Usaha Rumahan yang Bisa dicoba Karyawan sebagai Tambahan Penghasilan



Usaha rumahan kini menjadi salah satu pilihan orang-orang dalam memenuhi lumbung padinya. Tak hanya dijalankan secara penuh, usaha rumahan juga bisa dijalankan secara paruh waktu bagi mereka yang memiliki pekerjaan formal seperti pegawai atau karyawan. Bahkan tak sedikit cerita tentang usaha rumahan yang behasil menjadi bisnis sukses dengan omzet atau penghasilannya lebih besar ketimbang gaji sebagai karyawan.

Salah satu kelebihan dari usaha rumahan ini adalah kita tak perlu memikirkan lokasi usaha karena memang usaha ini benar-benar dijalankan dari rumah. Hal ini membuat modal dari usaha rumahan bisa lebih kecil dibanding jika ingin membuka usaha lain. Selain itu usaha rumahan juga biasanya berasal dari hobi atau keahlian yang dimiliki yang bisa menghasilkan uang.

Meski demikian, tak jauh berbeda dengan jenis usaha lainnya, saat akan menjalankan usaha rumahan kita juga tentunya harus melakukan berbagai riset mulai dari usaha apa yang akan dijalankan, tantangan yang harus dihadapi hingga juga adanya kompetitor dari usaha sejenis. Selain itu perlu juga dipikirkan bagaimana promosi dari usaha rumahan ini agar bisa menjaring pembeli atau konsumen.

Beberapa jenis usaha rumahan untuk menambah penghasilan karyawan

Memiliki usaha sampingan atau bahkan usaha rumahan sudah bukan menjadi hal yang baru lagi di dunia kerja. Dengan menjalankan usaha sampingan kita bisa menambah penghasilan dan mencapai target-target finansial seperti naik haji, mengumpulkan dana pensiun hingga juga travelling ke tempat-tempat impian. Berikut adalah beberapa jenis usaha rumahan yang bisa dicoba sebagai tambahan penghasilan bagi karywan: 

Reseller/marketer

Menjadi reseller/marketer sebuah produk termasuk jenis usaha sampingan yang cukup banyak menjadi pilihan para karyawan dalam menambah penghasilan mereka. Reseller sendiri mengacu pada mereka yang menjual kembali sebuah produk dan mendapat keuntungan dari selisih harga penjualan sementara marketer mengacu pada orang yang mempromosikan sebuah produk kepada orang lain dan mendapat komisi juga produk tersebut terjual. Untuk bisa menjadi reseller yang sukses, tentunya diperlukan kemampuan creative writing yang baik agar kita bisa menjual produk yang sedang dipromosikan.

Usaha kuliner

Bagi mereka yang hobi dan berbakat memasak, usaha sampingan berupa kuliner bisa menjadi pilihan. Ada banyak jenis kuliner yang bisa dijual mulai dari kue hingga makanan berat. Karena statusnya usaha sampingan, untuk usaha kuliner ini kita bisa memilih produk yang dijual dengan cara PO dan juga produk musiman seperti kue lebaran misalnya.  

Paket hampers/bucket

Beberapa tahun belakangan, bisnis paket hampers atau bingkisan dan buket juga menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan. Adanya trend berupa pemberian buket ulang tahun, buket wisuda dan hampers di hari raya membuat banyak yang tertarik untuk memulai usaha ini. Apalagi usaha paket hampers/bucket ini juga modalnya biasanya tidak terlalu besar dan bisa disesuaikan isinya menurut permintaan konsumen.  

Usaha laundry

Bisnis laundry juga bisa menjadi pilihan sebagai usaha sampingan bagi seorang karyawan. Memang bisnis ini bisa dibilang memerlukan modal yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan usaha sampingan lainnya. Namun jika dilihat dari pangsa pasarnya, usaha laundry juga cukup menjanjikan apalagi sebagai karyawan kita bisa lebih mudah mempromosikan usaha kepada sesama rekan kerja. 

Jasa fotografi

Nah bagi mereka yang memiliki bakat dan kemampuan memotret yang baik, usaha jasa fotografer juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Saat ini banyak sekali bidang usaha yang memerlukan jasa fotografer entah itu foto produk hingga menjado fotografer untuk acara-acara seperti ulang tahun atau bahkan foto pre wedding.

Jasa dekorasi acara

Jenis usaha lain yang bisa dipilih sebagai usaha sampingan bagi karyawan adalah jasa dekorasi acara seperti acara ulang tahun anak atau akikah. Usaha ini bisa menjadi pilihan mengingat biasanya acara-acara keluarga ini diadakan di hari libur sehingga kita bisa menjalankan usaha ini tanpa menganggu jam kerja.


Itulah dia beberapa jenis usaha rumahan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi karyawan. Tentunya masih ada banyak jenis usaha sampingan lain yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan kita seperti yang saya baca di website beranda.co.id yang merupakan platform berita untuk UMKM, dunia bisnis dan berita lainnya. Bagi mereka yang sedang terjun di dunia bisnis kehadiran website ini pastinya akan menambah wawasan dalam menjalankan usaha.   



19 Comments

  1. beberapa butuh skill tambahan kayanya, ya. kalau sesuai dengan hobi atau passion kita sih jadinya asyik.

    ReplyDelete
  2. Usaha yang modalnya ga banyak ya jasa bucket ya, Mba. Memang kita harus punya skill tambahan biar bisa menghasilkan uang walau duduk manis di rumah aja.

    ReplyDelete
  3. Bisnis rumahan rata-rata usaha kuliner ya mbak. Tapi makin ke sini makin bervariasi jenisnya. Buket juga sudah menjamur dan laris di pasaran. Hampers juga sangat menarik untuk berbagai kegiatan dan acara. Sesuai minat dan bakat jika dijalankan dengan baik insya allah hasilnya optimal :)

    ReplyDelete
  4. Sepertinya saya mesti lanjut baca-baca artikel di beranda.co.id nih, soalnya sampai sekarang masih bingung mau usaha rumahan apa.

    ReplyDelete
  5. Makin ke sini makin banyak pilihan usaha yang bisa dicoba ya, menyenangkan banget bisa bikin usaha rumahan, apalagi sekarang buat izin UMKM dipermudah ya..

    ReplyDelete
  6. klo yg paling gampang untuk wanita paling ya reseller atau bisnis mlm gitu. kalo jasa dekor acara kudu ada timnya alias ajakin suami. soalnya susah klo mesti manjat2 tembok. hihii

    ReplyDelete
  7. makin banyak pilihan yang bisa kita lakukan untuk memulai usaha di rumah dan berhasil yaaa. Ayo semangat menjadi wirausaha sukses

    ReplyDelete
  8. Usaha laundry emang pilihan nih mba. Apalagi kondisi skarang buat usha laundry jadi piilhan banget. Makasih ide ide usaha rumahannya ya mba

    ReplyDelete
  9. iya betul banyak pilihan usaha yang sudah bisa dilakukan dari rumah, yang terpenting niat dan usaha keras ya

    ReplyDelete
  10. Asik ya bisa bagi waktu buat kerja dan bisnis sampingan. Aku lagi di fase ini Mba, pengen penghasilan sampingan yang juga bisa dikelolah keluarga

    ReplyDelete
  11. Temenku seorang guru swasta, punya usaha bucket dan omsetnya tuh lumayan banget loh. Kalau aku pernah jadi reseller, lumayan sih tapi butuh ketelatenan juga. Dan jujur aja, kerja tapi masih punya usaha rumahan tuh harus pinter bagi waktu.

    ReplyDelete
  12. Meskipun bukan karyawan, tapi ide ini masuk banget buat ibu rumah tangga kaya aku juga kayaknya.
    Soalnya suka bingung pengen cari sampingan tapi yang nggak terlalu menyita waktu tu apa.
    Dulu sempat jadi reseller tapi masih harus sering wira-wiri karena jaman itu online shop belum kaya sekarang

    ReplyDelete
  13. Iya banget..
    Sahabat aku ada yang buka jasa fotografi. Alhamdulillah, seneng jalan-jalan dan melihat banyak hal. Jadi kepikiran ya.. kerja kalau sesuai passion tuh rasanya nyaman banget.

    ReplyDelete
  14. selama da kemauan ada jalan sih ya untuk bs tetap bergerak dan berkarya di rumah tp memmang selain butuh modal butuh skill juga nh

    ReplyDelete
  15. wah ide idenya boleh juga nih. Aku sebenernya ada rencana ingin buka toko pakaian anak juga di rumah buat isi waktu luang, semoga bisa terealisasi secepatnya.

    ReplyDelete
  16. Usaha rumahan bisa ekonomi keluarga lancar dan anak juga bisa jajan.

    ReplyDelete
  17. Bener nih, banyak ya ternyata ide usaha rumahan yang bisa dikerjakan dari rumah dan memanfaatkan waktu lebih. Pastinya harus tau resikonya juga, waktu istirahat berkurang dan kadang2 weekend juga jadinya kerja (biasanya jasa fotografi atau dekor nih ya yang suka dilakukan waktu weekend, haha).

    Tapi kalau memang niat dan semangat, apapun sangat mungkin dilakukan yaa

    ReplyDelete
  18. Saya masih suka maju mundur ih kalau mau bener2 buka usaha rumahan. Pernah coba bikin nugget ayam sayur, tapi mndeg dan belum lanjut, Mau mulai lagi, malah sudah takut duluan ga bisa bagi waktu kalau mau usaha makanan. Suka kurang konsisten sih orangnya... :D

    ReplyDelete
  19. Meski jadi Karyawan tetep bisa cari tambahan cuan ya Kak. Bisa jadi reseller atau coba bisnis kuliner. Banyak peluang dari rumah bisa dilakukan kalau mau cari tambahan penghasilan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post