IDN Live Hadirkan Konten Live Streaming dengan Audiens Loyal



Saat ini, tentunya kita semua sepakat kalau internet tak lagi hanya menjadi sumber informasi namun juga menjadi sumber hiburan bagi penggunanya. Jika di tahun 90-an lalu media hiburan kita hanya sebatas sinetron di televisi, lalu di tahun 2000-an mulai menonton drama Korea, maka sekarang lewat internet segala jenis hiburan bisa kita temui.

Hiburan di internet sendiri memang ada bermacam-macam. Mulai dari lagu dari penyanyi kesukaan kita, vlog dari para selebriti, tayangan podcast dan talk show, hingga sekarang juga ada live streaming yang bisa membuat kita berinteraksi langsung dengan live streamer kesayangan. Ada banyak niche yang bisa dipilih oleh para streamer ini mulai dari bermain game, bermusik hingga juga berbagi kesehariannya. 

Berdasarkan riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, disebutkan bahwa generasi Z  saar semakin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video yang salah satunya adalah video live streaming yang berada di peringkat ke-2 (13%) setelah video based content (75%). Salah satu kelebihan yang membuat live streaming banyak diminati memang karena adanya interaksi dua arah antara streamer dan viewer-nya. Ini membuat penonton merasa lebih dekat dengan sosok yang ditontonnya layaknya pertemanan. 

“Live streaming itu sebenarnya ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Saat kita berkumpul dengan teman, jenis aktivitas apapun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru. Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah.” begitu kata William Utomo, COO dari IDN Media.

IDN Media berkolaborasi untuk membangun ekosistem live streaming


Untuk memberikan wadah bagi para konten kreator terutama live streamer, IDN Media, salah satu platform untuk generasi milenial dan Z sejak tahun 2021 lalu menghadirkan fitur IDN Live yang merupakan wadah bagi para live streamer membagikan kontennya. Selama 1 tahun mengudara, fitur IDN Live sukses menggaet berbagai penonton dengan berbagai karakteristik. Para penonton live streaming ini bisa dibilang sudah menjadi sebuah micro community yang sangat loyal terhadap streamer favorit mereka yang ditunjukkan dengan durasi konten yang ditonton.  

Dalam wawancara yang dilakukannya, COO IDN Media William Utomo menyebutkan, “Mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,” ungkap William.

Seiring dengan semakin besarnya pertumbuhan micro community ini, tentunya IDN live ingin agar ekosistem live streaming ini menjadi semakin bertumbuh dengan melakukan kolaborasi bersama berbagai pihak. Salah satu komunitas streaming yang menjadi sasaran dari IDN Live adalah esport yang memang dikenal memiliki base penggemar yang loyal. Hingga saat ini tercatat sudah ada beberapa gamers seperti PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports yang bergabung dengan IDN Live. 


Kehadiran IDN Live di aplikasi IDN App dari IDN Media tentunya merupakan angin segar bagi para streamer dan menjadi sebuah sarana baru dalam menemukan komunitas yang loyal bagi para penggunanya. 

“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer. Ke depannya, kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.” William menutup wawancaranya.

Tak hanya untuk streamer pro, semua pengguna aplikasi IDN App juga bisa menjadi live streamer di IDN Live dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Siapa tahu dengan rajin bikin konten streaming kamu juga bisa memiliki penonton yang loyal layaknya streamer yang sudah terkenal!

7 Comments

  1. Aku penasaran pengen bikin live streaming di IDN App.. wkwk tapi ngga pede sebenarnya. Apa juga yg mau dishare ya

    ReplyDelete
  2. wah menarik banget ya, ternyata tak perlu menajdi pro untuk melakukan live streaming di IDN App.

    ReplyDelete
  3. Live streaming ini mengasyikkan ya mba, bisa intraktif dengan pembuat konten.

    ReplyDelete
  4. Ada ga sih training biar pede jadi streamer. Aku tuh antara pengen nyalurin hobi cuap2 tapi ga pede juga. Gimana ya?

    ReplyDelete
  5. sekarang lagi marak streaming ya... aku bayangin wajah harus ceria terus di depan kamera heheh

    ReplyDelete
  6. Serius kepo sama bisa live streaming di IDN. Apakah seseru live di sosial media laine ya?

    ReplyDelete
  7. Makin keren ya IDN App sekarang, ada fitur live streamingnya juga

    ReplyDelete
Previous Post Next Post