Hadapi Tantangan Di Rumah Selama Pandemi Bersama Shopee

 


Kita semua pastinya setuju kalau dua tahun terakhir merupakan masa yang sulit bagi semua orang. Hadirnya virus Corona sebagai awal dari pandemi membuat perubahan besar terjadi di berbagai belahan bumi. Masyarakat pun kemudian dipaksa untuk beradaptasi hingga melahirkan berbagai penemuan dan kebiasaan baru dalam keseharian. Dan meski sekarang vaksin sudah ditemukan, kita semua masih belum bisa benar-benar bebas karena katanya virus Corona ini akan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu perubahan terbesar yang terjadi di masa pandemi adalah berubahnya aktivitas masyarakat dari yang di luar rumah menjadi lebih banyak di rumah. Di awal masa pandemi, kebijakan Work from home dan school from home diberlakukan demi mencegah penyebaran pandemi. Dari segi efektifitas, bekerja di rumah mungkin tidak terlalu mempengaruhi dunia kerja. Saat ini ada cukup banyak bidang pekerjaan yang bisa dijalankan sambil minum kopi di depan meja kerja kita yang bahkan mungkin lebih menyenangkan ketimbang harus bermacet ria ke kantor. 
 
Sebaliknya, untuk dunia pendidikan, belajar di rumah menghadirkan masalah tersendiri. Anak-anak yang belum terbiasa dengan sistem pembelajaran online mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Sementara orang tua terutama ibu juga mau tidak mau harus benar-benar turun tangan dalam pendidikan anak mereka yang bisa berdampak juga pada perubahan emosi orang tua. Untungnya sekarang sudah banyak aplikasi dan situs belajar online yang dapat membantu anak-anak dalam proses pembelajaran.
 
Anak sulung saya sendiri tahun ini berusia 4,5 tahun. Jika tidak ada virus Corona, rencananya tahun 2021 ini saya akan memasukkannya ke salah satu PAUD yang ada di kota. Namun, berhubung pandemi belum usai dan pembelajaran masih dilakukan secara online, maka rencana sekolah tersebut ditunda sampai nantinya situasi benar-benar kondusif dan anak saya bisa bersekolah dengan aman.



Tantangan yang dihadapi selama masa pandemi

Selama masa pandemi, tentunya ada banyak tantangan yang harus kita hadapi. Jika berada di luar rumah, maka hati pasti aka was-was diri akan terpapar virus Corona dan menularkannya kepada orang di sekitar. Sedangkan jika berada di rumah, maka kita juga harus bersabar dengan rasa bosan yang hadir karena tak bisa kemana-mana terutama saat awal pandemi ditetapkan. 

Bagi saya pribadi, setidaknya, ada 3 tantangan yang harus dihadapi selama 2 tahun masa pandemi, yaitu:

Menjaga kesehatan di masa pandemi 

Hadirnya virus Corona seolah mengingatkan kita semua untuk selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Virus yang muncul di Wuhan akhir tahun 2019 ini begitu mematikan dan selalu memiliki wajah baru dalam penularannya. Hingga kini, menurut WHO tercatat sudah ada 10 varian dari virus Corona yang muncul dari berbagai negara. Indonesia sendiri di bulan Juni lalu sempat menghadapi gelombang kedua Corona yang merenggut banyak sekali nyawa. Gelombang kedua ini kebanyakan berasal dari virus Delta yang berasal dari India.

Agar terhindar dari virus ini Corona, salah satu hal penting yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Selain itu tentunya kita juga harus selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M yakni mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Bosan? Pastinya. Namun demi terhindar dari virus ini kita harus terbiasa dengan pola hidup sehat tersebut.  
 
Dalam hal menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sendiri, kita bisa melakukannya dengan rajin berolahraga, berjemur untuk mendapatkan vitamin D hingga mengkonsumi berbagai suplemen yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selama masa pandemi, vitamin bisa dibilang merupakan produk yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Apalagi saat terjadi lonjakan kasus di pertengahan 2021 yang lalu, berbagai vitamin terutama vitamin D3 diburu bahkan sampai salah satu merk susu sapi juga habis di pasaran karena adanya kabar hoax susu tersebut bisa mencegah tubuh terkena Corona.
 
Tentunya bukan hal yang menyenangkan saat kita memerlukan vitamin namun tak bisa dibeli di apotek karena stoknya habis. Nah, untuk bisa mendapatkan suplemen kesehatan ini, selain membelinya di apotek, kita juga bisa membeli secara online lewat aplikasi Shopee. 

Mengatur keuangan yang terdampak akibat pandemi 

Tantangan kedua yang hadir di masa pandemi adalah dalam hal mengatur keuangan yang terpengaruh akibat pandemi. Pandemi Corona hadir dengan segala konsekuensinya salah satunya di bidang ekonomi. Ada yang pendapatannya berkurang bahkan mungkin kehilangan pendapatan selama masa pandemi ini. 
 
Di keluarga saya sendiri, perubahan besar yang terjadi selama masa pandemi adalah suami yang memutuskan resign untuk memulai usahanya sendiri karena memang di tempatnya bekerja dulu tidak ada peningkatan karir. Jujur ini merupakan sebuah hal yang berat bagi kami mengingat ada 4 kepala yang harus diberi makan sementara sumber pemasukan kini berkurang satu kaki. Saya jadi harus lebih pintar dalam mengelola keuangan dan mau tak mau anggaran untuk investasi jadi berkurang di masa pandemi ini.

Meski ekonomi terdampak di masa pandemi, tentunya kita tak boleh berputus asa dalam menghadapi masa pandemi. Untuk bisa menghadapi kesulitan ekonomi di masa pandemi, kita harus buka mata lebar-lebar dan temukan peluang untuk bisa mendapatkan rezeki. Untuk saya sendiri, selain mengandalkan gaji saya sebagai karyawan, saya juga memiliki hobi yang cukup menghasilkan yakni ngeblog yang bisa dijalankan dari rumah. Alhamdulillah blog yang sudah berusia hampir 5 tahun ini bisa memberikan pemasukan baik itu lewat sponsored post atau lomba seperti Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah.


Mengatasi rasa bosan selama berada di rumah aja

 

Berada di rumah dalam waktu yang lama mau tak mau menghadirkan kebosanan. Untuk mengatasi rasa bosan yang hadir selama berada di rumah ini, orang-orang mulai melakukan berbagai kegiatan mulai dari mencoba resep baru, berkebun, mendekor ulang rumah, hingga membuat konten di berbagai platform media sosial.
 
Untuk saya sendiri, sebenarnya selama masa pandemi ini frekuensi berada di rumah saja mungkin tidak sebanyak orang-orang yang full WFH karena perusahaan tempat saya bekerja memberlakukan WFH dengan sistem shift bagi karyawannya. Ini karena saya bekerja di sektor kritikal yang pastinya tidak memungkinkan semua karyawannya untuk bekerja di rumah. Meski demikian, tetap saja saya juga mengalami kebosanan seperti yang dialami mereka yang lebih banyak berada di rumah.

Untuk mengisi waktu selama masa WFH, saya mengisinya dengan mencoba beberapa resep kue dan cake. Yumna dan Yafiq, dua anak saya yang berusia balita kerap meminta saya membuatkan kue untuk mereka di akhir minggu saat saya sedang tidak bekerja. Tentunya sebagai ibu yang sayang anak saya berusaha memenuhi keinginan mereka. Jadilah di akhir minggu saya membeli berbagai bahan kue seperti coklat, tepung, gula dan pastinya juga telur.

Sejujurnya, dalam urusan membuat cake ini saya tidak jago sama sekali. Berkali-kali membuat cake, tidak ada yang memuaskan hati saya karena rata-rata kue yang saya buat itu agak gagal. Saya sudah mencoba beberapa metode namun setiap kali saya coba rasanya ada saja yang kurang. Kurang lembutlah, gosong dan juga bantat. Satu-satunya kue yang bisa dibilang berhasil dibuat adalah brownies panggang yang memang masuk dalam kategori kue bantat. Hehe.


Pakai Shopee untuk penuhi kebutuhan selama masa pandemi

Dengan hadirnya pandemi selama 2 tahun terakhir, tentunya membuat kita semua tak aman untuk berbelanja ke luar rumah. Untuk memenuhi kebutuhan selama masa pandemi, baik itu keperluan rumah tangga atau untuk keperluan hobi yang kita lakoni di rumah, belanja online pastinya menjadi pilihan yang aman. Dengan berbelanja menggunakan aplikasi belanja online, kita tak perlu repot ke luar rumah dan hanya perlu menunggu produk yang dibeli tiba di depan rumah lewat perantara kurir.

Selama beberapa tahun terakhir, Shopee merupakan pilihan utama saya dalam hal berbelanja online ini. Mulai dari kosmetik, kebutuhan rumah tangga hingga juga kebutuhan anak-anak rata-rata saya beli di Shopee. Salah satu produk yang saya beli di Shopee selama masa pandemi ini adalah ringlight beserta tripod yang memang sangat diperlukan bagi konten kreator seperti saya. Saya juga membeli beberapa lembar 3D wallpaper untuk mempercantik dinding rumah yang penuh coretan anak-anak dan juga handphone baru untuk menggantikan handphone lama saya yang sudah mulai tak nyaman digunakan. Barang-barang yang saya beli tersebut tentunya harganya lebih murah dan hemat dong ketimbang belanja langsung ke toko offline.

Memang salah satu keuntungan dari berbelanja secara online ini kadang kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang di toko offline. Apalagi jika berbelanja menggunakan Shopee, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Beberapa keuntungan berbelanja di Shopee ini antara lain:
 

1. Banyak voucher yang dapat meringankan pembayaran



Tentunya ini adalah alasan utama kenapa saya berbelanja di Shopee. Setiap harinya, Shopee menyediakan banyak voucher untuk berbagai keperluan kita. Mulai dari voucher gratis ongkir yang pastinya sangat meringankan ongkos berbelanja saya, voucher cashback untuk berbagai produk dan pastinya juga voucher cashback untuk berbagai tagihan. Cashback yang kita dapatkan ini juga bisa digunakan lagi untuk pembayaran pada pembelian berikutnya. Menguntungkan sekali bukan?
 

2. Pilihan produk yang lengkap dan mudah dalam pencarian



Di Shopee, kamu bisa berbelanja berbagai macam produk baik itu rumah tangga, kecantikan, elektronik dan yang lainnya. Untuk menemukan produk yang ingin dibeli pun sangat mudah dan terdapat fitur filter yang membuat kita bisa memilih lokasi penjual, penilaian, jenis pengiriman hingga program promo yang ada. Tambahan lain, Shopee mempunyai user interface yang sangat mudah dipahami dan nggak bikin bingung kalau mau belanja.

3. Program promo tanggal cantik dan tanggal gajian



Tanggal cantik merupakan tanggal yang selalu ditunggu para pecinta belanja online. Di tanggal cantik ini biasanya marketplace akan jor-joran dalam memberikan promo kepada penggunanya, tak terkecuali Shopee. Selain promo tanggal cantik, Shopee juga punya promo SMS yakni Shopee Mantul Sale yang digelar setiap tanggal 25-27 setiap bulannya. Dalam promo SMS ini kamu bisa mendapatkan voucher gratis ongkir 0Rp, Shopeepay Deal 1Rp, promo serba seribu, dan banyak promo lainnya. 

4. Program Affiliate Shopee yang bisa nambah pemasukan

Selain berbelanja, kamu juga bisa lho dapat pemasukan dari Shopee yakni lewat program Shopee Affiliate Program. Shopee Affiliate Program merupakan program yang menawarkan pemasukan tambahan bagi konten kreator ataupun influencer dengan cara mempromosikan produk di Shopee. Untuk bisa mengikuti program ini kamu cukup mendaftarkan diri dan kemudian akan mendapatkan link untuk produk yang ingin dipromosikan. Selanjutnya tinggal bikin konten deh terkait produk tersebut. Semakin banyak pembelian yang terjadi dari link yang kamu bagikan, maka akan semakin banyak juga komisi yang kamu dapatkan. Pas banget kan nih buat yang punya hobi ngeblog dengan serius dan bikin konten dari rumah kayak saya.

Pandemi memang belum usai. Kita juga tidak tahu sampai kapan akan menjalani pandemi ini. Namun tentunya kita tetap harus optimis dalam menjalani aktivitas dan hobi kita. Apalagi sekarang juga ada Shopee yang bisa membantu memenuhi berbagai kebutuhan hidup di masa pandemi.

46 Comments

  1. Belanja online menjadi salah satu jalan ninjaku juga deh wkwkwk.... Lewat shopee pun oke. Karena bisa dapat koin2 dari game yg dimainin tiap hari

    ReplyDelete
  2. saat ini belanja online bisa dijadikan bahan untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah, soalnya aku juga bisa meninkmati nya . salah satunya e-commerce shopee tempat belanja online

    ReplyDelete
  3. Aku setuju mba klo shopee memang sangat membantu memenuhi kebutuhan kita saat pandemi melanda karena udh tinggal pencet hp barang nya udh sampai dirumah

    ReplyDelete
  4. Menyenangkan bangeettt ada Shopee ini.
    Bener2 bisa menjadi coping mechanism selama pandemi
    Semangattt buat kita semua, ya

    ReplyDelete
  5. Main game aja bisa dapat potongan belanja. Inilah bikin emak-emak happy . Tantangan hemat belanja bisa dilakukan selama pandemi

    ReplyDelete
  6. Pandemi memang sudah banyak berdampak pada kehidupan kita ya. Saya alami juga. Bisa stres rasanya kalau gak ada tempat menyalurkan energi keresahan selama pandemi ini. Shopee salah satu program healing saya juga saat pandemi. Diskon, bebas ongkir, sereceh itu tapi asyik bikin happy

    ReplyDelete
  7. Pandemi jadi mengubah perilaku belanja juga ya mbaa, sekarang pun jd lebih nyaman online aku juga belanjanya, apalagi kalo ada banyak promo freeongkir kayak dari shopee gini wkwk

    ReplyDelete
  8. kelebihan shopee ini memang banyak promonya ya.. penjualan pun ramai di sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangett aku paling suka karena sering gratis ongkirrr hahaha. Jadi selalu cari apa aja di sana.

      Delete
  9. Program affiliate shopee nih aku baru gabung. Meski baru sedikit tapi lumayan juga ya. Lagian, sekarang kan orang-orang banyak juga yang lebih seneng belanja via shopee. Ya akan lebih baik jika kita memanfaatkannya untuk mendapat income tambahan. Hehehehe

    ReplyDelete
  10. Shopee banyak amat keunggulannya ya, mulai dari free ongkir, voucher, program affiliate nya, diskon dan lainnya. Saya juga sering lah belanja online di Shopee. Lumayan menghemat pengeluaran kalo pas lagi ada promo.

    ReplyDelete
  11. Bikin kue memang butuh kesabaran. Nggak bisa langsung oke, itu yang daku rasakan ๐Ÿ˜ญ, padahal kata keponakanku rasanya sih enak, bentuknya aja gak sesuatu ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  12. Shopee tempat belanja paporitku kak, promonya menarik, banyak voucher gratis ongkir, terus semua serba ada, pokoknya aku cintaaaa shopee!

    ReplyDelete
  13. Aku juga selalu belanja online di Shopee, banyak promonya
    barangnya juga lengkap

    ReplyDelete
  14. Shopee, andalanku banget buat belanja-belanja. Kadang-kadang saya nyetok barang dagangan dari Shopee juga, belanja dari akun suplier. Lumayan sih, harga lebih miring dibanding order lewat web agen atau WAG Reseller.

    ReplyDelete
  15. Shopee juga jadi teman baik aku selama pandemi hehe
    Sering banget belanja kebutuhan disini mulai dari pulsa, listrik, baju dan peralatan lain
    Seneng disini tuh banyak diskon dan gratis ongkir
    Jadi membantu banget

    ReplyDelete
  16. Shopeee emang andalan banget. Selama Pandemi bisa dibilang salah satu pelepas kebosananku adalah shopee. Belanja apapun lewat shopee, sampai saudara saudaraku suka nitip, soalnya kalo aku yang belanja bisa dapet gratisan ongkir wkwkwk... padahal yang lain juga sama...

    ReplyDelete
  17. Akuuuu oengguna Shopee. Selalu ngincer free ongmir atau voucher2 lainnya. Baru aja hari ini checkout juga sih. Wkwwkwk.
    Siap2 10.10 yuk ahhh

    ReplyDelete
  18. Sebagai orang yang sering di rumah saja, tentunya mengatasi rasa bosan adalah dengan cara belanja di shope haha. Sekarang juga aktif ikut program affiliate nya ka, bosan nya hilang paket pun sampai. hihi

    ReplyDelete
  19. Aku pengguna Shopee juga, nih. Mulai dari beli, makanan, buku pelajaran, mesin buat kolam, hingga beli gawai juga di Shopee. Btw, aku jadi tertarik mencoba affiliate-nya, ah. Semoga disetujui lamaranku.

    ReplyDelete
  20. Program promo tanggal cantik sih yang seringnya menggoda. Apalagi tiap bulannya, selalu ada perayaan untuk diskon tanggal cantik yang digelar sama Shopee. Jadinya barang yang diinginkan ya masuk keranjang dulu, checkout semua pas tanggal promo tiba.

    ReplyDelete
  21. Selama pandemi ini saya juga merupakan pengguna Shopee yang hampir semua kebutuhan rumah kecuali pangan dari Shopee belinya. Kalau makanan, biasanya langsung dari pasar dan masak di rumah. Sedangkan beli mainan anak, pakaian, peralatan usaha, semua dari Shopee.

    ReplyDelete
  22. Semoga meski banyak tantangan dan berkurang satu sumber penghasilan semua tetap dimudahkan ya Mbak..terus semangat!
    Aku juga makin akrab sama Shopee selama pandemi ini, banyak voucher dan program promo.apalagi tinggal di Jakarta kalau free ongkir promonya sungguh memudahkan. Karena bebelian juga makin mudah jadinya

    ReplyDelete
  23. Shopee ni emang daebak. Banyak promonya apalagi yg gratis ongkir. Sama flash salenya itu lho yg ditungguin

    ReplyDelete
  24. Shopee ini memang semua serba ada. Dan sangat menggoda promo-promonya

    ReplyDelete
  25. Setuju setuju kak
    Voucher shopee adalah yang paling ditunggu-tunggu setiap tanggal kembar wkwk

    Bisa dipakai untuk apa dan meringankan ongkos kirim ��

    ReplyDelete
  26. Wajib banget sih belanja di Shopee ini bukan hanya sekadar barang2 yang diinginkan tetapi juga barang yang menjadi kebutuhan sudah banyak tersedia di Shopee. Belanja bulanan juga enak via Shopee.

    ReplyDelete
  27. Wah iya, saat pandemi memang banyak tantangannya ya mbak
    contohnya saat harus belanja kebutuhan pokok, mw keluar rumah tapi takut virus, untung bisa belanja di Shopee

    ReplyDelete
  28. Aku lagi tertarik sama Shopee Affiliasi melihat teman-teman banyak yang udah mencoba. Mengapa kita tidak juga ikut ya. Siapa tahu kan rejeki kita juga ada di sana.

    ReplyDelete
  29. Betul Mba emang selama pandemi ini banyak tantangannya. Dengan adanya shopee ini jadi solusi berbelanja yang aman dan praktis.

    ReplyDelete
  30. Dulu merasa senang banget semuanya di rumah saja. Tapi lama-lama ya bosen juga ya. Apalagi kebutuhan ini itu tetap harus dijalankan dan dipenuhi. Adanya market place seperti Shopee ini pastinya banyak banget menolong kita yang harus di rumah saja

    ReplyDelete
  31. Banyak yang pake shopee ini ya๐Ÿ˜ญ apa hanya aku aja yang masih putus hubungan dengan shopee 2 tahun lalu.

    Duh jadi mupeng kan pengin balikan lagi kalau gini๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  32. Shopee ini menariknya kalau promo free ongkir tanpa minimum pembelian. Kan mayan kalau belanja receh gratis ongkir haha

    ReplyDelete
  33. Saat pandemi, memang yang paling aman ya belanja online.
    Tempat belanja online ya di Shopee yang terbaik

    ReplyDelete
  34. Aku lhoo setiap buka Shopee langsung berburu promo. Biasa laah ibu ibu yaaa... dapet barang promoan kan happynya tak terkira. Makin gampang kan belanja apa saja dengan adanya Shopee ini.

    ReplyDelete
  35. Pendemi memang membuat kita semua awalnya panik lalu lama kelamaan menjadi jenuh ya, kak..
    Aku pun merasakan...kalau sudah terlalu lama di rumah, rasanya pengen improvisasi gitu..
    Alhamdulillah ada Shopee yang membuat kita semua semakin kreatif berkarya dengan memanfaatkan barang-barang yang "unik".

    ReplyDelete
  36. Saya juga sering memanfaatkan voucher atau promo untuk belanja pakai shopee. Hehe, lumayan agak agak hemat kantong

    ReplyDelete
  37. Voucher shopee ini beneran keren lho kak buat yang tinggal di luar Pulau jawa hihihi Mayan banget membantu ya, soalnya harganya juga lumayan daripada beli offline disini

    ReplyDelete
  38. Saya tertarik nih sama program affiliate Shopee. Lihat beberapa orang teman sudah mulai cuan dari afiliasi ini.

    ReplyDelete
  39. shopee mah mmg marketpalce no.1 top lah

    ReplyDelete
  40. Meskipun banyak tantangan selama dirumah semoga bisa tetap produktif ya Mba di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  41. Harus tetap semangat lawan pandemi ini. Apalagi bareng Shopee yang menginspirasi untuk tetap berkarya

    ReplyDelete
  42. wah kita sama kak, sama sama pakai shopee ya untuk memenuhi kebutuhan saat pandemi. Alhamdulillah, dipermudah dengan Shopee

    ReplyDelete
  43. Aku punya toko online lho di Shopee, e-commerce paling mudah & royal banget! Dulu tuh free ongkir nya hingga 80rb lho! Mantulita!

    ReplyDelete
  44. It's true.
    Selama masa pandemi, banyak sekali gelombang naik-turunnya masalah.
    Kudu tetap jaga kesehatan fisik dan mental. Dengan Shopee, hati senang meski belum tentu check out juga, hehehe..

    ReplyDelete
  45. Samaa.. aku juga sekarang hampir semua kebutuhan beli di Shopee. Piring dan kawan-kawan, skincare, baju, dll semua beli Shopee. Dan aku mau juga dong ikutan program afiliasinya. Ntr aku cari tau deh caranya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post