Wisata Religi di Kalimantan Selatan Lebih Mudah dengan Sewa Mobil Online



Wisata Religi di Kalimantan Selatan Lebih Mudah dengan Sewa Mobil Online

Sewa Mobil Online- Ada banyak cara mengisi liburan. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah berwisata atau travelling. Saat ini trend travelling memang bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup bahkan mungkin menjadi kebutuhan bagi beberapa orang. Travelling juga diketahui memiliki banyak manfaat diantaranya bisa membuat kita lebih mengenal tempat baru dan bertemu dengan orang-orang baru hingga menghilangkan stres.

Ngomongin soal travelling dan tempat wisata, biasanya yang terpikir di benak kita adalah tempat-tempat populer dan instagramable kan, ya? Entah itu pantai, gunung hingga kota-kota yang memang sudah kerap menjadi tujuan wisata banyak orang. Namun untuk kali ini saya tidak akan membahas tempat wisata yang instagramable melainkan jenis tempat wisata yang mungkin jarang di-ekspose yakni wisata religi atau ziarah.

Wisata religi atau ziarah biasanya populer di kalangan ibu-ibu terutama yang ikut pengajian.Tempat-tempat yang dikunjungi biasanya makam para wali dan masjid bersejarah yang ada di berbagai daerah, terutama di pulau Jawa. Tentunya dalam melakukan ziarah ini tujuannya adalah untuk mendoakan ahli kubur di makam tersebut dan mengambil ibrah dari perjalanan hidup para wali ini.

Baca juga : 8 Tempat Wisata Di Surabaya Paling Instagramable, Cek Di Sini

Di daerah Kalimantan Selatan sendiri sendiri ada beberapa tempat yang kerap menjadi tujuan para peziarah untuk dikunjungi. Berikut beberapa objek wisata Ziarah yang ada di Kalimantan Selatan terutama kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar:

Kubah Basirih


Kubah Basirih merupakan makam seorang Habib bernama Al Habib Hamid bin Abas Al Bahasyim yang terletak di jalan Keramat RT. 13 Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat. Menurut keturunan beliau, Habib Basirih ini semasa hidupnya dikenal sebagai sosok wali yang menyembunyikan kewaliannya dengan bertingkah seperti orang gila.

Meski kubahnya terbilang kecil, Kubah Basirih bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan adanya lapangan parkir, toilet dan musala bagi mereka yang ingin menjalankan salat.

Kompleks Makam Sultan Suriansyah


sumber : situsbudaya.id

Tempat kedua yang menjadi tujuan ziarah di kota Banjarmasin adalah Makam Sultan Suriansyah yang berlokasi di Kuin Utara. Sultan Suriansyah merupakan sultan pertama Kerajaan Banjar yang dulunya bernama Pangeran Samudra. Saat agama Islam memasuki Kalimantan Selatan, Pangeran Samudra pun masuk Islam dan berganti nama menjadi Sultan Suriansyah.

Selain makam Sultan Suriansyah, di komplek makam ini juga terdapat makam kerabat-kerabat Sultan. Di sini juga terdapat museum kecil yang menampilkan beberapa foto Kerajaan Banjar di masa lampau. Bagi yang ingin beristirahat, di komplek makam juga terdapat musala dan pendopo.

Baca juga : Tempat Wisata Keluarga di Batu Malang yang Ingin Dikunjungi

Masjid Sultan Suriansyah

 


Tak jauh dari makam Sultan Suriasyah juga terdapat Masjid Sultan Suriansyah yang merupakan masjid tertua di kota Banjarmasin. Masjid ini dibangun pada masa kesultanan Sultan Suriansyah yakni tahun 1526-1550. Masjid Sultan Suriansyah memiliki arsitektur yang agak mirip dengan arsitektur masjid Demak terutama pada bagian atapnya. Hal ini dikarenakan pada sejarah masuknya Islam di Kalimantan Selatan, Kesultanan Banjar berhubungan dengan Kesultanan Demak.

Salah satu hal yang menjadi keunikan Masjid Sultan Suriansyah dibandingkan masjid lain di kota Banjarmasin adalah strukturnya yang masih berupa kayu. Pada bagian dalam masjid juga terdapat berbagai ukiran dan kaligrafi yang memiliki artinya masing-masing.


Makam Datu Kelampaian


Almarhum Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Datu Kelampaian merupakan ulama kharismatik dari Kalimantan Selatan yang lahir di Lok Gabang, 17 Maret 1710 Martapura. Beliau dikenal sebagai penulis dari kitab Sabilal Muhtadin yang banyak menjadi rujukan bagi umat Islam di kawasan Asia Tenggara. 

Makam beliau sendiri berlokasi di Desa Kelampaian Tengah, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Martapura. Layaknya makam para Wali pada umumnya, setiap harinya makam Datu Kelampaian tak pernah sepi dari peziarah. Tak hanya berziarah, di sekitar makam pengunjung juga bisa membeli berbagai suvenir khas Martapura yang dijual di lorong-lorong jalan menuju kubah Makam. Satu hal yang agak disayangkan, kondisi makam Datu Kelampaian ini agak kurang diperhatikan jika dibandingkan dengan lokasi ziarah lain di kota Banjarmasin.

Makam Guru Sekumpul

 

Lokasi ziarah terakhir yang ingin saya bagikan dan pastinya paling populer adalah makam almarhum Guru Sekumpul K. H. Zaini bin Abdul Ghani. Makam beliau ini terletak di kawasan Sekumpul Martapura. Semasa hidupnya, almarhum guru Sekumpul memiliki ribuan murid yang dengan setia hadir ke pengajian beliau. 

Setelah beliau meninggal, tempat pengajian tersebut sekarang menjadi makam dan lokasi ziarah bagi para jamaah. Jika dibandingkan dengan makam Syekh Arsyad Al Banjari, makam Guru Sekumpul jauh lebih terawat dan nyaman untuk dikunjungi. Hingga sekarang pengajian juga masih diadakan secara rutin di komplek Sekumpul ini. Tak hanya itu, setiap tahun diadakan haul yang dihadiri ratusan ribu jamaah dari dalam hingga ke luar pulau.

Berwisata Religi dengan Sewa Mobil Online

 


Dalam melakukan perjalanan wisata religi, biasanya para peziarah ini mengikuti sebuah tur khusus yang dipandu oleh seorang pemandu atau guru. Namun berdasarkan pengalaman, melakukan perjalanan wisata dengan paket tur ini kadang cukup melelahkan karena pesertanya harus mengikuti jadwal yang padat dan bahkan kadang harus tidur bersesak-sesakan di mobil untuk menghemat biaya. 

Nah, bagi mereka yang tak suka dengan agenda tur seperti ini, bisa bisa melakukan wisata religi sendiri ini dengan menggunakan mobil entah itu mobil pribadi atau sewa mobil. Salah satu keuntungan melakukan perjalanan sendiri begini pastinya kita bisa lebih santai dalam menentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi dan pastinya tidak harus bersesak-sesakan dengan peserta tur. 

Jika ingin menggunakan jasa sewa mobil, pastinya kita harus memilih jasa sewa mobil yang terpercaya. Saat ini ada cukup banyak jasa sewa mobil baik offline maupun online yang bisa kita pilih untuk melakukan perjalanan wisata religi. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa sewa mobil online adalah Astra dengan TRAC-nya. TRAC merupakan anak perusahaan dan bagian dari keluarga Astra, yang memberikan layanan solusi transportasi secara menyeluruh.

Beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan jika sewa mobil online lewat TRAC yakni:
  • Akses mudah dan jaringan luas
  • Andal dan teknologi teruji
  • Jaminan proteksi dan layanan prima
  • Layanan pelanggan 24/7 
Selain beberapa kelebihan di atas, kita juga bisa memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah itu mobil keluarga standar hingga bus yang bisa mengangkut banyak penumpan. Nah, jika teman-teman ingi  sewa mobil online di TRAC bisa langsung ke website-nya di https://www.trac.astra.co.id/.

Post a Comment

28 Comments

  1. Salah satu pulau yang belum pernah saya jejaki. Moga tahun 2020 bisa ke Kalimantan :)

    ReplyDelete
  2. waah aku baru tau mba kalau ada layanan sewa mobil online dari ASTRA ini. btw dari list wisata religi diatas ada satu yang belum pernah aku kunjungi, kubah basirih

    ReplyDelete
  3. Wah sudah ada sewa mobil online di Kalsel ya? Boleh nih kapan-kapan dicoba untuk wisata religi. Dari list di atas saya cuma pernah ke Makam Datu Kelampaian, padahal saya orang Kalsel, *tutupmukapakaibantal*.

    ReplyDelete
  4. Enak banget ya sekarang apa-apa serba online. Sudah kepikiran sih nanti kalo butuh mobil kayanya enakan sewa online

    ReplyDelete
  5. Kalimantan memang terkenal banget ya soal wisata religi. Ini sangat menarik apalagi saya baru 5 tahun merantau di sini

    ReplyDelete
  6. Bisa buat rekomendasi kalau ada yang perlu. 👍

    ReplyDelete
  7. Mantep nih layanan pelanggannya 24/7 jadi kalau kepepet perlu mendadak pun bisa cepat ditanggapi ya sama CSNya.
    Btw kalsel memang cocok bgt buat yg mau wisata religi

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu ada wisata religi ini, nyesel deh beberapa waktu lalu ke Banjarmasin ga meluangkan waktu kesitu. Hmm kapan-kapan mesti dan harus nih. Thanks kak buat catatan aku nih kalau ada agenda ke Kalimantan Selatan lagi :)

    ReplyDelete
  9. Wah selain di kalimatan bisa sewa di kota2 lain gak . Enak kalo bisa jalan2 dan sewa mobil pas lagi jalan2 nih

    ReplyDelete
  10. Ipeh jadi pengen nih nyoba wisata religi. Mengunjungi masjid sambil beribadah terus diulas masjid-masjidnya gimana. Jadi bisa bantu pembaca kaya tulisan mba Aya

    ReplyDelete
  11. Bisa menjadi alternatif pilihan wisata ini,

    ReplyDelete
  12. Nah, aku banget nih. Kadang saat
    jalan jalan ke kota yg jauh gitu maunya naik pesawat aja, atau kereta. Dan dilokasi sewa mobil.

    Tapi kalau traveling itu bawaanku tuh sehabrek habrek, kaya pindahan rumah.

    Udah gitu kadang emang susah banget cari rental mobil dilikasi tujuan.

    Ini TRACK ada dikota mana aja ya mba ?

    ReplyDelete
  13. Setuju nih, kalau pakai jasa rental mobil lebih mudah keliling destinasi religi di Kalsel. Sbg warga kalsel, tempat2 tsb wajib bgt untuk didatengin.

    ReplyDelete
  14. Aku kelampayan keknya terakhir waktu anak-anak deh terus ke mesjid itu juga. Jadi kangen juga eh.

    ReplyDelete
  15. Menyewa kendaraan roda 4 saat berwisata memang tepat ya, apalagi kalau bersama anggota keluarga yang lain.
    Pasti semakin menyenangkan
    Dan aku mau catet ah, web online nya ASTRA TRAC.
    Siapa tau next saya dan suami juga berkesempatan berwisata religi disana

    ReplyDelete
  16. Hi mba aku sudah follow blog nya mba ya, mohon nanti ikuti balik hehe tengkyu. Wah aku baru tau ternyata di Kalsel lumayanan banyak wisata religi seperti masjid dan juga beberapa makam para guru tentu lebih mudah dengan sewa mobil online ini

    ReplyDelete
  17. Menyewa kendaraan di ASTRA TRAC memang recommended. Armadanya bagus semua. Apalagi kalau pakai driver, bisa semakin nyaman, deh

    ReplyDelete
  18. Kalimantan menarik juga utk di explorasi yaa mbak. Kalo aku pribadi, pengen mengeksplore Kalimantan dari sisi Kulinernyaa. Karena kebanyakan kuliner Kalimantan mirip sama kuliner asal daerahku, Palembang :)

    ReplyDelete
  19. jadi kangen jalan2 di kalsel lagi

    ReplyDelete
  20. Keliling kota yang tujuannya untuk wisata memang lebih seru kalau sewa mobil online. Kebetulan saat ke Lampung, saya sempat hunting harga sewa mobil via TRAC ini.

    ReplyDelete
  21. Kalsel adalah salah satu yang masuk di list traveling aku dan suami tapi belum juga kesampaian. Jadi tambah penasaran nih. Apalagi dengan adanya TRAC, traveling bakalan lebih mudah.

    ReplyDelete
  22. Jarak dari satu tempat ke tempat lainnya luar biasa yaa, kak?
    Jauh banget sampai gak bisa ditempauh dalam waktu satu hari.

    TRAC memang andalan untuk sewa mobil.
    Dijamin dalam kondisi terbaik.

    ReplyDelete
  23. Liburan memang enak kalau bawa kendaraan sendiri, hitungannya lebih hemat ga perlu bolak balik bayar ongkos ya mba. Next time kalau liburan dalam negri mau coba sewa mobil online trac deh 😊

    ReplyDelete
  24. Setelah ada wacana akan menjadi ibukota yang selanjutnya, jadi kepingin banget berkunjung ke Kalimantan sebelum jadi ibukota. Biar suatu saat nanti, bisa ngebandingin sendiri bagaimana kalimantan itu sebelum dan sesudah jadi ibukota.

    Anyway, terimakasih rekomendasi sewa mobil onlinenya, Mom

    ReplyDelete
  25. Perjalanan wisatanya jadi lebih efisien ya kalau sewa mobil. Irit ongkos dan waktu juga.

    ReplyDelete
  26. Bener banget, mending sewa mobil daripada ikut rombongan. Jadi lebih santai. Serasa bawa kendaraan pribadi.

    ReplyDelete
  27. Seru banget bisa wisata religi dan keliling tempat yang bagus di Kalimantan ya mbak. Memang lebih nyaman dan aman pakai sewa mobil online. Saya juga senang nih mbak kalau jalan kemana2 pakai mobil pribadi apalagi sewa di TRAC aman banget.

    ReplyDelete