Berbagi Lokasi Terkini Lewat Aplikasi Jagat

 

aplikasi berbagi lokasi Jagat

Beberapa tahun lalu, ada sebuah film yang cukup menarik perhatian. Judul film ini adalah Searching yang bercerita tentang seorang ayah yang mencari tahu keberadaan anaknya yang tiba-tiba menghilang. Uniknya, alih-alih hanya mengandalkan polisi, sang ayah ini memanfaatkan teknologi untuk bisa menemukan anaknya. Lewat berbagai history percakapan dan panggilan mereka entah itu di handphone atau video call komputer, ayahnya berusaha melacak keberadaan sang putri hingga akhirnya ia pun berhasil menemukan putri tercintanya itu.

Dunia komunikasi dan teknologi saat ini memang sangatlah canggih. Jika dulu mungkin kita harus menelpon seseorang terlebih dahulu untuk mengetahui posisinya, maka sekarang kita bisa dengan mudah menemukan lokasi teman lewat ponsel di tangan. Di era sosial media, orang-orang dengan mudahnya berbagi berbagai hal lewat media sosial yang dimilikinya. Ada yang lewat status tulisan ada juga yang lewat foto bahkan video. Jika foto atau status yang dibagikan tersebut bersifat real time, maka mereka yang melihat statusnya pasti bisa menebak keberadaan orang tersebut dari lokasi yang ditautkan atau hanya dari beberapa petunjuk dari tempat tersebut.

Berkenalan dengan aplikasi Jagat untuk berbagi lokasi terkini

aplikasi jagat


Tak hanya lewat sosial media, ada juga berbagai aplikasi yang bisa membantu kita untuk mengetahui lokasi orang-orang terdekat. Salah satu aplikasi berbagi lokasi ini adalah Zenly yang sempat populer di kalangan anak muda di yang didirikan pada tahun 2011 di Paris. Aplikasi Zenly sempat mengklaim memiliki 35 juta pengguna aktif bulanan di tahun 2022 dan menjadi aplikasi 10 besar di Perancis, Indonesia dan Thailand. Sayangnya di tahun 2023, aplikasi Zenly ini harus ditutup secara permanen.

Meski Zenly kini sudah tutup permanen, para penggunanya tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada aplikasi yang mirip dengan Zenly yakni Jagat. Kerennya, Jagat merupakan aplikasi yang dikelola anak bangsa yang bisa mempertemukan kamu dengan berbagai teman baru di berbagai tempat dan pastinya juga berbagi lokasi tanpa harus mengirim secara manual. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2022 yang lalu dan didirikan oleh Wishnutama yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata Indonesia.

Lalu apa saja kelebihan dari aplikasi Jagat ini? Yuk kita review bersama

Tampilan dan fitur utama aplikasi Jagat


Aplikasi Jagat memiliki logo yang cukup unik yakni gelas minuman kekinian lengkap dengan sedotannya dengan warna gradasi dari merah, kuning, hijau dan pink. Setelah menginstal aplikasi Jagat dari playstore dan memulai aplikasinya, saya disuguhkan tampilan bumi yang berputar dengan tulisan putih kebiruan JAGAT - Your World. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kita bisa langsung login dengan akun Google yang tersimpan di handphone. Setelah berhasil masuk, maka aplikasi akan menampilkan peta lokasi layak Google Maps yang menunjukkan lokasi kita sekarang.

Dalam aplikasi Jagat ini terdapat beberapa fitur yang bisa dicoba yakni:
 


  • Fitur tambah teman 

    Pada fitur ini kamu bisa menambahkan teman di aplikasimu dengan beberapa cara seperti dengan cara membagikan kode QR kepada teman-teman yang ada di kontak kita baik itu di telepon ataupun sosial media, bisa juga dengan menambahkan id teman yang sudah memiliki akun Jagat dan melakukan scan code dari aplikasi milik teman kita.
  • Radar

Fitur ini memberikan akses kepada kita untuk melihat NOW yang diposting pengguna dalam radius 50 km. Fitur radar ini tidak hanya berlaku pada orang yang menjadi teman kita namun semua pengguna aplikasi Jagat yang pastinya juga bisa menjadi referensi dalam mencari teman di aplikasi ini
  • Fitur NOW

Ini adalah semacam fitur story atau snap di mana kita bisa membagikan kegiatan yang sedang kita lakukan di lokasi tersebut. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menambah teman di aplikasi kita yakni dengan cara mengklik profil dari pengguna tersebut dan mengirim permintaan pertemanan
  • Fitur rekomendasi teman 

Ini adalah fitur di mana kamu bisa menemukan teman dengan menekan tombol search yang ada di bagian kiri bawah dan nantinya kamu akan menemukan nama-nama pengguna aplikasi Jagat yang bisa ditambahkan sebagai teman.

 

Fitur-fitur tambahan aplikasi Jagat

Selain fitur utama yang terdapat pada menu dan tampilan layar yang diberikan, kita juga dapat melakukan berbagai hal lain lewat aplikasi Jagat ini diantaranya:

  • Cheers, fitur ini merupakan adaptasi dari fitur Bump yang ada di aplikasi Zenly. Jadi kamu hanya perlu menggoyangkan handphone bersama teman-teman sejauh maksimal 200 m maka notifikasi akan terkirim ke semua teman dan mereka akan tahu kamu sedang menghabiskan waktu bersama mereka
  • Mengirimkan emoji kepada teman kepada teman-temanmu dengan mengklik nama dari teman kita di Zenly. Pastinya ini akan membuat pertemanan lebih seru kan ya?


  • Public place, layaknya peta pada umumnya, Jagat juga akan menampilkan berbagai rekomendasi tempat publik yang bisa kamu kunjungi seperti rumah makan, tempat nongkrong dan lain sebagainya. Jadinya nggak perlu pusing lagi deh kalau misalnya mau berkumpul bersama teman-teman kita 
  • Mengubah tampilan peta. Di aplikasi Jagat, kamu juga bisa mengubah tampilan peta sesuai dengan keinginan kita lewat menu pengaturan dan klik pada bagian rencana Jagatmu 
tampilan peta di aplikasi Jagat


  • Personal world, yakni fitur yang menampilkan jejak-jejak dari perjalanan dan snap yang kita abadikan dari lokasi-lokasi yang dikunjungi tersebut


  • Pilihan mode hantu, yang memberikan pilihan bagi kita untuk menonaktifkan akses berbagi lokasi secara real time pada social map Jagat. Pada mode ini kita juga bisa memilih siapa saja yang mendapat akses untuk lokasi real time yang kita bagikan di aplikasi. Fitur ini sangat berguna jika kamu hanya ingin berbagi lokasi real time dengan anggota keluarga saja. 
mode hantu di aplikasi jagat



Kesan penggunaan aplikasi Jagat 

review aplikasi jagat


Selama ini jujur saya belum pernah mencoba aplikasi untuk mengecek lokasi teman atau anggota keluarga ini. Padahal sih seharusnya penting sekali sekarang kita memiliki aplikasi semacam ini agar bisa selalu memantau keberadaan anak dan pasangan terutama saat berada di luar rumah. Kehadiran aplikasi Jagat ini merupakan sebuah terobosan yang pastinya sangat bermanfaat bagi kita semua. Apalagi ini juga dikelola anak bangsa pastinya harus kita dukung dong yaa!
 
Nah, terkait aplikasinya sendiri, berhubung ini pertama kalinya saya menggunakan aplikasi semacam ini jadi memang perlu waktu untuk bisa beradaptasi dengan aplikasi ini. Dari segi tampilan, Jagat memiliki tampilan aplikasi yang berwarna-warni khas anak muda generasi sekarang. Fitur-fitur utama yang dimilikinya seperti share lokasi, snap foto dan pencarian teman memudahkan bagi pengguna untuk mengetahui lokasi yang pernah dikunjungi oleh teman-temannya. Bahkan jika penggunanya sedang dalam perjalanan, maka Jagat juga akan menampilkan gerakan perjalanan dari akun teman kita. Hanya saja ada beberapa fitur yang mungkin masih agak membingungkan seperti fitur Jagat Room yang sepertinya masih perlu dikembangkan kembali.
 
Hal lain yang menurut saya masih perlu dikembangkan dari aplikasi Jagat adalah terkait history atau jejak dari perjalanan yang dilakukan oleh user-nya. Dari hasil penggunaan selama beberapa hari, aplikasi Jagat memang menampilkan lokasi-lokasi yang dikunjungi dalam 1 hari. Namun kalau saya lihat history yang ditampilkan masih bersifat random dan pada jam-jam tertentu saja. Selain itu Jagat juga sepertinya tidak menyimpan data lokasi yang dikunjungi user untuk hari-hari ke belakang padahal menurut saya fitur ini juga akan sangat bermanfaat bagi user. 

Dari segi keamanan, aplikasi Jagat juga sudah memiliki mode hantu yang memungkinkan penggunanya untuk memilih orang-orang tertentu saja yang bisa mengetahui lokasi real time mereka. Karena memang tidak semua orang suka diketahui kehidupan pribadinya termasuk juga update kesehariannya. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir dengan masalah privasi ini karena Jagat sudah mengantisipasinya dengan fitur yang dihadirkan.

Sebagai aplikasi untuk berbagi lokasi kepada teman dan anggota keluarga, aplikasi Jagat ini menurut saya sangatlah bagus asal tidak digunakan untuk hal negatif seperti stalking misalnya. Nah, buat teman-teman yang ingin juga mencoba aplikasi ini bisa mengunduhnya langsung di playstore atau Apple App Store di link di bawah.


Demikian review saya untuk aplikasi Jagat yang bisa membantu dalam memantau lokasi anggota keluarga. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian! 
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

23 Comments

  1. Wah, wajib banget nih punya aplikasi Jagat. Bisa lacak anggota keluarga kalau lagi jauh.

    ReplyDelete
  2. Jagat aku kira apps dari mana ternyata karya anak bangsa. Ini kalau buat ngontrol anak ABEGE nih 😁 biasanya suka telar memberi kabar

    ReplyDelete
  3. Wah ini keren banget, apalagi buat ngecek posisi anak-anak saat di luar rumah. Apalagi kita juga harus apresiasi karya anak bangsa dengan menggunakan produk lokal. Ada mode hantu juga ya, hehehe. Jadi bisa closed friend nih buat jaga privasi.

    ReplyDelete
  4. aku juga udah nyoba pakai aplikasi jagat mbak. ini membantu untuk mantau lokasi keluarga . jadi mengurangi rasa overthinking dan cemas berlebih. terus kalo anak muda jadi bisa menambah pertemanan disini. emojinya lucu2

    ReplyDelete
  5. wah ini bermanfaat banget lho aplikasi jagat sebagai sarana berbagi lokasi dengan keluarga, apalagi untuk anak-anak yang sudah semakin besar dan main terus di luar hahahah keren deh anak bangsa membuat aplikasi ini

    ReplyDelete
  6. Karya anak bangsa kah ini aplikasinya, namanya indonesia banget. Bagus nih buat dipakai bqrengan sm anak anak abg yang susah klo ditanya posisi d mana, izin tp ga ada kabar2 smp kita khawatir deg2an heheh. Jd bs langsung lacak aja

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu ada aplikasi Jagat. Keren yak jadi bisa memantau lokasi anggota keluarga, jadi berkurang deg-degannya kalau belum ada kabar.

    ReplyDelete
  8. Keren nih mbak aplikasinya, dari namanya aja udah Indonesia banget, dan ternyata memang asli buatan anak Indonesia yang di prakarsai pak Wishnutama.

    Eh ada mode hantu pula, duh pemilihan namanya hehehe...

    ReplyDelete
  9. Tapi ngeri gak sih pake aplikasi ini. Privacy kita jadi gak ada lagi. Tapi untung ada mode hantunya ya

    ReplyDelete
  10. untungnya ada mode hantu so bisa atur siapa saja yang dapat mengakses lokasi terkini. Kalau terlalu terbuka aku kok kurang merasa aman nyaman yah. Pakai Jagat dapat mengatur privasi juga yah.

    ReplyDelete
  11. Dengan internet, semua bisa dengan mudah ditelusuri.
    Sebenernya jadi rawan kejahatan gak ya.. Semoga semua bisa semakin bijak memanfaatkan teknologi yaa.. Karena aplikasi Jagad ini sangat membantu sekali. Tingkat akurasi yang tinggi sehingga memungkinkan kita berteman dengan yang se-vibing.

    ReplyDelete
  12. Aplikasi baru ini ya mba, baru tahu setelah baca post ini lho, nyoba buka akh, kadang perlu nih buat memantau anak hahaha

    ReplyDelete
  13. Saya baru tahu ada aplikasi Jagat, Mba. Ini bisa ngecek berbagai tempat anggota keluarga berada, jadi tahu nih lagi pada di mana lokasinya.

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu aplikasi Jagat ini. Maklum anaknya suka di rumah. Jadi jarang banget buat berbagi lokasi. Mau bagiin sama siapa coba? Tapi ya, di zaman sekarang tuh emang cukup penting buat melacak seseorang, dalam niat baik tentunya

    ReplyDelete
  15. Berbagi lokasi hanya untuk teman dan keluarga dekat saja ya. Untung ada fitur pengaturannya. Bahaya kalo bisa berbagi lokasi dengan siapa aja.

    ReplyDelete
  16. Aplikasi yang sangat membantu sekali ya apalagi di era sekarang ini kejahatan banyak terjadi kalau kita mengetahui lokasi orang-orang tersayang kita pasti membuat kita lebih aman dan nyaman

    ReplyDelete
  17. Menarik banget ini aplikasinya, soalnya aku termasuk orang yang selalu share loc kalau bepergian. Apalagi kalau lagi gak bareng sama pak suami, selalu share loc biar tau posisiku dimana. Kalau sama teman juga sama, jadi penasaran pengin juga cobain aplikasinya Jagat ini

    ReplyDelete
  18. Kalau sama-sama pakai aplikasi ini, udah gak bisa lagi bilang OTW padahal sebetulnya belum berangkat. Karena pasti ketahuan, ya hehehe. Aplikasinya menarik untuk diinstall. Karena fitur-fitur yang ada di dalamnya.

    ReplyDelete
  19. Saya baru tahu ada aplikasi JAGAT ini. tapi berguna banget ya agar anggota keluarga lain bisa tahu kita habis bepergian kemana. Untuk keamanan penting sih menurut saya

    ReplyDelete
  20. Wah, menarik ini, bisa kayak mamanya Weasley yang tau semua lokasi seluruh keluarganya dari rumah, jadi anak juga gak bisa bohong ya, ahaha. Bermanfaat buat tau lokasi keluarga atau keuntungan lainnya bisa nyari hp yang ketinggalan ya, ihihi

    ReplyDelete
  21. Keren nih, Jagat! Bisa buat mantau temen yang bilangnya sudah otw tahunya masih dirumah heheheh

    ReplyDelete
  22. Kayanya perlu juga nih coba nanti spy bisa saling tau dengan suami posisinya dimana. Jadi gak harus selalu absen buat tanya ayank lagi dimana, wkwkwk

    ReplyDelete
  23. wah baru tahu ada aplikas buat mantau perjalanan orang, jadi asik kalo tbtb orang yang disayang gk ada kabar, langsung cek aplikasi deh

    ReplyDelete