Tips Memilih Maskara untuk Mempercantik Matamu

 


Mata merupakan salah satu bagian wajah yang paling sering menjadi ajang kreasi bagi para pecinta make up. Mulai dari menggunakan eyeshadow untuk kelopak mata, lalu eyeliner untuk mempertegas garis mata, hingga tentunya maskara untuk memperlentik bulu mata kita. Perbedaan make up mata yang dipilih bisa memberikan tampilan yang berbeda dari wajah kita. Misalnya saat menggunakan eyeshadow gelap akan memberikan kesan gothic atau tua lalu jika ingin tampilan lembut kita bisa menggunakan eyeshadow yang berwarna kalem pada bagian mata kita.

Saya jadi ingat saat awal-awal berkenalan dengan dunia make up dan para beauty vlogger dibuat terkagum-kagum pada cara Suhay Salim menghias bagian matanya. Seingat saya, itulah pertama kali saya mengetahui istilah blending untuk meratakan warna eyeshadow di mata kita. Saking penasarannya saya sempat belajar membuat make up mata tersebut secara otodidak. Sayangnya karena nggak rajin berlatih sampai sekarang saya masih belum bisa membuat make up mata yang bagus.

Di antara berbagai produk untuk mata yang digunakan untuk mempercantik mata kita, mungkin maskara adalah produk yang paling sering dan mudah digunakan. Maskara merupakan produk yang memiliki fungsi melentikkan bulu mata yang sekaligus membuat mata terlihat lebih hidup. Tak perlu menggunakan eye shadow macam-macam asal bulu mata sudah on, maka tampilan kita akan terlihat oke.

Dalam hal memilih maskara untuk bulu mata ini, tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut adalah beberapa tips memilih maskara untuk mempercantik matamu:

1. Pilih maskara sesuai bentuk bulu mata

Setiap orang tentunya memiliki tipe bulu mata yang berbeda. Ada yang matanya sudah cakep dengan bulu mata tebal dan lentik namun ada juga yang harus selalu bersyukur dengan bulu mata pendek dan tipis seperti saya. Ada berbagai jenis maskara yang disediakan di pasaran dengan berbagai fungsinya. Kamu bisa memilih sesuai bulu matamu. 

Misalnya kalau punya bulu mata pendek dan tipis kita bisa memilih maskara dengan fungsi memperpanjang bulu mata dan menambah volume. Lalu kalau bulu mata kita sudah panjang kita bisa memilih maskara dengan fungsi melentikkan bulu mata.

 

2. Perhatikan bentuk kuas maskara

Selain memilih maskara sesuai dengan tipe bulu mata, kita juga perlu mengetahui fungsi dari berbagai bentuk kuas maskara agar tidak salah memilih maskara. Maskara dengan bentuk kuas melengkung memiliki fungsi memberikan hasil akhir bulu mata yang lentik. Ada juga maskara dengan kuas yang lurus dan panjang berfungsi untuk memanjangkan bulu mata. Terakhir ada juga kuas maskara yang berbentuk tebal dan padat yang cocok digunakan untuk menambah volume bulu mata. 


3. Pilih warna maskara sesuai kebutuhan

Selain hitam dan bening, maskara juga memiliki berbagai pilihan warna seperti coklat, biru, hingga pink. Untuk pemakaian sehari-hari, kita bisa gunakan maskara bening atau hitam yang membuat bulu mata terlihat lentik natural. Sedangkan jika ingin berkreasi dengan tampilan make up tertentu, kita bisa memilih maskara dengan warna-warna sesuai dengan tema make up yang dipilih.


3. Gunakan maskara waterproof agar tampilan selalu oke

Salah satu masalah yang kerap terjadi saat menggunakan maskara adalah maskara yang digunakan ternyata tidak tahan air alias luntur. Tentunya kita nggak mau dong sudah cakep-cakep dandan eh tahu-tahu mata jadi hitam-hitam karena maskara yang digunakan bleber kemana-mana. Karena itu sebaiknya pilihlah maskara waterproof agar make up-mu tidak cepat berantakan. Namun perlu diingat bagi kamu yang muslim maskaranya harus dihapus dulu ya, kalau mau shalat.   

 
Demikian sedikit tips yang bisa saya bagikan dalam memilih maskara untuk mempercantik matamu. Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian.

9 Comments

  1. Naah..ini nih.. Aku selalu nyerah kalau harus pakai maskara sendiri! Hampir selalu gagal sih.. Terima kasih tips2nya yaa..

    ReplyDelete
  2. Memilih maskara ini bener-bener tricky banget. ini adalah kosmetik dalam urutan terakhir yang harus aku miliki, alias gak penting-penting amat. soalnya beberapa kali beli maskara dan mencoba memakainya, kok nggak ada bedanya ya. Sudahlah alhasil aku menyerah dan memakai bulu mata palsu.

    ReplyDelete
  3. Aku paling ga bisa pake maskara tapi tetep aja beli meski pas make belepotan wkwk..paling suka memang yang waterproof pernah coba yang ga waterproof eh luntur seketika

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dikasih bulu mata lentik (kata orang-orang) jadi ngerasa nggak perlu pake maskara. Soalnya nggak jago make make up, jadi ya begitulah hehe... Pernah nyoba make dan ngerasa kok nggak beda jauh ya...

    ReplyDelete
  5. Naah, sekarang mata yang paling banyak dieksplore ya tuk makeup, apalagi sekarang kan kita pake masker kemana-mana, jadi yang paling mudah kelihatan ya bagian mata.
    Tipsnya oke banget nih Mbak, makasih ya :)

    ReplyDelete
  6. Aku suka lihat bagaimana bentuk kuas maskaranya sih sebelum beli. Meski ada produk tertentu yang aku sukai. Tapi benar juga ya. Aku abai soal bentuk bulu mata emang. Makanya kadang nggak nyaman saat pake maskara. Dududu... kudu lebih aware lagi nih....

    ReplyDelete
  7. Maskara ini emang penting banget deh buat makin cantik mata kita. Karena bulu mata kita bakalan tampak tebal, jelas, dan melengkung cantik.

    Maskara waterproof nih yang selalu jadi incaran. Biar gak cepet luntur. 😂

    ReplyDelete
  8. Sederhana juga ya ternyata cara memilihnya. Ntar kalau beneran jadi beli maskara, bakal oake contekam tips sederhana di atas.
    Belanjaaaaa...

    ReplyDelete
  9. Make up itu salah satu cara untuk mempercantik muka dan muka tiap orang beda-beda. Tentunya berbagai alat make up termasuk maskara ini mesti ngikutin gimana bagian wajah kita, Dalam hal ini bulu Mata.

    Salut sama wanita wanita yang memahami hal semacam ini, pasti butuh waktu lama dan juga perjuangan yang panjang buat bisa make up dengan bagus

    ReplyDelete
Previous Post Next Post