersama guru lewat sesi tutor
  • 78.000+ video ADAPTO yang bisa menyesuaikan kecepatan belajar
  • Try out UTBK premium hingga 10 kali setahun. 
Sedangkan jika siswa mengikuti bimbel di Brain Academy secara offline maka kelas intensif yang diadakan terdiri atas:
  • Kelas tatap muka sebanyak 15 sesi per minggu 
  • Jumlah siswa maksimal 25 orang
  • Konseling bisa dilakukan secara tatap muka ataupun lewat chat 
  • 13 kuota try out SNBT premium

Evaluasi target dan strategi dari perkembangan belajar

Untuk memantau kemajuan siswa dan evaluasi hasil belajar maka Brain Academy memberikan laporan belajar bulanan, riwayat dan grafik try out hingga analisis peluang lolos UTBK-SNBT.

Berapa harga bimbel di Brain Academy?

Untuk bisa mengikuti bimbel untuk persiapan UTBK SNBT 2024 di Brain Academy, orang tua hanya perlu menyiapkan biaya Rp. 311.000/bulan (premium) dan Rp. 440.000,00/bulan (elite) untuk bimbel online Brain Academy. Sementara untuk bimbel offline-nya, harga Brain Academy offline ini berbeda-beda mulai dari Rp. 394.000,00/bulan dengan paket yang mungkin berbeda-beda di setiap cabangnya. 

Buat adik-adik siswa kelas XII atau orang tua yang sedang mencari bimbel offline atau online untuk persiapan mengikuti SNBT 2024 bisa langsung mengunjungi website brain academy dan bisa pilih paket sesuai kebutuhan!

16 Comments

  1. Tengs mbaak infonya. Aku lagi belajar-belajar nih soal cara masuk ke perguruan tinggi. Maklum, mesti jadi ortu dadakan buat ponakan yang mau masuk kuliah, karena ortunya insyaAllah akan pergi haji tahun ini. Masih bingung juga :D

    ReplyDelete
  2. Layak untuk direkomandisiin ke ponakan yg lagi nyari tempat bimbel. :)

    ReplyDelete
  3. Udah nggak update nih istilah2 berkaitan jalur masuk perguruan tinggi. Benar adanya persiapan, daya saing ketat buat memperebutkan PTN. Ya senang ya zaman sekarang ada Brain Academy ini, lebih dalam juga kita tahu /ukur potensi anak.

    ReplyDelete
  4. enak nih kalo ikut persiapan UTBK Brain Academy. belajarnya lebih intensif dan lebih mudah. apalagi ada simulasi tryoutnya juga. harganya juga masih terjangkau pula dengan fasilitas yang ditawarkan

    ReplyDelete
  5. Bimbel tatap muka sebetulnya akan lebih terasa interaksinya ya, yang juga bikin lebih nempel apa yang diajarkan. Tapi di sisi lain bimbel daring juga menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Enaknya sih memang kalau ada opsi kayak di Brain Academy begini, jadi bisa disesuaikan sama kebutuhan masing-masing.

    ReplyDelete
  6. Waa sekarang kalau mau persiapan UTBK ada juga lesnya di Brain Academy. Zaman aku dahulu kalau UTBK cuma les tatap wajah dengan guru-guru hihi. Harganya juga standar ya mba, tidak terlalu mahal. Next aku kasih rekomendasi ke ponakan, soalnya doi persiapan untuk UTBK

    ReplyDelete
  7. Jadi keinget zaman aku dulu waktu kelas XII, pulang sekolah masih les di bimbel dan masih ikutan les privat juga. Demi lolos kampus ujian, semua les aku ikuti.
    Apalagi sekarang sudah ada Brain Academy yang mana ada pilihan kelas online, dirumah aja tapi masih bisa belajar

    ReplyDelete
  8. Wah, semangat buat adik-adik ataupun orangtua yang sedang mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi. Semoga hajat dan cita-citanya tercapai

    ReplyDelete
  9. Sekarang banyak platform yang bisa diakses untuk lebih memahami materi ujian masuk perguruan tinggi. Manthul ya mba

    ReplyDelete
  10. Terima kasih infonya. Saya tahu Brain Academy sebatas online, tapi ternyata ada kelas offline-nya juga. Kapasitas siswa nya juga dibatasi maksimal 25 orang, harga per bulannya cukup terkangkau. Dicatat dulu, sebagai alternatif bimbel.

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran kira-kira di Jember, daerah saya tinggal sudah ada Bimbel Brain Academy ga ya? Karena belum pernah melihat saat berkeliling kota.

    ReplyDelete
  12. Ada pilihan harganya nih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu siswa bisa menjalankan UTBK dengan mantap

    ReplyDelete
  13. Makin dekat waktunya yaa..
    Uda akhir Januari nih.. Persiapan yang matang untuk ujian UTBK SNBT 2024 bersama Brain Academy.

    Semoga anak-anak yang mengikuti try out bisa dimudahkan dan saat hari H ujian juga mendapatkan hasil yang diinginkan.

    ReplyDelete
  14. jadi teringat masa lampau saat persiapan masuk universitas, ambil les tambahan di brain academy sangat membantu latihan biar piawai saat ujian tiba

    ReplyDelete
  15. Perasaan baru kemarin anak-anak masuk sekolah, sekarang sudah mulai mau persiapan UTBK lagi. Biar lancar ujiannya lebih baik untuk les dulu di Brain Academy, ya.

    ReplyDelete
  16. Wahhh bagus juga nih Brain Academy buat sepupu yang butuh les tambahan. Harganya juga lumayan terjangkau. Mudah-mudahan bisa membantunya untuk latihan tes UTBK SNBT di perguruan tinggi incarannya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post