8 Tingkatan Surga dan Penjelasan dari Ayat Al- Quran


 


Sebagai seorang muslim, cita-cita tertinggi kita pastinya adalah bisa masuk ke surganya Allah setelah meninggal nanti. Di dalam agama Islam, surga ini adalah salah satu tempat yang ada di akhirat yang memang sengaja di ciptakan oleh Allah SWT untuk orang yang bertakwa dan beriman. Sebagai umat yang memiliki iman kita ini akan di tempatkan di surga Allah SWT.

Penjelasan mengenai pintu surga ini ada di dalam sebuah ayat Al- Quran surat Az-Zumar ayat 73 yang berbunyi:

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Artinya: "Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya," (QS. Az-Zumar : 73).



Nama-Nama Surga yang Ada di dalam Agama Islam

Surga yang merupakan rumah impian kita di akhirat nanti memiliki 8 tingkatan. Apa saja nama surga yang ada dalam al quran? Berikut adalah 8 tingkatan surga yang disebutkan dalam al qur'an. 

Surga Fidaus


Surga ini adalah tingkatan yang paling utama dan memiliki derajat yang paling tinggi, penjelasan mengenai surga ini ada dalam surat Al-Kahfi ayat 107 yang bunyinya:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Artinya: "Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal," (QS. Al-Kahfi : 107).
 

Surga ‘Adn


Surga yang kedua ini Allah SWT ciptakan dari tinta putih, surga ini khusus untuk surga para orang mukmin, penjelasan mengenai surga ini ada di surat As-Shaff ayat 12 yang bunyinya:

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: "niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga 'Adn. Itulah kemenangan yang agung."
 

Surga Na'im


Surga yang tiga ini akan memberikan keberkahan serta kenikmatan bagi para penghuninya. Di dalam surga ini Anda bisa meminta pakaian, minuman, makanan, tempat tinggal, sampai dengan kebahagian lahir dan batin. Penjelasan mengenai surga ini ada di dalam surat Luqman ayat 8 yang bunyinya

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan," (QS. Lukman : 8).

Surga Ma’wa


Surga ini merupakan surga yang khusus untuk muslim yang selalu merasa takut kepada Allah SWT, penjelasan mengenai surga ini ada dalam surat An-Naziat ayat 40 dan 41 yang bunyinya

وَاَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوٰىۙ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya,”

فَاِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوٰىۗ

Artinya: “maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya).”

Surga Darussalam


Surga ini juga merupakan tempat tinggal untuk para orang yang telah beriman kepada Allah SWT dan selalu mengakui kebesaran dari Allah SWT. Penjelasan mengenai surga ini ada di dalam surat Al An'am ayat 127, yang bunyinya:

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: "Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan."

Surga Darul Muqomah


Surga yang selanjutnya adalah surga untuk umat muslim yang selalu berbuat kebaikan dan tidak pernah melakukan maksiat, penjelasan mengenai surga ini ada di dalam surat Fathir ayat 35,

ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu."

Surga Maqamul Amin


Surga yang selanjutnya adalah surga untuk umat yang benar- benar bertaqwa kepada Allah SWT, penjelasan mengenai surga ini ada di dalam surat Adh-Dhukhan ayat 51, yang bunyinya:

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِين

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman."

Surga Khuldi


Surga yang terakhir adalah surga untuk orang yang selalu taat dengan semua perintah dari Allah SWT, penjelasan mengena surga ini ada di dalam surat Al Furqan ayat 15 yang bunyinya:

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), "Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?"


Itulah dia 8 tingkatan surga bagi umat muslim yang beriman dan bertakwa. Semoga kita semua bisa diberikan keteguhan iman hingga akhir hayat nanti dan bisa memasuki surga Allah sesuai amal ibadah kita di dunia.

4 Comments

  1. Surga Firdaus ❤️❤️❤️
    Semoga kita diberi akhir yang baik dan ditempatkan di dalam surga, *amin yang kenceng* 🤲🤲🤲

    ReplyDelete
  2. Aamiin, semoga bisa masuk surga dan kelak disana ya kita semua. Terimakasih mba antung edukasi baru nih, semua yg di janjikan surga sangat menggiurkan ya mbak, jd semangat menabung buat ke surga

    ReplyDelete
  3. Semoga kita semua umat Muslim bisa menjadi penghunig Surga ya Mbak. Aamiin. Kadang suka merinding apabila membaca mengenai surga dan neraka ini

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, Maha Besar Allah yang dapat menciptakan surga dengan segala tingkatannya. semoga Allah masukkan kita ke surga-surgaNya ini.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post