5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Hari Ulang Tahun





Bagi sebagian orang, hari ulang tahun merupakan sebuah momen yang istimewa. Pada hari bertambahnya usia ini, biasanya kita akan mendapatkan berbagai ucapan dan doa dari keluarga dan sahabat. Tak hanya itu, kadang ada juga hadiah yang diberikan sebagai pelengkap di hari istimewa tersebut. Bahkan ada juga yang memperoleh kejutan dengan mendapat prank pada hari ulang tahunnya.

Di masa kita kecil, ulang tahun mungkin merupakan sebuah momen yang selalu ditunggu untuk dirayakan. Saya ingat pada masa kecil dulu cukup sering mendapatkan undangan ulang tahun dari teman-teman di TK dan SD. Biasanya undangannya berupa kartu kecil dengan gambar animasi dan pesan "Tiada kesan tanpa kehadiranmu". Hihi. Tentunya saat menghadiri ulang tahun teman sekolah ini saya membawa kado sederhana untuk empunya acara.

Puluhan tahun kemudian, giliran saya yang mengadakan acara ulang tahun untuk putri tercinta. Pada ulang tahunnya yang ketiga, saya dan suami sepakat mengadakan pesta kecil untuk Yumna. Rumah kami hias dengan balon ucapan selamat. Tak lupa juga kami mengundang beberapa anak komplek yang seusia dengan Yumna untuk datang ke acara ulang tahun hari itu.

Hari itu, Yumna sangat gembira. Dengan penuh semangat dia membuka kado yang diberikan teman-temannya sambil berkata besok ingin merayakan ulang tahun lagi. Sayangnya setelah Covid-19 datang, momen ulang tahun anak-anak tak bisa lagi kami rayakan dan hanya dilakukan bersama anggota keluarga.


Ulang tahun tak harus selalu pesta

Momen ulang tahun sebenarnya tidak selalu identik dengan perayaan. Ada juga orang-orang yang menganggap hari tahun layaknya hari biasa tanpa harus diperingati dengan berlebihan. Malah ada yang menjadikan momen berkurangnya jatah umur ini sebagai sebuah peringatan untuk melakukan introspeksi bagi dirinya. Apakah di usia yang dicapai sekarang dirinya sudah cukup mencapai goal tertentu hingga apa saja hal yang harus diperbaiki dari dirinya pada masa mendatang.

Di saat usia kita masih belasan atau awal 20-an, momen ulang tahun mungkin akan dirayakan bersama dengan teman-teman. Bahkan pada masa remaja ini ada yang namanya sweet seventeen atau ulang tahun di usia ke 17 tahun yang biasanya dirayakan secara istimewa oleh beberapa remaja. Ulang tahun di usia ini menandakan seorang remaja sudah mulai siap menghadapi dunia baru sebagai orang dewasa mengingat di usia 17 tahun seorang anak sudah bisa memperoleh kartu identitasnya sendiri.

Lalu bagaimana jika usia sudah menginjak kepala tiga? Apakah di usia ini masih bisa seseorang merayakan momen ulang tahunnya secara meriah? Tentunya ada perbedaan antara perayaan ulang tahun di usia 20 dan 30-an. Saat usia menginjak kepala tiga, mungkin ada sebagian dari kita yang sudah berkeluarga dan bekerja. Lingkungan dan pola pikir pastinya sudah berbeda dengan saat masih di usia 20an dulu. Lalu kira-kira kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan untuk memperingati ulang tahun ini? Berikut beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan di hari ulang tahun:

Syukuran bersama keluarga

Konon semakin bertambahnya usia seseorang, maka lingkaran pertemanannya juga akan semakin menyempit. Jika di saat remaja dan anak-anak seseorang akan merayakan ulang tahun dengan mengundang banyak orang, maka di usia yang sudah dewasa ini, ulang tahun biasanya hanya dirayakan bersama dengan orang-orang terdekat, entah itu keluarga atau juga sahabat. Di momen ini bisa menjadi ajang untuk lebih mengeratkan hubungan antar keluarga juga pastinya menjadi wadah silaturahmi bersama keluarga.


Berbagi kepada sesama

Kegiatan lain yang bisa dilakukan pada hari ulang tahun adalah berbagi kepada sesama. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan membagikan makanan untuk pekerja dan anak jalanan atau berbagi bersama anak-anak yatim di panti asuhan. Jika dibandingkan dengan pesta meriah yang menghabiskan banyak biaya, merayakan hari ulang tahun dengan berbagi kepada sesama pastinya akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kita.


Melakukan evaluasi diri

Ulang tahun juga merupakan momen bagi kita untuk melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Pada hari ulang tahun kita bisa melakukan refleksi hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan di usia sebelumnya, impian mana yang sudah tercapai dan hal-hal yang membuat kita kecewa pada tahun sebelumnya. Tak jauh berbeda dengan tahun baru, kita juga bisa membuat resolusi dan harapan di penambahan usia ini.


Mencoba hal baru

Apakah ada hal baru yang ingin kamu coba namun tak kunjung terealisasi? Jika ada, maka momen ulang tahun bisa menjadi saat yang tepat untuk mencoba hal baru tersebut. Apakah itu kursus memasak? Kursus fotografi? Atau mungkin membuat video untuk YouTube. Dengan mencoba hal baru ini pastinya akan menambah pengalaman kita dan juga memberikan warna baru di penambahan usia kita.


Memberi kado bagi diri sendiri

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan pada hari ulang tahun adalah dengan memberi kado bagi diri sendiri. Kamu bisa melakukannya dengan menikmati perawatan wajah dan tubuh di salon hingga berbelanja yang konon merupakan terapi paling efektif yang kerap dilakukan kaum hawa saat sedang banyak pikiran. Tentunya untuk berbelanja ini kita juga harus bijak dan punya budget khusus dong, ya. Syukur-syukur kalau ada suami yang mau memberikan dompetnya untuk berbelanja ini atau voucher belanja yang bisa digunakan di berbagai merchant.

Salah satu voucher belanja yang bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai merchant adalah Sodexo Gift Pass. Sodexo Gift Pass merupakan salah satu produk dari Sodexo, perusahaan yang melayani jasa penyediaan voucher belanja baik itu untuk perusahaan maupun perorangan dengan berbagai nilai nominal sesuai permintaan. Sodexo Gift Pass bisa digunakan di ratusan merchant dengan 10 kategori mulai dari makanan, supermarket, departemen store hingga hotel. Wah, kalau saya pribadi pastinya akan senang sekali jika mendapat kado berupa Sodexo Gift Pass ini. Hehe.

Untuk penggunaannya sendiri, sangat mudah. Kamu cukup membawa voucher Sodexo yang dimiliki dan menyerahkannya kepada kasir saat akan melakukan pembayaran. Tentunya kamu harus pastikan dulu merchant tersebut menerima pembayaran menggunakan voucher Sodexo, ya. Selain itu perlu diingat untuk voucher Sodexo yang berbentuk fisik atau kertas, usahakan jangan sampai terlipat, sobek atau basah karena dapat mempengaruhi pembacaan data di voucher tersebut.

Itulah dia beberapa kegiatan positif yang bisa kita lakukan saat hari ulang tahun tiba. Tentunya masih banyak hal positif lain yang bisa kita lakukan di momen penambahan umur ini. Teman-teman ada yang mau menambahkan?

20 Comments

  1. Ahaaa, ide2 yg brilian nih Kak.
    Apalagi kita memang kudu melakukan self-love secara paripurna ye kan
    sip sipp, makasiii ide ciamikkk nya

    ReplyDelete
  2. Setuju banget nih mba Antung seiring bertambahnya usia banyak sekali hal-hal yang lebih bermanfaat yang bisa dilakukan daripada sekedar perayaan tiup lilin. Menurut saya vocer sodexo ini jadi salah satu alternatif kado yang rekomended kalo bingung kasih hadiah buat teman atau sodara. Dan saya pasti ga bakalan nolak nih kalo pas ulang tahun dapet hadiah voucher sodexo hihi.

    ReplyDelete
  3. wah ide brilian nih, beri hadiah voucher Sodexo

    karena suka bingung kasi hadiah

    pernah ngasih hadiah, udah pilihnya ribet eh gak dipake

    beda dengan voucher Sodexo yang bisa dibelanjakan apapun ya?

    ReplyDelete
  4. Ada banyak alternatif kegiatan untuk ini ya Mbak. Kalau ditambahkan satu, misal muhasabah diri juga mantap tuh. Semakin kita dewasa atau tua, harusnya semakin bertanggung jawab juga kita atas diri sendiri, hehe

    ReplyDelete
  5. Aku suka memberi kado untuk diri sendiri. Ga hanya pas ulang tahun sih, kadang ketika berhasil mencapai target sesuatu atau berhasil menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal. Kado untuk diri sendiri ga jauh-jauh dari peralatan masak atau baking, suka juga bikin kue sendiri dan dimakan sendiri :)

    ReplyDelete
  6. kami biasanya ya syukuran sama keluarga dekat aja, kak. apalagi sejak pandemi gini yaa.. ultah selalu kami rayakan di rumah aja, nggak keluar2 rumah sama sekali :D

    ReplyDelete
  7. Bener, Kak. Kami kalau ada yang ultah ya apaling makan bareng di mana gitu, asal bareng keluarga. Atau syukuran dengan bikin nasi berkatan kecil-kecilan. Kalau Sodexo Gift Pass itu emang beneran bermanfaat. Aku ingat pas masih di Bogor beberapa kali dapat Sodexo Goft Pass yang lumayan dari JNE, bisa buat belanja di alfamart hehe. Praktis juga buat kado dan hadiah.

    ReplyDelete
  8. Semakin kesini aku juga semakin biasa saja ketika ulang tahun haha. Begitu juga temen, kadang cuma ngucapin di grup aja wkwkw.
    Lebih ke muhasabah diri dan emang diri sendiri ini yaang kasih hadiah kwkwkw, sebagai bentuk syukur dan terimakasih untuk diri sendiri sih kalau aku

    ReplyDelete
  9. Kalau di desa pengen sebenernya kasih voucher tapi nggak ada outletnya. Akhirnya kalau kepengen beliin voucher mesti buat temen2 di kota. Ide bagus nih.

    ReplyDelete
  10. Boleh juga nih idenya mbak. Aku nggak kepikiran selama ini buat kasih kado ke diri sendiri. Thanks sharingnya mbak

    ReplyDelete
  11. Sejak menikah, kami sepakat untuk gak merayakan ulang tahun. Hihii...tapi jadi ingat kalau akhir-akhir ini rindu diberi kejutan. Jadi memberi hadiahnya gak pas hari H. Dan menyenangkan sekali yaa..kalau dapat hadiah voucher Sodexo.

    ReplyDelete
  12. Mungkin ad apro kontra dalam merayakan ulang tahun ini. Dulu semasa masih si gle malah jarang memgingat milad . Eh semenjak nikah jadi rajin. Suami ataupun aku juga sering menajdikan ini momen special. Alhamdulillah gak harus pas hari itu tapi bisa lebih berapa hari gtu sebagai momen refleksi biasanya maem gtu diluar ya anggap aja quality time

    ReplyDelete
  13. Aku setuju dengan poin memberi hadiah pada diri sendiri. hehe.. sering kulakukan juga kak, meskipun tidak di momen milad saja sih

    ReplyDelete
  14. Memberi hadiah pada diri sendiri penting banget nih, soalnya sering lupa kalo diri sendiri sudah bertahan cukup lama dengan begitu banyak perjuangan hehe

    ReplyDelete
  15. Sesuai poin ke-5, beberapa tahun lalu aku punya ritual unik. Karena dulu masih jauh dari orang tua (karena rantau), jadi pas ultah aku suka beli kue ulang tahun buat diriku sendiri. Trus ditambahin tulisan "Happy birthday Fajar.. From diri saya sendiri". Orang-orang sekantor always bingung wkwkwk

    Tapi semenjak udah nikah, ritual itu akhirnya aku stop. Istri ngomel-ngomel soalnya hahaha

    ReplyDelete
  16. Setuju banget mb, aku juga gak saklek dg ultah, paling banter menuhin keinginan anak kayak pengen di masak apa, trus ntar dibagi sama siapa aja? Pengen hadiah apa, udah gitu haha

    ReplyDelete
  17. Nahhh... Idenya keren nih. Kadang banyak orang yang agak anti bikin acara ultah katanya sarat kegiatan negatif dan tidak bermanfaat. Padahal acara ultah tidak selalu diisi dengan pesta pora kan.

    ReplyDelete
  18. aku salah satu yg ga pernah pesta sih. dr dulu masih kecil tiap birthday itu trip sekeluarga besar aja. sampe gede gini kalau birthday ya cuma jalan2 aja, keluarga inti sih karena belum bisa biayain sekeluarga besar kyk ortu, hahaha..

    ReplyDelete
  19. Aku termasuk yang sejak nikah gak pernah ada apa2 deh di hari ulang tahun. Palingan merenung dan bersyukur doang

    ReplyDelete
Previous Post Next Post