Berkunjung ke Villa Aranaway, Tempat Wisata Keluarga di Kalimantan Selatan


Berkunjung ke Villa Aranaway


Sudah lama sekali rasanya saya dan keluarga tidak berpiknik bersama. Seingat saya terakhir kali saya dan keluarga pergi ke luar kota bersama adalah saat melakukan ziarah ke makam ulama di Banjarmasin dan Kabupaten Banjar saat usia Yafiq masih beberapa bulan. Setelahnya, Corona hadir dan kami pun tak pernah kemana-mana lagu selama hampir 2 tahun.

Jelang akhir tahun 2021, ibu saya mengusulkan untuk piknik bersama di tahun baru. Tentunya ide beliau ini saya sambut dengan penuh semangat. Apalagi sekarang kamu sudah punya transport yang cukup memadai untuk membawa ibu jalan-jalan ke luar kota jadi tidak perlu repot sewa mobil kalau mau jalan-jalan ke luar kota. 

Ibu sendiri awalnya mengusulkan agar kami mengunjungi salah satu wisata pemancingan Bincau yang di masa saya kuliah dulu sangat terkenal. Namun karena sudah lama sekali saya tidak ke sana saya pun mengusulkan tempat lain yang menurut saya lebih seru untuk dikunjungi

"Kalau ke Aranaway saja gimana, Ma?" usul saya. 

"Di mana itu? Tempat apa?" 

"Tempat wisata juga di dekat mandi angin. Di situ kita bisa masak sendiri dan ada Gazebonya juga," jawab saya. 

"Mama oke aja asal tempatnya bagus," kata ibu saya lagi. 

Liburan ke Vila Aranaway bersama keluarga


villa aranaway di kabupaten banjar

Di hari ke dua tahun 2022, saya bersama ibu, suami dan anak-anak berangkat menuju wisata Vila Aranaway. Villa Aranaway merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Desa Desa Kiram Atas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Berjarak kurang lebih 40 km dari kota Banjarmasin, tempat wisata ini menawarkan wisata alam berupa pegunungan dan juga sungai dengan bebatuan di bawahnya. 
 
Aranaway sendiri merupakan nama sungai yang terbentang dari hulu di pegunungan Desa Kiram Atas menuju ke hilir ke Desa Kiram. Kunjungan di tahun baru ini sebenarnya bukanlah kali pertama bagi saya. Beberapa bulan sebelumnya, saya dan beberapa rekan kerja juga pergi ke desa ini setelah salat Jum'at. Merasa tempat wisata ini cocok untuk dijadikan wisata keluarga, saya pun berniat mengajak keluarga ke Aranaway satu hari nanti. 



gazebo di villa aranaway


Kami sekeluarga berangkat dari rumah sekitar pukul 10 pagi. Bermodalkan peta di google maps, suami pun melajukan mobil menuju kota Banjarbaru. Untuk bisa mencapai lokasi Villa Aranaway dari kota Banjarmasin, kita bisa menggunakan 3 rute, yakni:
 
  1. Rute pertama dari kota Banjarmasin menuju kota Banjarbaru dan berbelok di simpang Brimob Polda Kalsel - Jalan Karang Rejo - Jalan Palam Raya - Jalan Taruna - Jalan Mistar Cokrokusumo - Cempaka - Vila Aranaway
  2. Rute kedua dari kota Banjarmasin - Banjarbaru lalu belok kanan di simpang empat Banjarbaru - Jalan Ir. P. M. Noor - Jalan P. Suryanata - Jalan Tahura Sultan Adam Cempaka - Vila Aranaway
  3. Rute ketiga dari Jalan Martapura Lama - Martapura - Simpang Empat Banjarbaru - Jalan Ir. P. M. Noor - Jalan P. Suryanata - Jalan Tahura Sultan Adam Cempaka - Vila Aranaway

 

 
Seperti dugaan saya, lokasi wisata Vila Aranaway sangat ramai dikunjungi masyarakat di libur tahun baru. Belasan mobil tersusun rapi di lapangan parkir yang cukup luas. Gazebo yang disediakan untuk pengunjung juga penuh terisi, begitu juga beberapa villa yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menginap tampak sudah ditempati. Tak hanya itu, sungai kecil yang ada di bagian bawah vila juga terdapat cukup banyak orang yang mandi atau bermain air. Kami pun memasuki lokasi wisata dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,00/orang.
 
Setelah suami memarkir mobil, saya pun turun dan langsung bertanya kepada salah satu petugas di mana tempat memesan gazebo untuk keluarga. Petugas menunjuk ke arah bangunan berupa kafe yang berada di salah satu sudut yang tampak sudah dipenuhi orang-orang. Segera saya menuju ke sana untuk memastikan ketersediaan gazebo.
 
"Wah kalau gazebo sudah dipesan semua, Bu. Yang paling cepat kosong sekitar 1 jam lagi. Kalau boleh saya sarankan ibu bisa menyewa tikar dan mencari lokasi yang teduh buat duduk. Pengunjung yang lain juga begitu," saran Mbak yang menjaga meja penyewaan gazebo saat saya bertanya padanya perihal gazebo.

"Kalau sewa tikar berapa, Mbak?" tanya saya.

"Sepuluh ribu rupiah aja, Mbak," jawabnya lagi.

Saya kembali menemui anak-anak, suami dan ibu yang masih menunggu di tempat parkir. Seperti yang disebutkan oleh Mbak petugas, memang ada beberapa keluarga yang memilih duduk di bawah pohon beralaskan tikar. Bahkan ada juga yang duduk dan menikmati makan siang di tepian sungai sambil mengawasi anak-anak mereka yang sibuk bermain air. Saya pun berdiskusi dengan suami dan ibu dan diputuskan kami akan menyewa tikar namun jika ada gazebo yang kosong kami akan langsung pindah.
 
"Mbak, saya sewa tikar dulu tapi nanti kalau misalnya ada gazebo yang kosong saya minta kabari ya," kata saya sekembalinya dari diskusi dengan suami dan ibu saya.
 
Setelah tikar diserahkan, kami pun mehamparkannya di salah satu sudut dengan musalla. Maksudnya biar petugas yang kami titipi pesan tadi tidak bingung mencari kami kalau ada gazebo yang sudah kosong. Begitu melihat air sungai yang dipenuhi pengunjung, anak-anak yang rencananya saya ajak bermain sepeda langsung mengurungkan niatnya. Keduanya dengan cepat berjalan menuruni tangga yang mengarah ke tepi sungai. Akhirnya saya pun menemani kedua anak saya untuk bermain air di sungai. 


sungai di villa aranaway

 
Tak lama setelah anak-anak bermain air, ibu saya memanggil dan mengatakan kalau sudah ada gazebo yang selesai disewa. Saya pun kembali mendatangi kantor penyewaan gazebo untuk mengkonfirmasi hal tersebut dan tenyata memang benar adanya. Tanpa perlu menunggu lagi saya pun langsung mengeluarkan uang untuk menyewa gazebo yang letaknya tak jauh dari musalla tersebut. Untuk biaya sewa gazebo ini sebesar Rp. 40.000,00/ 3 jam dan Rp. 70.000.00/6 jam. 

Berhubung sudah memasuki jam makan siang, kami pun langsung mengeluarkan bekal yang sudah dibawa dari rumah. Salah satu hal yang saya suka dari Villa Aranaway ini adalah pengunjung diperbolehkan membawa makanan bahkan alat masak sendiri. Karena itu tak heran jika ada yang membawa kompor gas portable untuk masak barbeque bersama keluarganya. Bahkan di Gazebo yang letaknya di sebelah gazebo kami malah membawa speaker untuk karaokean dengan memanfaatkan colokan yang memang tersedia di setiap gazebo. 


Fasilitas makan dan musholla di Villa Aranaway


cafe di villa aranaway

Saat sedang sibuk menyiapkan makan siang berupa ayam panggang dan sop ceker, ibu saya baru sadar kalau nasi yang sedianya akan dimakan ternyata ketinggalan di rumah! Wow banget ya sudah bawa berbagai menu eh nasi ya ketinggalan. Untungnya di wisata Villa Aranaway ini menyediakan kafe dengan menu yang cukup mengenyangkan bagi para pengunjung. 

Saya pun bergegas menuju kafe untuk membeli nasi. Meski berada di tempat wisata, harga makanan di kafe Villa Aranaway ini terbilang cukup bersahabat. Nasi dengan lauk ayam rempah dijual dengan harga Rp. 25.000,00 sementara snack seperti pisang madu harganya sepuluh ribuan saja. Ada juga minuman dingin berupa pop ice dan pop mie seduh. Saya sendiri hanya membeli nasi yang seporsinya dihargai Rp. 5000,-. Untungnya saya masih kebagian nasi sebab saat saya akan memesan nasi tersebut rupanya sudah hampir habis dan hanya cukup untuk para karyawan.



musholla villa aranaway


 
toilet di villa aranaway

Setelah makan dan perut kenyang, waktunya menunaikan ibadah salat. Villa Aranaway memiliki fasilitas toilet dan mushala yang terletak tak jauh dari kantornya. Seingat saya, ada satu lagi toilet di dekat pintu masuk Villa. Baik toilet maupun musholla yang disediakan di tempat ini juga dikelola dengan cukup baik dengan kebersihan yang terjaga dan juga disediakan mukena dan sarung bagi pengunjung yang akan beribadah.


Bermalam di Villa Aranaway


villa di aranaway

Selain menawarkan pemandangan alam berupa pegunungan dan sungai dengan bebatuan, salah satu fasilitas lain yang ditawarkan oleh villa Aranaway adalah menginap di villa yang disediakan di lokasi tersebut. Ada beberapa jenis villa yang disewakan di tempat wisata Villa Aranaway ini dengan variasi harga mulai dari Rp. 500.000,- s/d Rp. 800.000,- tergantung dari jenis villa yang disewa. Villa yang ada di Aranaway ini berbentuk rumah panggung khas Banjar dengan material kayu. Villa ini cocok sekali disewa untuk keluarga yang ingin menginap di Aranaway. 




Tak hanya menginap di villa, kamu juga bisa bermalam di kawasan wisata Aranaway ini dengan menggunakan tenda atau berkemah. Dari hasil wawancara yang saya lakukan saat akan menyewa gazebo kepada karyawan yang bertugas, pengunjung diperbolehkan menggunakan area sekitar villa atau dekat sungai untuk berkemah. Sayangnya untuk kegiatan berkemah ini, tendanya tidak disediakan oleh pengelola objek wisata. Jadi untuk tendanya kamu bisa membawa sendiri dari rumah atau menyewa sendiri dari pihak lain.

Demikian sedikit kisah saya berwisata bersama keluarga ke Villa Aranaway di kawasan Cempaka Kabupaten Banjar. Semoga bisa menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang ingin mengunjungi tempat wisata keluarga di Kalimantan selatan khususnya di kabupaten Banjar.

35 Comments

  1. Menyenangkannya bisa pergi rekreasi sekeluarga lagi, Mbak.
    Di Villa Aranaway ini asyik ya. Diperbolehkan masak-masak di sana. Sebuah sensasi tersendiri memasak-masak di lokasi.

    ReplyDelete
  2. Wah tempat wisata baru. Cocok banget nih dikunjungi bersama keluarga di hari libur. Kebetulan belum pernah ke sana. Fasilitas dan pemandangannya sepertinya menyennangkan untuk dinikmati ya.

    ReplyDelete
  3. Asyiknya, bisa bawa makanan sendiri bahkan masak-masak sambil karaokean di Aranaway. Seger banget pasti main di sungai dan duduk santai di gazebonya. Apalagi kalau sekalian nginep di rumah khas banjar ini ya..Harga sewanya pun hemat ya, pas buat staycation bareng keluarga

    ReplyDelete
  4. Asyik banget liburannya Mbak. Saya seumur-umur belum pernah ke Kalimantan. Senang ya nunggu gazebo-nya available sambil main air di sungai, jadi enggak berasa nunggu deh pasti,hehehe

    ReplyDelete
  5. Berlibur bersama keluarga tercinta adalah hal yang juga saya tunggu.Selama ini sulit banget untuk cocokin waktunya dengan anggota keluarga.Kapan ya saya bisa kunjungi Villa Aranaway dengan keindahannya? aku belum pernah ke Kalimantan,paling jauh ke Manado.Semoga saja ya

    ReplyDelete
  6. Bentuk mushola dan villa nya unik, dan seru juga ya kalo bisa berkemah disana. Bisa mengobati kangen berkemah tapi tetep aman.

    ReplyDelete
  7. Asik banget, Mbak. Ini cocok untuk piknik keluarga yaa. Apalagi harganya juga terjangkau. Pasti jadi pengalaman yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  8. Makin banyak ya desa wisata, tempatnya juga sudah bagus. Dengan begini makin banyak juga alternatif pilihan wisata. Aranaway bisa jadi rekomen nih

    ReplyDelete
  9. wah seru banget! pengen liburan nih aku haha xD Indonesia itu memang banyak sekali lokasi wisata yang bisa di eksplore yaa. pengen bawa anak2.

    ReplyDelete
  10. Melihat bangunan dari Vila Aranaway ini membuat hati adem yaa..
    Jadi berlibur feels like home gitu..
    Serba kayu dan dekat denga alam.

    ReplyDelete
  11. Wah gak jauh dari tempatku ternyata, kapan-kapan main kesana ah. makasih ya mbak infonya

    ReplyDelete
  12. Aku masih agak takut kesana pasca aranaway luluh lantak karena banjir. Jadi kalo pas hujan, bawaannya parno takut tiba2 ada air bah datang dari hulu. Padahal skrg uda dibangun lagi dengan baik ya

    ReplyDelete
  13. Baru tau aku tentang Vila Aranaway. Hahah, kudet banget dah. Tapi denger harga makanannya memang lumayan terjangkau menurutku. Moga kesampean bisa berkunjung ke sana bareng keluarga.

    ReplyDelete
  14. Wah, serunya bisa main di sungai. Pemandangannya juga bagus banget di Villa Aranaway ini. By the way, duduk di gazebo itu pakai sewa juga ya mbak?

    ReplyDelete
  15. Aku pribadi rada malas berpergian disaat waktu liburan soalnya pasti rame. Apalagi villa aranaway ini, mana tempatnya bagus dan biaya masuknya juga terjangkau. Pasti banyak banget ya datang.

    ReplyDelete
  16. Enaknya jalan2 melihat pemandangan indah ya mba. hati juga jadi adem. main air sambil menikmati indahnya hijau2

    ReplyDelete
  17. Villa Aranaway bagus banget pemandangan-nya, kapan ya ... bisa jalan-jalan kesana, semoga bila ada rezeki lebih mau berkunjung bersama keluarga

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah ke kalimantan..pengen someday bisa jalan2 ke kalimantan 😍

    ReplyDelete
  19. Senang banget ya bisa liburan bareng keluarga ke Vila Aranaway. Saya juga suka liburan ke tempat yang bernuansa alam, anak-anak pasti suka juga ya main di sana.

    ReplyDelete
  20. seru banget nih kalau ajak keluarga main ke sini. di Bandung juga banyak tempat serupa dan kami sekeluarga suka mampir ke sana apalagi kalau ada acara arisan gitu..

    ReplyDelete
  21. wuah jadi kangen pingin jalan-jalan keluar kota jakarta, pingin banget itu mba bisa merasakan menginap di villa aranaway, belum pernah merasakan menginap dirumah panggung seperti itu.

    ReplyDelete
  22. Belum pernah ke Kalimantan. Sampai sekarang belum kesampaian. Terima kasih informasinya mba

    ReplyDelete
  23. Happy banget y mba bisa jalan2 bareng sekeluarga dengan tempat yang viewnya bagus serta fasilitas disekitarnya juga menunjang jadinya bkin liburan nyaman dan bisa refres pikiran

    ReplyDelete
  24. Ya ampun udh lama banget aku gak ke Banjarbaru mbak. Jadi ingin juga ke ibukota. Villanya juga bagus banget pemandangan nya ya mbak

    ReplyDelete
  25. Seru banget nih wisata di pinggir sungai, anak-anak pasti happy nih bisa sekalian main air.

    ReplyDelete
  26. Nice info bund... Aq blm permah ke kalimantan. Mauu deh suatu saat nanti kesana. Bagus yah tempatnya

    ReplyDelete
  27. Mantul mba tempatnya, konsepnya bagus menurutku. Emang sekarang lagi trend nya masak sendiri terutama buat anak muda dan keluarga yang Gandrung banget sama menu barbeque ala-ala resto all you can eat itu..

    ReplyDelete
  28. Aku sukaaaa liat sungainya itu mba. Keliatan bersiiih. Jarang2 skr ini masih bisa melihat sungai bersih.

    Kebayang serunya kalo wisata di tempat yg komplit begini. Fasilitas musola sampe gazebo ada .. villanya juga tersedia. Tadi kepengen liat bagian dalam villa , tapi sayang ga ada foto ya 😅

    Aku belum pernah ke kota2 di Kalimantan. Padahal pak suami udh bolak balik kesana Krn tugas kantor. Tadinya sempet mau ikutan walo buatku ntr pake biaya sendiri. Tapi pas Desember kemarin omicron udh mulai wara Wiri, jadinya pak suamipun dicancel Ama kantornya. Belum rezeki bisa kesana

    ReplyDelete
  29. Ku pikir dirimu asli jabodetabek lho mba baru tau kalau orang Banjar ternyata ya? Btw Sungainya cakeeep mba, jadi pengen nyebur dan cipratan sama anak2 deh 🤣

    ReplyDelete
  30. Nah asik banget tuh bisa bawa makanan sendiri, apalagi kalo diperbolehkan sambil masak2, sewa gazebo 6 jam aja kayaknya worted yah, duh sayangnya jauh banget nih tempatnya.

    ReplyDelete
  31. Tempatnya cocok buat wisata keluarga sambil melepas penat dari banyaknya kerjaan dan rutinitas ya.. Moga pankapan bisa kesana juga

    ReplyDelete
  32. Postingan bahagia, tapi aku kok mewek ya bacanya. Beruntung mbak masih diberi waktu untuk bisa ajak jalan-jalan ibunda tercinta, karena aku sudah nggak punya kesempatan itu. Btw, tempatnya bagus banget, asyik... pulang dari sini pasti jadi fresh banget nih.. jadi siap bergelut dengan aktivitas sehari2 lagi :)

    ReplyDelete
  33. Seru banget mbaa bisa main main di sungai, jadi pengin juga ih hehehe Villa Arunaway recommended banget ya mba buat alternatif liburan keluarga, tempatnya outdoor juga jadi InsyaAllah lebih cocok dikunjungi di masa pandemi seperti sekarang, makasih infonya yaa mba :)

    ReplyDelete
  34. Asyiknya ya bisa liburang bareng keluarga apalagi ke tempat wisata yang teduh seperti Vila Aranaway ini. Enak juga karena di tempatnya para pengunjung dibolehkan masak.
    Eh lucu juga ya Mbak udah siapin bekal lengkap pas dibuka lupa bawa nasi, duh untung aja di sana juga ada cafe dengan menu makanan terjangkau

    ReplyDelete
Previous Post Next Post