Pesan Birrul Walidain pada Film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga

Cinta Pertama, Kedua & Ketiga merupakan sebuah film keluarga yang bercerita tentang kehidupan anak-anak yang harus mengurus orang tuanya. Di masa di mana orang-orang berteriak tentang sandwich generation dan bagaimana seseorang harusnya mempersiapkan hari tuanya, film ini hadir seolah mengingatkan kita tentang kasih sayang orang tua pada anak dan juga sebaliknya.

Film ini merupakan karya ke-dua Gina S. Noer sebagai sutradara setelah sebelumnya sukses dengan film Dua Garis Biru yang sempat memicu kontroversi dulu. Dibintangi oleh aktor kawakan Slamet Raharjo dan Ira Wibowo serta Angga Yunanda dan Putri "Kinan" Marino yang aktingnya tak perlu diragukan lagi. Bagaimana kisah lengkap dari film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga ini. Berikut review lengkapmya:


Review film Cinta Pertama, Kedua &Ketiga

review film cinta pertama, kedua & ketiga

 

Raja adalah putra bungsu dari Pak Dewa, seorang pensiunan pegawai BUMN. Di usianya yang menginjak 25 tahun, Raja belum menemukan pekerjaan yang benar-benar menjamin kehidupannya. Menjadi sopir taksi online saat ini adalah caranya untuk menjemput rezeki karena pekerjaan tersebut lebih fleksibel dibanding pekerjaan kantoran.

Ada satu alasan besar mengapa Raja memilih tak menjadi pekerja kantoran. Dua kakak perempuannya, Ratu dan Suri sudah menikah dan tinggal bersama keluarga mereka masing-masing. Sementara Raja yang masih lajang pada akhirnya ketiban tanggung jawab merawat ayahnya yang pernah kena stroke dan nenek yang menderita demensia. Sebuah kondisi yang double combo. Inilah alasannya mengapa Raja hanya bisa menjalankan pekerjaan yang tidak mengikatnya secara waktu.
 
Di sisi dunia yang lain, hiduplah sepasang ibu beranak, Linda dan Asia. Linda merupakan seorang penyintas kanker payudara yang berprofesi sebagai guru dansa. Sementara Asia, gadis berusia 28 tahun ini memilih menjadi dancer sebagai sumber penghasilanya. Kadang Asia juga membuka kelas menari secara online. Sayangnya dengan pekerjaan yang dilakoninya ini, Asia tetap kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya bersama sang ibu. Kondisi yang membuat Asia harus berhutang ke sana ke mari untuk menyambung hidup ia dan ibunya.
 
Takdir kemudian mempertemukan Bu Linda dan Pak Dewa di Rumah Sakit tempat mereka memeriksakan kesehatan. Begitu juga Asia dan Raja. Pak Dewa kemudian memutuskan untuk mengikuti kelas dansa yang diampu dioleh Bu Linda. Kehadiran Bu Linda dalam hidup Pak Dewa berhasil mengisi kekosongan hidupnya setelah ditinggal sang istri selama puluhan tahun. Hal yang sama juga dirasakan oleh Bu Linda yang meninggalkan suaminya saat Asia masih kecil. Pada akhirnya, Pak Dewa dan Bu Linda pun memutuskan untuk menikah.
 
Terjalinnya hubungan antara orang tua masing-masing mau tak mau membuat Asia dan Raja juga menjadi dekat satu sama lain. Apalagi jarak usia mereka juga tak terlalu jauh. Raja 25 tahun, Asia 28 tahun. Hubungan yang awalnya hanya sebagai anak dari orang tua masing-masing, kemudian menjadi saudara tiri kemudian berkembang menjadi perasaan cinta antara keduanya. 

Di lain pihak, masalah mulai muncul ketika Pak Dewa kemudian didiagnosa demensia, penyakit yang kita semua tahu secara perlahan menghapus ingatan pemiliknya dan juga kemampuan motoriknya. Tak ingin anak-anaknya terbebani dengan penyakitnya ini, Pak Dewa memutuskan untuk pindah ke panti jompo bersama dengan Bu Linda. 
 
Raja sendiri kemudian mendapat tawaran pekerjaan yang lebih menjanjikan namun mengharuskannya untuk bekerja di kantor cabang selama 3 tahun. Sebagai sosok yang kini menjadi kepala rumah tangga, Raja merasa bertanggung jawab untuk menghidupi keluarga termasuk membayar hutang Asia. Sayangnya keputusan ini ditentang keras oleh Asia yang sebenarnya tidak ingin berpisah dari ibunya. Apakah akhirnya Raja akan benar-benar mengambil tawaran tersebut?   


Pesan yang disampaikan film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga

Saat menonton film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga ini, jujur pikiran saya langsung melayang ke sosok adik bungsu saya. Kahfi, adik laki-laki saya itu kini berusia 25 tahun dan tinggal berdua saja dengan ibu saya karena kami kedua kakaknya sudah menikah dan tinggal di rumah masing-masing. Kondisi Raja dalam film ini bisa dibilang 11-12 dengan kondisi adik saya. Meski ibu saya masih terbilang aktif, adik saya tidak bisa bekerja jauh karena harus menjaga ibu saya yang sempat sakit hipertiroid dan mengalami patah kaki karena kecelakaan.  
 
Sebagai seorang penonton, saya melihat Gina S. Noer ingin menyampaikan pesan tentang merawat orang tua lewat film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga. Lewat karakter Raja dan Asia kita bisa melihat bagaimana rasa cinta pada orang tua membuat kita bisa mengalahkan ego diri sendiri. Berat pastinya terutama jika seorang anak ingin mengepakkan sayapnya. Orang tua sendiri juga bukannya ingin mengekang anak dengan kondisinya. Mereka sebenarnya juga menginginkan anaknya bisa terbang tinggi menggapai impiannya. Seperti Pak Dewa yang terus mendorong Raja untuk bekerja kantoran dan Linda yang berharap Asia bisa mewujudkan impiannya.

Menemani dan merawat orang tua sendiri sempat menjadi kisah yang viral saat sebuah surat dari sebuah Panti Jompo muncul di dunia maya. Surat tersebut berisikan pernyataan seorang anak untuk menyerahkan ibunya untuk diurus oleh Panti Jompo bahkan hingga ke pemakamannya. Setelah viral dan dikomentari sana sini, baru ketahuan kalau surat yang diposting tersebut merupakan salah satu upaya Panti Jompo dalam mendapatkan bantuan. Di lain pihak, ibu yang dititipkan ke Panti Jompo ternyata juga termasuk dalam kategori orang tua yang bermasalah.
 
Perkara merawat dan menemani orang tua di masa senja saat ini memang menjadi sebuah topik yang cukup sering dibicarakan generasi millenial. Kita sebagai bangsa Asia memang memiliki semacam tradisi kalau anak seharusnya merawat orang tuanya sendiri. Sementara di belahan bumi barat sana, orang tua malah terlihat mandiri secara finansial dan ada juga yang tinggal di panti jompo dengan fasilitas yang mumpuni.

Berbeda dengan merawat anak, bisa dibilang merawat orang tua memiliki kesulitannya tersendiri. Saat kita merawat anak yang masih tidak bisa apa-apa, pipis sembarangan dan kerap merepotkan kita mungkin akan maklum dan secara berusaha menahan diri. Namun bayangkan jika yang diurus adalah orang tua, maka lelah yang dirasa bisa menjadi 2 kali lipat karena yang harus kita hadapi adalah orang dewasa yang keras kepala dan kalau kita salah perlakuan jatuhnya malah bisa dibilang durhaka.
 
Dalam agama Islam sendiri, birrul walidain atau berbuat baik kepada orang tua merupakan salah satu hal yang diperintahkan Allah secara langsung kepada umatnya. Ini bisa dilihat pada beberapa ayat dalam al qur'an yang menyebutkan perintah berbuat baik kepada orang tua seperti QS. An Nisaa : 36, QS. Al An'am : 151 serta QS. Al Isra : 23. Tentunya ada banyak kebaikan yang bisa kita dapatkan dari birrul walidain ini salah satunya adalah mendapat ridho Allah SWT.   
 
Sebagai sebuah film keluarga, Cinta Pertama, Kedua & Ketiga ini menurut saya pribadi merupakan film yang sangat menarik untuk ditonton. Di tengah isu sandwich generation dan cerita tentang orang tua toxic yang saat ini sangat digembar-gemborkan, kita seolah diingatkan kembali bahwa orang tua sejatinya adalah salah satu sumber kebahagiaan kita.

24 Comments

  1. kebayang nonton film cinta pertama kedua ketiga ini kok penuh air mata ya. bukan cuma ceritanya yang haru biru, tapi juga pesan-pesannya yang keren. semoga nantinya aku juga bisa jadi anak yang selalu ber birul walidain sama orang tua, aamiin

    ReplyDelete
  2. Yang menarik aku itu justru cinta Raja Ama Asia. Ga tau kenapa aku suka dengan kisah cinta yang cewek nya lebih tua ☺ otw nonton ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iyaa. Kok saya juga ngerasa hal yang sama ya kak. Wkwk, sepemikiran kita!

      Delete
  3. Wah nggak nyangka kalau nilai-nilai dalam film ini lebih melukiskan cinta universal ketimbang romansa anak muda. Ketika lihat trailernya seolah ini kisah dua orang kekasih yang mungkin beremu orang lain dan yang lainnya lagi. huhu

    ReplyDelete
  4. Lewat tayangan film, bisa memberikan makna dan pesan mendalam untuk penontonnya, apalagi ini tentang merawat oranggtua

    ReplyDelete
  5. makasih ya mbak buat reviewnya, beberapa waktu lalu aku juga baca pas di timeline twitter. jadi penasaran juga buat ditonton film ini.

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali ini, kak. sangat inspiratif filmnya, layak ditonton nih para pasangan yang akan menikah, atau sudah menikah. Tentang tanggung jawab berbakti

    ReplyDelete
  7. Aku belum nonton film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga ini. Kupikir kisah cintanya gak saling berhubungan. Ternyata malah jadi saudara. Pesannya juga bagus. Jadi mau nonton juga

    ReplyDelete
  8. duh jleb banget impresinya mbak aku jadi merasa tertamapar saat ini sedang dirumahortu yang mana sedang sakit , sebagai anakperempuan yang dket sama ibu namun karena berkelauraga aku ikut suami dan memang tidak mudah sih bener merwat orang tua dibanding anka kecil meksi secara tingkah hampir mirip

    ReplyDelete
  9. Sepertinya seru banget ya, menyaksikan Pak Dewa dan Bu Linda yang sudah berumur, kembali dengan cintanya. So sweet banget ^^

    ReplyDelete
  10. Film yang sarat makna akan kecintaan keluarga dan tanggungjawab. Penasaran gimanan nih Raja dan Asia. Apakah mereka terus menjalin cinta dan gimana Raja memilih pekerjaannya.

    ReplyDelete
  11. Film ini relate banget sama kehidupan nyata yah, dan realitanya memang seperti itu. Tp rasanya mengatakan beban generasi sadwich itu gmna yah, krn mnrt saya semua generasi punya tanggung jwb terhdap org tuanya

    ReplyDelete
  12. surat yang diposting tersebut merupakan salah satu upaya Panti Jompo dalam mendapatkan bantuan. Di lain pihak, ibu yang dititipkan ke Panti Jompo ternyata juga termasuk dalam kategori orang tua yang bermasalah.
    Aku baru tau loh kak tapi sudah kuduga sih karena selama ini kita gatau perasaan ketiga anak tsb. Anak gimana didikan ortunya, apa yg ia tanam itulah yg ia panen. Aku belum nonton film ini nanti mau ah soalnya masih byk ortu Indonesia yg maksa anak-anak supaya tetap ngasih tanpa mereka tau kondisi sang anak. Sebagai Millennial, mending berdoa saja supaya sehat dan bayak rezeki biar nanti pas tua mandiri secara financial dan ga ngerepotin anak karena anak mah punya impian dan keluarga sendiri yang harus diprioritaskan

    ReplyDelete
  13. Bagus banget ceritanya tentang masalah dalam keluarga yang sering dialami orang-orang. Film dua garis biru dulu diperankan oleh Angga, sekarang film ini juga dia, kayaknya sutradaranya udah cocok sama Angga

    ReplyDelete
  14. Wah makasih nih ulasannya Mbak. Aku memang penasaran sama film ini, sepertinya habis baca artikel ini bakal langsung nonton deh

    ReplyDelete
  15. Kayaknya ini film keluarga yang perlu ditonton ya, dari sinopsis dan penggambaran ceritanya sepertinya banyak mengajarkan hal-hal dalam kehidupan

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen nonton juga nih,relate banget sama aku dimana aku pengen jaga ortu tapi juga harus urus paksu,huhu.

    ReplyDelete
  17. Film yang sarat makna dan wajib ditonton bersama seluruh keluarga, nih. Relate banget dengan kondisi sebagian besar masyarakat saat ini ya...Makasih review-nya ya Mbak. Langsung penasaran ingin segera nonton...

    ReplyDelete
  18. merawat orang tua emang berbeda, saya lihat sendiri Tante saya yang merawat Nenek.
    maksudnya memberi tahukan malah Nenek gak terima, maunya tetap aja kerjakan apa yang menurutnya benar, yaa mau tak mau anaknya harus banyak bersabar :D
    jadi penasaran deh dengan kisah Raja dan Asia ini :)

    ReplyDelete
  19. Wohoho wajib nonton nih aku. Dari reviewnya menarik banget buat tontonan ringan bareng adek. Makasih reviewnya ya mbak. Otw cari filmnya nih. Hihi

    ReplyDelete
  20. Belum nonton filmnya. Dan kepingin. Secara pemainnya bintang kesukaan. Terima kasih review-nya.

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah, saya auto pingin mewek baca beberapa paragraf terakhir. Jadi pengingat untuk sikap saya ke ortu yang jauh karena saya tinggal di kota yang berbeda. Makasih reviewnya, Mbak

    ReplyDelete
  22. Saya baru tau kalau ada film ini heheh, tapi kayak.y keren deh buat ditonton

    ReplyDelete
  23. wah menarik banget nih filmnya, jadi pengin nonton.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post