Asal Usul Gorengan hingga Resep Onion Ring Telur dengan Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy





Onion ring merupakan salah satu kudapan asal Eropa yang populer di hampir seluruh penjuru dunia. Cara membuatnya yang mudah serta bahannya mudah ditemukan menjadikan onion ring sebagai camilan wajib untuk teman ngobrol maupun nonton. Meski begitu, memilih tepung yang tepat saat membuat onion ring bukanlah hal yang mudah. Jika salah pilih tepung maka akan membuat onion ring tidak crispy saat dimakan. 

Pastikan Anda memilih Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy yang kerenyahannya bisa bertahan hingga 8 jam! Terbuat dari bahan-bahan pilihan menjadikan Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy sebagai salah satu tepung krispi serbaguna yang lezat dan disukai banyak orang. Berikut ini penjelasan tentang asal usul onion ring hingga aneka resep, salah satunya onion ring telur.


Asal Usul Onion Ring dan Perjalanan Panjang Gorengan yang Mendunia

Onion ring atau dalam bahasa Indonesia berarti cincin bawang merupakan kudapan yang pertama kali dikenalkan di Amerika sebagai hidangan pembuka atau camilan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan beberapa belahan Asia, Eropa dan Amerika Latin.

Meski begitu, asal muasal pasti onion ring hingga kini belum diketahui. Namun, resep cara membuat onion ring dengan celupan susu serta tepung telah muncul di iklan pada tahun 1933 melalui iklan Crisco dalam The New York Times Magazine.

Gorengan sudah diperkenalkan di Eropa sejak abad 5 sebelum masehi dan ini merupakan tonggak sejarah panjang perjalanan gorengan ala Eropa yang mendunia. Pada era milenium ke-5 sebelum masehi, orang-orang Mesir mengonsumsi kue goreng yakni adonan yang diisi dengan daging, seafood serta buah. Kudapan ini sangat populer di digemari di sebagian wilayah Eropa.

Kemudian, di abad ke-16 dan 17 gorengan udang atau seafood dan sayuran mulai dikenal di Jepang. Sedangkan di akhir abad 17, gorengan mulai masuk ke wilayah Inggris melalui pengungsi Yahudi dari Portugal dan Spanyol. Orang-orang Skotlandia juga membawa gorengan berupa ayam goreng ke Amerika yang kemudian dibumbui dengan rempah khas Amerika.

Pada tahun 1809-1860, donat pertama kali muncul dan ciptakan oleh seorang Belanda yang tinggal di New Amsterdam atau New York. Pada tahun 1830, kentang goreng mulai dikenal di Belgia dan Prancis. Lalu tahun 1860, restoran pertama Fish & Chips pun dibuka di London oleh Joseph Malin.

Di akhir abad ke-19, wajan penggorengan besi pun kian banyak digunakan untuk menggoreng. Suhu panasnya yang stabil membuat penggorengan ini kerap digunakan untuk menggoreng ayam. Namun, di tahun 1920, onion ring pun masuk dalam menu salah satu restoran di Texas yakni Pig Stand Restaurant.


Resep Onion Ring Telur




Setelah mengetahui asal usul gorengan dan onion ring yang melegenda, kini saatnya menjajal membuat onion ring telur. Ya, berbeda dengan dengan onion ring biasanya, Onion Ring Telur ini menggunakan telur sehingga krispi yang dihasilkan lebih lembut serta gurih. Berikut ini resep Onion Ring Telur yang bikin nagih!

Bahan:

1 buah bawang bombay
4 butir telur
2 bungkus Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy
140 ml air

Langkah-langkah Membuat Onion Ring Telur

  • Potong bawang bombay hingga berbentuk seperti cincin
  • Campurkan 1 bungkus Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy dengan 140 ml air lalu aduk hingga merata
  • Masukkan bawang bombay yang sudah diiris ke dalam adonan basah
  • Buat adonan tepung kering dengan memasukkan 1 bungkus Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy ke wadah terpisah.
  • Celupkan adonan basah ke tepung kering hingga semua bagian bawang tertutup.
  • Panaskan minyak dan goreng hingga kuning kecoklatan.
  • Pastikan jumlah minyak memiliki kedalaman 1 cm di teflon lalu letakkan onion ring dan isi bagian tengahnya menggunakan telur lalu goreng sampai matang


Mengapa Harus Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy?



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa membuat onion ring tak boleh menggunakan tepung sembarangan. Haruslah tepung khusus gorengan agar onion ring bikinan Anda tetap krispi meski disimpan beberapa jam di suhu ruang. Dan inilah keunggulan Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy.

Tepung ini diracik dengan formula khusus sehingga menghasilkan aneka gorengan seperti onion ring dan ayam kentucky yang super cruncy serta crispy. Renyah Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy pun tahan lama hingga 8 jam. Rasa Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy pun juga lezat bahkan diproses menggunakan teknologi modern tanpa bahan pengawet maupun pewarna buatan. Tak perlu kerepotan membelinya di minimarket atau supermarket karena Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy sudah tersedia di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee dengan banyak promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

21 Comments

  1. kalau bikin sendiri sebenernya mudah juga ya mbak
    seringnya selama ini makan kalau pas lagi ngafe
    kalau seperti ini enak juga ya, bisa dimodif sama telur juga

    ReplyDelete
  2. suka banget sama onion ring, rasanya enak dan mudah dibuat :D

    ReplyDelete
  3. tapi memang gorengan ini seenak itu ya mba, mau dicemilin atau dijadikan pelengkap menu makanan juga okay

    ReplyDelete
  4. tapi memang gorengan ini seenak itu ya mba, mau dicemilin atau dijadikan pelengkap menu makanan juga okay

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah coba onion ring bikin sendiri d rumah karena pikirku pasti susah gitu loh hehe. padahal pake tepung Kobe super crispy ini ya, jadi kayak yg di resto/cafe gitu

    ReplyDelete
  6. Tampilan jadi cakep pakai onion ring telor . Bisa buat kreasi bento dan tinggal kasih saus sambal sudah enak.

    ReplyDelete
  7. Emang enak banget bikin onion dan gorengan dengan Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy. apalagi praktis dan takarannya pas.

    ReplyDelete
  8. noted niih, kalau mau buat onion ring harus pakai tepung khusus gorengan ya, gak boleh asal pakai tepung biasa, biar hasilnya krispi dong ya. Boleh juga nih dicoba buat cemilan anak-anak.

    ReplyDelete
  9. Wah, aku baru tahu klo onion rings ini bisa dikasih telur diatasnya
    Oke ntar kapan kapan recook di rumah ah

    ReplyDelete
  10. Kalau dikasih telur gini, makan 2-3 onion ring kayaknya udah bikin saya kenyang. Enak ya karena ada tekstur crispy dan lembut

    ReplyDelete
  11. Anakku suka banget sama Onion Ring.
    Suka ketagihan kalau beli.

    Dikasih resep mantul bisa bikin sendiri menggunakan Tepung Kobe Kentucky SuperCrispy beserta resepnya, mashAllah~
    Haturnuhun.

    Bisa dicobain nih...

    ReplyDelete
  12. Ah iya jadi keingetan bikin union ring ah. Enak ini buat teman buka puasa nanti. Pakai tepung Kobe pasti lebih kriuk-kriuk.

    ReplyDelete
  13. Awalnya dirumah gak ada yang suka onion ring tapi pas coba bikin pakai Kobe memang jd enak dan krispi sampai rebutan kalo udah mateng

    ReplyDelete
  14. Pakai adonan tepung kobe saat bikin gorengan bikin renyah dan awet krispynya bisa lama makanya aku bkin gorengan apapun pasti pakai kobe

    ReplyDelete
  15. Wah aku beberapa kali bikin onion ringnya tapi gak kepikiran kasi tekurnya hehe. Bisa juga nih dicontek resepnya. Kyknya anak2 lbh suka yang ada telurnya ini deh sesekali buat lauk tambahan makanan buka puasa TFS ya

    ReplyDelete
  16. Belum pernah nyobain Onion Ring ini. Pengen coba bikin tapi khawatir gak pada suka. Bikin dikit aja dulu kali ya.

    ReplyDelete
  17. Ternyata kalau pakai telur jd lebih enak ya onion ringnya. Selama ini tahunya ya bikin onion ring pakai tepung bumbu doang. Nanti kapan2 coba bikin pakai campuran telur deh.

    ReplyDelete
  18. Tepung Kobe ini kudu sedia nih, biar mau bebikinan camilan atau menu masakan lebih mudah disajikannya

    ReplyDelete
  19. Kalau di kfc atau sejenisnya, lumayan harga ring onion dan anakku suka, jadi suka bikin sendiri juga pakai tepung instan, enak banget

    ReplyDelete
  20. Selalu gagal bikin onion ring wkwkwk.. mau coba resep dari mba ahh, siapa tau bisa berhasil.. makasih resepnya mba

    ReplyDelete
  21. Wajib dicoba nih bikin gorengan onion yang krispi dan enak. Jujur suka gagal deh kalo recook tapi bisa juga nih resepnya dicoba. Belanja dulu dah ke pasar beli onion.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post