Mempersiapkan Dana Pensiun

 

Mempersiapkan Dana Pensiun

Konon, salah satu alasan mengapa menjadi Pegawai Negeri Sipil menjadi pekerjaan impian masyarakat Indonesia adalah karena adanya dana pensiun yang didapatkan setelah mereka purna dari tugasnya. Dengan adanya uang pensiun ini, para pensiunan setidaknya tidak terlalu terbebani dengan biaya pengeluaran harian karena sudah ada pemasukan pasif yang didapat setiap bulan dari dana pensiun yang didapatnya. 

Besaran uang pensiun yang didapat seorang PNS sendiri bergantung pada besaran gaji pokok dari jabatan terakhir yang di selama bekerja. Jadi semakin tinggi jabatan yang dimiliki, maka uang pensiun bulanan yang didapat juga akan semakin besar. Sebaliknya, jika seorang ASN pensiun dengan jabatan staf maka uang pensiunnya pastinya semakin kecil. Berdasarkan artikel dari harian Kompas, besaran gaji pensiun PNS untuk golongan I-IV berkisar dari Rp. 1.5760.800,00 s/d Rp. 4.4.25.900,00. Sedangkan gaji pensiun untuk janda/duda dari PNS golongan I-IV berkisar dari Rp. 1.170.600,00 s/d Rp. 2.124.500,00.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah uang pensiun yang didapat di masa tua itu benar-benar bisa mencukupi kebutuhan hidup di masa pensiun tersebut nantinya? Sebab tak sedikit kita lihat beberapa dari mereka yang pensiun ternyata masih harus tetap bekerja kembali.Tentunya, para pensiunan yang masih bekerja di masa tuanya memiliki alasannya masing-masing untuk tetap bekerja. Ada yang memang karena terbiasa produktif, namun tak sedikit juga yang karena keuangannya ternyata tak sebagus yang diimpikan sementara gaya hidup tak bisa diturunkan.

1.560.800

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak Besaran Gaji Pensiun PNS Lengkap Per Golongan", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/03/21/073452626/simak-besaran-gaji-pensiun-pns-lengkap-per-golongan.
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
1.560.800

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak Besaran Gaji Pensiun PNS Lengkap Per Golongan", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/03/21/073452626/simak-besaran-gaji-pensiun-pns-lengkap-per-golongan.
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L


Mempersiapkan dana pensiun


 

Setiap orang tentunya memiliki rencananya sendiri untuk masa pensiun nantinya. Ada yang mungkin ingin menikmati masa pensiun dengan bepergian, hingga menekuni hobi atau malah membuka usaha. Namun ada juga yang ternyata di masa pensiun masih harus menanggung biaya sekolah anaknya. Terlepas dari bekerja sebagai abdi negara atau hanya pegawai swasta, tentunya kita harus mempersiapkan diri untuk kehidupan di masa pensiun tersebut nantinya.

Untungnya sekarang kita hidup di era di mana banyak sekali financial influencer yang tidak bosan-bosannya mengingatkan generasi milenial untuk berinvestasi dan menyiapkan dana pensiun sendiri. Terakhir saya baca, total uang yang harus dipersiapkan agar di masa pensiun kita bisa (sebut saja) terjamin kebutuhannya adalah 1 milyar. Wow banget, ya. Nah, biar tidak pusing dengan angka sebesar itu, ada baiknya kita melakukan persiapan dan perhitungan dana pensiun ini. Sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu dalam hal merencanakan dana pensiun ini, antara lain:

Cek kondisi keuangan  

Hal pertama yang dilakukan sebelum mempersiapkan dana pensiun adalah mengecek kondisi keuangan kita, apakah sudah termasuk sehat atau belum? Biasanya, keuangan yang sehat ditandai dengan pemasukan yang lebih baik besar dari pengeluaran dan pastinya kebutuhan keluarga tercukupi. Semakin baik kondisi keuangan pastinya akan membuat kita memiliki dana yang cukup untuk disisihkan pada dana pensiun nantinya. 


Perkiraan biaya hidup di masa pensiun

Besarnya biaya hidup kita di masa kini tentunya akan berbeda dengan biaya hidup di masa pensiun. Jika saat ini status kita adalah orang tua dengan anak, maka saat pensiun pastinya kita akan menjadi orang tua dengan anak yang sudah dewasa dan mungkin tidak menjadi tanggungan lagi. Dalam memperhitungkan pengeluaran di masa pensiun ini bisa kita bisa lakukan dengan menghitung pengeluaran sekarang dikurang biaya sekolah anak dan hutang. Jangan lupa diperhitungkan juga biaya kesehatan untuk masa pensiun. (Sumber : Instagram Mbak Windi Teguh).


Hitung inflasi

Faktor inflasi tidak mungkin bisa dihilangkan dalam sebuah perencanaan keuangan. Dalam kurun waktu sekian puluh tahun, biasanya akan terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok sehari-hari. Nilai inflasi keuangan ini sendiri bisa berbeda-beda setiap tahunnya. Bisa jadi tahun lalu lebih besar dari tahun sekarang dan begitu juga sebaliknya. Dengan menghitung perkiraan inflasi yang terjadi selama sekian tahun akan lebih memudahkan dalam mempersiapkan dana pensiun. 


Melakukan perhitungan dana pensiun


Untuk mengetahui berapa kira-kira target dana pensiun yang harus dicapai dan uang yang harus ditabung setiap bulannya untuk dana pensiun, kamu bisa menghitungnya secara manual atau dengan bantuan website khusus perencanaan keuangan seperti www.calculator.me. Di www.calculator.me ini kamu bisa melakukan berbagai perencanaan keuangan pribadi mulai dari tabungan, pinjaman hingga rencana pensiun dengan mengisi data pada kolom yang diberikan. Dengan bantuan website seperti calculator.me ini pastinya akan lebih memudahkan bagi kita dalam merencanakan keuangan keluarga.


Pilih instrumen untuk dana pensiun 

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam menyiapkan dana pensiun adalah memilih instrumen untuk dana pensiun ini. Jika kamu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, tentu tak perlu pusing karena sudah ada dana pensiun yang disiapkan. Adapun bagi mereka tidak berstatus PNS, bisa menyiapkan dana pensiun dengan membuka tabungan khusus pensiun yang disediakan oleh beberapa bank seperti DPLK yang juga bisa memberi pemasukan pasif di masa pensiun. Tak hanya lewat tabungan pensiun, dana pensiun juga bisa disimpan dalam bentuk investasi seperti reksadana, investasi saham atau deposito. 

Beberapa pilihan investasi untuk masa pensiun

Selain dana pensiun, hal lain yang bisa dipersiapkan dalam menjalani hari tua adalah investasi yang bisa memberikan pendapatan pasif bagi pemiliknya. Selagi masih muda dan memiliki penghasilan yang mencukupi, kita bisa memulai beberapa investasi seperti di bawah ini:

Investasi bangunan

Memiliki aset dalam bentuk bangunan seperti rumah kontrakan atau kos-kosan merupakan pilihan yang cukup efektif sebagai salah satu pemasukan pasif kita di masa tua nanti. Dengan memiliki aset berupa rumah kontrakan atau rumah kos akan membuat kita mendapat pemasukan dari uang sewa yang dibayarkan penyewa rumah kita. Namun perlu diingat sebelum memutuskan membeli aset properti seperti ini kita harus memperhitungkan terlebih dahulu prospek bangunan tersebut di masa depan. 
 

Investasi dalam bentuk usaha

Investasi berikutnya yang bisa mulai dirintis sebagai persiapan masa pensiun adalah invetasi dalam bentuk usaha, seperti memiliki toko sendiri, rumah makan dan usaha lainnya yang memiliki umur panjang dan selalu ada pembelinya. Investasi dalam bentuk usaha ini sendiri bisa dibilang modalnya sedikit lebih kecil ketimbang investasi di bidang properti.
 

Investasi Saham dan Reksadana

Untuk mereka yang suka berinvestasi di pasar modal, investasi saham menjadi pilihan yang cukup menarik dalam mempersiapkan dana pensiun. Sebagai bentuk investasi jangka panjang, investasi saham memberikan keuntungan yang jauh lebih besar ketimbang deposito atau tabungan biasa. Tapi tentunya semakin tinggi keuntungan yang ditawarkan risiko rugi juga besar. Untuk itu dalam berinvestasi saham ini ada banyak hal yang harus dipelajari dan dianalisa. 
 
 
Bagi sebagian orang, masa pensiun bisa jadi merupakan masa yang diangankan sebagai masa di mana kita bisa melakukan berbagai hal yang disuka tanpa dibebani keharusan mencari nafkah lagi. Namun perlu diingat, untuk bisa menjalani masa pensiun yang tenang dan sejahtera seperti itu diperlukan persiapan sejak masih muda. Ada banyak cara dan pilihan yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan dana pensiun ini. Kamu tinggal pilih mana yang cocok dengan gayamu. 

18 Comments

  1. Mugkin Krn aku dibesarkan dalam keluarga yg bukan PNS, mostly pengusaha , jadi memang mindsetku ga pernah utk menjadi PNS sih. Malah ga kepengin walopun ada uang pensiun. Krn jumlahnya kecil. Diitung2 juga ga akan cukup utk hidup setelah pensiun nanti. Makanya buatku perencanaan keuangan buat masa pensiun penting banget sih. Dan hrs dimulai dr skr. Aku sendiri lebih ke LM dan saham utk pensiun mba. Aku rutin beli tiap bulan. Kenapa LM, ya Krn ga kena inflasi. Nilainya semakin lama naik. Aku kumpulin sampai 1 KG Logam Mulia sekarang, di masa pensiun nanti udh bisa mencukupi kebutuhan aku dan suami, tanpa hrs nyusahin anak2. Kalo asset seperti rumah, apartemen, itu tambahan sih. Sekedar ada pemasukan tiap bulan buat keperluan kecil2 :D . Lumayan bisa disewain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. uang pensiun itu sebenarnya sedikit banget ya dapatnya. kayak ibuku setelah almarhum ayah meninggal dapat uang pensiun bulanan cuma 1 juta padahal pengeluaran bulanan pasti lebih dari itu. aku sendiri juga mulai nabung saham sama reksadana saham sih buat investasi jangka panjang walau masih takut-takut juga belinya

      Delete
  2. jadi ingat, zaman kuliah dulu dibesarkan dari gaji pensiun Ayah, alhamdulillah ada kakak yang bantu biaya. Semoga kita semua dimudahkan ya menyiapkan dan pensiun

    ReplyDelete
  3. Dana pensiun emang penting banget ya, karena usia tua harusnya kita sudah istirahat dari berbagai macam tuntutan hidup

    ReplyDelete
  4. Orang tuaku bukan PNS, jadi cuma dengar2 aja soal dana pensiun. Alhamdulillah sejauh ini hidup aman2 aja, tapi tips utk persiapan hari tua jelas bermanfaat, apalagi utk yg bukan PNS spt aku dan suami

    ReplyDelete
  5. emang ya mungkin karena kita sudah tau besaran gaji bulanan, jadi bisa termanajemen dg baik, apalagi dg dana pensiun ini, sedikit banyak tetap bisa membantu, meskipun belum dirasa cukup secara keseluruhan. Untuk dana pensiun ini penting bgt,, salah satu yang saya sedang belajar adalah Saham.

    ReplyDelete
  6. Nah... point ini yang selalu saya dan suami wanti-wanti alias selalu kami ingat.
    Berhubung bukan PNS jadi membangun beberapa 'lahan' penghasilan jadi trik untuk menyiapkan dana pensiun tersebut.
    Makasih banget, Bunda. Dengan sharing ini sy jadi tau lebih banyak pilihan dana pensiun๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  7. Berhubung belum tahu bakalan jadi PNS apa nggak, sebisa mungkin aku nyiapin dana pensiun sih. Meski baru usia 20-an, tapi pengin punya financial freedom saat berkeluarga, jadi feel free to do whatever i want gitu

    ReplyDelete
  8. Dana pensiunan PNS rasanya tidak cukup, pasalnya gaji penuh saat belum pensiun saja banyak yang tak cukup karena habis dipotong cicilan. Eh. Intinya memang harus menyiapkan dana pensiun sendiri, salah satu caranya ya dengan investasi itu

    ReplyDelete
  9. Bagaimana dengan yg tanpa gaji?

    Sepertinya tabungan untuk dana oensiun wajib nih.

    ReplyDelete
  10. Cocok banget ini dibaca dan dipahami oleh suami saya menjelang akan pensiun meski masih lama juga.

    ReplyDelete
  11. Perencanaan kayak gini penting banget buat nonpns. Pilihan lainnya bikin banyak karya yang jadi pasive income di masa tua

    ReplyDelete
  12. Bagi non-pns menyisihkan sekian persen untuk masa tua dari berapapun penghasilan yang didapatkan tentu bisa jadi cara agar masa tuanya tidak kesulitan financial.

    ReplyDelete
  13. investasi reksadana masih menjadi pilihan untuk menyimpan uang yang oke jika tujuannya dana pensiun. tapi aku belum sampai ke tahap itu, masih untuk biaya rumah hehe

    ReplyDelete
  14. Meski termasuk yg akan menerima dana pensiun, tapi perencanaan keuangan di masa pensiun nanti tetap penting ya.. Terima kasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  15. iya banget nih dana pensiun adalah salah satu peer saya. Sebaiknya sejak dini saya udah mulai nyiapin dana pensiun. Masih galau antara investasi di reksadana atau logam mulia

    ReplyDelete
  16. Masa pensiun aku pengen sudah punya aset rumah dan usaha yang terus berjalan. Bisa nikmati hidup, jalan2 dan makan enak hehe.

    ReplyDelete
  17. bener banget sih, jadi PNS belum menjamin masa tua kita nnti akan cukup dari uang pensiunan itu, maka benar adanya jika kita harus menabung untuk hari tua dari sekarang, sedikit - sedikit, lama-lama jadi bukit

    ReplyDelete
Previous Post Next Post