Pahami Cara Kerja IP Camera CCTV agar Penggunaannya Lebih Maksimal


https://unsplash.com/photos/0CVbBwUkvqk


CCTV dikenal sebagai kamera pengawas yang saat ini terdapat dua jenis yang terus bersaing di pasaran yaitu CCTV analog dan IP camera CCTV. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk merekam video. Namun jika Anda melihat dari segi fitur dan cara kerjanya keduanya sangatlah berbeda. 

Disebut sebagai CCTV analog karena memang cara kerjanya mengandalkan sinyal analog. Sinyal ini digunakan untuk transmisi video yang memanfaatkan kabel coaxial. Penyambungannya dari kamera ke Digital Video Recorder (DVR). Jika CCTV analog menggunakan kabel sebagai bagian dari cara kerjanya, bagaimana dengan IP camera? 

Cara Kerja IP Camera CCTV serta Pengaturannya agar Optimal 


https://unsplash.com/photos/3PBgSQsNvro


Pada jenis CCTV yang terbaru dan merupakan pengembangan CCTV analog, hadir Internet Protocol (IP) camera. CCTV ini merupakan kamera video digital untuk memantau keamanan dimana penerimaan dan pengiriman data menggunakan jaringan LAN. Istilah lainnya yang dikenal juga adalah Network Camera. 

Berbeda dengan CCTV analog yang membutuhkan perangkat DVR untuk menyimpan data rekaman, IP camera CCTV hanya memerlukan switch yang dihubungkan ke Network Video Recording (NVR). Jadi secara sistem kerja, kamera CCTV akan merekam gambar yang disalurkan langsung ke perangkat smartphone atau laptop. 

Pengiriman data tersebut memanfaatkan jaringan internet. Jadi pastikan bahwa di area pemasangan IP Kamera CCTV outdoor atau indoor terdapat jaringan internet yang kuat. Setelah itu NVR yakni perangkat lunak untuk merekam video akan mengubah data tersebut menjadi format digital. 

Penyimpanan rekaman akan dilakukan secara langsung dalam perangkat hardisk. Tampilan rekaman secara live bisa langsung diakses menggunakan layar smartphone atau laptop memanfaatkan aplikasi atau perangkat lunak khusus. 
Inilah cara kerja dari IP camera CCTV, namun untuk hasil yang lebih maksimal lagi soal gambar dan lainnya Anda harus bisa mengaturnya dengan tepat. Berikut ini step by step pengaturan IP camera yang tepat untuk diikuti. 

Memposisikan Kamera dan Menyambungkan ke Listrik 

Pengaturan kamera dimulai dari meletakkannya di area yang tepat dan sesuai kebutuhan. Misalnya saja untuk area dalam ruangan Anda bisa memilih sudut bagian atas dan mengarah pada pintu masuk dan keluar. Semua aktivitas akan terekam dengan mudah. 

Sedangkan untuk area luar ruangan seperti basement atau tempat parkir pasang di bagian pintu keluar masuk. Letakan juga di sudut-sudut kurang pencahayaan saat malam hari. Contohnya area taman atau lapangan. 
Jangan lupa setelah dipasang, sambungkan kamera ke listrik menggunakan adapter bawaan dari produsen atau menggunakan switch POE. 

Menginstal Aplikasi dan Lakukan Pairing 


Kamera sudah terpasang, sekarang saatnya untuk Anda menginstal aplikasi yang disarankan oleh produsen. Aplikasi inilah yang akan menghubungkan dan mengatur kamera secara keseluruhan. Sebelumnya pastikan sekali lagi bahwa IP Kamera CCTV outdoor dan indoor tadi sudah terhubung ke internet. 

Jalankan aplikasi dan sekarang Anda bisa menyambungkan atau pairing wifi ke ponsel. Caranya tinggal pilih pengaturan penyambungan manual atau otomatis. Setelah itu masukan password wifi dan selesaikan penyambungannya. 

Mengatur Kamera CCTV 

Apabila sudah tersambung, Anda bisa langsung klik menu Play untuk melihat langsung hasil tangkapan kamera. Nah pada saat itulah Anda bisa mengatur ulang hasilnya. Misalnya jika masih kurang ke kanan, kiri atau naik turunnya. 

Anda juga bisa mengatur sistem keamanan akses aplikasi dengan menambahkan password. Jadi tidak ada yang bisa mengakses selain Anda. Apabila posisi kamera masih kurang tepat menggeser langsung kamera. 

ColorVu dari Hikvision: IP Camera CCTV Terbaik Bahkan dalam Kondisi Gelap 


Anda kini sudah bisa mengatur dengan tepat IP camera tanpa perlu bantuan teknisi. Sekarang untuk memulainya tinggal mencari mana produk CCTV yang terbaik. ColorVu dari Hikvision adalah pilihan tepat ketika Anda mencari kamera pengawas yang mampu menampilkan gambar terbaik bahkan ketika kondisi gelap. 

Teknologi yang digunakan pada IP camera CCTV ini mampu memberikan warna berkualitas tinggi selama 24/7. Berkat kecanggihan ini, sistem keamanan untuk melindungi orang dapat bekerja dengan lebih baik. Warna yang diperlihatkan terang dan tajam layaknya siang hari. 
Tak hanya itu ColorVu juga mengusung beberapa kelebihan lengkap sebagai berikut ini. 

Menampilkan Informasi Warna Asli 

Kamera CCTV manalagi yang mampu memberikan tampilan warna asli sesuai tangkapan kamera. Hikvision ColorVu memiliki kemampuan render warna yang akurat sehingga Anda akan dimudahkan dalam melihat hasil rekamannya. 

Selain itu kinerjanya sangat luar biasa meskipun diletakan di area lingkungan bercahaya rendah. Contoh seperti area taman di malam hari, semua kegiatan akan terlihat lebih jelas berkat kemampuannya memberikan warna terang dan akurat. 

Menampilkan Lebih Banyak Detail 

Hikvision ColorVu akan dengan jelas merekam semua informasi warna seperti aslinya. Dengan begitu detail gambar akan lebih kaya, jauh jika dibandingkan pencitraan hitam putih. Detail ini akan memudahkan Anda membedakan setiap objek dari hasil rekaman. 

Menciptakan Pengalaman Visual yang Baik 

Selain warna dan detail, kecerahan rekaman juga sangat seimbang. Memanfaatkan kamera dengan aperture super F1.0 dan sensor lanjutan membuat perenderan jadi lebih real. 

IP camera CCTV sendiri merupakan produk yang diciptakan sudah canggih. Namun jika ditambah dengan pemilihan produk yang tepat, maka Anda bisa mendapat jaminan keamanan yang lebih baik. 

Khususnya untuk area-area yang kerap menjadi incaran oknum penjahat melancarkan aksinya. Hikvision ColorVu akan membantu memberikan bukti rekaman dengan warna lebih nyata dan sangat detail. Proses penggunaannya pun sangat mudah bebas kabel. 


12 Comments

  1. Memilih CCTV, memang harus baik secara kualitas. Penampakan objek detail secara keseluruhan, itu yang penting ya mba, sayangnya rumah saya tipe RS, jadi gak ada CCTV. Hehe

    ReplyDelete
  2. Makin canggih ya sekarang. Gak perlu pakai kabel segala. Bisa dipantau lewat hp pula.

    ReplyDelete
  3. Hikvision ColorVu salah satu pilihan yang tepat buat nampilin gamabr dititik terendah cahaya sekalipun. Kalau pasang cctv boleh ya mampir kesini lagi. Bintangin dulu

    ReplyDelete
  4. Ini bagian yang amat penting kalo mau masang cctv.Mampu menampilkan gambar terbaik bahkan ketika kondisi gelap. Nah cuma ColorVu dari Hikvision yang paling pas.

    ReplyDelete
  5. Kebetulan saya pernah mencoba dengan beberapa cctv. Permasalahan yang sering saya temui adalah dari sisi warna saat tempat dalam keadaan gelap, tertarik dengan fitur ColorVu yang dibahas di artikel ini, terima kasih informasinya, kak.

    ReplyDelete
  6. Kebutuhan CCTV di rumah atau kantor juga tempat bisnis memang sudah sebuah keharusan untuk saat ini ya. Bukan hanya soal keamanan tapi juga untuk keselamatan loh.

    ReplyDelete
  7. Wah makin paham nih sama spesifikasi cctv. Lagi butuh buat pasang di rumah soalnya, tp gak paham sama sekali sama cctv wkwk. Aku simpen artikelnya buat baca2 lagi besok pas mau cari cctv.

    ReplyDelete
  8. Yes, pas banget aku lagi ngumpulin info soal cctv mbak. Rencananya mau aku taruh di tokonya emakku. Sering kali jualannya emak soalnya hilang. Makasih infonya yaaakk

    ReplyDelete
  9. Kalau punya toko penting banget naruh cctv. Menghadap depan sama hadap bagian kasir. Tukang bakso deket rumah aja masang cctv menghadap parkiran pinggir jalan.

    ReplyDelete
  10. wah saya baru tahu, kalau teknologi CCTV sudah secanggih ini. memang sih, sekarang CCTV seperti sudah jadi kebutuhan ya, terutama bagi orang-orang yang selalu berinteraksi dengan orang banyak

    ReplyDelete
  11. auto pengen punya juga cctv dengan ip camera, mudah banget pengoperasiannya dan hasil tangkap cctv langsung jadi format digital

    ReplyDelete
  12. Pas banget mba, aku ada rencana mau pasang CCTV, soalnya daerahku lagi banyak maling. Terus kalau malam juga suka ada suara misterius di luar. Mau ngecek takut, soalnya dirumah cewek semua.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post