Daftar di IDN Live dan Dapatkan Dana 50 Miliar dari Program IDN Live Streamer Fund dari IDN App




Ada sebuah berita menarik yang saya temukan di salah satu akun gosip ternama. Caisar, sosok yang dulu booming karena jogetnya melakukan live streaming selama 24 jam penuh di salah satu media sosial. Apa yang dilakukan Caisar selama live streaming tersebut? Kalau dari yang saya lihat dia hanya mendengarkan musik sambil berjoget dan menyapa para penonton live streamingnya. Meski hanya berjoget dan menyapa, nyatanya banyak yang tertarik menonton siaran live streaming Caisar ini. Melihat fenomena ini, saya jadi berpikir pastinya ada alasannya tersendiri dong ya kenapa orang gemar menonton acara live streaming.

Dunia teknologi digital memang tak henti-hentinya melahirkan profesi baru. Jika kita dulu mungkin hanya mengenal sebutan youtuber bagi mereka yang membuat konten video di youtube, maka sekarang juga ada sebutan live streamer bagi orang-orang melakukan siaran langsung lewat video. Sama seperti youtube, para live streamer ini juga memiliki niche-nya masing-masing. Ada yang live streaming khusus untuk bermain game, berjualan, unjuk bakat, travelling hingga mungkin sekadar ngobrol dengan pemirsanya. 

Perbedaan konten live streaming dengan konten video offline

Saat ini, berbagai aplikasi konten kreator sebenarnya sudah memiliki fitur live streaming yang bisa dimanfaatkan pemiliknya. Dengan memanfaatkan fitur live streaming ini, seorang konten kreator bisa menjalin interaksi dengan pengikutnya. Selain itu, konten live streaming juga bisa menambah pundi-pundi uang dari konten kreator tersebut. Namun tentunya ada perbedaan antar konten live streaming dengan konten video offline yang sudah lebih dulu berjaya. Beberapa perbedaan dari siaran live streaming dengan konten video offline ini adalah:

Live streaming menghadirkan siaran yang tanpa menjalani proses penyuntingan

Sesuai dengan namanya, live streaming atau siaran langsung menghadirkan video yang diambil secara real time tanpa adanya proses penyuntingan. Dengan sistemnya yang real time ini tentunya memiliki risiko tersendiri bagi live streamer seperti adanya "kecelakaan" saat siaran. Di lain pihak, siaran langsung tanpa proses sunting-menyunting ini bisa jadi lebih menarik bagi penonton karena konten akan berasa lebih natural dan tanpa polesan. 

Adanya interaksi dengan pemirsa

Dalam konten live streamer, kita memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan live streamer tersebut entah itu menyapa memberikan pertanyaan hingga ngobrol-ngobrol lewat kolom komentar. Tentunya hal ini membuat acara live streaming ini jadi lebih seru karena adanya interaksi 2 arah antara live streamer dengan penontonnya.
 

Tidak ada waktu pasti kapan siaran akan berakhir

Video offline yang ditayangkan pastinya memiliki batasan waktu kapan akan berakhir. Ini memberikan kita gambaran berapa lama kita harus bertahan untuk menonton vieonya. Nah, untuk live streaming tentunya hal ini tidak bisa ditentukan karena live streaming bersifat siaran langsung yang mungkin hadir tanpa rundown acara. Apakah live streaming akan berlangsung 1 jam atau 2 jam, penonton hanya bisa menunggu hingga live streamer tersebut menutup acaranya. Kecuali memang sejak awal konten kreator sudah menentukan sendiri kapan akan berhenti live streaming. 
 

Live streamer dapat menghasilkan uang dengan sistem donasi, gift dari pemirsa hingga kemitraan

Layaknya konten lainnya, live streaming juga bisa menghasilkan uang. Dalam hal ini, penghasilan dari live streaming bisa didapat dari iklan yang tayang saat live streaming, donasi penonton/pengikutnya, gift dari penonton yang bisa dicairkan, hingga kemitraan dengan platform aplikasi live streaming tersebut.

Tips dalam melakukan live streaming



Menghadirkan konten yang menarik

Sama seperti konten kreator lainnya, agar bisa sukses dalam dunia live streaming ini kita harus bsa menghadirkan konten live yang menarik minat penonton. Selama ini, bisa dibilang game merupakan tema yang paling banyak dipilih dalam konten live streaming ini dan juga paling menghasilkan. Namun bukan berarti tema lain tidak menarik untuk diikuti. Hal ini bergantung pada bagaimana konten kreator mengemas acara live streaming dan menjalin interaksi dengan penonton.

Memiliki perilaku dan kemampuan komunikasi yang baik

Attitude atau perilaku yang baik juga bisa menjadi faktor konten live streaming disukai penonton. Menyapa pengunjung yang datang, aktif menjawab pertanyaan dan menggunakan tutur kata yang baik merupakan hal-hal yang bisa membuat penonton betah berlama-lama menonton live streaming kita. Selain perilaku yang baik, kemampuan public speaking yang baik bisa jadi juga menjadi nilai tambah bagi seorang live streamer saat membawakan kontennya.  

Fokus pada tema tertentu

Tak jauh berbeda dengan bidang konten kreator lainnya, konten live streaming juga bisa lebih mudah dikenal jika fokus pada satu tema. Kamu bisa memilih tema live streaming yang sesuai dengan minat dan bidang yang digeluti atau konten yang memang disukai orang. Beberapa tema live streaming yang bisa dicoba seperti tutorial make up, memasak, review produk, unjuk bakat atau juga mengunjungi tempat-tempat tertentu.  

Melakukan streaming secara rutin

Konsisten merupakan salah satu kunci utama dari keberhasilan sebuah profesi, tak terkecuali konten kreator seperti live streaming. Buatlah jadwal rutin melakukan live streaming agar pemirsa bisa selalu mendapatkan konten update dan juga

 

IDN Live, fitur terbaru IDN bagi para live streamer

sumber gambar IDN Times


Saat ini kita bisa melakukan live streaming di berbagai aplikasi media sosial. Nah, buat kamu pecinta produk anak bangsa, sekarang sudah ada fitur live streaming di aplikasi IDN App yakni IDN Live. IDN App sendiri merupakan aplikasi baca berita dan hiburan `dari IDN Media, platform yang ditujukan bagi generasi Millenial dan Z yang pastinya bisa memenuhi kebutuhan kita akan berbagai berita terbaru. IDN App yang sebelumnya bernama IDN Times ini diluncurkan pada 18 Juni 2020 lalu.

Selain memberikan berita terupdate, di aplikasi IDN App ini kamu juga bisa mengirimkan konten berupa tulisan dengan berbagai topik yang nantinya akan dikurasi oleh tim editor IDN Media. Setiap tulisan yang terbit akan mendapat poin yang bisa dikumpulkan dan dicairkan nantinya. Selain itu kita juga bisa mendulang poin lewat event menulis yang diadakan oleh IDN app yang bisa dilihat lewat fitur event.

Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan IDN App adalah IDN Live. Apa itu IDN Live? Sesuai dengan namanya, IDN Live merupakan fitur yang memungkinan member IDN App untuk menonton dan juga melakukan live streaming di aplikasi tersebut. Cara menjadi streamer di IDN Live ini sendiri cukup mudah, yakni:

  1. Download aplikasi IDN App di handphone-mu dan buat akun di sana
  2. Submit data dirimu melalui link Google Form Pendaftaran IDN Live New Streamer.
  3. Tim IDN Live akan melakukan verifikasi data yang sudah disubmit dan mengaktifkan akun streamer kamu
  4. Setelah akun aktif, tim IDN Media akan mengirimkan informasi melalui email
  5. Calon streamer akan diminta untuk log out dari akun IDN App, kemudian login kembali
  6. Klik tombol menu Live di bagian ataslayar pada halaman Home
  7. Klik tombol [+] yang ada di bagian bawah layar halaman Home
  8. Jika ada pilihan 'live streaming', itu artinya akunmu sudah berhasil diperbaharui dan kamu sudah menjadi Streamer
  9. Apabila belum muncul, mohon kirimkan informasinya pada tim IDN Live ke email support@idn.media


Keunggulan IDN Live


Sebagai fitur baru yang beberapa keunggulan dari IDN Live ini antara lain:

Banyak pilihan konten yang bisa ditonton

Di IDN Live kamu bisa menonton beragam konten live streaming yang dibuat oleh para streamer IDN App. Ada yang mengambil tema gaming, kecantikan, korea dan berbagai topik lainnya. Kamu bisa memilih mana yang membuatmu tertarik untuk menonton. 

Berinteraksi dengan para streamer

Layaknya layanan live streaming pada umumnya, fitur IDN Live pada IDN App memungkinkan kita untuk berinteraksi secara langsung dengan streamer yang sedang ditonton. Seperti yang saya alami saat menonton live streaming dari Prita Dewi beberapa waktu yang lalu. Begitu masuk ke live streaming, Mbak Prita langsung menyapa saya dengan ramah dan mengajak saya ngobrol lewat kolom komentar. Tentunya menyenangkan sekali bukan, jika kita bisa berinteraksi dua arah seperti ini dengan pemilik konten layaknya teman?

Mengapresiasi streamer dalam bentuk virtual gift



Salah satu bentuk apresiasi yang diberikan pada live streamer adalah dengan memberikan hadiah berupa virtual gift. Virtual gift ini berupa gambar animasi bergerak yang bisa dibeli menggunakan uang Gold yang ada pada IDN Media. Setiap virtual gift yang diberikan kepada live streamer akan dikonversikan menjadi poin yang dapat ditukarkan menjadi Rupiah oleh streamer.

Membeli gold sesuai kebutuhan





Gold merupakan nama mata uang yang ada pada aplikasi IDN App. Saat pertama kali mendaftar di aplikasi ini, kamu akan mendapat bonus 3 Gold. Nah, jika ingin membeli Gold untuk memberikan virtual gift kepara streamer, kamu bisa membelinya lewat Google Play (untuk Android) dan App Store (untuk Iphone). Harga dari uang Gold ini ditentukan oleh pihak IDN Media dan harganya bisa berubah sewaktu-waktu. 

 

Program IDN Live Streamer Fund senilai 50 Miliar

 



Sebagai konten kreatror, pastinya kita berharap konten yang kita buat bisa bermanfaat dan memberikan tambahan penghasilan bagi kita. Dalam dunia live streaming sendiri, penghasilan bisa didapat baik dari iklan, donasi penonton hingga kucuran dana dari platform yang digunakan. 

Nah, bagi para live streamer di IDN App, ada berita gembira nih! IDN App meluncurkan program IDN Live Streamer Fund dengan total dana 50 miliar bagi para live streamernya. Program yang diluncurkan pada bulan April 2022 ini merupakan bentuk apresiasi dari IDN media bagi para streamer sekaligus memberi mereka motivasi untuk terus berkarya dan menghadirkan konten streaming yang menarik.
 
Untuk bisa mendapatkan dana dari IDN Media ini, tentunya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti jumlah jam tayang streamer dan penonton, level interaksi dan virtual gift yang didapat serta berbagai faktor lainnya. Bisa dibilang, semakin aktif kamu membuat konten live streaming pastinya akan semakin membuka peluang untuk mendapat kucuran dana yang besar dari IDN Media.

Untuk bisa mengikuti program IDN Live Streamer fund, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni:
  • Live streamer merupakan penduduk yang tinggal di Indonesia dan berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki followers minimal 100 orang di IDN App
  • Konsisten melakukan live streaming secara harian di IDN live
  • Mempromosikan nilai positif dan inklusivitas
  • Memiliki konten yang kreatif, otentik dan juga genuine
  • Mematuhi pedoman komunitas di IDN live
Selain bisa mendapat uang dari konten live streaming, program IDN live stramer fund ini juga memberikan berbagai keuntungan lain bagi para live streamer, diantaranya:

Liputan dan paparan media

Streamer yang terpilih pada program ini akan mendapat keuntungan berupa paparan media, strategi promosi, serta menayangkan iklan berbayar di berbagai platform IDN Media seperti Popbela.com, popmama.com, Fortune Indonesia, Yummy dan berbagai platform lainnya.

Mendapat akses ke IDN Media Studio

Streamer mendapat kesempatan untuk melakukan live streming di studio IDN Media yang berlokasi di kantor IDN Media di Jakarta dan Surabaya. Selain itu, streamer juga bisa mendapat fasilitas streaming seperti kamera, microfon, mixer, tripod, ligthing dan peralatan lainnya yang mendukung live streaming.
 

Fasilitas training dan mentorship

Streamer yang mengikuti program ini juga akan dibekali dengan fasilitas training dan mentorship dari tim IDN Media yang pastinya sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas konten live streaming.
 

Mendapat brand sponsorship

Streamer yang terpilih mengikuti program IDN Live Streamer Fund juga akan mendapat dukungan brand sponsorship dari ICE. Pasti keren dong, yaa kalau sudah bisa dapat sponsor dari brand ini.

Kehadiran IDN Live dalam dunia live streaming pastinya membuka banyak peluang bagi para konten kreator terutama para live streamer. Apalagi dengan adanya program IDN Live Streamer Fund juga bisa meningkatkan motivasi dan semangat para live streamer untuk terus meningkatkan kualitas kontennya. Nah buat kamu yang juga suka melakukan live streaming yuk segera gabung di IDN App dan jadi streamer di platform tersebut! 
 
sumber tulisan :
Panduan Penggunaan Fitur Live Streaming di IDN App (idntimes.com)


28 Comments

  1. Kalau mau lebih dekat dengan follower memang kita harus live streaming ya mbak. Dan menurut saya bagus utk melatih kemampuan komunikasi bagi seorang influencer seperti kita.

    ReplyDelete
  2. Saya dengar ttg Caisar itu malah mikir begini: "Dia shalat ya dalam 24 jam itu? Atau joget terus2an?" hihi .. ada2 saja ya yang bisa dilakukan jaman now dengancara streaming, termasuk melalui IDN Live ini, malah bisa mendatangkan cuan pula.

    ReplyDelete
  3. wow hebatnya program IDN Live Streamer Fund . Bagi mereka yang sudah punya pengalaman dalam dunia live streaming merupakan kesempatan baik untuk bisa langsung mencobanya, dapatkan cuan pula.

    ReplyDelete
  4. Jaman era digital kaya sekarang ini sangat memudahkan apapun yang dilakukan termasuk mencari uang hanya dari rumah saja asal kitanya ulet dan kreatif melihat peluang yang ada

    ReplyDelete
  5. Ga menyangka ya pendanaan IDN Live ini mencapai 50 miliar. Keren nih orang2 yang kreatif dan percaya diri cuap2 bisa memperoleh penghasilan menjadi streamer. Mesti manfaatkan kesempatan yang ada nih.

    ReplyDelete
  6. wah asyik nih untuk mereka yang sering live streaming
    karena menurutku lebih menarik, bisa langsung nanya ke narasumber
    dapat hadiah pula ^^

    ReplyDelete
  7. Bisa live streaming dan mendapatkan cuan ya di IDN APP. Setuju banget dong kalau live streaming dengan konten yang menarik pasti banyak yang nonton.

    ReplyDelete
  8. Keren nih programnya, klo ada training dll kyak gini mah dijamin acara live streaming makin berbobot ga cuma asal live aja

    ReplyDelete
  9. Wah kita pun juga bisa nih kasih gifts ke streamer favorit. Asiknya dengan IDN, jadinya sekalian mendukung streamer juga ya biar semangat ngonten yang bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Live stream memang jadi semakin menarik karena adanya interaksi. Saya betah-betah aja sih nonton live stream kalau temanya bagus

    ReplyDelete
  11. Fitur seru dari IDN yaa..
    Jadi membuka lebih luas kesempatan bagi para konten kreator untuk belajar dan mencari pengalaman di bidang live streaming. Yang seru, bahkan bisa menghasilkan juga..

    ReplyDelete
  12. Dennise SihombingMay 30, 2022 at 11:12 AM

    Fitur di IDN live lengkap banget. Penonton bisa komunikasi langsung dan tema-tema yang diusung juga oke banget deh, top nih IDN live

    ReplyDelete
  13. Wah, kece!
    Program IDN Live Stream Fund 50 miliar ini bukti bahwa IDN App sangat mendukung lahirnya para stremaer berbakat ya mbak, agar semakin semangat membuat konten live streaming

    ReplyDelete
  14. Pingin juga nih nyoba streaming live kayak gini, tapi kok diriku masih pemalu yaa.. Sepertinya harus belajar public speaking dulu juga ya biar bisa ahli..

    ReplyDelete
  15. keren nih IDN punya aplikasi. bener-bener support aktivitas kreatif generasi sekarang ya yang rajin bikin konten bahkan cari cuan dari ngonten

    ReplyDelete
  16. wah ada lagi ini aplikasi pengundang cuan, kali ini dengan live sttreaming ya. Mesti punya konten menarik supaya irang betah di live streamnya. supaya dapat gift terus

    ReplyDelete
  17. Sekarang lagi jamannya live ya mba, banyak platform yang memberikan fitur ini. Dan banyak yang merasakan keuntungannya. Nah, IDN sekarang juga ada fitur live, makin keren aja IDN.

    ReplyDelete
  18. Wow 50M pendanaannya, moga makin banyak nih pengikutnya. Nah aku suka live streaming, siaran langsung tanpa proses sunting-menyunting suka lucu, biisa jadi lebih menarik bagi penonton karena kontennya berasa lebih natural.

    ReplyDelete
  19. Wooww 50 miliar!!
    Ini bentuk kepedulian IDN App Agar banyak konten kreator yang terus berkarya menghasilkan konten live streaming terbaik ya mbak

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah coba Live streaming seperti yg sedang tren saat ini. Tapi setelaj melihat fitur dan keuntungan live streaming dari aplikasi IDN Live sepertinya saya tertarik

    ReplyDelete
  21. Jadi semakin banyak cara ya Mbak untuk dapat cuan, jadi Streamer di IDN, selain bisa menyalurkan hobi dan kreativitas bisa dapat penghasilan juga ya, gak tanggung-tanggung nih dananya hingga 50 Miliar.

    ReplyDelete
  22. UWowww kalau live streaming bisa menghasilkan uang, aku juga mau. Hihi. Mengasah keterampilan bicara di depan umum juga ya. BIsa dapat cuan sesuai dengan passion. hihi

    ReplyDelete
  23. Wah Keren banget ya mbak idn ini mensupportnya totalitas banget ya, jadi pengen ikutan juga ah

    ReplyDelete
  24. Wah asik nih jadi streamer. Bisa ada kegiatan lain yang bermanfaat dan jadi cuan. Harus kumpulin follower dulu ya biar bisa jadi streamer.

    ReplyDelete
  25. Aku kayanya pengen cobain live streaming tapi gak pede mba nongol didepan orang masih suka gerogi

    ReplyDelete
  26. IDN benar-benar mengerti kebutuhan anak muda 😍 apalagi IDN live, karena sekarang orang-orang suka nonton dibanding baca

    ReplyDelete
  27. Aku pernah baca baca sebelumnya tentang IDN live streaming, sepertinya menarik banget ya mba, pwgin cobain juga tapi masih cari-cari topik yang pas nih buat di share di live, sama ngumpulin pede juga 🥲 makasii infonya mbaa

    ReplyDelete
  28. IDN tuh sesuai perkembangan zaman dan bukan hanya cocok untuk anak muda, tapi yang pernah muda kaya diriku juga bisa

    ReplyDelete
Previous Post Next Post