Saturday, February 3, 2018

Berwisata ke Amanah Borneo Park



Sejak beberapa minggu terakhir, saya dan suami berusaha meluangkan waktu mengajak putri kecil kami ke taman-taman yang ada di kota Banjarmasin. Tujuannya sih biar anaknya cepat bisa jalan. Meski sudah bisa melangkah, namun sepertinya Yumna masih belum terlalu berani sering-sering melangkahkan kakinya. Karena itulah dengan mengajaknya berjalan-jalan di taman kami berharap bisa membuatnya lebih berani melangkahkan kaki.

Mulanya saya menyarankan mengajak Yumna ke Taman Lalu Lintas yang baru dibuka di samping Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Beberapa minggu sebelumnya, kami mengajak Yumna ke RTPRA Banua Anyar yang terletak di bawah jembatan Banua Anyar. Sayang karena karpet yang melapisi tempat tersebut basah dan Yumna jadi takut bereksplorasi.

Nah, alih-alih setuju dengan usulan saya ke Taman Lalu Lintas, suami malah mengajukan tempat lain. "Kita ke Amanah Borneo Park aja," katanya. Saya jelas terkejut. Amanah Borneo Park terletak di kota Banjarbaru yang artinya akan cukup memakan waktu dalam perjalanannya. 

Memang sudah cukup lama saya mengutarakan keinginan untuk mengunjungi tempat wisata di kota Banjarbaru ini. Namun karena jaraknya yang lumayan jauh ini rencana tersebut selalu tertunda. Nah berhubung sekarang suami sendiri yang mengajak saya pun langsung setuju. 

Baca juga : Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Setelah salat dzuhur kami pun berangkat menuju Amanah Borneo Park. Amanah Borneo Park ini sendiri merupakan tempat wisata Banjarbaru yang terletak di jalan Palam, yang bisa dibilang kawasan baru dan masih dalam tahap pengembangan. Nah, untuk bisa mencapai tempat ini dari Banjarmasin, ada 3 pilihan jalur yang bisa dipilih, yakni:

- Jalur pertama melalui jalan A. Yani kemudian berbelok di samping Brimob (jalan Karang Rejo) dan lurus terus hingga jalan Palam. 

- Jalur kedua dari jalan A. Yani berbelok di simpangan Liang Anggang arah Pleihari kemudian berbelok lagi ke jalan Trikora. Dari jalan Trikora belok kanan menuju jalan Palam. 

- Untuk jalur ketiga, bisa melewati jalan gubernur Soebardjo lalu bisa memilih jalur Liang Anggang - Trikora - Palam atau A. Yani - Karang Rejo - Palam. 

Berhubung sekarang jalan menuju kota Banjarbaru melewati jalan A. Yani sudah semakin padat, maka saya lebih menyarankan lewat jalan Trikora saja.



Setelah kurang lebih 1 jam, kami tiba di lokasi. Meski waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, namun sengatan matahari masih cukup terasa. Apalagi di sekitar Amanah Borneo Park ini masih belum banyak pepohonan. Yah, mungkin karena memang pembangunannya belum benar-benar selesai ya jadinya masih terkesan gersang. 

Tanpa banyak menunggu, suami pun langsung menuju ke loket untuk membeli tiket masuk. Untuk masuk ke Amanah Borneo Park, pengunjung dikenai tiket sebesar Rp. 25.000,00. Nanti di dalam tempat wisata kita bisa membayar lagi untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada di sana. 

Adapun harga tiket masuk untuk wahana berkisar antara Rp. 15.000,00 - Rp. 30.000,00. Nah, kalau ingin tiket terusan, pengunjung bisa membayar Rp. 80.000,00 untuk paket anak-anak, Rp. 125.000,00 untuk orang dewasa dan Rp. 140.000,00 untuk paket lengkap. 



Tiket sudah dibeli. Saatnya memasuki tempat wisata. Oh ya, sebelum memulai perjalanan di Amanah Borneo Park, kami mendapat welcome drink berupa air mineral. Bisa dibilang sore itu ada cukup banyak pengunjung di Amanah Borneo Park. Ada yang berada di wahana tangkap ikan, taman kelinci, dan wahana-wahana lainnya. Beberapa wahana yang disediakan di Amanah Borneo Park untuk saat ini antara lain:

1. Tangkap ikan
2. Taman Kelinci
3. Taman lalu lintas
4. Flying Fox
5. Jembatan goyang
6. Sepeda udara
7. Refleksi ikan
8. Kereta kelinci
9. Kolam renang
10. Arena permainan anak-anak (gratis) 
11. Wisata kebun buah naga




Nah, berhubung perjalanan hari itu dadakan, otomatis saya juga tidak banyak persiapan entah itu dari segi dana maupun perlengkapan piknik. Alhasil hari itu saya dan Yumna hanya mencoba wahana Taman Kelinci dan bermain-main di arena permainan anak. 

Selain memiliki wahana yang cukup banyak, Amanah Borneo Park juga dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi dan WC,  musala, beberapa tempat istirahat dan tentunya penjual makanan. Selain itu, tentunya tempat ini juga dilengkapi aneka spot berfoto yang instagramable.





Setelah dirasa cukup puas berada di Amanah Borneo Park, kami pun memutuskan untuk pulang. Kalau menurut saya pribadi, Amanah Borneo Park ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai wisata keluarga. Saya berharap sih ke depannya Amanah Borneo Park bisa lebih rindang tempatnya dan tentunya ada angkutan umum yang bisa mencapai tempat ini. Satu hal yang perlu diingat, tetap dampingi anak kita saat mencoba beberapa permainan si tempat ini, ya. 

64 comments:

  1. Wih keren nih tempatnya, sayang jauh dari tempat tinggalku.. Semoga ada kesempatan main ke taman Amanah borneo :3

    ReplyDelete
  2. Cocok banget jadi spot liburan anak2 nih. Main sambil belajar dan mengenal alam.

    ReplyDelete
  3. Bagus tempatnya tapi sayang jauh dari rumahku di Jakarta hehhee, semoga ada kesempatan main ke daerah sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jauh banget, mbak. Hehe. Semoga nanti bisa ke kalsel yaa

      Delete
  4. Jarang banget ya mba, wahana bermain yang kasih welcome drink gitu, permainan nya jg bnyk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lumayan lah mbak buat kota kami. Hihi

      Delete
  5. Bener-bener, kalau tempat wisata memiliki akses mudah, bakal ramai yaap. Seneng banget bisa ngajak anak main ke wahan permainan yang asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Soalnya lokasinya ini masih baru banget jadi belum ada angkutan umum ke sana

      Delete
  6. Jadi pengen main ke Amanah Borneo Park, sayang jauuuh. Pasti anak-anak senang baget nih diajak ke tempat kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kalau anak-anak pasti senang ke sini

      Delete
  7. Replies
    1. Masih gersang sih mbak kalau di luarnya. He

      Delete
  8. Asyiknya bisa jalan-jalan sama keluarga ya, Mbak..salam kenal Yumna, nanti akan lancar sendiri jalannya..Yumna namanya sama kyk di serial TV kesukaan anak-anak :)

    ReplyDelete
  9. Bagus tempatnya :D seandainya deket mau nyobain ajak anak2 kesana. Anakku jg lg seneng dititah jln. Katanya jalan diatas rumput yg masih ada embun pagi hari, bisa bikin cepet jln mba. Tp gak tau mitos atau enggak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di sini katanya biar anak cepat jalan kakinya dipukul pakai ikan gabus pas hari jumat. Heu

      Delete
  10. Amanah Borneo Park cocok sekali untuk wisata bareng keluarga soalnya fasilitas Tangkap ikan
    Taman Kelinci, Taman lalu lintas dan kolam renang pasti disukai putra puri kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Anak-anak pasti suka kalau ke sini :)

      Delete
  11. Mulai banyak destinasi edukatif di banjarmasin ya mba, setelah bunbin... Jadi anak2 ga melulu ke moll aja. Kereen lah pokoknya. Mudahan di palangka segera menyusul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh. Sekarang banjarmasin dan banjarbaru kayaknya berlomba-lomba membuat tempat rekreasi bagi warganya

      Delete
  12. Di Amanah Borneo Park ini aku paling penasaran dengan wahana sepeda udara. Pasti bikin deg2an kalau naik ke sana. Belum pernah ke sana sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kemarin ada lihat orang nyoba wahana itu

      Delete
  13. Kalau saya punya kesempatan ke Amanah Borneo Park ingin melihat Wisata kebun buah naga, syukur syukur boleh metik langsung

    ReplyDelete
  14. Eny pernah kesana sekali mba, tpi emang bener masih kurang pohon rindangnga jadi cenderung panaa bgt hhe, tapi pemandangan nya emang bagus sekali...

    ReplyDelete
  15. belum pernah ke banjarmasin. smg suatu saat bisa ke sana dan berkunjing ke amanah borneo park ya mba.. aamiin

    ReplyDelete
  16. Naaah aku belum pernah ke sini. Kayaknya asyik ngajak si kembar ke sini. Lokasi BJb lah. Beistilah jua kalau mau ke sini lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke sini ka. Si kembar pasti suka diajak ke amanah borneo park

      Delete
  17. Wih.. ada kebun buah naga juga ya di sana ^^ tempatnya asyik cocok untuk liburan sama keluarga, tiketnya juga terjangkau ya.. wah kapan2 mau nih main ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebun buah naganya lumayan luas. Ayo kapan-kapan ke banjarmasin :)

      Delete
  18. Wah, banyak juga ya wahana di sana
    Bisa seharian tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga, mbak. Dia tempatnya kecil jadinya nggak perlu waktu lama buat nyobain wahananya

      Delete
  19. Anak anak pasti suka kalo diajak ketempat seperti ini

    ReplyDelete
  20. Cocok, liburan yang bermanfaat ya ini, hiburan dapat ilmu juga diperoleh

    ReplyDelete
  21. Wah mantap tuh. Boleh dah kalau pas ke kalimantan. Dari Pontianak jauh gak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jauh banget, mas kalau dari pontianak. Soalnya harus ke jakarta dulu kalau naik pesawat

      Delete
  22. Wahhh, aku belum pernah kesana nih. Nnati deh nungguin free dulu mau kesana.

    Semoga tempat wisata kek gini selalu berkembang dan dirawat, biar makin banyak tempat wisata disini. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga aja tempat wisata ini dirawat dengan baik dan semakin bagus pelayanannya

      Delete
  23. Aku kebayang panasnya seperti apa :D. Ke kalimantan memang blm prnh, tapi aku pernah ke brunei yg 1 pulau. Itu panasnya luarrr biasaaaa :D. Moga2 aja amanah borneo ini lbh rindang nantinya kalo pohon2nya udh rimbun ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Padahal banjarbaru itu sedikit lebih adem dari banjarmasin. Tapi kok ini malah sama panasnya. Heu

      Delete
  24. Waaah asiknya kak Antung. Semoga suatu saat aku bisa ke sana juga. Belum pernah euy ke Kalimantan hihi

    ReplyDelete
  25. Suka sama nama tamannya, Amanah.

    Bisa jadi pilihan nih kalau ke Banjarbaru.

    Aku pengen ke Bukit Rimpi.

    Mba sudah pernah ke sanakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah, mbak kalau bukit rimpi. Itu tempatnya di kabupaten tanah laut. He

      Delete
  26. nggak nyangka ada tempat seindah dan selengkap ini buat refreshing, wisata kekinian dan bikin anak-anak nambah pintar sambil rekreasi . Thanks untuk ulasan kerennya

    ReplyDelete
  27. aku baru tahu nih di kalimantan ada yg namanya borneo park...ciamik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Ini memang tempat wisata baru :)

      Delete
  28. Wah, jadi ngiler pengen kesana nih!

    ReplyDelete
  29. begh banyak jua lah wahananya. Babila ke banjar lah. Liat blog ini aja deh

    ReplyDelete
  30. seru juga kalau piknik keluarga kesini,tapi jauh banget dari Jepara ahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Iya. Tapi kali aja nanti ke banjarmasin :)

      Delete
  31. Kangen Banjar aku, Mbak. Banjar selalu punya tempat di hati aku

    ReplyDelete
  32. Waaah... Baru tau tempat wisata asyik di Kalimantan. Makasi kak, udah share. Nice info. :)

    Kunjungi juga blogku :)
    http://lellyfitriana.com

    ReplyDelete