Bikin Bekal Makan Siang Nggak Pusing Lagi Pakai Resep Yummy App


Bikin Bekal Makan Siang Nggak Pusing Lagi pakai Yummy App


"Eh, hari ini kita makan siang di mana?" tanya saya siang itu pada seorang rekan kerja di ruangan.

"Nggak tahu juga, Kak. Ada ide nggak mau makan di mana?" balas rekan kerja saya itu.

"Kalau kamu mau makan di mana?" tanya saya lagi pada teman yang lain. 

"Terserah aja di mana. Aku ikut aja," jawab teman yang lain tersebut. 

Saya terdiam sejenak, berpikir. "Gimana kalau ke Cafe XXX, aku kangen makan di sana," jawab saya akhirnya menyebutkan sebuah tempat makanan Korea yang kadang kami kunjungi kalau baru gajian.

"Oke deh. Yuk berangkat sekarang."

Begitulah sekelumit pembicaraan yang kerap terjadi antara saya dan beberapa rekan kerja saat jam makan siang tiba di kantor. Sebagai ibu yang bekerja di luar rumah, bisa dibilang saya memiliki sedikit keuntungan dalam hal anggaran makan siang. Keuntungan yang saya maksud adalah kebebasan memilih makan siang di luar rumah entah itu rumah makan sederhana dengan menu merakyat dan harga terjangkau atau cafe estetik yang tagihan bayarnya cukup untuk makan 3 kali sehari. 

Meski memiliki anggaran makan siang sendiri, tentunya tidak setiap hari saya memilih makan di resto mahal atau cafe. Kalau tiap hari makan enak dan mahal bisa boncos dong uang gaji saya. Hehe. Karena itulah untuk menyiasati pengeluaran makan siang ini, saya berusaha konsisten membawa bekal dari rumah untuk makan siang di kamtor. Kebiasaan ini sudah saya jalani sejak menikah dan alhamdulillah masih cukup konsisten dilakukan hingga sekarang.

Membawa bekal makan siang sendiri memiliki cukup banyak keuntungan bagi saya. Selain bisa menghemat pengeluaran, membawa bekal dari rumah juga menghindarkan saya dari kebingungan mau makan apa buat makan siang. Seperti percakapan yang saya tuliskan di atas, setiap kali jam makan siang tiba, kami pasti bingung ingin makan siang di mana. Jujur kadang saya sebal dengan kondisi seperti ini. Keuntungan lain dari membawa bekal pastinya kita bisa menentukan sendiri makanan yang ingin dimakan dan insyaAllah juga lebih terjamin bahan yang digunakan. 

Berkenalan dengan Yummy App



Berkomitmen membawa bekal sendiri untuk makan siang, pastinya ada beberapa tantangan yang harus saya hadapi. Tantangan utamanya adalah menghadirkan menu bekal yang enak, tahan lama dan kreatif. Seperti yang kita tahu, bekal makan siang dimasak saat dini hari sebelum kita berangkat bekerja. Karena tentu menu yang dipilih sebaiknya yang tidak cepat basi dan tetap enak dimakan saat siang hari. Pernah nih kejadian saat pulang kerja suami protes kalau sayur yang saya bikinkan ternyata basi saat akan dimakan. Huhu. Sedih banget deh mendengarnya. 
 
Selain memilih menu yang tahan lama, tantangan lain dari membawa bekal adalah perihal kreasi masakan. Nah, kalau soal ini benar-benar tantangan nih buat saya mengingat kemampuan memasak saya yang sekadar tumis dan oseng nggak kayak peserta masterchef yang suka nyoba berbagai menu masakan. Hehe.

Agar tidak bosan dengan menu bekal yang itu-itu saja, kadang saya mengintip menu yang dijual di kantin atau warung makan lain untuk diolah di rumah nantinya. Kadang saya juga membeli tabloid masakan dengan niat menyimpan resepnya untuk dimasak. Sayang tabloid yang dibeli ini malah berakhir jadi alas sayur di kulkas atau gorengan. Heu. Cara terakhir dan paling sering saya lakukan untuk mencari ide makan bekal siang adalah dengan mencari resep di internet.

Internet saat ini memang sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, terutama setelah hadirnya ponsel berbasis android yang membuat banyak hal jadi lebih mudah. Nah, berhubung kali ini saya lagi ngomongin resep masakan. pas banget nih ternyata ada aplikasi Yummy App yang bisa membantu saya dalam menemukan kreasi dalam memasak bekal makan siang ke kantor. 
 
Yummy App merupakan aplikasi resep masakan dari IDN Media yang sudah hadir sejak tahun 2014 lalu. Aplikasi ini sudah didownload lebih dari 1 juta pengguna dan memiliki rating 4,7 di playstore. Nah kira-kira apa saja ya, fitur-fitur dan kelebihan dari aplikasi Yummy App ini? Berikut beberapa yang bisa saya bagikan:
 
 

Kumpulan aneka resep masakan yang sudah dikurasi 

Hal pertama yang bisa kamu temukan di Yummy App tentunya adalah resep masakan. Di Yummy App, ada 2 jenis resep masakan yang bisa kita coba yakni resep dari Yummy dan resep dari komunitas. Perbedaan dari resep Yummy dan resep komunitas terletak pada logo Yummy yang ada pada foto masakan dan bahan makanan. Selain itu, resep masakan dari Yummy juga menyediakan video cara pembuatan masakan yang pastinya memudahkan bagi kita untuk mempraktikkannya.

Lalu bagaimana dengan resep komunitas? Tenang, meski resep yang dibagikan merupakan resep rumahan, namun dalam proses pengajuannya juga sudah dilakukan kurasi terutama pada foto bahan makanan sehingga menghasilkan tampilan yang jelas dan mudah diikuti. 

Fitur Memasak dengan bahan dan budget tertentu





Kadang ada masanya bahan makanan yang di kulkas hanya tersisa beberapa macam. Belum lagi uang di dompet juga semakin menipis karena tanggal tua. Sebagai manajer rumah tangga tentunya kita harus pintar mengolah masakan dengan bahan yang. Nah, di Yummy App ini kita bisa berkreasi dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di kulkas dan memasukkannya ke fitur memilih bahan. Jadi caranya tinggal masukkan bahan-bahan apa saja yang ada didapur kita dan nantinya akan muncul berbagai pilihan resep sesuai bahan tersebut.

Sedangkan untuk menggunakan fitur budget tertentu dalam memasak, hal yang harus dilakukan adalah mengetikkan nama salah satu bahan kemudian akan muncul menu filter di aplikasi kita. Dalam filter ini kita bisa melakukan filter mulai dari jenis resep apakah dari tim Yummy atau komunitas, tiper resep, durasi waktu memasak, porsi memasak, budget belanja hingga kategori masakan yang ingin dimasak.


Bisa nyobain resep bikinan chef dan dari akun official member

Selain resep yang berasal dari tim kreatif Yummy, kita juga bisa mencoba resep yang dibuat oleh chef ternama seperti Chef Arnold dan juga resep para anggota komunitas yang sudah berhasil mendapat akun official-nya. Tentunya bukan orang sembarangan dong ya mereka yang berhasil mendapatkan akun official ini. Untuk bisa mendapatkan akun official dari Yummy ini, member setidaknya harus memiliki resep sebanyak 150 resep dan aktif mengikuti Yummy Cooking Class.


Banyak event menarik yang bisa diikuti pecinta masakan

Buat kamu yang hobi memasak, Yummy kerap mengadakan event yang pastinya menarik untuk diikuti. Event yang diadakan Yummy tak melulu kreasi memasak namun juga berupa kelas memasak online dan juga workshop yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita di bidang kuliner. Siapa tahu kan setelah mengikuti berbagai event ini ada yang dapat ide jualan dan pastinya menambah pemasukan keluarga. Workshop dan kelas memasak online ini bisa ditonton di akun official Youtube Yummy, ya.

 

Download Yummy juga bisa menghasilkan uang

Tak hanya tempat untuk mencari dan mempraktikkan resep masakan, di Yummy App kamu juga bisa menulis resep milik kita sendiri dan mendapatkan poin Yummy. Nah, setiap resep yang layak tayang akan mendapat 100 Yummy Point yang setara dengan Rp. 10.000,00. Selain lewat resep yang ditayangkan di Yummy, kita juga bisa mendapat point dari kode referral yang digunakan orang saat menginstal aplikasi Yummy. Untuk satu kode referral yang digunakan, kamu akan mendapat 100 point Yummy yang setara dengan Rp. 10.000,00. Lumayan banget kan ya.


Nyobain Resep Yummy App untuk bekal makan siang

Untuk bekal makan siang, kali saya ingi mencoba variasi dari sayur buncis yang memang selalu jadi langganan menu bekal saya. Biasanya saya membuat oseng buncis yang dicampur dengan wortel dan sayuran lainnya. Nah, saat berselancar di aplikasi Yummy App, saya menemukan resep yang cukup menarik yakni Buncis Krispi Cabe Garam resep milik Enggar Nugraheni Putri yang kayaknya enak dan gampang banget buat dicoba. Berikut bahan yang diperlukan:
 
250 gr buncis mini
5 sdm tepung terigu
3 sdm tepung maizena
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica
Air secukupnya
Minyak goreng
Tepung terigu secukupnya untuk pelapis

Bumbu cabe garam:

5 siung bawang putih
4 buah cabe rawit merah
3 buah cabe merah keriting
1 batang daun bawang
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt gula pasir
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci bersih buncis dan potong sepanjang 2 ruas jari, tiriskan
2. Larutkan tepung terigu, maizena, kaldu bubuk dengan air sedikit demi sedikit, hingga konsistensi pas
3. Lapisi buncis dengan tepung, aduk rata
4. Panaskan minyak, celupkan buncis ke dalam adonan pelapis, goreng hingga garing kecoklatan, tiriskan
5. Rajang halus semua bumbu cabe garam
6. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum, beri garam, gula dan kaldu bubuk
7. Masukkan buncis goreng, kecilkan api, aduk rata hingga bumbu merata, sajikan.

Berikut adalah buncis krispi cabe garam buatan saya. Berhubung tepung terigu di rumah habis saya pakai tepung serba guna saja untuk balutan tepungnya. Jujur saya suka banget dengan resep ini karena saya jadinya bisa makan buncis dengan dicemil dan rasanya enak. Proses mengolahnya juga tak memakan waktu lama. Yay.



Buat teman-teman yang penasaran dengan resep masakan yang ada di Yummy App, bisa download aplikasinya sekarang ya di playstore!

27 Comments

  1. Sejak pandemik jadi dituntut untuk memasak sendiri, akutu. Biasanya beli makanan yang sudah jadi. Ngeri-ngeri sedap kalo harus keluar. Aplikasi ini sangat membantu, ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Jadi lebih semangat memasak karena bahannya dan budgetnya terjangkau ya mbak. Pilihan resepnya banyak banget sampai bingung mau masak yang mana dulu, karena enak2 semua hehehe. Makan siang di kantor jadi gak bingung lagi nih mau kemana kalau sudah bawa bekal sendiri pasti lebih tenang.

    ReplyDelete
  3. Aplikasi Yummy App ini sepertinya jadi temen setia para perempuan kan ya, Mbak Antung. Memasak yang tiap hari harus dilakukan untuk mengisi perut kan, ya...tinggal ketuk ketuk aja yang diinginkan. Apalagi Yummy App ini dilengkapi fitur yang menarik

    ReplyDelete
  4. Ternyata buncis bisa juga ya dimasak cabe garam... mau dong niruin resepnya. Selama ini taunya yang diolah jadi masakan cabe garam cuma ayam dan tahu. Mantep juga nih, ntar buka Yummy App dan cobain yang satu ini.

    ReplyDelete
  5. Wah unika ya kak, kita jadi punya byk referensi nih buat makan siang.. Juga bisa sharing resep yg biasa kita bikin hehe.

    ReplyDelete
  6. Begitu buka aps ini langsung disapa sebagai chef. Mood booster banget sih :)

    ReplyDelete
  7. satu aplikasi yang bisa membantu para bunda di rumah buat nyiapin bekal dan makanan di rumah. menarik emang nanti aku instal ah..

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran dengan Yummy App

    karena saya suka eksperimen masakan trus upload di Instagram

    Yummy App pasti akan sangat membantu ya?

    ReplyDelete
  9. Aplikasi Yummy App jadi andalan buat buibu memasak ya, fitur filternya lengkap dan resep makannya juga pada enak enak :D

    ReplyDelete
  10. Semenjak pandemi aku jadi punya hobi baru, bikin kue. Hahaha....resepnya nyontek dari mana-mana. Aplikasi begini bagus bangey nih buat pemula kayak aku. Install ah

    ReplyDelete
  11. praktis kalau pengen nyoba masak-masak dengan aplikasi ini, tinggal milih kata kunci dari bahan yang kita punya, atau pengen masak apa
    aku suka nyontek menu bikin snack ringan gitu

    ReplyDelete
  12. Lengkap banget referensi resep di Yummy App. Bikin semangat nih buat masak enak terus

    ReplyDelete
  13. Wah aku juga pakai Yummy APp bun, benar-benar bisa jadi referensi kalau lagi bingung masak atau lagi eksplorasi resep-resep baru

    ReplyDelete
  14. Nah aku sering nih bingung kalau bikin bekal makan siang buat suami, biarpun dia sudah dapat jatah, tapi maunya bawa bekal. Sepertinya harus coba download Yummy ini.

    ReplyDelete
  15. Era digital bukan alasan lagi bilang gak bisa masak ya,kak. Semakin dimudahkan mau cari resep nih jika sudah ada aplikasinya yang informatif. Selama ini masih jarang menemukan aplikasi yang lengkap gini seperti yummy app.

    ReplyDelete
  16. wooow
    ternyata bisa juga ya bikin buncis krispi
    duh jadi penasaran gimana rahasianya biar krispi
    yawes aku tak liat dulu di yummy

    ReplyDelete
  17. Dapat info baru lagi di sini setelah beberapa kali baca ulasan Yummy App di blog lain. Yakni bisa menghasilkan uang di aplikasi Yummy App hanya dengan unggah resep.. Point yang diberikan juga cukup fair, satu resep yang disetujui senilai 10K. Menulis 10 resep sudah dapat 100 ribu. Yummy bener dah.

    ReplyDelete
  18. Aku juga pakai yummy app hehehe.. soalnya banyak fitur yang bisa disesuaikan dg kebutuhanku. Mulai dari bahan, budget, dan waktu juga ada hahahha

    Dasar aku yg urusan perdapuran suka nyrah duluan

    Yummy app membantu para mommy baru nih

    ReplyDelete
  19. Wuih keren banget nih rajin bikin bekal makan siang. Kalo aku, pasti kehabisan ide. Tapi iya ya, dengan Yummy app ini kita jadi bisa kreasi resep-resep baru. Nyoba install ah, kepengen nyari resep baru yang gampang. Buat sehari-hari aja. Pada di rumah aja soalnya tiap hari. Entah kapan suami bisa WFO lagi.

    ReplyDelete
  20. enggak kepikir buncis crispy looh....kebeneran banget suka beli sayuran ini, cobain bikin ah...tapi beneran ya mbak, aplikasi ini memang ngebantu banget yaa...

    ReplyDelete
  21. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 30, 2021 at 6:15 PM

    Saya juga tertolong oleh Yummy App untuk cari referensi menu makan siang. Biasanya saya cari yang bahannya gampang dan durasinya pendek.

    ReplyDelete
  22. Kreasi saat ini sangat penting, apalagi di rumah saja. Bisa dicoba ini agar menarik, apalagi buncis krispinya.

    ReplyDelete
  23. Kalau anak2 sudah mulai PTM, bisa cari resep untuk bekal mereka juga nih..

    ReplyDelete
  24. Saya sudah donwload Yummy App dong. Aplikasi sangat membantu banget buat saya yang masih sering bingung hari ini mau masak apa hehe

    ReplyDelete
  25. Tim suka masak di rumah wajib banget ya punya Yummy App untuk contek resep

    ReplyDelete
  26. Mbak Antung keren masih bisa nyiapin bekal euy. Asik banget aplikasi yummy ini bisa bantu kita berkreasi masak ya mbak

    ReplyDelete
  27. Nah paling bingung nih menentukan bekal makan siang, kaau masaknya itu lagi itu lagi suka bosan,. Enaknya sekarnag bisa lihat aneka menu plus resepnya lewat Yummy App

    ReplyDelete
Previous Post Next Post