Anak Ibu Kena Ruam Popok? Yuk Intip Cara Mengatasinya!



Mendapati adanya ruam popok pada pantat atau area selangkangan bayi jelas bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika anak kita masih berusia di bawah satu tahun. Pastinya hal tersebut sangat membuat bayi tak nyaman dan bahkan mungkin rewel saat Anakmereka tidur. Bayangkan sebagai orang dewasa saja kalau kita mengalami ruam terasa sangat menganggu. Apalagi bayi yang masih belum bisa berkomunikasi dengan baik. Karena itulah, saat anak mengalami ruam popok, pastinya kita akan melakukan berbagai cara untuk mengatasi ruam popok tersebut. 

Yafiq, anak ke dua saya pernah mengalami ruam popok yang cukup parah di usia sekitar 1 tahun. Ruam kemerahan ini muncul di area pantat, selangkangan hingga menjalar ke pinggang. Sedih sekali rasanya melihat putra saya itu terus-terusan menggaruk bagian tubuhnya yang terkena ruam tersebut. Bolak-balik saya ke toko perlengkapan bayi dan apotek untuk mencari krim yang dirasa ampuh untuk mengatasi ruam popok yang dialami Yafiq. Untungnya setelah beberapa waktu ruam popok ini berhasil disembuhkan dengan menggunakan cara tradisional yakni mengoleskan minyak zaitun pada daerah yang mengalami ruam. 

Mengenal ruam popok dan cara mengatasinya

Ruam popok merupakan kondisi di mana terdapat ruam kemerahan di area tubuh bayi yang tertutup popok setiap harinya seperti selangkangan dan juga pantat bayi. Tak hanya pada bayi, ruam popok ini juga bisa terjadi pada balita yang masih menggunakan popok. Ruam popok memang merupakan kondisi yang cukup umum terjadi terutama pada bayi dan anak-anak yang sehari-harinya menggunakan popok. Namun tentunya kita tidak bisa menganggap sepele ruam popok ini karena kalau tidak ditangani dengan baik malah bisa berbahaya bagi kulit bayi kita. 

Adapun beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari ruam popok pada bayi dan anak-anak ini antara lain;

  • Kontak terlalu lama dengan urine dan tinja yang ada pada popok yang dikenakan oleh bayi
  • Gesekan, bisa karena popok yang terlalu ketat
  • Bayi memiliki kulit sensitif
  • Iritasi terhadap produk perawatan kulit yang digunakan seperti sabun, bedak tabur, hingga deterjen untuk pakaian
  • Pergantian makanan baru ketika bayi memulai fase makan yang mungkin memicu reaksi pada kulitnya
  • Infeksi jamur dan bakteri akibat kulit tertutup popok dalam waktu yang cukup lama sehingga menjadi lembap dan hangat
Saat mendapati anak kita mengalami ruam popok, ibu bisa melakukan beberapa tindakan penanganan sebagai berikut:

Mengganti popok lebih sering atau menggunakan popok kain untuk mengindari terjadi iritasi pada kulit bayi

Ruam popok umumnya terjadi karena kulit terlalu lama berkontak dengan popok sekali pakai yang sudah terisi air pipis dan mungkin BAB bayi. Karena itu, ketika anak kita mengalami ruam popok sebaiknya kita lebih sering mengganti popok yang digunakan sehari-hari atau bisa juga memilih menggunakan popok kain untuk sementara waktu. 

Mengganti merk popok yang digunakan

Selain menambah frekuensi ganti popok dalam sehari, kita juga bisa mengatasi ruam popok dengan mengganti brand popok yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, bayi memiliki kulit yang sensitif dan bisa saja bahan popok yang digunakannya tidak cocok dengan kulitnya. Dengan mengganti merk popok yang digunakan kita bisa tahu apakah anak kita cocok dengan popok tersebut atau tidak.

Mengecek apakah bayi memiliki alergi terhadap makanan

Ruam popok juga bisa terjadi sebagai akibat dari alergi terhadap bahan makanan tertentu. Oleh karena itu saat mengetahui anak kita mengalami ruam popok, ibu juga bisa mengecek makanan yang diberikan apakah memicu alergi pada anak. Jika ada dugaan anak mengalami gejala alergi, kita bisa menghentikan pemberian bahan makanan tersebut untuk sementara waktu.

Mengoleskan minyak zaitun atau salep khusus ruam popok ke kulit bayi yang terkena ruam

Cara lain yang bisa dilakukan saat bayi mengalami ruam popok adalah dengan mengoleskan minyak zaitun atau salep khusus untuk ruam popok ke kulit bayi. Minyak zaitun selama ini dikenal sebagai minyak dengan banyak manfaat termasuk juga untuk kulit. Selain minyak zaitun, kita juga bisa menggunakan salep khusus ruam popok yang saat ini bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Tentunya dalam memilih salep ini juga ibu sebaiknya meneliti kandungan yang ada apakah aman untuk kulit bayi atau tidak.

Berkonsultasi ke dokter

Jika kondisi ruam popok yang dialami anak terlihat tidak membaik setelah dilakukan berbagai penanganan, mungkin sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter untuk menemukan penyebab pasti dari adanya ruam popok pada anak kita. Dokter pastinya akan bisa memberikan diagnosa dan solusi yang tepat untuk menangani ruam popok yang dialami anak kita tersebut.


MAKUKU SAP Diapers Slim, popok dengan ini anti gumpal



Salah satu produk bayi yang penting sekali bagi para ibu sekarang adalah popok sekali pakai alias diaper. Keberadaan diaper yang praktis ini memang sangat membantu para ibu mengurangi jumlah cucian akibat ompol bayi. Namun tentunya perlu diingat penggunaan popok sekali pakai yang terlalu lama bisa mengakibatkan ruam popok di kulit anak kita. Karena itulah penting sekali bagi orang tua untuk mengganti popok bayi setiap beberapa jam sekali dan juga memilih popok bayi yang bisa meminimalisir terjadinya ruam popok. 

Mengutip ucapan dari dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Salah satu faktor yang bisa membuat bayi bisa tidur nyaman adalah dengan menggunakan popok yang memiliki daya tampung besar dan tidak mudah bocor yakni popok dari MAKUKU. MAKUKU merupakan salah satu produsen popok bayi yang berdiri sejak tahun 2020 lalu dan suda menjadi pilihan para ibu di Indonesia. MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. 

Kelebihan popok MAKUKU SAP Slim Diapers


Sebagai brand yang berkomitmen memberikan produk yang terbaik untuk anak, MAKUKU kini mengeluarkan produk terbaru popok mereka yakni MAKUKU SAP Diapers Slim yang merupakan pengembangan dari produk terdahulunya. MAKUKU SAP Diapers Slim adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). SAP atau Super Absorbent Polymer sendiri adalah polimer hidroponik yang memiliki kemampuan penyerapan lebih baik dan maksimal. Popok MAKUKU ini juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

Dengan adanya kandungan SAP dalam popok MAKUKU membuat popok ini bisa menampung lebih banyak cairan. Jika di versi lama popok MAKUKU bisa menampung 400 ml cairan, maka untuk produk MAKUKU SAP Diapers Slim ini bisa menampung hingga 500 ml cairan. Selain memiliki daya tampung yang besar, popok terbaru MAKUKU juga menggunakan bahan yang lembut sehingga pastinya lebih nyaman di kulit bayi. Bagian dalam popok memiliki struktur 3D yang bisa mengurangi gesekan dengan kulit. Ukurannya yang tipis hanya 1,6 mm juga membuat popok ini terlihat seperti celana dalam biasa. 



Pengalaman menggunakan popok MAKUKU SAP Diapers Slim



Putra saya Yafiq tahun ini berusia tiga tahun. Di usia ini saya sudah menjalankan toilet training padanya namun hanya untuk siang hari. Di malam hari, Yafiq masih menggunakan popok agar tidak bocor selama dia tidur. Berhubung sejak beberapa waktu terakhir saya selalu mendapati popoknya bocor di tengah malam, akhirnya saya putuskan untuk mencoba popok terbaru dari MAKUKU. Saat akan membeli produk ini di salah satu supermarket, saya mendapat sedikit penjelasan terkait popok MAKUKU ini dari. 

Dilihat dari ukurannya, popok MAKUKU SAP Diapers Slim memang memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan popok merk lain. Alasan dari ukuran yang lebih lebar ini adalah agar popok  bisa menampung lebih banyak cairan saat bayi atau anak kita pipis. Dengan ukuran yang lebih besar ini, saya disarankan untuk menurunkan ukuran popok agar saat dipakai nanti popoknya tidak kebesaran dan menciptakan celah di bagian selangkangan dan pantat. 

Setiba rumah, saya langsung membuka produk ini. Begitu saya memegang produknya, saya dibuat kagum dengan bahannya yang sangat lembut dan tampilan yang clean. Saat malam tiba, saya pun memasangkan popok ini kepada Yafiq sebelum dia tidur. Alhamdulillah ukurannya pas dan terlihat kebesaran di tubuh anak saya. Besok paginya, saya cek popok anak saya dan meski terlihat penuh popoknya ternyata tidak menggembung seperti popok lain jika sudah penuh. Yang lebih keren lagi, popok juga tidak bocor dan tidak terlalu berbau pesing.

Penggunaan material SAP pada MAKUKU diapers terbukti memang bisa mengurangi terjadinya gumpalan saat bayi pipis sehingga popok tidak menggembung. Selain itu daya tampungnya memang benar-benar juara dan tidak bocor meski dipakai saat tidur. Senang banget dong saya jadinya karena kasur jadi nggak bau pesing lagi. 

Konsultasi dokter gratis bersama MAKUKU

Sebagai salah satu wujud komitmen MAKUKU dalam mendukung kesehatan bayi, MAKUKU juga memiliki program konsultasi dokter gratis yang bekerja sama dengan 10 Rumah Sakit di Indonesia. Adapun kota yang terpilih untuk bekerja sama dengan MAKUKU ini adalah Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. Selain menyediakan layanan konsultasi ibu dan anak, ibu juga bisa melakukan tanya dokter gratis terkait ruam popok yang terjadi pada bayi dengan dokter spesialis. 
 
Kehadiran MAKUKU sebagai popok dengan bahan dan kualitas terbaik pastinya bisa menjadi pilihan bagi para ibu Indonesia dalam menjaga kesehatan kulit bayi dan anak-anak yang masih menggunakan popok. Popok MAKUKU SAP Slim Diaper sekarang sudah bisa didapatkan berbagai toko, supermaket dan e-commerce kesayangan kamu seperti Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut terkait popok MAKUKU juga mengunjungi website resmi MAKUKU dan follow akun instagram mereka di @makuku.indonesia.official.

50 Comments

  1. Ruam ini bahaya juga ya .. bisa segera mengatasi dengan konsultasi ke dokter dan pastikan kulit si ekcil memaksa popok yang baik dan berkualitas

    ReplyDelete
  2. Yang lunayan aman adalah popok kain.

    ReplyDelete
  3. Anak aku pernah mba ruam popok dan kasian banget liatnya. Dia gampang ruam karena kulitnya tipe sensitif. Nah yang aku suka dari Makuku ini karena tekstur dia itu lembut banget. Jadi bisa mengurangi gesekan pada kulit anak ya

    ReplyDelete
  4. mengatasi ruam popok ini memang mesti telaten dan hati-hati ya, karena berkaitan dengan kulit anak

    ReplyDelete
  5. Drama ganti popok dan ketahuan ruam popok emang ... hiks hiksss...
    Kasian ya bayinya rewel dan kan gatal ituuu! Terus baru kelihatan setelah mengganti popok :(

    ReplyDelete
  6. Dimulai dari jangan salah pilih popok ya..
    Agar bayi nyaman da tetap beristirahat optimal.

    Investasi banget dapat ilmu mengenai cara mengatasi ruam dengan benar bersama MAKUKU SAP Diapers slim.

    ReplyDelete
  7. Popok MAKUKU SAP bisa menjadi andalan para emak yang punya bayi ya, jadi terbebas dari ruam.

    ReplyDelete
  8. Susah susah gampang emang ya kalo urusan cari popok, jadi harus hati hati banget jangan salah pilih. Mantap nih Makuku, tipis banget ya...

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah juga anakku sempet ruam popok, ya karena lagi diare. Jadi area yang tertutup popok lebih lembap.
    Sedih banget ya. Untung sekarang uda kenal MAKUKU Diapers Slim dengan teknologi SAP yang bikin popok tetep kering, dan slim. Bayi jadi ngga rewel karena iritasi lagi.

    ReplyDelete
  10. Ruam popok itu perlu juga dikonsultasikan ke dokter ya ... bisa saja memang ada penanganan yang harus dokter yang selesaikan.

    ReplyDelete
  11. Ruam popok menyebabkan anak rewel usahakan dihindari anak terkena ruam popok salah satunya dengan memakai popok yang berkualitas seperti makuku (gusti yeni)

    ReplyDelete
  12. baru tahu loh makanan juga bisa memicu ruam popok. gak cuma bakteri aja ya, jadi sebagai ibu kita memang kudu hati2 memilih makanan dan juga pampers.

    ReplyDelete
  13. Jangan malas untuk cek popok anak dan segera ganti jika sudah penuh. Jangan biarkan anak kena ruam. Kalau infeksi malah makin berbahaya ya

    ReplyDelete
  14. PEnting banget sebagai ibu tau cara mencegah dan mengatasi anak kena ruam popok supaya gak terulang lagi, gak nyaamn pastinya yg dirasakan anak kalau ruam popok. Memilih popok yang tepat salah satu cara mencegah terjadi ruam popok

    ReplyDelete
  15. Jadi tidak menggumpal ya? Keren banget. Berarti walau ada pipisnya popok Makuku ga gelembung y

    ReplyDelete
  16. Serba salah, ya, Mak. Pakai popok kain nambahin cucian. Pakai popok sekali pakai, kalau terlalu lama bisa terjadi ruam popok. Waktu anakku bayi juga aku suka mikir "kasihan ya jadi bayi nggak bisa ngomong apa yang dirasain." apalagi kalau lagi ada ruam di kulit sekitar pantatnya. Salah satu cara memang harus pakai diapers yang kualitas dan sirkulasi udaranya baik, punya indikator urine dan daya serapnya tinggi seperti Makuku, ya.

    ReplyDelete
  17. Makuku menyediakan konsultasi gratis dengan dokter di 10 rumah sakit di Indonesia, mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya nih buat para ibu yang punya anak balita.

    ReplyDelete
  18. Ruam popok bisa dicegah dengan menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim ini ya mbak
    Teknologi SAP nya bikin menyerap lebih cepat sehingga tetap kering

    ReplyDelete
  19. Ya Alloh, ruam popoknya sampai pinggang juga. Kebayang enggak nyamannya si kecil ya, Mbak.

    Makuku bisa jadi solusi atasi ruam popok, nih. Teknologi SAPnya banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  20. Kebetulan anak pertamaku ruam popoknya agak parah sampe tes alergi segala, pas anak kedua jadinya pengennya mencegah ruam popok y, makasi infony nti aku coba Makuku

    ReplyDelete
  21. Ilmu mengenai menjaga kesehatan kulit anak agar terhindar dari bahaya ruam popok ini penting sekali. Karena kalau sudah kena ruam, subhanallahu.. dramanya. Yang anak rewel, jadi kurang optimal untuk waktu istirahat dan butuh waktu untuk penyembuhannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya perlu dipantau dan secara berkala diganti ya Teh penggunaan diapersnya. Jangan nunggu sampai penuh dulu baru ganti

      Delete
  22. Jangankan bayi, orang dewasa seperti ku pun saat datang bulan kalau udah ruam karena ga cocok sama pembalut ga akan nyaman. Memang sih kulit area bokong itu paling sensitif kayanya ya, harus selalu kering dan bersih

    ReplyDelete
  23. Sepertinya menarik produk makuku ini karena mampu mendesain popok anti ruam. Jadi pingin coba buat adek

    ReplyDelete
  24. Aku penasaran cobain Makuku, katanya harganya lebih terjangkau dibandingkan diaper premium lainnya. Tapi anakku lagi potty training haha

    ReplyDelete
  25. Ruam popok memang bikin bayi ngak nyaman dan rewel ya, syukur sekarang sudah tersedia produk Makuku yang anti ruam jadi ngak bingung lagi untuk urusan ruam popok, serta yang pasti bikin bayi selalu ceria.

    ReplyDelete
  26. Wah aku tertarik dg konsultasinya. Aku pernah ngalamin anak ruam popok di usia bawah satu tahun.. sedih pokoknya. Karena hanya bisa nangis si bayinya. Akhirnya aku ke bidan. Mantap nih MAKUKU ..masuk list

    ReplyDelete
  27. Ruam pada anak rmang masalah yang seertinya setiap ibu pernah ngalamin. Milih popok emang bener harus teliti nih

    ReplyDelete
  28. Makuku is the best ya Mom apalagi bisa konsultasi juga yaa, memang untuk bayi nggak boleh sembarangan nih.

    ReplyDelete
  29. Mangats bunda, semoga toilet training cepat lulus biar ga banyak sampah diapersnya. Akupun sama pastibolesin minyak zaitun klo keliatan kulit anak merah karena ruam popok.

    ReplyDelete
  30. Makuku ini lembut banget di kulit, si kecil sampe jadi ngga kerasa kalo lagi pake popok

    ReplyDelete
  31. Ruam popok memang sangat mengganggu bayi, selain dia belum bisa menyampaikan mana yang sakit, cara penyampaiannya juga hanya dengan menangis, kasihan jadinya
    makuku solutif ya untuk mengatasi ruam popok

    ReplyDelete
  32. Oiya ya, saya baru terpikir kalau minyak zaitun bisa meredakan efek ruam popok. Dulu andalan ketika anak-anak terkena ruam, ya krim yang dioleskan ke bagian yang gatal. Memang urusan ganti mengganti popok tidak bisa diremehkan ya Mbak. Jadi tahu bahwa Makuku ini ternyata recommended juga ya untuk kulit bayi yg sensitif.

    ReplyDelete
  33. Kalau kena ruam popok sejenak bokong anak tanpa celana supaya gak lembab

    ReplyDelete
  34. Ternyata minyak zaitun bisa menyembuhkan ruam popok.
    Popok yang dipakai ternyata berpengaruh buat mencegah ruam popok.
    Kalau popoknya udah nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Slim pasti anak nyaman, bye ruam popok

    ReplyDelete
  35. Banyak yang bilang MAKUKU mahal padahal sebanding sama kualitasnya, anak jadi nyaman, ga risih, nggak bocor samping, lengkap deh

    ReplyDelete
  36. Ruam popok pada anak itu kayaknya sepele, banyak anak yg punya masalah tersebut. Mangkanya harus dipakaikan produk kayak MAKUKU supaya terhindar dari ruam popok

    ReplyDelete
  37. kalau bahas ruam popok, saya jadi ingat anak kedua saya juga pernah mengalami ruampopok bahkan saat usianya masih sebulanan kalau gak salah.
    duuh sedih banget lihatnya, tiap sesi ganti popok dia selalu menangis karena sakit dan perih, gak mau nunggu lama saya langsung ganti popoknya jadi merk dan model yang biasa kakaknya gunakan saat new born, plus kasih cream ruampopok juga, Alhamdulillah perlahan mengering bekas ruamnya.
    sayangnya waktu itu belum kenal MAKUKU, dan sekarag anak ketiga pun juga udah bebas popok, tapi MAKUKU nanti mau saya rekomendasikan ke keluarga maupun kerabat :)

    ReplyDelete
  38. Merawat bayi itu memang susah-susah gampang, ya. Apalagi masalah ruam popok kayak gini. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  39. Masalah ruam popok ini, memang sering dialami anak ya, Mbak. Dan ini jelas membuat mereka tak nyaman. Apalagi anak yang belum bisa bicara, akhirnya hanya menangis saja. Makanya perlu mencari popok yang bisa mencegah popok ruam.

    ReplyDelete
  40. Sebelum terjadi ruam popok perlu banget membaca pengetahuan mengenai penyebab sehingga bayi selalu merasa nyaman tanpa rewel. Dan konsultasi gratis dari MAKUKU ini membuat para parents jadi lebih aware dengan masalah ruam popok ini.

    ReplyDelete
  41. manteb nih mba mnegatasi langsung dari sumbernya.. memang sebaiknya memilihkan diapers yang aman aja ya buat anak biar ngga ada ruam2 lagi

    ReplyDelete
  42. Makuku popok yang bagus buat baby, bisa mencegah ruam popok tapi pastikan juga ya sering ganti popok jangan seharian ga ganti yaa bun...(gusti yeni)

    ReplyDelete
  43. Aku pertama kali nyobain Makuku kirain anak ngga pipiss lohh seharian sampe siang hahaha ternyata ya udah pipiss berkat liat indikatornya itu, karena yaa emang setipis itu lhoo ga bikin melendung wkwkw

    ReplyDelete
  44. Ruam popok nih emang bikin bayi rewel karena pastinya rasanya gak nyaman banget. Jadinya pilih popok gak boleh sembarangan. Bagus ya klo ada fasilitas konsul gratis dari Makuku. Bisa dimanfaatkan nih

    ReplyDelete
  45. Ruam popok emang bikin pusing deh. Anaknya rewel, emaknya stres. Emang penting pilih popok yang nyaman dipake ya. Seperti Makuku ini.

    ReplyDelete
  46. aku sering lihat rekomendasi pupuk makuku, jadi pilihan ibu2 buat rawat anak juga yaa. save for later nih rekomendasinya

    ReplyDelete
  47. kasian bgt akutuh kalo anak udh kena ruam popok alhasil jadi rewel deh, makuku ini memang bagus kata adeku yg sering pakai produk popok ini

    ReplyDelete
  48. Masalah ruam popok merupakan masalah yg sebagian besar dialami oleh Ibu yang punya anak Balita, apalagi jika balita tersebut sedang aktif-aktifnya bergerak
    Nah, memilih merk popok yang berkualitas menjadi salah satu solusinya, seperti diapers dari Makuku
    Ponakanku juga pakai diapers Makuku

    ReplyDelete
  49. Waktu pertama kali anak pakaikan si kecil popok MAKUKU ini langsung suka juga karena bahannya benar2 lembut dan anti bocor juga. Benar2 kerenlah MAKUKU dengan teknologi SAP-nya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post