Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris untuk Anak LEXO LAB




Beberapa waktu lalu, seorang teman SMA memposting video putra pertamanya di instagram. Dalam video tersebut, putranya yang baru masuk SD tampak berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Saya menonton video tersebut jelas kagum dong dengan kemampuan Bahasa Inggris anak teman saya tersebut. Levelnya bukan yang cuma hafal kata-kata tapi sudah membuat kalimat. Saya sampai penasaran apakah putranya ini ikut les atau mengikuti sekolah bilingual yang membuat kemampuan bahasa Inggrisnya sangat oke.

Sebagai bahasa Internasional, saya sadar sekali pentingnya menguasai Bahasa Inggris bagi segala usia. Saya ingat dulu waktu masih di bangku Sekolah Dasar kami baru mulai dikenalkan dengan bahasa ini saat kelas 3 SD dan berlanjut menjadi pelajaran wajib hingga SMA. Beberapa kawan mengambil kursus di luar sekolah untuk lebih meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Saya sendiri entah mengapa tak pernah terpikirkan untuk ikut kursus ini dan lebih mengandalkan belajar sendiri. Akibatnya bahasa Inggris saya berada pada level yang biasa-biasa saja. 

Tak ingin anak saya memiliki level penguasaan Bahasa Inggris yang standar seperti ibunya, saya bertekad untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak usia dini. Tentunya proses mengenalkan bahasa Inggris ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan entah itu lewat lagu atau kuis singkat di sela-sela kebersamaan kami. Misalnya saat kami sedang bermain bersama saya akan iseng bertanya kepada putri saya tersebut.

"Yumna, bahasa Inggris ya kuning apa?" tanya saya

"Mmm, yellow," jawabnya.

"Yee benar. Kalau ungu apa?" saya lanjut bertanya.

"Purple," jawabnya lagi.

Kali lain Yumna sendiri yang mengajukan pertanyaan kepada saya jika dia entah dari mana mendapat kosa kata baru.

"Ma, bahasa Inggrisnya 'tidur' itu sleep. Benar nggak?" tanyanya sebelum tidur.

Saya tersenyum dan langsung membenarkan pernyataan putri saya yang berusia 5 tahun tersebut. Senang sekali rasanya melihat anak saya mulai menunjukkan ketertarikan dengan Bahasa Inggris ini dan bahkan mulai tahu beberapa kosa katanya. Dibandingkan dengan saya dulu, jelas anak saya ini lebih cepat mengenal bahasa Inggris dalam kesehariannya.


Belajar bahasa Inggris di usia dini, perlukah?



Sebagai orang tua, mungkin hadir sebuah pertanyaan di kepala kita, apakah tidak masalah mengenalkan bahasa asing ke anak di usia dini? Apakah tidak memberatkan bagi mereka? Nah, ternyata, menurut penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, saat anak usia dini belajar bahasa asing, kreativitas, keterampilan, kemampuan berpikir kritis dan fleksibilitas pola berpikir anak menjadi lebih baik. Selain itu, di usia emas anak dari 6-12 tahun, otak mereka mampu menyerap materi pelajaran dengan mudah, terutama jika materi tersebut berkaitan dengan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi.

Dalam hal mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak ini sendiri, bisa dilakukan sejak anak berusia 1 tahun ke atas. Di usia balita seperti ini, perkembangan bahasa anak sudah mulai berkembang dan mereka sudah bisa mengikuti apa yang orang katakan. Namun perlu diingat juga jika ingin mengenalkan beberapa bahasa kepada anak di usia balita, pastikan anak sudah menguasai bahasa ibu terlebih dahulu baik secara reseptif maupun ekspresif atau ketika anak sudah bisa berkomunikasi secara efektif dengan lawan bicaranya. 

Selain dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, mengenalkan bahasa asing pada anak juga memiliki beberapa manfaat lain yakni:

  • Meningkatkan kemampuan kognitif anak
  • Mengasah otak anak, termasuk kemampuannya menyelesaikan masalah, berpikir kritis dan mendengarkan dengan baik
  • Meningkatkan memori, konsentrasi dan kemampuan anak untuk multitasking 
  • Mengasah kreativitas anak
  • Membantu anak dalam proses belaja

Dengan berbagai paparan di atas, tentunya tidak masalah dong ya jika orang tua ingin mengajarkan anak bahasa asing sejak usia balita.


Berkenalan dengan Aplikasi belajar bicara Bahasa Inggris untuk anak LEXO LAB



Kalau dipikir-pikir, salah satu faktor yang membuat anak-anak generasi Z dan alpha seperti anak saya lebih cepat terpapar bahasa Inggris ini adalah semakin canggihnya teknologi digital yang ada di sekitar kita. Kalau dulu di masa saya kanak-kanak lagu yang dikenalkan kepada anak-anak adalah Bintang Kecil atau Pelangi Pelangi, maka di masa sekarang anak mungkin lebih mengenal lagu Baby Shark atau Baby Finger dibanding lagu anak Indonesia tersebut. Karena itu tidak heran jika anak generasi alpha lebih dulu mengetahui kosa kata bahasa Inggris untuk sebuah benda ketimbang bahasa Indonesianya. 

Selain video lagu anak dari youtube, anak generasi Alpha juga berkenalan dengan bahasa Inggris lewat permainan kartu berupa flash card. Dalam dinamika dunia parenting yang selatu berkembang, penggunaan kartu berupa flash card merupakan salah satu stimulasi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Biasanya flash card ini menggunakan bahasa Inggris atau malah dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa asing. Karena itulah anak juga lebih cepat mengenal bahasa Inggris lewat permainan flash card yang dilakukan bersama orang tua. 

Tak hanya lewat video youtube dan flash card, mengenalkan bahasa Inggris untuk anak juga bisa dilakukan lewat program online untuk belajar bicara bahasa Inggris yang bisa diunduh di playstore atau mengakses langsung dari browser smartphone. Lewat web aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak ini, anak akan dikenalkan dengan berbagai kosakata bahasa Inggris dan juga cara pelafalannya yang pastinya sangat membantu anak dalam hal mengucapkan sebuah kata dengan benar. Dalam hal mengenalkan bahasa Inggris untuk anak sendiri, kita tentunya tidak perlu ngoyo sampai mengajarkan Grammar dan Tenses pada anak, melainkan lebih pada percakapan atau kegiatan berbicara dalam bahasa Inggris agar anak terbiasa. 

Untuk Yumna sendiri, melihat dirinya yang menunjukkan ketertarikannya dengan Bahasa Inggris, belakangan terpikir di benak saya untuk mengajak Yumna belajar bahasa Inggris ini lewat web aplikasi belajar bahasa inggris anak. Ada cukup banyak aplikasi belajar bicara Bahasa Inggris yang ada salah satunya adalah LEXO LAB. LEXO LAB merupakan solusi belajar bicara bahasa Inggris online berbentuk web aplikasi yang dibuat oleh perusahaan asal New Zealand dengan menggunakan sistem pembelajaran seperti proses belajar bahasa ibu dengan menggunakan pendekatan yang efektif serta memberikan feedback yang akurat, korektif dan real time pada kemampuan berbicara anak. 
 
Dengan program yang dimilikinya, LEXO LAB mampu membuat anak-anak tertarik untuk belajar berbicara Bahasa Inggris sekaligus menjaga minat mereka untuk tetap berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Beberapa kelebihan dari aplikasi LEXO LAB ini antara lain: 
  • Pendekatan melalui bahasa ibu atau bahasa pertama
  • Proses pembelajaran menarik dilengkapi dengan berbagai karakter berwarna-warni, feedback yang real time pada proses perkembangan kemampuan berbicara anak
  • Meningkatkan kemampuan pelafalan dan kelancaran anak dalam berbicara bahasa Inggris
  • Kurikulum standar internasional
  • Teknologi belajar yang canggih
  • Mudah digunakan
  • Harga terjangkau
  • Lingkungan belajar yang bebas tekanan
  • Efisiensi waktu belajar


Cara mendaftar di Aplikasi belajar bahasa Inggris LEXO LAB

Berbeda dengan aplikasi belajar bahasa Inggris lain yang harus diinstal dulu di handphone, LEXO LAB bisa diakses langsung di komputer maupun handphone melalui alamat website resminya yakni https://app.lexolab.com/. Untuk bisa mendaftar dan mengikuti program belajar bahasa Inggris di aplikasi LEXO LAB, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
 
  1. Buka website https:lexolab.com/indonesia/signup isi data diri lengkap dan tekan tombol kirim
  2. Setelah mengirimkan data diri lengkap dan akun berhasil dibuat klik tombol click here to login untuk masuk ke akun LEXO LAB
  3. Setelah berhasil login, jangan lupa untuk melakukan verifikasi email yang sudah didaftarkan sebelumnya
  4. Klik Add Child untuk menambahkan data diri anak
  5. Isi data diri lengkap anak dan klik tombol Add
  6. Akun anak berhasil dibuat, silakan logout dan login kembali dengan menggunakan username dan password pada saat mendaftarkan data diri anak
  7. Klik Go untuk memulai #LEXOLABChallenge
  8. Klik tombol Play untuk memulai pretest
Bagi teman-teman yang sudah melakukan pendaftaran di LEXO LAB bisa nih mencoba free trial selama 14 hari menggunakan aplikasi LEXO LAB Indonesia dan kemudian mendapat penawaran dengan harga eksklusif. Nah, kalau program di LEXO LAB ini dirasa cocok dan membantu anak dalam belajar bicara bahasa Inggris teman-teman bisa langsung coba paket regulernya di laman https://lexolab.com/indonesia/pricing/ mumpung sekarang ada paket promo dengan biaya Rp. 50.000,00 per bulan. LEXO LAB juga akan memberikan laporan setelah 3 bulan bagi mereka yang melakukan pendaftaran sebelum akhir tahun 2021.

Pengalaman Trial di LEXO LAB



Setelah mengetahui tentang aplikasi LEXO LAB ini, saya langsung saja mendaftarkan Yumna untuk belajar bahasa Inggris di aplikasi LEXO LAB ini. Sesuai dengan petunjuk, saya menemani Yumna mengikuti pre test yang dibuat untuk menentukan level program nantinya. Pre test ini terdiri atas pertanyaan menebak gambar, mengisi pertanyaan titik-titik hingga juga sesi listening. 

Berhubung Yumna masih berumur 5 tahun dan belum bisa membaca otomatis semua pertanyaan diisi dengan tidak tahu dan hasilnya Yumna akan belajar bahasa Inggris dengan level 1. Setelah mengetahui level kelasnya, kami langsung mencoba level selanjutnya yang merupakan sesi pengenalan kosa kata.

Di sini chatpod dari LEXO LAB memperlihatkan sebuah gambar dan menyebutkan nama gambar tersebut. Setelah semua nama gambar disebutkan, tugas Yumna adalah menyebutkan ulang nama benda dengan merekam suaranya pada microfon yang tersedia yang nantinya akan direkam dan diberi penilaian. Kita juga dapat mereview pengucapan kata di detail review penilaian yang diberikan. 


Yumna sendiri sangat bersemangat mengikuti pelajaran di LEXO LAB Aplikasi belajar bahasa Inggris anak ini. Gambar yang disajikan pada website LEXO LAB sangat menarik. Tidak sabar rasanya untuk mencoba program ini selama 14 hari ke depan dan memberikan updatenya kepada teman-teman sekalian!
 

31 Comments

  1. wah aplikasi yang keren ya, kapanpun anak bisa belajar dr rumah dan bisa diawasi ortu

    ReplyDelete
  2. Saya mau coba nih buat anak-anak. Apalagi si sulung sudah mulai mengenal dan belajar bahasa Inggris di sekolahnya. Salah satu bahasa yang masih menjadi favorit untuk dipelajari.

    ReplyDelete
  3. Yumna beruntung banget, masih kecil udah ketemu aplikasi belajar bahasa Inggris seperti LEXO LABS ini, ya. Dulu, tante belajarnya sambil nonton film full house di TVRI hihihi..Jadi ketauan umur, deh. Selamat belajar, Yumna :)

    ReplyDelete
  4. Menarik ini, di Lexo Lab bisa trial dulu ya. Saya pengen trial juga. Langsung buka alamat website-nya. Terima kasih, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Cara penyampaian materi yang menarik tuh ngaruh banget loh saat anak belajar bahasa asing. Bakalan lebih mudah paham ya jika disertai dengan permainan dan tampilan video yang menarik.

    ReplyDelete
  6. Zaman sekarang belajar bisa dari mana saja ya. Beruntung udah ada aplikasi belajar bicara bahasa Inggris di Lexo Lab. Mana fiturnya juga menarik buat anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mudah banget ya mba belajar bahasa bagi anak-anak. Pake aplikasi gini juga bisa dan fiturnya bagus untuk anak-anak, menarik...

      Delete
  7. Senang banget ya Yuma belajarnya terus mengalami peningkatan. Saya jadi pengen install juga aplikasinya buat jadi pembelajaran putra saya di rumah.
    Bahasa Inggris apalagi belajar harus sejak dini ya biar makin besar makin banyak kosakata yang dipahaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Teh, jadi pengin nyobain juga, soalnya anak saya di sekolah ga dapet pelajaran bahasa asing. Harus belajar sendiri nih. Lexo lab bisa jadi pilihan untuk masuk ke pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan untuk anak.

      Delete
  8. Yumna seusia Ashika 5 tahun yaa. Mau aku cobain Lexo sama anak aku,trial 14 hari yaa..asyik ya Yumnaaa belajarnya semangat.
    Bhs inggris penting..dari dulu sampai sekarang yaa mba. Aku merasakan manfaat banget belajar bhs inggris waktu dulu

    ReplyDelete
  9. Aku sih sepakat bahwa belajar bahasa sejak dini tuh emang sangat penting dan perlu karena banyak sih manfaatnya. Mulai dari Mengasah kreativitas anak dan juga membantu anak dalam proses belajar juga ya mba :)

    ReplyDelete
  10. Sekarang banyak banget ya cara untuk belajar bahasa Inggris buat anak-anak. Ada yang kursus, ada juga yang pakai aplikasi semacam ini. Memudahkan buat kita, yang penting ada akses internet.

    ReplyDelete
  11. Cas cis cus bahasa Inggris anak sekarang ya, takjub banget karena mereka sekolahnya pun banyak yang bilingual. Sering liat iklan Lexo Lab di Instagram dan ternyata begini ya cara belajarnya, kereeenn.

    ReplyDelete
  12. Suka gemes kalau ngeliat teman-teman anakku ngomong Inggrisnya udah cas cis cus. Jadi penasaran cobain LexoLab ini, lucu banget interfacenya.

    ReplyDelete
  13. Tiap liat anak kecil yang udah pinter ngomong bahasa asing tuh suka gemes dan kagum sih. Dan sekarang sarana belajar bahasa Inggris untuk anak makin mudah ya mbak, bisa lewat LexoLab ini jadi bisa belajar dari rumah, kalo dulu harus banget tiap sore pergi ke tempat les, hehe

    ReplyDelete
  14. Aplikasinya penting banget ini sama pentingnya dengan kemampuan anak menguasai bahasa Inggris, apalagi sangat dianjurkan anak-anak belajar bahasa Inggris sejak dini dan dengan aplikasi yang menarik seperti ini pastinya anak-anak makin semangar belajar/

    ReplyDelete
  15. Belajar bahasa Inggris sekarang penting banget ya, Mbak. Suka sedih kalau di medsos ada yang sharing pengetahuan dalam bahasa Inggris trus komennya pada, "Nggak ngerti. Nggak bisa Enggres." Padahal sekarang udah banyak cara untuk belajar bahasa Inggris bahkan sejak dini seperti aplikasi Lexo Lab ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca review ini jadi pengen nyoba Lexo Lab, nih. Kalau belajar pakai aplikasi biasanya anak-anak lebih semangat ya, berasa seperti main game aja.

      Delete
  16. Happy banget nih nemu aplikasi ini sangat membantu anak-anak menambah pembelajaran ya

    ReplyDelete
  17. Anak saya 7 tahun nyanyi2 lagu luar dg bahasa ga jelas...saya amat2in....yaa ampooon lagunya alan walker... beneran ga cocok sama usia tp lagu itu sering ada di video game :D.

    Saya pengen coba lexo ah..ini skrg dia juga belajar pake salah satu aplikasi.

    ReplyDelete
  18. Anak gen A lebih kritis dan kreatif ini benar sekali yaa..
    Belajar menggunakan media belajar online LEXO LAB menjadi menyenangkan dan pastinya belajar bahasa ini menjadi media komunikasi yang kelak dibutuhkan.

    ReplyDelete
  19. wah iya, anak sekarang ini jadi lebih dituntut untuk punya kemampuan berbahasa Inggris ya mbak
    Banyak cara agar anak punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik, salah satunya ya dengan belajar online di LEXO LAB ini

    ReplyDelete
  20. Dulu saya mulai ada pelajaran Bahasa Inggris saat kelas 5SD. Saya merasa terlambat banget belajarnya, makanya kemampuannya gini-gini aja. Kalau sekarang, rasanya belajar bahasa Inggris sudah jadi salah satu kebutuhan dasar ya, Mbak, karena penting banget untuk menunjang pergaulan dan karir di masa depan. Bersyukur banget sekarang sudah tersedia aneka media untuk mempelajari bahasa ini.

    ReplyDelete
  21. beruntung banget generasi sekarang mau belajar apa aja gampang
    ada aplikasinya dan bisa belajar dari rumah
    anak saya belajar bahasa inggris dari tontonan chanel tv
    lumayan kosakatanya dan pengucapannya
    tapi boleh juga nih daftar di lexo lab

    ReplyDelete
  22. Semangat mengikutkan anak-anak belajar di Lexo LAB karena media belajar yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, bahasa Internasional yang sampai kini masih menduduki peringkat bahasa nomer 1 yang harus dikuasai.

    ReplyDelete
  23. Wah, terjangkau juga ya ada harga promo 50.000/bulan. kayanya aku mau coba juga nih buat anak anakku, mereka mulai tertarik banget sama bahasa Inggris khususnya setelah nonton film film yang berbahasa Inggris

    ReplyDelete
  24. Wah menarik, pengen banget coba nih les English buat anak aku juga, nanti coba kepoin lexo ini lah, tfs mbak

    ReplyDelete
  25. Wah lexo lab nih bener-bener memudahkan orangtua ya yang mau ngajarin anak b.ing. Kalau kita dulu kan agak susah ya cari les b.ing yang off line sekarang malah ada buat anak-anak ya.

    ReplyDelete
  26. anakku juga suka ini mba belajar melalui lexolab alhamdulilah ya apalagi ada free trialnya

    ReplyDelete
  27. Pasti senang nih Salfa kalau kuajak coba kemampuan Inggris-nya di Lexo Lab. Bakalan senang karena ada yang ditemani bercakap pastinya...

    ReplyDelete
  28. waaah seru grafisnya menarik minat anak2 buat nyobain yamak
    aku kepikir emang ini bahasa inggris cuma belum tahu les di mana :")
    bisa juga pakai lexo

    ReplyDelete
Previous Post Next Post