Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini 5 Olahraga Yang Bisa Kamu Coba


Aktivitas olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Nggak cuma menghasilkan keringat, namun olahraga juga punya manfaat lain seperti menghilangkan perasaan negatif dan menyehatkan badan. Nah, bagi beberapa orang yang ingin memiliki berat badan ideal, olahraga juga dipilih untuk menjadi salah satu cara utama untuk mencapai tujuan tersebut.

Namun ada juga beberapa orang yang sudah berolahraga secara maksimal namun tidak mencapai berat badan ideal yang dituju. Perlu diketahui, kamu harus memilih olahraga yang sesuai agar dapat membakar kalori yang ada di badan kamu. 

Selain memilih olahraga yang sesuai, kamu juga perlu melakukan aktivitas lainnya, seperti menjaga pola makan, memiliki pola tidur atau waktu istirahat yang seimbang, hingga memperhatikan nutrisi pada makanan.

Nah, sembari melakukan aktivitas olahraga, kamu juga perlu menghentikan atau mengurangi aktivitas lain seperti merokok, menyantap makanan di malam hari, hingga begadang atau tidur terlalu larut. Aktivitas tersebut memiliki andil dalam gaya hidup kamu, lho! Nah, agar kamu bisa memiliki berat badan yang ideal, berikut ini 5 olahraga yang bisa kamu pilih.

1.    Jogging

Olahraga yang pertama adalah jogging. Olahraga ini tentu sudah tidak asing lagi. Jogging merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan. Walau begitu, jogging dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama buat kamu yang perlu menurunkan berat badan.

Aktivitas jogging dapat membantu membakar sekitar 300 kalori dalam jangka waktu 30 menit, lho! Nah, jika kamu dapat melakukannya secara konsisten, kamu bisa menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang ideal. Untuk memulai jogging, kamu bisa mulai dengan berlari secara santai dalam durasi sekitar 15 menit dulu.

Jika sudah terbiasa, durasi tersebut bisa kamu tambah hingga 20 atau 30 menit. Jika terus konsisten, durasi dan jarak berlari kamu secara otomatis akan bertambah. Namun kamu perlu ingat, jangan sampai kelelahan dan sebaiknya gunakan sepatu khusus untuk berlari agar kamu tidak terkena cedera


2.    Berjalan Kaki

Jika kamu merasa berlari sedikit berat, kamu bisa mulai olahraga dengan jalan kaki santai terlebih dahulu. Untuk jalan kaki, kamu tidak perlu menggunakan sepatu khusus, cukup gunakan sepatu yang nyaman seperti sepatu lari atau sepatu tenis yang memiliki karakter empuk, sehingga kamu tidak cepat merasa lelah.

Walaupun tidak seaktif jogging, jalan kaki selama 30 menit dapat membantu membakar kalori dalam tubuh hingga sekitar 160 kalori, lho! Sebagai permulaan, kamu bisa mulai berjalan kaki di sekitar rumah kamu dalam waktu 15 menit terlebih dahulu. 

Jika sudah mulai konsisten dan terbiasa, kamu bisa mencoba berjalan kaki di area yang lebih luas, seperti di hutan kota dan meningkatkan waktu olahraga kamu hingga 20 atau 30 menit. Semakin lama kamu jalan kaki, otomatis semakin banyak kalori yang terbakar. 

Serta, kamu juga akan mendapatkan perasaan yang menyenangkan karena mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.


3. Senam

Saat masih duduk di bangku sekolah, kamu pasti pernah senam di pagi hari, kan? Nah, kamu bisa lho memilih jenis olahraga ini untuk menurunkan berat badan! Pasalnya, senam akan menggerakkan seluruh tubuh kamu sehingga tubuh akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak, otomatis kalori dalam tubuh kamu pun akan berkurang.

Salah satu jenis senam yang bisa kamu lakukan adalah senam aerobik. Senam aerobik merupakan senam yang punya gerakan terpola ataupun secara bebas yang menggunakan irama musik dalam senam tersebut.

Selain membakar kalori, senam aerobik atau senam secara keseluruhan dapat membantumu mengolah pernafasan menjadi lebih lancar dan lebih baik. Selain itu, kesehatan jantung dan otot juga terjaga karena dengan mengikuti senam, kamu akan terus bergerak mengikuti pola yang ada.


4. Yoga



Ingin olahraga yang cukup tenang? Ada kok, kamu bisa memilih olahraga yoga. Agar lebih sempurna, kamu bisa mengikuti kelas yoga yang saat ini sangat mudah ditemukan di media sosial. Berbeda dengan olahraga-olahraga sebelumnya, yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang “tenang”, karena tidak memerlukan gerakan yang banyak.

Saat melakukan yoga, kamu perlu secara serius memperhatikan instruksi dan contoh yang diberikan oleh instruktur kamu. Dengan melakukan yoga dalam waktu 30 hingga 40 menit, kamu bisa membakar kalori sekitar 150 kalori. 

Tidak hanya berfungsi menurunkan berat badan, yoga juga bisa membantu kamu untuk melatih fokus dan juga ketenangan kamu, karena banyak gerakan yoga yang memerlukan fokus agar dapat berhasil. Pernafasan kamu juga ikut dilatih agar dapat mengolah pernafasan dengan benar sehingga tidak mudah merasa lelah.


5. Berenang

Bukan rahasia lagi jika berenang dapat membantu kamu menurunkan berat badannya. Pasalnya, kamu perlu menggerakkan badan kamu di dalam air, sehingga tubuh akan membutuhkan tenaga ekstra dengan membakar banyak kalori. Selain menyehatkan, olahraga berenang juga memberikan rasa segar dan juga tenang, lho.

Jika kamu berhasil konsisten berenang dalam durasi 30 menit, olahraga ini bisa membantu membakar kalori hingga 400 kalori. Selain membantu menurunkan berat badan, berenang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melatih massa otot, meningkatkan kapasitas pernafasan, hingga menambah tinggi badan.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu pilih untuk membantu menurunkan berat badan. Selain berolahraga, agar berat badan dapat turun kamu juga perlu memilah makanan yang akan dikonsumsi. Kamu harus mengimbanginya dengan menyantap makanan sehat.



Salah satu makanan sehat yang lezat dan instan adalah memakan mie instan sehat Mie Jiwa Pagi. Mie Jiwa Pagi adalah mie tanpa MSG dan juga pewarna buatan, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Mie Jiwa Pagi juga mengandung vitamin dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh.

Selain itu, Mie Jiwa Pagi juga memiliki rasa yang lezat, selayaknya mie instan pada umumnya. Makanan tanpa MSG yang satu ini terdiri dari tiga varian rasa, yaitu rasa Mie Goreng, Soto Segeer, dan Ayam Bawang. Kamu bisa menikmati mie instan yang nikmat tanpa takut berat badan naik! 

Nah, kamu bisa membeli Mie Jiwa Pagi dengan mudah melalui aplikasi e-commerce kesayangan kamu sekarang! Harga Mie Jiwa Pagi dibanderol mulai dari Rp14.000/per 3 pcs.

23 Comments

  1. Aku juga mauuukk bgt turun BB mak.
    Ini berasa beraatttt, jarum timbangan ke kanan mulu dah 😆 makan mie jiwa enaakkk juga nih

    ReplyDelete
  2. Olah raga dan jaga makan itu adalah kunci sih kalau memang mau menurunkan berat badan. Soalnya aku merasakan banget rajin jalan kaki 10ribu setiap hari dan makan teratur badan jadi lebih enteng dan enakan.

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget gowes sama berenang. Rasanya kalo berenang bikin relax banget eh bonus bisa nurunin bb. Apalagi kalau beres renang makan mie Jiwa Pagi yang lezat dan sehat. Enak tanpa msg.

    ReplyDelete
  4. Olahraga kesukaan molly sih jalan kaki. Yoga kurang suka. Apapun olganya basically bisa nurunin berat badan kok. Kuncinya sih defisit kalori.

    ReplyDelete
  5. Aslinya tuh ya, menurunkan BB cukup mudah caranya. Asalkan konsisten dan lanjut terus. Dari Jogging sama jalan kaki aja udah bisa. Nah, kalau perlu memang kudu renang nih..

    ReplyDelete
  6. sebenarnya itu adalah OR yang simple yaa.. (kecuali berenang mungkin ya, ga semua orang bisa berenang). Namun, memang, masalahnya adalah pada konsistensi wkwkwk. Itu yang sering aku rasain, even sudah tahu yang namanya indoor walking atau senam ngadep youtube, tetap aja kadag kalah sama mager :D

    ReplyDelete
  7. Sebagai pencinta mie sepertinya Mie Jiwa Pagi bisa masuk daftar belanja berikutnya!
    Mudah-mudahan sudah ada di kotaku, Balikpapan.

    Btw,
    Dari semua olah raga di atas berjalan kaki adalah yang paling sering aku eksekusi.
    Simpel, praktis dan bisa bareng-barang anabul.-anabul.

    ReplyDelete
  8. Aku lebih pilih jalan kaki, bukan asal jalan kaki tapi jalan kaki memang khusus untuk olahraga. Minimal 20 menit pagi setelah antar anak sekolah

    ReplyDelete
  9. Sejak pandemi saya belum pernah olahraga rutin, heuu...badan rasanya berat banget dan mulai ada keluhan nyeri di persendian. Harus mulai lagi ini. Mungkin jalan kaki dulu sebagai pembukaan karena kalau langsung jogging kayaknya lututku belum sanggup, hiks.

    ReplyDelete
  10. Padahal banyak yaa olahraga murah itu, kitanya aja yang mager. Hahaha. Aku juga lagi usaha banget nih mbak nurunin BB, ini aja lagi nyoba program diet dari catering sehat. Baru seminggu sih, tapi lebih mantul dibarengi olga juga yaa. Eh, boleh tuh dicoba Mie Jiwa Pagi nya kalau lagi pengen mie instan.

    ReplyDelete
  11. aku paling suka yogaaa mba. Ini pas buat aku yang ngga bisa dan ngga suka lari tapi bisa bakar banyak kalori hehe

    ReplyDelete
  12. Kalau aku suka zumba, yoga, jogging atau sepedaan jadi bergantian sesuai mood, aku penasaran mi nya unik banget sih namanya hihi

    ReplyDelete
  13. Mau turun berat badan, tp tetap bisa makan mie ini idamanku banget. Pas bgt utk dinikmati sehabis olahraga pagi. Dan gak kuatir berat badan naik pula

    ReplyDelete
  14. Pas banget aku baca ini
    Lagi program penurunan berat badan
    Aku sih selama ini mulai rutin in jalan kaki dan yoga

    ReplyDelete
  15. Kupikir saat memulai diet aku harus say bye bye sama mie. Eh ternyata ada mie jiwa pagi yang bisa dikonsumsi tanpa mepengaruhi berat badan. Jadi pengen banget nyobain nih, obat kangen karena ternyata gak harus musuhan sama mie

    ReplyDelete
  16. Aku lagi semangat-semangatnya olahraga tapi cukup di dalam rumah dan udh mulai konsisten sepedahan statis di dalam rumah. Wah Mi Jiwa Pagi bisa untuk alternatif kalau kepengen bgt dan lagi craving mie-mie an nih

    ReplyDelete
  17. Olahraga yang rutin kulakukan jalan kaki. Awalnya nemenin suami aja krn disarankan selalu jalan kaki, gak boleh lari, buat nurunin tekanan darah tinggi. Biasanya 30 menit atau sejam muterin komplek.
    Yg kedua yoga. tapi jangan dikira yang berat krn levelku dari dulu pemula haha. Soalnya prinsipku olahraga ringan aja, gak capek, hati bahagia, bonus turun BB :D

    ReplyDelete
  18. Nyaman banget melakukan olahraga, cek.
    Lalu makan mie yang sehat dan enak, juga cek.. Alhamdulillah~
    Berkenalan dengan Mie Jiwa Pagi.

    ReplyDelete
  19. Kemarin aku rajin gowes kak.. tapi kok yg olahraga cuma kaki aja ya...jadi sekarang beralih ke renang sama.senam nih.lumayan ada perubahan rada enteng badan

    ReplyDelete
  20. Dari semua yg gak pernah lg dicoba adalah berenang. Wkwk. Kalo berendem sih jagonya..🤭 dr kecil belajar berenang gak bisa2. Malah trauma..

    ReplyDelete
  21. Resolusiku tahun ini adalah hidup sehat dan bisa menurunkan berat badan soalnya udah overweight. Aku selama ini jalan kaki aja sih

    ReplyDelete
  22. Bener banget, Mba itu semua yg sy lakuin kecuali yoga.. Xixixi.. Olahraga utk menurunkan BB kudu cari yg bakar kalori bukan mengencangkan otot.

    ReplyDelete
  23. Ngerasain banget sih manfaat olahraga untuk menurunkan berat badan.. Selama olahraganya dilakukan teratur ngefek banget..

    ReplyDelete
Previous Post Next Post