Tips Memasarkan Produk Lokal Indonesia bagi Pemilik UMKM


Saat mengunjungi kota Yogyakarta beberapa waktu lalu, saya dan keluarga hanya sempat mengunjungi Malioboro untuk berbelanja beberapa produk oleh-oleh. Seperti yang kita ketahui bersama, jalan legendaris di Yogyakarta ini merupakan salah satu surganya oleh-oleh di Kota Gudeg. Di sini kita bisa membeli berbagai produk lokal Indonesia seperti batik, bakpia, aneka aksesoris hingga tas kulit untuk dibawa pulang. Karena itu jangan heran kalau pulang dari Malioboro pengunjung bisa bawa tas belanja segambreng. Hehe.

Beberapa produk yang saya beli saat di Malioboro adalah tas selempang untuk oleh-oleh dan dompet yang bisa beranak. Harganya terbilang sangat murah namun kualitasnya tetap bagus. Sementara ibu saya membeli sebuah tas kulit yang merupakan titipan dari kakaknya. Tas kulit ini juga dijual di salah satu lorong di Teras Malioboro dan merupakan tas unbranded yang dibuat oleh pengrajin lokal dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Bicara tentang produk lokal Indonesia, bisa dibilang saat ini produk lokal kita sudah semakin dikenal dan dicintai masyakat Indonesia. Produk-produk seperti hijab bahkan sekarang memiliki branding dan ekskusivitasnya tersendiri yang membuat mereka yang membeli dan mengenakannya bisa merasa bangga akan produk tersebut. Bahkan untuk beberapa produk malah harus sampai rebutan dan pasang nama dulu untuk mendapatkannya. Ini tentunya membuktikan kalau produk lokal sekarang juga mulai menjadi primadona di negeri sendiri. 

Tentunya untuk bisa menjadikan produk lokal Indonesia ini menjadi pilihan utama masyarakat memerlukan beberapa trik dan strategi, terutama bagi produk lokal yang masih dijalankan oleh UMKM di berbagai daerah. Salah satu tantangan yang mungkin dihadapi oleh para UMKM pegiat produk lokal ini adalah bagaimana memperkenalkan produknya ke masyarakat. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar produk lokal Indonesia dari UMKM bisa lebih dikenal masyarakat:

Produk memiliki unique selling tersendiri

Salah satu cara agar produk lokal kita bisa cepat dilirik oleh pembeli adalah dengan membuat produk yang memiliki unique selling tersendiri. Unique selling ini bisa dari segi penggunaan bahan atau juga pola yang dimiliki untuk produk. Untuk produk makanan, unique selling juga bisa ditentukan lewat variasi rasa atau bahan makanan yang dipilih untuk diproduksi. Keunikan yang dimiliki oleh produk ini ke depannya juga bisa membantu dalam membentuk branding dari produk yang dijual tersebut.


Menentukan target konsumen

Setiap produk tentunya memiliki target konsumennya sendiri, apakah itu untuk laki-laki, perempuan atau juga anak-anak. Target konsumen berdasarkan jenis kelamin ini bisa dirincikan lagi dari segi usia, latar belakang pekerjaan dan beberapa kriteria lainnya. Target konsumen yang berbeda ini tentunya juga akan mempengaruhi harga dari produk yang akan dipasarkan. Jika kita membidik target konsumen dari kelas menengah atas, pastinya harga dari produk yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal dibanding produk dengan target konsumen kelas menengah.

Mengedepankan kualitas

Kualitas tentunya juga hal yang penting untuk diperhatikan dalam produk lokal yang akan dijual. Baik itu dari pemilihan bahan makanan ataupun juga pakaian sebaiknya kita pilih bahan yang terbaik dan bisa menghasilkan produk yang awet dan nyaman dikenakan. Untuk makanan, pastikan juga kualitas rasa dari produk tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. Dengan menghadirkan produk yang berkualitas tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumennya sehingga tidak ragu untuk membeli kembali produk lokal kita. 


Memanfaatkan digital marketing untuk pemasaran produk

Hal lain yang cukup menentukan dari penjualan produk lokal Indonesia adalah sistem pemasaran yang digunakan. Saat ini hampir semua usaha menggunakan digital marketing untuk pemasarannya. Untuk penting sekali bagi pebisnis produk lokal untuk mengetahui dasar-dasar dari digital marketing ini seperti memiliki website sendiri, akun instagram hingga juga memiliki toko di marketplace untuk memudahkan konsumen mengenal dan membeli produk kita. Selain itu, dalam hal pemasaran dan pengenalan produk juga bisa dijalankan lewat kerja sama dengan influencer, blogger dan juga para copywriter sehingga produk kita bisa menjangkau kalangan yang lebih luas lagi. 

Itulah dia sedikit tips yang bisa saya berikan untuk memasarkan produk lokal Indonesia. Semoga bermanfaat dan buat mereka yang suka belanja jangan lupa untuk mencintai produk-produk buatan Indonesia yaa!
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

22 Comments

  1. Benar sekali, untuk memasarkan sebuah produk kita harus memiliki target pasar kita sendiri dan juga unik. Dengan begitu, jika tepat sasaran maka produk bisa lebih mudah diterima oleh penggunanya! Thanks ka sudah sharing

    ReplyDelete
  2. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, produk lokal Indonesia dari UMKM dapat semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat. Semoga produk lokal terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan identitas bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget nih kalau UMKM punya pasar luas pasti bisa menyerap tenaga kerja juga, meningkatkan perekonomian

    ReplyDelete
  4. aku gak punya produk UMKM, tapi tipsnya membantu banget ini. Strategi pemasaran UMKM memang harus tepat, biar punya konsumen yang loyal.

    ReplyDelete
  5. Paham digital marketing sekarang ini sepertinya menjadi skil wajib bagi semua pengusaha. Hal itu agar produk bisa lebih dikenal dan dijangkau lebih banyak orang.

    ReplyDelete
  6. kayaknya unique selling point ini menarik kalau dibahas dalam satu blog. soalnya bahkan antara satu brand dengan brand lain yang memiliki produk sama, masih bisa memiliki perbedaan mencolok.

    ReplyDelete
  7. pokoknya harus melek digital marketing biar pemasarannya tambah luas sasarannya

    ReplyDelete
  8. Saya lebih menerapkan tips yang mengedepankan kualitas, karena kualitas yang baik memberikan peluang yang besar client bisa reorder atau order kembali

    ReplyDelete
  9. Aku selalu salut dengan produk lokal yang saat ini bisa menggapai pangsa pasar keluar negeri. Kebetulan anget aku gabung sama grup alumni SMA yang profesinya rata-rata pengusaha UMKM. Sering berbagi tips bahwa Indonesia kini sudah mampu memproduksi barang berkualitas yang sangat disukai oleh bule-bule sehingga untuk target market yang luas ini dibutuhkan inovasi yang lebih baik lagi seperti pengemasan produk yang aman dan cantik, buyer persona dan lain-lain.

    ReplyDelete
  10. Tren market digital memang luar biasa sih, dan setuju bahwa produk produk umkm mesti dipasarkan melalui internet. Karena saat kegiatan masyarakat banyak melibatkan Internet, sehingga membuka peluang tersendiri tentunya.

    ReplyDelete
  11. Kalau produknya bermanfaat, berkualitas dan bagus pasti banyak diminati. Promosi alami, alias melalui mulut ke mulut dari konsumen bakalan jadi marketing terdepan. Ya selain melalui media online yang kekinian itu ya

    ReplyDelete
  12. Untuk memperkenalkan suatu brand memang perlu melalukan promosi dan branding. Dan hampir rata² UMKM sekarang banyak yang melek branding

    ReplyDelete
  13. digital marketing ini memang diperlukan untuk pelaku usaha karena kalau tidak dipasarkan secara luas maka bisnis yang dilakoni tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan ya kak

    ReplyDelete
  14. Memanfaatkan digital marketing ini yang memang sekarang lagi banyak jadi perhatian. Kalau pelaku UMKM ada anak muda yang pegang, biasanya udah otomatis pakai digital marketing ya. Bahkan ada yang sampai tembus pasar luar negeri. Yang justru perlu diperhatikan tuh kalau pelaku UMKM nya generasi lawas, artinya barang2nya sebetulnya unik, tapi kurang diekspos karena keterbatasan skill digital ini. Semoga para pelaku UMKM tetap semangat dan bisa semakin sukses ke depannya..

    ReplyDelete
  15. Bener juga ya. Hal yang paling utama memasarkan produk lokal tuh harus tau benar unique sellingnya apa. Lalu target marketnya siapa. Jadi klop gitu. BIsa laris manis.

    ReplyDelete
  16. Malioboro tempatnya produk handmade lokal yang unik dan bagus. Aku pernah beli clucth bahan enceng gondog harga 15.000. Beli tahun 2012 masih bagus dan sering saya pakai sampai sekarang. Semoga produk lokal di Jogja semakin banyak yang berjualan online. Saya bisa beli tanpa harus ke Jogja.

    ReplyDelete
  17. Produk UMKM saat ini bagus-bagus dan berkualitas lo, didukung pemasaran yang bagus akan memudahkan proses penjualannya

    ReplyDelete
  18. Menentukan pasar dan menentukan ciri khas atau keunikan produk bisa jadi pilihan yang tepat untuk tetap bisa bertahan dari gempuran pasar di jaman modern sekarang ya\
    lalu kemnudian bisa dipasarkan melalui medsos dan ecomerce juga untuk meningkatkan penjualan

    ReplyDelete
  19. Sekarang makin banyak produk lokal UMKM yang berkualitas, ya. Produk-produk ini juga punya pasarnya sendiri dan semoga makin banyak masyarakat yang memakai produk lokal.. Cara pemasarannya sekarang juga sudah memanfaatkan digital marketing jadi makin banyak dikenal masyarakat... :)

    ReplyDelete
  20. Unik dan berkualitas adalah 2 faktor paling menentukan. Apalagi dengan pemasaran di internet, potensi booming sangat besar, makanya banyak pelaku UMKM yg bisa kaya mendadak, karena potensi penggelembungan volume bisnis sekarang bukanlah hal yang sulit lagi.

    ReplyDelete
  21. Memang betul untuk mudah dikenal suatu brand harus memiliki keunikan yang ga ditemui ditempat lain, biar mudah diingat dan lari manis

    ReplyDelete
  22. Waaah ke Jogja kok tidak berkabar lho, kan bisa mampir-mampir hehehe.. Btw, aku setuju dengan memanfaatkan digital marketing. Bahkan, seharusnya umkm sekarang sudah mulai menempatkan pemasaran digital ini sebagai salah satu alat marketing utamanya kali, yah? :)

    ReplyDelete