Ini Tentang Kita, Merawat Kebaikan bersama Program Humanesia Dompet Dhuafa

Beberapa tahun terakhir, berbagai bencana menimpa negara kita. Mulai dari banjir, tanah longsor, erupsi gunung merapi hingga yang terbaru gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 lalu yang membuat banyak bangunan rusak dan juga pastinya korban jiwa. Berdasarkan data dari BNPB, ada 3.461 bencana di Indonesia sepanjang tahun 2022. Dari 3.461 bencana yang terjadi tersebut didominasi oleh bencana hidrometeorologi yakni banjir 1.493 kejadian, 1.033 cuaca ekstrem, 628 tanah longsor.

Kota saya sendiri juga pernah mengalami peristiwa banjir pada awal tahun 2021 lalu. Banjir tersebut merupakan pertama kalinya terjadi selama saya lahir dan tinggal di kota Banjarmasin. Kota yang biasanya dengan santai menghadapi air pasang mendadak harus terhenti aktivitasnya selama beberapa waktu karena banjir. Tak hanya di Banjarmasin, banjir tahun 2021 juga melanda hampir seluruh kabupaten di Kalimantan Selatan. Akibat dari kejadian ini, sekarang kami selalu waspada jika terjadi hujan selama lebih dari 2 hari dan air mulai pasang. 

Bencana alam yang terjadi di berbagai tempat pastinya melahirkan banyak kerugian baik material hingga hilangnya nyawa anak manusia. Sebagai makhuk sosial, pastinya kita akan terketuk hati saat melihat sesama saudara kita yang tertimpa musibah. Bantuan entah itu berupa donasi uang, barang hingga menjadi relawan di lokasi bencana merupakan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka yang terkena musibah atau bencana.


Merawat kebaikan bersama Dompet Dhuafa



Selama ini, jujur saya sangat kagum pada teman-teman yang dengan sigapnya bisa turun langsung ke lapangan untuk mengulurkan tangannya kepada mereka yang membutuhkan. Ada teman yang secara rutin membagikan sedekah bagi para lansia dan dhuafa di berbagai sudat kota. Ada juga yang dengan sigap langsung turun membantu ke lapangan saat terjadi bencana atau musibah. 

Meski tak bisa terjun langsung ke lapangan, saya tak boleh berkecil hati. Saya masih bisa membantu dengan cara lain yakni berdonasi dan sedekah lewat lembaga yang terpercaya dan amanah dalam menyalurkan bantuan yang dititipkan oleh para donaturnya. Salah satu lembaga filantrofi dan kemanusiaan yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Selama hampir 30 tahun berdiri, Dompet Dhuafa tumbuh menjadi lembaga yang dipercaya untuk memberdayakan umat dan kemanusiaan lewat program-program yang dijalankannya.

Di akhir tahun 2022 ini, Dompet Dhuafa meluncurkan program Humanesia 2022 dengan jargonnya Ini Tentang Kita. Dalam program Humanesia ini Dompet Dhuafa ingin merangkul semua pihak yang berhubungan dengan bidang kemanusiaan ini yakni Dompet Dhuafa, Donatur, Penerima Manfaat, Relawan, Jaringan dan semua orang termasuk juga influencer di media sosial. 

Dengan adanya program ini Dompet Dhuafa ingin menghadirkan awareness dari masyarakat untuk bisa terus merawat kebaikan secara kolektif. Jadi diharapkan lewat program ini semua pihak dapat saling bekerja sama dalam membantu mereka yang membutuhkan pertolongan karena sejatinya dengan membantu orang lain sama artinya dengan membantu diri sendiri.

Dalam program Humanesia ini, setidaknya ada 4 program yang dijalankan yakni Indonesia Siap Siaga, Kado Anak Yatim, Perempuan Tangguh dan Wakaf untuk Bunda. Sedangkan untuk ajakan-ajakan campaign-nya dibungkus dengan 7 program yakni:
  • Cianjur Bangkit
  • Sedekah Menolak Bala
  • Kado Akhir Tahun
  • Wakaf untuk Bunda
  • Kado untuk ibu Tangguh
  • Zakat Akhir Tahun
  • Kado Anak Yatim 
 

Indonesia Siap Siaga



Program Indonesia Siap Siaga merupakan program yang ditujukan bagi mereka yang terdampak bencana seperti gempa yang terjadi di Cianjur bulan November lalu yang mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan juga korban meninggal dunia. Untuk program Cianjur bangkit sendiri donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk melakukan pembangunan bangunan-bangunan yang rusak karena gempa seperti pembangunan masjid, pembuatan MCK, recycle house, pembuatan sumur, pembuatan sekolah tahan gempa. Selain itu ada juga program Shoecial movement berupa pembagian 1000 sepatu untuk anak Cianjur dan juga kado anak yatim berupa peralatan sekolah seperti tas, buku, alat tulis, seragam dan lainnya

Kado Anak Yatim





Tak hanya untuk anak-anak korban gempa Cianjur, Dompet Dhuafa juga memiliki program tersendiri untuk anak yatim yang memang selalu menjadi salah satu penerima santunan yang menjadi prioritas Dompet Dhuafa. Program Kado Anak Yatim ini berupa perlengkapan sekolah, pakaian takwa dan sembako yang akan didistribusikan ke berbagai daerah untuk membahagiakan anak yatim.

Perempuan Tangguh



Program ini ditujukan kepada kaum perempuan yang berperan ganda yakni mengurus keluarga dan juga mencari nafkah keluarga. Bantuan yang diberikan berupa bantuan modal untuk UMKM sebesar Rp. 3.000.000/orang dan juga paket sembako Rp. 250.0000/paket untuk para perempuan tangguh ini. 

Wakaf untuk Bunda



Ibu merupakan sosok yang harus selalu kita utamakan. Bahkan dalam hadistnya Rasulullah menyebutkan nama ibu 3 kali sebelumnya menyebutkan nama ayah kita. Sebagai anak salah satu hadiah terbaik yang bisa kita berikan untuk ibu adalah dengan berwakaf atas nama ibu dengan demikian ibu akan mendapat pahala abadi dari wakaf yang ditunaikan. 

Untuk bisa turut serta berkontribusi dalam program Humanesia ini, teman-teman bisa langsung mengujungi laman https://donasi.dompetdhuafa.org/initentangkita/ dan bisa memilih donasi apa yang ingin diberikan. Yuk kita bersama merawat kebaikan bersama Dompet Dhuafa!

3 Comments

  1. Alhamdulillah sekarang kalau ingin menyalurkan bantuan lebih mudah karena sudah bnyk yg memfasilitasi salah satunya dompet dhuafa ini...

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah banyak program yang bermanfaat utk org yang sangat menbutuhkan. Semoga maju terus dompet dhuafa..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, masih banyak orang baik yang tergerak untuk berbuat kebaikan, Humanisea menjadi ladang amal bagi siapa pun yg ingin berbuat kebaikan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post