Rahasia Sukses Bisnis Laundry


rahasia sukses bisnis laundry dengan aplikasi kasir pos






Beberapa waktu lalu, saat sedang menyusuri jalan bersama suami dan anak-anak, saya membaca sebuah tulisan yang ada di depan sebuah jasa pencucian sepatu. Tulisannya kira-kira begini, "Biasakanlah malas mencuci..". Sayangnya karena posisinya kami sedang berada di dalam mobil saya tidak mengetahui kelanjutan dari tulisan tersebut. Namun mungkin kalau saya diminta melanjutkan maka tulisannya akan menjadi, "Biasakanlah malas mencuci, biar kami yang mengerjakannya untuk kalian." Hehe.

Sekarang ini, bisnis jasa mencuci atau laundry memang bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mencoba usaha rumahan di kota besar. Kesibukan orang-orang di kota besar menjadi salah satu alasan mengapa usaha laundry ini cukup menjanjikan. Seperti saya, misalnya, yang setiap hari bekerja dan tidak ada yang menjagakan jemuran maka laundry akan menjadi pilihan untuk memastikan pakaian anggota keluarga selalu bersih, rapi dan wangi.

Bidang usaha laundry sendiri ada cukup banyak macamnya. Kita mungkin cukup familiar dengan bisnis laundry kiloan yang paling banyak ditemui di berbagai lokasi. Ada juga usaha laundry sepatu yang juga mulai mencuri perhatian hingga laundry khusus karpet rumah dan laundry hotel yang menyediakan jasa pencucian barang-barang hotel.

Rahasia suskses bisnis laundry


Salah satu teman SMA saya dulu pernah menjalankan bisnis laundry pakaian. Katanya dia memulai usaha laundry tersebut dengan modal kurang lebih 20 juta. Sayangnya karena suatu alasan bisnis laundry-nya ini harus ditutup. Saya tidak tahu apakah usahanya ini sudah balik modal atau belum namun tentunya hal tersebut merupakan hal yang cukup disayangkan dari sebuah usaha yang dimulai dengan modal cukup besar.  

Untuk menghindarkan diri dari kerugian seperti usaha yang tidak balik modal atau malah mati di tengah jalan, tentunya sebagai pemilik usaha kita harus memiliki mental dan strategi yang kuat. Kita tak bisa tiba-tiba saja ingin membuka sebuah usaha hanya karena memiliki modal yang cukup tanpa mempertimbangkan hal yang lain. Suami saya sendiri juga sempat memulai usaha ayam petelur saat pandemi lalu yang sayangnya juga tidak berjalan lagi karena sulitnya pengelolaannya. 

Lalu apa sajakah hal yang sebaiknya diperhatikan dalam menjalankan usaha laundry ini? Berikut beberapa yang bisa saya sebutkan:

rahasia sukses bisnis laundry


Melakukan riset dan analisa pasar terkait usaha yang akan dijalankan

Sebelum memulai usaha laundry, hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah melakukan riset dan analisa terlebih dahulu terkait usaha laundry yang akan dijalankan ini. Riset bisa berupa jenis usaha yang akan dipilih apakah laundry kiloan, laundry sepatu atau jenis laundry lainnya. Kita juga harus menentukan apakah memulai usaha ini dengan nama sendiri atau menggunakan franchise laundry yang sudah memiliki nama untuk mempermudah pemasarannya. 

Selain menentukan jenis usaha laundry yang akan dijalankan, riset lainnya dilakukan juga bisa terkait modal yang diperlukan untuk memulai usaha laundry. Modal ini bisa berupa uang atau peralatan yang harus disiapkan untuk memulai usaha hingga karyawan yang diperlukan untuk operasional usaha. 

Memilih lokasi usaha laundry

Jika kita sudah menentukan jenis usaha laundry yang dijalankan, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi usaha. Apakah usaha laundry akan dijalankan dengan menggunakan bangunan tersendiri atau memanfaatkan bagian dari rumah kita untuk dijadikan laundry? Namun tentunya akan sangat menguntungkan jika kita memilih lokasi laundry yang strategis dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan. 

Hal lain yang perlu diingat dari pemilihan lokasi usaha adalah memastikan kecukupan tempat untuk meletakkan berbagai peralatan laundry seperti mesin cuci, pengering, setrika hingga tempat untuk memilah pakaian yang sudah dicuci dan dilipat sesuai nama pelanggan. Lalu jika usaha laundry menggunakan karyawan, maka perlu juga diperhatikan tempat untuk karyawan tersebut. 

Menetapkan standar mutu pelayanan 

Sebagai usaha yang bergerak di bidang jasa, penting sekali bagi pemilik usaha untuk memiliki standar pelayanan yang baik kepada konsumennya. Untuk usaha laundry sendiri, standar pelayanan ini meliputi pelayanan saat pakaian diantar dan diambil kembali, kepastian akan kebersihan dan kerapian pakaian yang dicuci hingga jaminan pakaian tidak akan tertukar atau hilang dalam proses pencucian. Tak hanya dari segi pelayanan, standar mutu ini juga perlu ditetapkan pada bahan dan peralatan yang digunakan untuk mencuci agar hasil pencucian sesuai dengan yang dijanjikan. 

Strategi promosi dan marketing yang digunakan

Sebuah usaha takkan cepat dikenal jika tidak memiliki strategi marketing yang baik. Saat ini ada banyak cara yang bisa digunakan sebagai strategi marketing bagi sebuah usaha laundry. Kita bisa menggunakan promo di awal pembukaan, adanya jasa antar dan ambil barang dan tentunya juga memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan usaha kita. 

Di era digital seperti sekarang, sudah bukan hal yang aneh jika setiap usaha memiliki akun media sosialnya sendiri untuk branding dan membagikan berbagai promosi yang diadakah oleh usaha tersebut. Tak hanya itu, pemilik usaha juga bisa menggunakan influencer untuk mempromosikan usahanya yang biasanya juga cukup efektif dilakukan. 

 

Memanfaatkan aplikasi kasir untuk pencatatan transaksi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha laundry adalah alur keuangan yang akan dihasilkan usaha. Salah satu cara mengatur keuangan dari sebuah usaha adalah dengan adanya pembukuan yang baik. Pembukuan bisa dilakukan secara manual namun tentunya akan lebih memudahkan jika kita bisa membuat pekerjaan lebih efektif dengan menggunakan aplikasi kasir yang bisa mencatat transaksi penerimaan ataupun pengeluaran uang dari usaha yang dijalankan.



Aplikasi kasir iReap POS untuk lancarkan bisnis laundry

aplikasi kasir iReap POS



Salah satu aplikasi yang bisa digunakan dalam pencatatan keuangan usaha adalah adalah aplikasi kasir POS yang memiliki banyak fitur andalan untuk pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam usaha laundry kita. Aplikasi kasir POS adalah software yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi layaknya kasir pada toko ritel namun dengan fitur yang lebih canggih. Beberapa fungsi dari aplikasi POS (Point of Sale) ini diantaranya untuk mencatat penjualan, mencatat order barang, membantu menghitung profit per item yang ter jual, pembelian barang, perhitungan stok, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi kasir POS ini tentunya akan sangat membantu dalam melancarkan usaha laundry yang kita jalankan. 

Untuk memenuhi kebutuhan pemilik usaha akan aplikasi kasir POS (Point of Sale) ini, PT. Sterling Tulus Cemerlang mengembangkan aplikasi kasir bernama iReap (integrated Retail ApplicationPOS dengan berbagai fitur dan manfaatnya. Aplikasi kasir iReap POS terbagi atas 2 jenis yakni iReap Lite POS  yang ditujukan untuk UMKM dan juga iReap POS Pro yangd ditujukan untuk UKM. Apa saja perbedaan dari aplikasi kasir iReap POS Lite dan iReap POS Pro? Berikut ulasannya:

Aplikasi kasir iReap POS Lite

fitur di aplikasi kasir iReap POS


Aplikasi kasir iReap POS Lite merupakan aplikasi kasir dengan fitur yang bisa diakses secara gratis selamanya oleh pengguna lewat handphone mereka . Aplikasi ini memiliki 5 pilihan bahasa yakni Indonesia, Inggris, Perancis, Jepang dan Rusia. Selain itu aplikasi ini juga bisa diakses secara offline dengan penyimpanan lokal di perangkat yang digunakan. 

Meski aplikasi kasir iReap POS Lite ini adalah aplikasi kasir, bukan berarti fitur yang disediakan seadanya. Di aplikasi ini kita bisa mengecek transaksi penjualan, mengatur persedian barang yang masuk dan ke luar hingga juga laporan grafis transaksi penjualan. Adapun fitur gratis yang disediakan oleh aplikasi iReap POS Lite ini antara lain:
  • Fitur POS (point of sale) 
  • Pencatatan stok barang
  • Kasir single user 
  • Pencatatan transaksi penjualan
  • Laporan keuangan
Aplikasi iReap POS Lite ini sendiri cocok bagi mereka yang baru memulai usaha dengan skala mikro seperti UMKM, toko kelontong, warung sembako, minimarket, toko online, depot makan, kedai kopi hingga jasa potong rambut. Dengan menggunakan aplikasi iReap POS Lite, pengguna dapat mengontrol uang yang masuk dari penjualan, mengetahui keuntungan harian dan bulanan serta mengontrol stok barang. 


Aplikasi kasir iReap POS Pro

Nah, jika teman-teman memiliki usaha dengan skala lebih besar (UKM) dan memiliki banyak cabang akan lebih cocok menggunakan aplikasi kasir iReap POS Pro. Berbeda dengan aplikasi iReap POS Lite, aplikasi iReap POS Pro ini menggunakan sistem online (cloud) dan full offline yang menggunakan sistem penyimpanan lokal. Dengan menggunakan aplikasi iReap POS Pro ini, kita bisa lebih mudah memantau berbagai cabang usaha kita secara real time. Monitoring juga bisa dilakukan dari rumah dengan mengecek bagian web dashboard report yang akan menampilkan data dari seluruh toko yang dimiliki.

Untuk fiturnya sendiri, aplikasi kasir iReap POS Pro memiliki fitur yang sama dengan versi lite dengan beberapa fitur tambahan yakni:
  • Product Set, yakni fitur yang bisa menampilkan resep untuk usaha restoran
  • Customer price list
  • Special price for store
  • Pencatatan transaksi per user (untuk salon)
  • Transfer barang (perpindahan barang antar toko)
  • Menu expense 
  • Menu absensi untuk karyawan
  • Laporan yang lengkap dari sales maupun inventory
  • Fitur iReap Helper untuk mendaftarkan lebih dari 1 (satu) toko dan menggunakan lebih dari 1 (satu) device dalam 1 (satu) toko.
Jika dibandingkan dengan aplikasi iReap POS Lite, tentunya iReap POS Pro ini memiliki banyak kelebihan seperti sudah terintegrasi dengan berbagai berbagai aplikasi akuntansi (jurnal.id, Zahir, SAP Business One, dan SAP Business One version for SAP Hana Cloud, bisa mencetak struk penjualan, menggunakan scan barcode, menetapkan harga barang, keuntungan, akses offline, hingga back up data. Tak hanya itu, aplikasi iReap POS Pro juga mendukung pembayaran selain tunai dan kredit seperti OVO, Gopay, QRIS dan yang lainnya. 

Untuk bisa mengakses aplikasi iReap POS Pro yang bebas iklan ini, kita bisa mencoba gratis selama 14 hari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlangganan dengan 2 pilihan pembayaran yakni:
  • Membayar langsung biaya selama 1 tahun dengan harga per bulannya Rp. 41.666,00/bulan untuk 1 perangkat
  • Membayar biaya langganan per bulan yakni Rp. 99.000,00/bulan
  • Berlangganan dengan membayar per 3 bulan atau 6 bulan. 

perbedaan aplikasi kasir iReap Lite dan iReap Pro


Demikian sedikit informasi dan ulasan dari saya terkait hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha laundry. Sebagai seorang yang hidup di era digital tentunya kita juga harus mengikuti perkembangan zaman dan penggunaan aplikasi kasir toko iReap POS bisa menjadi salah satu rahasia sukses bisnis laundry yang akan kita jalani. Buat teman-teman pemilik usaha yang penasaran dengan aplikasi ini bisa langsung instal aplikasinya yaa!

64 Comments

  1. Punya usaha zaman sekarang tuh lebih dimudahkan, dibuat praktis dan karena banyak didukung aplikasi hebat seperti iReap yang dapat mencatatkan keuangan dengan lebih baik dibandingkan manual

    ReplyDelete
  2. cita cita yang masih belum tercapai, pengen punya usaha laundry
    mungkin dulu aku termasuk sering ke laundry juga dan melihat banyak tempat laundry yang nggak pernah sepi pembeli

    ReplyDelete
  3. Kalau di daerahku, sekarang lagi musim laundry koin mbak
    Rame banget mbak
    Dan memang banyak yang menggunakan aplikasi kasir ireap pos ini sebagai pembayarannya

    ReplyDelete
  4. Aku dulu pernah usaha laundry dan harus terhenti karena gak keurus, punya bayi dan suami pindah kerja ke sulawesi, hiks.. Jaman dulu belum ada teknologi yg support kaya sekarang ini

    ReplyDelete
  5. Di Surabaya bisnis laundry sangat menjanjikan lho. Saya pribadi suka pakai jasa laundry misal ada tamu

    ReplyDelete
  6. Di tempat saya tinggal dulu, ada lumayan banyak usaha laundry harian. Dan semuanya selalu rame. Memang menjanjikan kelihatannya usaha ini. Apalagi di perkotaan yang mobilitasnya tinggi dan padat. Nyaris gak punya waktu untuk mencuci. Jadi sebaiknya serahkan ke jasa mencuci

    ReplyDelete
  7. Saat ini, laundry merupakan usaha yang berkembang ya, Mbak. Ini karena laundry termasuk kebutuhan harian. Karena kan orang tiap hari ganti pakaian, otomatis harus mencuci tiap haru atau secara berkala. Nah, yang tidak sempat, memang laundry saja. Tapi memang perlu strategi jitu juga, termasuk riset. Misalnya apakah warga sekitar itu banyak orang yang bekerja di luar rumah.

    ReplyDelete
  8. aku dulu pernah usaha laundry dengan klien cuma hotel. nyatet keuangannya masih manual jadi lumayan ribet sih

    ReplyDelete
  9. Fitur iReap ini banyak ya, memudahkan manajemen keuangan suatu usaha. Bisa nih dipakai buat usaha kue ibuku di rumah

    ReplyDelete
  10. Sayaang banget ya kalau bisnis laundry dengan modal awal 20 juta tapi akhirnya tutup. Emang kalau bisnis itu harus punya strategi terutama pemasarannya. Bersyukur sekarang ada aplikasi iReap jadi mempermudah para pebisnis karena ada kasir online dan berbagai fitur lain di dalamnya.

    ReplyDelete
  11. Ah, saya pun saya, rasanya pernah menemukan tulisan 'budayakanlah malas mencuci' di depan sebuah laundry. Keren sih marketingnya, bikin kita melirik.
    saya pun yang tinggal di pelosok, ada juga yang sudah terjun di usaha laundry, ternyata trend masyarakat sekarang banyak juga yang sudah memberikan tanggung jawab masalah pencuciannya pada laundry karena kesibukan lainnya sehingga tak bisa mencuci sendiri

    ReplyDelete
  12. Usaha laundry cukup menjanjikan nih. Pengen juga buka usaha ini. Dan pembukuannya bisa pake aplikasi ini

    ReplyDelete
  13. Iya yaa ini tuh laundry jadi banyak bangett menjamur dimanamana dan emang menjanjikan, sayang kalo ngga dikelola keuangannya dengan baik dan profesional, kayak misalnya pake ireap ini

    ReplyDelete
  14. Bisnis laundry belakangan emang menjamur banget, apalagi kalau lokasinya di sekitar perumahan padat atau di sekitaran kampus tempat banyak kosan mahasiswa gitu. Maklum, kegiatan mencuci kan kadang makan waktu ya, jadi pas lah kalau bisnis ini dijalankan. Adanya aplikasi kasir yang free gini bisa banget dimanfaatkan sama pengusaha laundry yang baru memulai usahanya biar pencatatannya rapi dan teratur.

    ReplyDelete
  15. Memanfaatkan teknologi harus maksimal, ya, Kak. Apalagi untuk urusan sepenting keuangan. Kabar baik sudah ada aplikasi ini.

    ReplyDelete
  16. Buat langganannya banyak pilihannya nih bisa bulanan ataupun per berapa bulan. Karena buat yang punya usaha aplikasi seperti ini dibutuhkan

    ReplyDelete
  17. Saya pernah lihat video edukasi tentang bisnis, memang dikatakan binis laundry ini salah satu bisnis yang gaakan pernah termakan oleh zaman, alias cocok sepanjang zaman. Karena kebutuhan manusia akan pakaian bersih gaakan pernah ada habisnya.

    ReplyDelete
  18. Bisnis laundry ini banyak banget pesaingnya. Kalau tidak memanfaatkan marketing yang baik, atau jargon yang ngena, pasti dilewatin aja.

    Promosi bisa banget ya dilakukan online, yang penting internet lancar dan stabil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Makanya bisa dikatakan apapun bisnisnya perlu ya pakai aplikasi kasir biar memudahkan pencatatan

      Delete
  19. Segala bisnis emg penting banget punya aplikasi untuk mencatat keuangan. iReap bisa juga ya buat banyak store jd nggak ribet lagi

    ReplyDelete
  20. Pencatatan keuangan ini jg paling penting sih. Apapun usahanya. Kalo ga bagus di pencatatan, bisa berantakan cashflow usahanya.

    ReplyDelete
  21. Bisnis jadi lebih mudah kalau pengaturan dan laporan menggunakan aplikasi kasir yang sudah terpercaya. Pekerjaan jadi semakin mudah dan transparan ya

    ReplyDelete
  22. Bagi pemilik usaha sebaiknya bisa pakai aplikasi iReap POS Lite in, ya. Karena aplikasi ini bisa mengecek transaksi penjualan, mengatur persedian barang yang masuk dan ke luar hingga juga laporan grafis transaksi penjualan. Memudahkan pelaku bisnis, deh!

    ReplyDelete
  23. Kebetulan sekali kemarin budheku sharing pengen coba bisnis laundry.. aku coba share insight ini ke beliau ya kak..

    ReplyDelete
  24. Bisnis laundry ini memang bisnis ya g ga ada matinya. Karena tiap orang pasti butuh mencuci, meskipun mereka bisa cuci sendiri tp kadang butuh jasa laundry. Peluang buat kedepannya

    ReplyDelete
  25. Teknologi yang makin canggih jika dimanfaatkam depat sangat membantu ya mbak.. aku sepakat lho kalo sekarang usaha binatu gini cukup menjanjikan

    ReplyDelete
  26. Masya Allah, impianku banget pengen punya usaha laundry, thanks tipsnya kak :) apalagi pakai aplikasi kasir yang ngebantu banget pastinya ya, apalagi buat pebisnis pemula

    ReplyDelete
  27. iReap PPOS menarik sekali ini, fitur-fiturnya lengkap banget menurut saya. Bagaimana tidak? Kita bisa kontrol transaksi, laporan keuangan, dan paling suka ada master data. Jadi mudah cocokkan data dengan transaksi yang terjadi

    ReplyDelete
  28. Fiturnya lengkap juga ya dan pastinya memudahkan untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan bisnis. Ini nih yang penting, karena arus kas masuk keluar itu kan emang menentukan perkembangan bisnis selanjutnya

    ReplyDelete
  29. bisnis laundry itu biasanya lokasinya deket kampus atau perusahaan ya kak, karena banyak mahasiswa dan karyawan yg biasanya ga sempet nyuci sibuk dengan tugas dan pekerjaan

    ReplyDelete
  30. Kakak iparku juga dulu punya usaha laundry yang cukup laris di Surabaya. Karena lokasi rumahnya di jalan raya dekat dengan berbagai kampus swasta dan negeri sehingga bisa terus bertambah untuk alat dan SDM-nya. Apalagi ditambah dengan menggunakan Aplikasi kasir iReap POS yang akan bantu kelola keuangan dan pengaturannya secara akuntabel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah menggunakan aplikasi yang gratisan dan cocok, pastinya akan lebih powerful dengan semua fitur yang bagus untuk pencatatan keuangan usaha dengan upgrade ke Aplikasi kasir iReap POS Pro.

      Delete
  31. Jadi Mudah ya pakai alikasi kasir begini. selain itu bisa terlihat perputatan uang dan untung rugi secara jelas

    ReplyDelete
  32. Lengkap sekali fitur pada aplikasi kasir POS ini mbak. Wah, iya bagus tuh kalau pada malas nyuci baju sendiri kan bisa langsung ke laundryan aja ya hehehe. Lokasi strategis, kualitas layanan prima dan sebagainya menjadi andalan konsumen tentunya. Apalagi jika harganya ramah di kantong.

    ReplyDelete
  33. Pernah kepikiran untuk memiliki bisnis laundry karena sepertinya menjanjikan tapi belum berani wkwkwk.. yuk aahh kita bisanis laundry

    ReplyDelete
  34. Di sekitar kantor saya juga banyak yang buka jasa laundry mbak, karena daerah kost an juga. Saya pun beberapa kali laundry kalau air di rumah sedang bermasalah. Tapi kayaknya belum ada yang pakai aplikasi kasir, masih manual kasih notanya.

    Bisa nih kapan-kapan klo pas laundry saya kasih tahu pemiliknya tentang aplikasi iReap ini, yang manfaatnya banyak buat penunjang bisnisnya

    ReplyDelete
  35. pengin punya bisnis makanan gitu, booth2 untuk jajanan anak.. kapan yaa hehe
    di setiap sukses bisnis pasti ada riset ya mba, termasuk bisnis laundry. IReap buat ukm dan umkm ya, bagus biar termaintain dengan baik dan laporannya juga pasti rapi ya mba pakai apps ini

    ReplyDelete
  36. Iya nih laindry di jalanan kampungku jejer-jejer. Mungkin salah satu diantaranya pake apps iReap juga

    ReplyDelete
  37. Biarpun keliatan perkilo itu murah, bisnis laundry kalau diseriusin juga ngasih cuan gede yaaak. Apalagi kalau udah pake iReap gini, bakal lebih mudah buat manajemen finansial. Bisa ngitung kapan modal balik dan berapa gede cuan, bisa nih dipertimbangkan

    ReplyDelete
  38. Padahal yang pakai jasa laundry belum tentu alasannya karena malas mencuci, ya. Tapi, memang sebagai pengusaha, juga harus punya pemasaran yang unik. Biar orang jadi tertarik. Ya paling enggak, anjuran malas mencucinya udah menarik perhatian dulu

    ReplyDelete
  39. Bisnis laundry sepertinya memang sangat menjanjikan ya.. jadi teringat teman saya saat tahun 2019 membuka bisnis laundry dan hingga saat ini masih berjalan, ya walaupun saat pandemi kemarin termasuk yang menurut omsetnya.. dengan adanya aplikasi iRep ini saya yakin amat sangat memudahkan para pebisnis laundry untuk mengelola keuangannya

    ReplyDelete
  40. Punya usaha laundry lagi hits bngt nih di sekitar rumahku karna memang banyak kos2an di era d8gital kaya sekarang mudah bngt buat nyatet keuangan dll dengan aplikasi iRep jadi teratur dalam pengelolaan keuangan

    ReplyDelete
  41. Mau menjalankan bisnis di jaman sekarang memang dipermudah dari segala sisi sampai proses kasir juga sudah ada iReap Post jadi gak pusing lagi deh

    ReplyDelete
  42. Keren banget aplikasinya tersedia dlm banyak bahasa. Selain bisa belajar berbisnis, kita juga bisa belajar bahasa juga.

    ReplyDelete
  43. Sekarang usaha laundry ini terbilang menjanjikan hlo, jangankan di kota besar, tempat aku yang di desa aja banyak yang buka usaha laundry dan cukup laris. Apalagi yg punya usaha mau mengambil dan mengantar.
    Ini kalau pada pakai aplikasi kasir, pastinya pencatatan keuangan makin rapi juga yak.

    ReplyDelete
  44. Bisnis laundry memang menjanjikan ya, karena memudahkan bagi orang yang sibuk gak sempet nyuci. Paling strategis kalau dekat kost-kostan gitu ya. Dan dengan adanya aplikasi kasir, jelas bisnis semakin lancar..

    ReplyDelete
  45. Aku kalau nyci masih mau, tapi kalau nyetrika, duh ampun. Kayanya biar gak ribet tuh pilih laundry aja. Btw, di sekitarku beberapa ada yang buka usaha laundry. Kurang paham sistemnya gimana, tapi biar lebih teratur, aplikasi kasir memang dibutuhkan

    ReplyDelete
  46. Bisnis laundry memang lagi ngetrend di kota-kota besar, ya. Saya lihat beberapa tempat laundry ramai pelanggannya. Tapi memang harus bisa memiliki lokasi yang strategis ya, supaya banyak pelanggannya. Riset bisnis itu penting sekali.

    ReplyDelete
  47. Wkwkwkwk ener banget budayakan malas mencuci, kita setorkan aja semua ke laundry. Tapi emang lho bisnis ini peluangnya terang banget apalagi yang deket area kampus. Sayang kalau ngga ada bagus pencatatan transaksinya. Harusnya pake aplikasi kasir POS yang memiliki banyak fitur andalan untuk pencatatan setiap transaksi,

    ReplyDelete
  48. Bisnis laundry nih masih banyak juga dibutuhkan ya, karena kayak aku saja masih lempar ke laundry kalau nyuci gordyn dan selimut. Jarang nyuci sendiri, terus kalau lagi berpergian luar kota dan luar negeri pun aku mengandalkan laundry ;)

    ReplyDelete
  49. Bisnis laundry ini sedang naik daun
    Apalagi laundry koin
    Banyak banget di daerah rumahku
    Pasti akan makin menguntungkan kalau dikelola secara professional ya
    Seperti menggunakan aplikasi kasir ini

    ReplyDelete
  50. Bisnis laundry ini kayaknya menjamur ya mbak, bahkan sudah sampai ke desa loh hehehe. Aplikasi kasir dan pencatatan keuangan nih penting sekali. Kalau bisa dimiliki sejak awal berbisnis maka akan sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  51. Usaha laundry menjanjikan yaaaks apalagi berada di perumahan dan ada fasilitas antar jemput. Dengan adanya laundry sangat membantu keluarga yg sama sama.sibuk bekerja atau memiliki anak2 masih kecil.

    ReplyDelete
  52. Haha, saya juga sering lihat tuh iklan laundry yang bunyi awalnya biasakan malas mencuci. Bener juga sih kalimatnya, tapi suka sebel : kok nyuruh orang malas siih wkwkwkw. Emang bener, bisnis laundry itu menuai keuntungan dari kemalasan orang. Btw, saya termasuk pengguna jasa laundry, tapi untuk setrika doang. Cuma di tempat laundry langganan saya sistem itungannya masih manual. Padahal rame lho,...tapi masih pakai kalkulator dan tulis tangan. Pasti akan sangat terbantu kalau pakai apk sperti IREAP ini yaaa...

    ReplyDelete
  53. Aku juga nih kepo ternyata lumayan juga ya penghasilan usaha laundry itu, dulu pas mesin cuci rusak, kami laundry deh seminggu bisa 3-4 kali.

    ReplyDelete
  54. Wah temanku juga ada tuh yang berbisnis laundry, kyknya kok modal gak terlalu gede tapi banyak org butuh. tapi ya emang kudu siap mental ya kalau berbisnis gitu,
    Aplikasi kasir emang sangat membantu sekali supaya memudahkan manajemen keuangan bisnis yaa.

    ReplyDelete
  55. wah iya nih usaha laundry tuh lagi rame yaaaa.. Emang bener, posisi menentukan prestasi. Alias lokasi menentukan keberhasilan usaha juga ya maaaaak

    ReplyDelete
  56. Dirumah mpo baru buka tuh toko laundry koin. Belum pernah pakai jasanya sih tapi hal ini membantu kalau lagi tidak sempat nyuci.

    ReplyDelete
  57. Soal lokasi, bener menentukan sih. Kalau buka di dekat kos2an biasanya memang ramai. Juga di sekitar kontrakan. Jadi iyes, lokasi salah satu hal yang cukup menentukan sukses tidaknya usaha laundry ya

    ReplyDelete
  58. Punya usaha rumahan pun jadi lebih profesional pake aplikasi kasir ini ya. Ga bingung lagi mengetahui arus kasnya deh.

    ReplyDelete
  59. usaha apa pun kalau pencatatan keuangannya rapi insyaallah akan mudah mengembangkannya, ya. iReap ini jadinya membantu sekali

    ReplyDelete
  60. betul ya kak kudu riset dulu terutama lokasi. biasanya bisnis laundry itu banyak di lokasi yang banyak mahasiswanya gitu.. atau karyawan. sementara kalau mau profesional juga kudu pakai ireap pos ini ya

    ReplyDelete
  61. Bisnis laundry prospeknya bagus ya sebenarnya karena keluarga yang suami istri ngantor biasanya memilih laundry daripada mencuci sendiri

    ReplyDelete
  62. Sekarang menjamur juga usaha laundry ini ya, walaupun begitu tapi tetap masih menjanjikan, yang penting pelayanan bagus dan promosi yang baik.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post