Tips Memilih Keju Cheddar untuk Keluarga bersama Kampanye #KejuAsliCheck

Tips Memilih Keju Cheddar untuk Keluarga bersama Kampanye #KejuAsliCheck



Keju merupakan salah satu bahan makanan yang termasuk dalam list belanja rutin saya setiap bulan. Memiliki 2 anak balita membuat saya merasa perlu menyetok produk yang satu ini entah itu untuk dicampur ke kue atau jadi camilan anak-anak. Biasanya saya memilih keju Cheddar yang memang paling mudah ditemukan di minimarket. Namun belakangan terpikir di benak apakah saya sudah memilih keju Cheddar yang benar untuk anak-anak saya?

Seperti yang kita tahu, keju merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari susu. Sebagai salah satu bahan makanan yang terbuat dari susu, keju memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita salah satunya adalah kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk kepadatan tulang dan gigi.

Dalam proses pembuatannya, keju dibuat dengan melakukan proses pemisahan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi dengan bantuan enzim atau bakteri yang bernama rennet. Secara umum, ada 5 tahapan utama yang harus dilalui untuk bisa menjadikan susu menjadi keju, yakni pengasaman, pengentalan, pengolahan dadih, persiapan sebelum pematangan, dan proses terakhir adalah pematangan keju.

Tips memilih keju Cheddar untuk keluarga


Kampanye #KejuAsliCheck

Dalam dunia kuliner sendiri ada banyak sekali jenis keju yang digunakan dan salah satu jenis keju yang paling populer adalah keju Cheddar. Keju Cheddar adalah keju yang berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris. Keju ini memiliki tekstur yang keras dengan warna kuning pucat hingga putih gading. Sebagai ibu, saya memiliki tanggung jawab untuk memastikan anak-anak mendapat nutrisi yang baik terutama dari makanannya. Karena itulah saya selalu membeli jenis keju Cheddar ini untuk dikonsumsi seluruh keluarga.

Sedikit cerita, dulu nih, dalam memilih keju Cheddar untuk keluarga nih saya memilih keju berdasarkan harga promo. Jadi keju cheddar apa yang lagi promo itu yang saya beli. Hehe. Maklum emak penganut prinsip irit dan hemat dalam berbelanja. Nah, belakangan saya baru tahu keju Cheddar yang kerap saya beli itu kemungkinan bukan keju Cheddar asli jadi wajar saja kalau harganya lebih murah dibanding merk lain.

Dalam sebuah survey yang dilakukan KRAFT terhadap konsumennya, disebutkan 50% dari responden yang merupakan para ibu mengatakan sering mengkonsumsi keju yakni sekitar 1 hingga 7 kali seminggu. Sayangnya, lebih dari 61% tidak tahu kalau tidak semua keju Cheddar di pasaran menggunakan keju Cheddar asli, termasuk saya. Selain itu 77% dari responden mengaku terbiasa membaca label pangan, namun lebih dari 48% tidak tahu cara membaca komposisi dengan benar.

Ketelitian dalam membaca label pangan maupun informasi produk memang seharusnya dibiasakan oleh kita semua. Apalagi untuk produk makanan yang masuk ke dalam tubuh dan berpengaruh pada kesehatan kita. Dengan membaca label pangan dan informasi produk akan sangat membantu dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi tubuh kita.

Tentang pencantuman label pada produk pangan sendiri, hal ini sudah diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan atau mengonsumsi pangan.

Untuk lebih mensosialisasikan kebiasaan membaca informasi produk ini, Keju KRAFT yang merupakan salah satu produsen keju Cheddar dari Mondelez mengadakan kampanye #KejuAsliCheck. Lewat kampanye ini, KRAFT ingin mengajak para ibu lebih pintar dalam memilih keju Cheddar berkualitas dengan komposisi bahan yang tepat dan berkualitas. Lalu apa saja tips dalam memilih keju Cheddar menurut kampanye #KejuAsliCheck? Berikut ulasannya:

Pilih keju dengan bahan Keju Cheddar di urutan pertamanya


kandungan keju KRAFT Cheddar

Sebelum membeli keju Cheddar untuk keluarga, tentunya kita harus melakukan beberapa pengecekan pada kemasan produk seperti sertifikat halal bagi yang muslim dan juga tanggal kadaluarsa produk. Nah, selain 2 informasi ini, hal lain yang perlu dicek adalah kandungan dari keju Cheddar yang akan dibeli.

Pastikan keju tersebut menggunakan bahan keju Cheddar pada urutan pertamanya, bukan air atau bahan airnya. Urutan kandungan pada komposisi sebuah makanan menunjukkan jumlah kandungan dalam produk makanan tersebut. Semakin di awal urutannya maka semakin banyak jumlah kandungan dari bahan tersebut. 

Memiliki klaim nutrisi pada kemasan

Hal berikutnya yang harus kita periksa saat membaca label pangan pada produk keju Cheddar adalah klaim nutrisi yang ada pada keju tersebut. Klaim nutrisi ini bisa berupa informasi nilai gizi dan jumlah per sajian dari produk tersebut. Klaim nutrisi yang ada pada kemasan produk keju akan sangat membantu bagi ibu dalam menghitung kalori dan nutrisi yang masuk ke tubuh. 
 
Dalam membaca klaim nutrisi pada sebuah produk makanan, yang perlu kita perhatikan adalah jumlah sajian per kemasan. Jumlah sajian per kemasan ini menunjukkan jumlah takaran saji yang terdapat dalam satu kemasan makanan. Misalnya sat kemasan keju memiliki 4 sajian per kemasan, itu artinya setiap 1 kemasan keju tersebut bisa dibagi 4 atau dikonsumsi sebanyak 4 kali dengan frekuensi konsumsi menghabiskan 1 sajian.

Keju KRAFT Cheddar dengan keju Cheddar asli

Keju KRAFT Cheddar merupakan salah satu produsen keju yang sangat populer di Indonesia. Seingat saya brand ini merupakan salah satu pelopor kehadiran keju Cheddar di kalangan masyarakat. Saya ingat sekali dulu saat masih berusia belasan kerap melihat iklan keju KRAFT di televisi dan berhubung waktu

Sesuai dengan kampanye yang dihadirkannya, keju KRAFT Cheddar telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan sesuai dengan kampanye #KejuAsliCheck. Keju KRAFT Cheddar terbuat dari bahan utama Keju Asli New Zealand pada urutan pertama dan dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D. Keju KRAFT Cheddar juga memiliki warna putih kekuningan dengan rasa gurih khas keju yang pastinya disukai anak-anak.
 
Untuk kandungan gizinya sendiri, per 20 g keju KRAFT Cheddar ukuran 70 g memilki kandungan energi sebesar 60 kkal, lemak total 5 g (7%), lemak jenuh 3 g (14%), garam/natrium 290 mg (19%), protein 4 g, kolesterol 10 mg, protein 4 g, karbohidrat total 1 g, vitamin D sebanyak 8% dan kalsium sebanyak 10%.
 
Hadirnya kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT merupakan sebuah langkah yang sangat positif. Dengan adanya kampanye ini, tentunya akan sangat membantu para ibu dalam memilih keju Cheddar terbaik untuk keluarga mereka.

20 Comments

  1. Keju Kraft Cheddar memang memiliki kandungan keju cheddar yang banyak, rasanya juga mantab. Anak2 dibikin suka & ketagihan sama keju yang satu ini

    ReplyDelete
  2. keju paporit dari zaman kecil sampe sekarang, kalo beli ya merk ini, rasany enak khas dan bergizi, paling suka bikin pisang keju coklat, yummie bgt

    ReplyDelete
  3. Selalu suka dengan keju Kraft, Rasanya udah gak diragukan lagi. Saya juga sering stok keju karena disukai sama anak-anak

    ReplyDelete
  4. Kraft emang selalu jadi keju favorit di rumah. Anak2 suka bahkan suka digadoin. Rasanya emang lebih lembut dan gurih ya mba

    ReplyDelete
  5. kalo kejuny dari kraft aku sudah gak ragu lagi sih akan keaslian kejunya mba. sudah konsumsi sejak lama dan gak bisa pindah ke lain hati, kejunya enak sesuai sama harganya

    ReplyDelete
  6. Keju cehddar Kraft tuh kesukaan anak-anak, sellau nyetok karena bisa jadi tambahan untuk berbagai menu masakan di rumah

    ReplyDelete
  7. Kandungan nutrisi di dalam keju Kraft Cheddar ini nggak perlu diragukan lagi. Ini menunjukkan kualitas kejunya. Makanya pilih keju Kraft Cheddar untuk kita konsumsi sehari-hari

    ReplyDelete
  8. Keju Kraft selalu trsedia di rumahku nih mba anak2 suka banget saya suka menyajikannya buat roti bakar dan nasi goreng anak2 suka dikasi keju

    ReplyDelete
  9. Keju KRAFT Cheddar membuat masakan yang disajikan menggunakan Keju KRAFT Cheddar sebagai bahan campuran atau topping, terasa sangat istimewa. Anak-anak selalu suka jika makanan dicampurkan Keju KRAFT Cheddar yang melimpah.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya jarang orang untuk menolak keju ya. Apalagi anak-anak, rata-rata pada sukak. Kayak anak saya nih, kalau dikasih puding pokat coklat keju, pasti toping keju nya udah gundul duluan nih, haha. Makanya saya sediakan keju Kraft di rumah buat stok bebikinan cemilan.

    ReplyDelete
  11. Anak-anak suka banget keju kraft, suka nyetok nih soalnya bisa buat campuran/toping macem-macem masakan

    ReplyDelete
  12. Dengan bahannya dari keju Cheddar, jadi gak hanya dapat kenikmatan keju asli ya, tapi juga manfaat gizi yang terkandung di dalamnya

    ReplyDelete
  13. Aku tak meragukan keaslian keju Kraft karena beneran kejunya Krfat tuh ngeju banget. Aku pun selalu sediakan di rumah mba. Semua makanan dan minuman menurutku kalau pakai Kraft tuh jadi enak

    ReplyDelete
  14. Iya ya keju cheddar kadang bahannya gak bener2 cheddar gtu
    Aku di rumah juga selalu stock Kraft mbak soalnya ini keju yang apling enak di antara bbrp keju yang gampang dijumapi di pasaran dan mudah didapat gtu.
    Anak2ku paling suka juga, kadang cuma dimakan parutannya aja hehe

    ReplyDelete
  15. anak anakku suka banget sama keju chedar
    dengan tips ini, aku jadi tahu bagaimana cara memilih Keju chedar yg asli
    pastinya yg keju chedar asli ya Kraft

    ReplyDelete
  16. Memilih keju utk toping makanan, aku sering pake keju cheddar. Disamping anakku juga sangat suka.

    ReplyDelete
  17. Aduh baru tau nih kalo ada keju yang tulisannya cheddar tapi bukan keju asli. Makasih ya tipsnya.

    ReplyDelete
  18. hihih sama dong Mbak, selama ini tuh beli kejunya yang penting judulnya keju Cheddar apalagi kalau dapat harga promo duh langsung deh cus masuk keranjang tapi ternyata keju Cheddar asli itu yang kandungannya benar-benar keju Cheddar dan berada pada urutan pertama ya, dan KRAFT lah yang punya kriteria itu yaa :)

    ReplyDelete
  19. Wah, ini sih keju pilihanku sejak lama. Anak-anak suka pula. Gak hanya buat makanan yang diolah, untuk makanan yang tinggal tabur aja, aku pake keju ini. Dan percaya banget kalo gizi dan kualitasnya unggul.

    ReplyDelete
  20. Rasa keju cheddar dari kraft memang beda sih. Gurih dan aromanya wangi. Kalau keju lain tu ada yang rasanya dominan asin.. Penting memang tau keaslian dari keju yang kita gunakan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post