Informasi SehatQ, Manfaat Betadine yang Ampuh Sembuhkan Luka

 
Pixabay

Sebagian besar masyarakat menyimpan kotak obat di rumah sebagai bentuk pertolongan pertama apabila terjadi sesuatu. Salah satu obat yang selalu tersedia di kotak obat adalah Betadine yang dikenal sebagai obat untuk luka. Bahan aktif utama yang terkandung dalam Betadine adalah povidone iodine. Obat antiseptik ini mempunyai ragam bentuk seperti cairan, semprot, salep, dan stik.

Ada beberapa manfaat Betadine yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Mari kita simak!

Manfaat Betadine yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa manfaat dari betadine yang perlu kita ketahui:

Mencegah Infeksi pada Luka

Ingatkah pengalaman kecil Anda ketika jatuh dari sepeda? Pasti ada bagian tubuh Anda yang terluka atau lecet akibat bergesekan langsung dengan jalanan. Lantas, ibu akan langsung memberikan pertolongan pertama dengan memberikan Betadine ke atas luka lecet atau luka yang mengeluarkan darah.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi infeksi pada luka Anda. Kondisi kulit yang terbuka rawan dihinggapi kuman atau virus penyebab infeksi. Jadi, apabila luka langsung dibaluri oleh Betadine, pertumbuhan kuman dan virus dapat dicegah dan terhindar dari infeksi.

Pembersih Bagian Tubuh Sebelum Tindakan Operasi

Sebelum dilakukan operasi, dokter pasti mengoleskan Betadine ke kulit tubuh yang akan dibedah. Manfaat Betadine dalam hal tersebut adalah untuk melindungi terhadap mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada pada kulit.

Pembasmi Hama Tanaman 

Tak hanya untuk mengobati luka, Betadine ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi hama tanaman. Jika Anda penyuka tanaman, pasti kesal melihat tanaman kesayangan layu karena terserang hama. 
 
Anda bisa memanfaatkan Betadine untuk menghilangkan hama, caranya pisahkan bagian tanaman yang sudah membusuk dengan tanaman bertunas yang masih sehat. Oleskan Betadine ke bagian tanaman yang masih sehat tadi, kemudian tanam kembali. Pemberian Betadine dipercaya akan mengurangi penyebaran jamur dan bakteri pada tanaman. 

Menghilangkan Kuman atau Jamur pada Hewan 

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, pasti merasa sedih apabila kulit mereka terinfeksi kuman atau jamur. Memandikan ‘anabul’ alias anak bulu dengan larutan air yang sudah tercampur beberapa tetes Betadine, dipercaya ampuh untuk menghilangkan kuman atau jamur lho! 

Masukkan sekitar 0.3 – 0.75 ml atau 6 – 15 tetes obat antiseptik tersebut ke dalam 60 L air. Apabila anabul Anda terluka, berikan 20 tetes Betadine dalam larutan air dan basuhkan ke bagian yang luka. Dan, voila! Kuman, jamur, atau luka akan terhempas jauh dari anabul kesayangan Anda! 

Mensterilkan Brush Make Up 

Kulit wajah Anda pernah mengalami iritasi karena penggunaan brush yang tidak bersih? Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Betadine juga dapat digunakan untuk membersihkan serta mensterilkan peralatan make up. Kandungan povidone iodine dalam Betadine berfungsi untuk mensterilkan dan mencegah infeksi lanjutan. 

Bagaimana caranya? Cukup rendam brush Anda di air hangat yang sudah diberikan beberapa tetes Betadine. Diamkan beberapa menit, lalu keringkan. Taraa! Brush Anda sudah bebas dari kuman-kuman penyebab iritasi! 

Mensterilkan Mainan Anak

Mensterilkan mainan anak adalah salah satu manfaat Betadine lainnya. Di musim pandemi seperti sekarang, Anda pasti paranoid dengan benda-benda sekitar yang kemungkinan terhinggapi virus. Apalagi beberapa mainan yang setiap harinya dimainkan oleh anak Anda. 

Agar mainan anak Anda terbebas dari kuman jahat, Anda hanya cukup merendam mainan tersebut dalam air yang sudah ditetesi 5 – 6 tetes Betadine selama lima menit. Lalu, bilas dan keringkan. Dan, mainan anak Anda sudah aman dari ancaman kuman-kuman nakal! 

Nah, itu dia manfaat dari Betadine yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk itu pastikan stok ketersediaan Betadine di rumah selalu ada, karena kini Anda bisa membelinya dengan mudah di Toko SehatQ. Semoga dapat menjadi wawasan baru dan bisa Anda praktekkan langsung di rumah!

18 Comments

  1. Ternyata banyak juga ya manfaat betadine, kirain cuma buat membersihkan luka. Ternyata bisa juga untuk disinfektan pada tanaman ya dan untuk membersihkan mainan anak

    ReplyDelete
  2. Wah kalau tidak mampir di artikel ini saya gak bakalan tahu ternyata betadine punya banyak manfaat daripada sekedar obat luka.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata betadine juga dapat digunakan untuk membersihkan serta mensterilkan peralatan make up. Padahal betadine emang salah satu must have item di rumah emang.

    ReplyDelete
  4. Betadine emang selalu ada di kotak P3K yang biasanya ada drmh. Banyak banget ya manfaatnya

    ReplyDelete
  5. Baru tahu mbak, tenyata Betadine bisa untuk mensterilkan mainan anak-anak juga. Kalau begitu bakal aku coba di rumah.

    ReplyDelete
  6. Wah, selama ini pakai Betadine untuk membersihkan dan mengobati luka aja. Ternyata banyak juga manfaatnya. Kalau stok di rumah udah mau habis nanti coba beli di Toko SehatQ ah.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu loh bisa buat macem-macem betadine ini, selain untuk menyembuhkan luka doang mba Ay, makasih mba jadi nambah wawasan nih jika ada masalah bisa deh menggunakan betadine untuk hal-hal yang lain juga

    ReplyDelete
  8. Di rumah selalu sedia betadine, Mbak, Untuk jaga-jaga apabila ada hal yang tidak diinginkan. Selain mengobati luka juga menghilangkan kuman untuk kucing jadi lebih aman dengan menggunakan betadine.

    ReplyDelete
  9. Eh ternyata betadine bisa buat membersihkan brush make up juga ya mbak, aq baru tau nih

    ReplyDelete
  10. aku baru tahu kalau di SehatQ ada tokonya sekarang, mbak. Kupikir hanya untuk konsultasi dan janjian kunjungan ke rumahs akit sama dokternya.

    ReplyDelete
  11. Hehe.. Betadine ini obat legend buat aku. Mulai aku kecil ampe udah punya anak remaja tetep aja betadin ada di kotak obat

    ReplyDelete
  12. Betadine sudah terpercaya sejak dulu ya mbak
    dari aku kecil hingga sekarang, selali ada betadine di kotak p3k ku di rumah

    ReplyDelete
  13. Wah, baru tahu betadine bisa buat menghilangkan hama tanaman, Kak. Mau nyoba buat tanaman di rumah, ah

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu kalau mnafaat dari betadine i i banyaak sekali, ku pikir hanya untuk obat luka, nyatanya bisa membersihkan brush makeup juga yaa, asik nih jadi brush nya lebih bersih dan pastinya highenis

    ReplyDelete
  15. Untung nemu artikel ini.. ternyata betadine punya banyak manfaat yaa...
    jadi sebenarnya ga rugi kalo dirumah nyetok betadine

    ReplyDelete
  16. toss. aku juga kalau ada apa-apa suka pakai sehatq, lebih praktis apalagi kondisi gini

    ReplyDelete
  17. Nah boleh nih... jadi inget brush make up sama mainan anak belum dibersihkan lagi, bisa dengan Betadine ya Mbak, noted deh informasi SehatQ ini

    ReplyDelete
  18. Ini tuh penyembuh luka dari zaman saya TK haha. langganan sampai sekarang punya anak 1 nggapernah ganti2 selalu betadine <3

    ReplyDelete
Previous Post Next Post