Rekomendasi Hunian yang Terintegrasi LRT di Bogor

 


Beberapa tahun lalu, saya berkesempatan mengunjungi kota Jakarta untuk menemui salah satu teman maya yang saya kenal lewat Multiply. Setiba di Jakarta, kami menghubungi teman Multiply lain dan sepakat untuk bertemu di Bogor yang berjarak kurang lebih 60 km dari ibukota. Yaya, teman yang saya tumpangi kosnya kemudian mengajak saya berangkat ke kota Bogor dengan menggunakan kereta api. Itu adalah pertama kalinya saya merasakan naik kereta api dari Jakarta ke kota Bogor dan menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan dalam hidup saya.

Sebagai kota Metropolitan, keberadaan transportasi massal seperti kereta api memang menjadi sebuah kebutuhan bagi warga Jakarta dan wilayah sekitarnya. Untuk memenuhi kebutuhan akan moda transporatasi massal yang ramah lingkungan ini, pemerintah pun terus meningkatkan pembangunan di bidang transportasi darat. Kalau dulu saat saya ke Jakarta hanya mengenal kereta rel listrik (KRL) sebagai sarana transportasi massal yang ada di Jakarta, maka sekarang sudah ada MRT dan LRT yang memberikan alternatif baru bagi penduduk Jakarta saat akan bepergian. 

Mungkin ada beberapa orang yang bingung apa perbedaan KRL, MRT dan LRT. Meski ketiga moda transportasi ini sama-sama merupakan kereta cepat dengan menggunakan tenaga listrik, ketiganya memiliki beberapa perbedaan dari segi ukuran dan jumlah gerbong, kapasitas angkut hingga jenis rel yang digunakan. Berikut adalah perbedaan dari ketiga kereta cepat tersebut menurut PT. MRT Jakarta:




Berbicara tentang LRT, LRT di Jakarta sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2019 lalu dengan panjang jalur keseluruhan 5,8 km dan melintasi 6 stasiun. Selain LRT Jakarta yang sudah bisa dinikmati layanannya, saat ini pemerintah juga sedang membangun LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) yang rencananya akan beroperasi Agustus 2022 mendatang. LRT Jabodebek akan melayani 18 stasiun di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Stasiun LRT Jabodebek ini nantinya akan berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis.


Adhi City Sentul Pilihan Perumahan Terintegrasi Stasiun LRT di kawasan Bogor

 

Dengan semakin berkembangnya layanan transportasi di Jakarta dan sekitarnya, dunia properti tentunya tak ingin melewatkan peluang terkait pembangunan LRT ini. Berbagai apartemen dan komplek perumahan pun dibangun dengan lokasi sedekat mungkin dan terintegrasi dengan stasiun LRT. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi para pekerja yang tinggal di Jakarta maupun di luar Jakarta karena itu artinya mereka tak perlu menempuh perjalanan jauh untuk tiba di stasiun LRT terdekat. 

Bagi mereka yang bermukim di wilayah Sentul, kini telah hadir perumahan Adhi City Sentul yang merupakan kota modern terintegrasi LRT pertama di Sentul. Komplek perumahan Adhi City Sentul ini mengusung konsep transit-oriented development (TOD) untuk kemudahan mobilitas sepanjang Jabodebek. Konsep TOD sendiri merupakan sebuah konsep dalam pengembangan perkotaan yang mengharuskan pengembang untuk memaksimalkan seluruh ruang yang ada di dalam kota tersebut dan menyeimbangkan pembangunan perumahan, wilayah bisnis, rekreasi yang terintegrasi dengan baik oleh sarana transportasi umum. (Rumah.com)

Konsep TOD sendiri cocok digunakan untuk kawasan dengan tingkat jumlah penduduk yang tinggi. Kota dengan kepadatan penduduk yang tinggi ini biasanya menyediakan hunian dalam bentuk vertikal untuk mengatasi keterbatasan lahan. Perumahan juga dibuat semaksimal mungkin untuk mengakomodasi jumlah penduduk yang besar. Selain itu perumahan dengan konsep TOD juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap seperti mal, sarana pendidikan, sarana kesehatan dan lain sebagainya.
 
Dengan menggunakan konsep TOD ini diharapkan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut lebih banyak menggunakan kendaraan umum yang sudah terintegrasi dengan baik di kawasan tersebut ketimbang kendaraan pribadi. Secara tidak langsung hal ini juga pastinya akan mengurangi kemacetan yang terjadi di ibukota. Selain itu konsep TOD juga dapat memudahkan mobilitas masyarakat karena tata kota kawasan tersebut sudah sangat baik. 

Perumahan Adhi City Sentul sendiri berlokasi di Jl. Anggrek, Desa Kadumanggu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan perumahan yang dikembangkan oleh PT Adhi Commuter Properti ini menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap yang pastinya sangat memudahkan penghuninya dalam melakukan berbagai aktivitas. Beberapa kelebihan dari perumahan Adhi City Sentul ini antara lain:

Dekat dengan stasiun LRT dan jalan tol

Kawasan perumahan Adhi City Sentul hanya berjarak 400 m dari stasiun LRT terdekat. Dengan jarak sedekat ini, artinya hanya perlu jalan kaki bagi penghuni perumahan untuk bisa menuju ke stasiun. Selain itu perumahan ini juga memiliki akses ke 3 pintu tol terdekat yakni  Gerbang Tol Sentul 2 (1 km), Gerbang Tol Sentul Selatan 1 (5,1 km) dan Tol Jagorawi (6,2 km). 

Lingkungan yang asri dengan pemandangan eksotis

Adhi City Sentul berlokasi di kawasan dengan luas 120 ha dengan ruang terbuka hijau super lega yang demi keseimbangan lingkungan sekitar. Kawasan perumahan Adhi City Sentul ini juga berlokasi di dekat Gunung Pancar dan Gunung Salak yang membuat kawasan ini memiliki pemandangan yang eksotis dan menyegarkan mata. 

Fasilitas lengkap bagi penghuni kawasan

Sesuai dengan konsep modern integrated city yang diusungnya, kawasan perumahan Adhi City Sentul menyediakan fasilitas yang lengkap bagi penghuninya. Adhi City Sentul dilengkapi dengan fasilitas residensial, bisnis & finansial, sosial, hingga leisure dengan jarak paling minimal ke stasiun LRT (0 km). Selain itu pada commercial gateway komplek juga terdapat area kuliner, ada juga organic walkways ramah pejalan kaki yang sekaligus bisa menjadi jogging track, serta clubhouse dengan fasilitas gym, kolam renang, meeting room, dan co-working space.
 
Buat teman-teman yang tinggal di kawasan Bogor dan sedang mencari hunian tapak dengan fasilitas lengkap dan terintegrasi dengan stasiun LRT, pastinya kawasan Adhi City Sentul ini bisa menjadi pilihan. Harga 1 unit rumah dimulai dari 800 jutaan dengan berbagai pilihan pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi website resminya, ya!

20 Comments

  1. Di daerah perkotaan, mobilitas masyarakatnya sangat tinggi. Mencari hunian dekat dengan stasiun atau jalan utama itu jelas jadi point' utama ya.
    Bisa bebas cepat akses kemanapun, khususnya ke tempat beraktivitas seperti di Hunian Adhi City Sentul ini

    ReplyDelete
  2. Duh mimpi banget punya rumah di kawasan Sentul. Strategis banget soalnya. Dulu pernah ada konser2 di Sentul. Kalo bawa mobil, macet banget.

    Nah sekarang udh enak banget LRT mau rampung. Dijamin pasti harga unit di sana udah gila2an sih.

    Telat banget aku dulu ngga cari unit di sana.

    ReplyDelete
  3. Kalau dekat dengan fasilitas transporasi umum memang asik yaa, kemana-mana bisa gampang. Hemat uang dan mengurangi polusi udara karena pakai kendaraan pribadi.

    Btwe, aku belum pernah naik MRT maupun LRT. Di kalimantan belom ada 🙈

    ReplyDelete
  4. Aku selalu pengen punya rumah impian di daerah yang dekat dengan fasilitas umum, seperti ini. Semoga bisa tercapai. Amin.

    ReplyDelete
  5. Ini beneran hunian modern yang memberikan kemudahan. Memang kudu deket dengan transportasi umum biar gampang kalau mau kemana mana. cocok pula buat pasangan muda yang bekerja sih ini

    ReplyDelete
  6. Wah keren hunian modern yang udah terintegrasi LRT. Fasilitasnya juga lengkap banget udah ada co-working space juga. Cocok banget buat pasangan muda dan milenial.

    ReplyDelete
  7. Fasilitas yang memadai dan senangnya dekat dengan transportasi itu bisa jadi nilai utama untuk memilih sebagai hunian idaman

    ReplyDelete
  8. Perumahannya strategis nih... Dekat dgn moda transportasi jd salah satu penentu penting kalau mau cari rumah. Impianku bs punya rumah yg letaknya strategis dgn banyak pilihan transportasi buat bepergian

    ReplyDelete
  9. TOD inget banget sama materi kuliah saya dulu tahun 2008. Saya jadi penasaran gimana implementasi TOD di wilayah bogor itu hehe

    ReplyDelete
  10. Wahh mantap banget fasilitasnya
    Hunian yg terintegrasi LRT pasti jadi pilihan ya mbak
    Akses transportasinya gampang

    ReplyDelete
  11. iya ya sekarang mulai marak ya pembangunan rumah yg terintegrasi transportasi publik, ini oke banget sih menurutku, jadi ga perlu jauh2 ke stasiun dan seharusnya bisa mendorong penggunaan transportasi publik

    ReplyDelete
  12. jaman now memang hunian itu wajib terintegrasi dengan moda transportasi, jadi memudahkan mobilitas plus bisa jadi solusi mengurangi macet karena ga banyak lagi orang yang bawa mobil deh

    ReplyDelete
  13. Sentul ini jadi daerah impian om dan tante saya dulu. Sekarang lagi berusaha juga jadi warga area sana. Kali aja bisa dapat hunian di sini

    ReplyDelete
  14. enak banget di sentul, suasananya tuh adem ayem yaaa deket sama kota tapi suasana masih sejuk suka banget deh

    ReplyDelete
  15. fasilitas lengkap dan lokasi dekat dengan tempat kerja, menjadi impian banget cari rumah deh

    ReplyDelete
  16. Bogor kotaku dilahirkan, dibuai dibesarkan orang tua, duh jadi kangen banget sama kota tercinta. Semoga bisa punya huniannya satu di sana ya, aamiin.

    ReplyDelete
  17. Asik banget buat yg kerja di Jakarta ya, jadi mudah untuk transportasi nya dari Bogor. Mantaplah ini, lengkap pula fasilitasnya 😍

    ReplyDelete
  18. Memiliki rumah yang terintegritas sama fasilitas umum seperti LRT, Tol, pusat perbelanjaan emang impian semua orang. Perumahan Adhi City Sentul ini mungkin bisa jadi jawaban atas keinginan tersebut. Bagi seorang pekerja yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.

    ReplyDelete
  19. Perumahan dengan akses ke tranportasi umum yang mudah pasti akan menjadi nilai plus tersendiri. Apalagi di masa depan alat angkutan umum adalah hal yang wajib dipakai karena lebih mudah dan aman dari macet.

    ReplyDelete
  20. Perumahan yang dekat dengan transportasi publik seperti ini sangat membantu penghuni untuk bisa berpergian dengan mudah

    Apalagi trafik jalanan umum kawasan ibu kota dan kota-kota satelitnya seperti Bogor ini cukup padat

    ReplyDelete
Previous Post Next Post