Apa Saja Bagian yang Diperiksa Saat Service Motor? Yuk Cek di Sini!

pixabay

Sebagai ibu bekerja, sehari-hari saya menggunakan motor untuk berangkat dan pulang kerja. Jarak dari rumah ke kantor sekitar 9 km dan biasanya saya memerlukan waktu 15-20 menit menuju ke kantor. Ada kalanya saya membawa motor dengan kecepatan tinggi karena berangkat terlalu siang atau bahkan terjebak kemacetan bersama para orang tua yang juga mengantarkan anak-anak mereka ke sekolah. 

Menggunakan motor setiap hari tentunya membuat motor saya harus bekerja keras setiap harinya. Agar motor bisa tetap nyaman digunakan untuk bepergian, salah satu syaratnya adalah dengan rajin melakukan pengecekan berkala terhadap mesin motor. Untungnya saya punya suami yang selalu aware dengan kesehatan motor ini dan tak bosan mengingatkan saya untuk membawa motor ke bengkel untuk service rutin.

Hal yang perlu diketahui tentang service motor



Sebagai perempuan, kita kerap dianggap sebagai pribadi yang tidak mengerti soal seluk-beluk kendaraan bermotor. Selama motor masih bisa dijalankan maka itu artinya motor masih baik-baik saja. Padahal mungkin bagi mereka yang mengerti mesin motor kondisi motor kita sudah sangat parah. Saya jadi ingat salah satu teman yang motornya remnya sudah "tidak makan lagi" namun tetap digunakan setiap hari padahal hal itu sangat membahayakan saat berada di jalan raya.

Layaknya manusia, motor juga akan memberikan sinyal ketika kondisi mesinnya sedang tidak baik-baik saja. Gejala-gejala seperti motor yang tidak bisa dinyalakan, suaranya tidak enak didengar, tarikan yang berat hingga knalpot yang berasap merupakan tanda-tanda kalau ada kerusakan pada motor kita. Jangan sampai motor keburu mogok baru kita membawanya ke bengkel untuk di-service. Kalau sudah begini alamat kita harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki komponen-komponen yang rusak dari motor kita. 

Service rutin sendiri merupakan kegiatan di mana teknisi memeriksa komponen-komponen yang ada pada motor kita apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Bagian-bagian yang biasanya diperiksa saat service motor ini antara lain :

Oli mesin dan oli gardan pada motor

Saya kerap ditegur oleh suami karena sering lupa untuk mengganti oli motor matic yang saya miliki. Oli mesin pada motor memang harusnya sudah diganti setiap motor melewati jarak tempuh 2000 km - 2500 km agar kinerjanya selalu terjaga. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Selain oli mesin, bagi pengguna motor matic juga wajib mengganti oli gardan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen transmisi otomatis sehingga komponen pada motor tidak cepat rusak. Berbeda dengan oli mesin yang diganti setiap 2000-2500 km, penggantian oli gardan pada motor matic bisa dilakukan dengan rumus 2 kali ganti oli mesin lalu dibarengi dengan 1 kali ganti oli gardan. 

Busi dan Kampas rem

Ngomongin soal busi saya jadi ingat dengan motor manual yang pernah saya gunakan belasan tahun lalu. Jadi kalau tiap kali motor mulai bermasalah maka tersangka pertamanya ada si busi ini. Busi sendiri adalah komponen dari motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi bermasalah dan mengakibatkan motor tidak menyala maka perlu dilakukan penggantian busi pada motor.

Selain busi, rem juga termasuk bagian motor yang wajib untuk dicek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Salah satu tanda kalau kampas rem sudah menipis adalah daya rem motor yang berkurang sehingga membuat motor tidak bisa langsung berhenti saat dilakukan pengereman. 

Filter udara

Filter udara merupakan bagian dari mesin yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke bagian pembakaran sehingga mencegah kotoran-kotoran yang berasal dari luar. Ada 2 jenis filter udara yang digunakan untuk motor yakni filter model busa dan stainless steel yang umumnya digunakan untuk motor model lama. Filter model ini dibersihkan dengan menggunakan air sabun dan sesudahnya dilumuri kembali dengan oli untuk menjaga kemampuan penyaringannya.

Adapun untuk motor keluaran terbaru menggunakan filter udara basah yang terbuat dari semacam kertas dan di dalamnya terdapat semacam lapisan oli untuk memaksimalkan kemampuan penyaringannya.

Aki motor

Aki motor biasanya dicek dengan menggunakan alat bernama multitester untuk mengetahui tegangannya. Aki yang normal akan memiliki tegangan12,3-12,6 volt dalam kondisi mesin mati sementara untuk kondisi mesin hidup tegangannya berkisar pada angka 13,7-14,2 Volt. Selain memeriksa tegangan pada aki, perlu juga dicek kondisi fisik aki apakah ada kebocoran atau karat pada terminal aki tersebut. Jika kondisi aki dinyatakan tidak baik maka mau tidak mau harus dilakukan penggantian aki pada motor.

Pengecekan ban

Ban merupakan bagian motor yang sangat mudah dirasakan ketidaknyamanannya. Jika ban motor kempes, bocor atau bahkan gundul maka pengendara pastinya akan merasa tak nyaman saat mengendarai motor. Apalagi jika ban gundul akan sangat rawan menyebabkan kecelakaan karena ban menjadi mudah slip di jalan yang licin ataupun basah. 

Tune up motor

Tune up motor merupakan service dan pemeriksaan pada motor yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan saat tune up motor meliputi pengecekan busi, pembersihan injektor hingga juga pemeriksaan rantai motor. Tune up disarankan dilakukan setiap 2 bulan sekali atau setelah motor memasuki masa tempuh 2000 km, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. 
 

Memilih bengkel yang tepat untuk service motor

https://www.naikmotor.com/


Dalam memilih bengkel untuk service motor, setiap orang memiliki preferensinya masing-masing. Ada yang suka ke bengkel resmi dari merk yang digunakan dan ada juga yang lebih memilih bengkel non resmi yang bisa melayani semua merk motor. Tentunya baik bengkel resmi dan non resmi ini memiliki teknisinya masing-masing yang handal dalam pekerjaannya. Salah satu bengkel yang bisa dipilih untuk service motor adalah Planet Ban, di mana kamu bisa mendapatkan layanan service motor yang memuaskan sehingga menjadikan motor kita terasa baru lagi.

Planet Ban menggunakan sistem service terpadu yang bertujuan meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Pada service ini, pemeriksaan dan perbaikan berfokus pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Khusus untuk penggantian oli motor, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita melakukan service di Planet Ban ini yakni:

  • Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin yang pastinya membuat mesin motor jadi lebih awet
  • Penggunaan oli motor matic yang digunakan Planet Ban jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli akan membuat motor jadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan enteng
  • Produk oli yang digunakan di Planet Ban membuat pengendara bisa mengganti oli mesin setiap mencapai jarak tempuh 5000 km (4-6 bulan sekali) yang pastinya bisa mengurangi frekuensi kita ke bengkel 
  • Mengurangi emisi karbon pada motor sehingga bisa turut menjaga lingkungan
Tak hanya pemilihan oli motor, Planet Ban juga melakukan pemeriksaan seluruh bagian pada mesin termasuk juga kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body semua dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, kotoran dan debu sehingga membuat motor terasa seperti baru dan pastinya nyaman digunakan. Untuk biaya service kamu juga tidak perlu ragu karena biaya service di Planet Ban sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi hanya Rp. 20.000,- service CVT sekaligus rantai dan bahkan untuk service throttle body hanya Rp. 20.000,-.

Planet Ban sendiri saat ini sudah tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Bahkan waktu saya mengunjungi Kebumen beberapa waktu lalu juga menemukan cabang dari Planet Ban ini. Tinggal menunggu di Banjarmasin nih biar saya juga bisa nyobain service motor di Planet Ban biar motor saya jadi berasa baru lagi.  

Baca Juga
Reactions

Post a Comment

22 Comments

  1. Bagi saya, motor hanya sekadar mske. Masalah lain2nya, sangat buta. Kecuali bbm-nya.

    ReplyDelete
  2. Wah, di planet ban, ada gitu ya bisa ganti ban hingga 4-6 bulan, lama juga yah. Kalo aku selama itu. Mantap planet ban

    ReplyDelete
  3. Planet ban memang bukan main baiknya, sevice sebegitu detail dan bagusnya bayarnya gasampe bikin kantong kering, mana sering ada promo diskon beli ban baru lebih murah, dengan kualitas yang bagus tetapi harga nya masih ramah.

    ReplyDelete
  4. Cucu2 bunda masing2 saling mengingatkan KL soal service motor cuma mungkin saja bengkel tempat mereka service motor2 tsb tidaklah sebaik dan serapih Planet Ban. Md2an kelak suatu saat mereka mengenal bengkel keren Planet Ban ini.

    ReplyDelete
  5. Sebagai pengendara dan pemilik motor, sekalipun perempuan, kita wajib tahu semua komponen-komponen yang membuat mengapa motor bisa berjalan ya Mbak. Jadi begitu ada masalah atau sebelum ada masalah pada komponen kita jadi tahu kalau secara berkala di service

    ReplyDelete
  6. Motor yang udah setia menemani kita sehari2 memang harus jg mendapat perhatian ya. Agar gak terlanjur rusak dan biaya perbaikannya malah jd lbh mahal

    ReplyDelete
  7. Kerasa banget sih ya bedanya motor sebelum dan setelah diservis. Jadi lebih enak banget deh dipakainya. Memang harus dilakukan rutin supaya motor awet dan terjaga enaknya yaa :)

    ReplyDelete
  8. Kalo motor udah di servis tu rasanya beda ya, kayak baru dan lebih nyaman dipakenya. Baru tau kalo Planet Ban bisa servis motor juga

    ReplyDelete
  9. Aku beneran ga paham.apa2 deh kalo soal motor. Biasanya paksu yg ngurus semuanya nah kalo soal servis biasanya rutin sih supaya performa motor tetep enak nanti aku sampein ke pqksu untuk nyobain servis motor di planet ban

    ReplyDelete
  10. Hati2 di jalan ya mba.. kerjanya pakai motor, kita udah benar, orang lain suka tbtb aja gitu nyenggol kendaraan. Btw kalau motor belum servis rasanya gimana gitu. Biasa paksu yg bawa ke bengkel. Aku infoin di Planet Ban bisa servis, baru tau juga bapak suamii aku..

    ReplyDelete
  11. Baca-baca ini tuh lumayan membuka pengetahuan saya soal mesin. Tadinya suka iya-iya aja kalau ke bengkel dan mekaniknya menginfokan sesuatu. Kalau ada sedikit-sedikit pengetahuan soal mesin kan jadi bisa agak nyambung ya ngomong sama mekaniknya hehehe. Btw, semoga planet ban semakin banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Jadi makin banyak motor yang bisa merasakan servi rasa baru.

    ReplyDelete
  12. Nah iyaa, kita kadang sebagai perempuan hanya tahu pakenya saja yaa, dulu aku gituu. Tapi semenjak jadi biker sejati wajib tahu dan mendengarkan sinyal motor kesayangan terutama bagian2 motor yg perlu di servis minimal tahuu, biar ga dibodohin sama orang2 bengkel yang kbanyakan juga suka nackal.
    Btw, planet ban memang ya terpercaya, aku pun kalo servis ke sana soalnya deket rumah.

    ReplyDelete
  13. Tujuan melakukan servis motor adalah untuk meremajakan kinerja mesin sepeda motor. Baik sepeda motor injeksi maupun karburator,

    ReplyDelete
  14. Yang paling terasa buatku saat motor sudah harus banget di-service adalah masalah pada kampas rem dan aki. Yang lainnya suka nggak kuperhatikan. Haha. Suamiku yang suka ngingetin untuk ganti oli dan lainnya. Sebagai Buibu sebaiknya kita jangan cuma bisa pakainya saja, ya, Mak. Tapi paham betul tentang bagian-bagian dari sepeda motor yang harus diservice secara berkala. Terima kasih infonya, Mak.

    ReplyDelete
  15. Servis rutin nggak hanya ganti oli saja ya mbak. Ada banyak hal lain yang perlu di cek juga

    ReplyDelete
  16. Detail banget yaaaaa service di Planet ban, bantu banget orang yang gak ngerti teknis motor kayak saya, jadi gak kena tipu teknisi

    ReplyDelete
  17. Perempuan identik dengan tidak paham perservisan walaupun sebenarnya betul juga hahaha. Ya udah, percayakan ke ahlinya aja. Planet Ban ini juga oke kan. Harganya terbilang terjangkau

    ReplyDelete
  18. Aku sih biasanya cek mesin, lalu ganti oli, trus meriksa busi dan kebersihan knalpot.
    Yang namanya Planet Ban itu ada di mana2 ya mbak, makin memudahkan buat servis nih, terutama pas lagi gak bisa bawa kendaraan ke bengkel resminya. Soalnya Planet Ban pun salah satu bengkel yang terpercaya bagus layanannya.

    ReplyDelete
  19. Bahaya banget ya.. kalau sampai service motor ini terlambat atau sampai terlupa.
    karena kita gak pernah tau mana yang paling butuh ditangani terlebih dahulu. Ketika abai, takutnya malah kenapa-napa.

    Kudu dijadwal banget buat ke Planet Ban.
    Tempat service motor terbaik dan ternyaman masa kini.

    ReplyDelete
  20. Tapi memang motor yang terbiasa dirawat sama enggak tu beda banget sih. Tarikannya jauh lebih enak yang dirawat (ya iya lah ya, haha). Makanya aku termasuk rewel soal servis motor rutin.
    Apalagi motorku matic dan meskipun bisa nyetir, kemana2 naik motor lebih sat set das des buatku.
    Jadi penasaran pengen coba servis motor di Planet Ban deh. Harganua terjangkau dan hasilnya memuaskan kayaknya ya, mbak.

    ReplyDelete
  21. iya mbak, service motor itu emang harus rutin ya dilakukan agar motor jadi awet mesinnya dan tidak menyusahkan waktu dipakai heuheu

    ReplyDelete
  22. baru aja kemarin tanggal 1 agustus aku ganti oli di Planet Ban mak. Kebetulan Planet Ban itu jalur arah pulang ngantor. service motor itu kalau udah ketemu tempat yang nyaman pasti langsung jadi langganan

    ReplyDelete