OPPO Reno6, Smartphone Portrait Expert Terbaru untuk Kamu Pecinta Video Bokeh

 


Selama ini, mungkin kita hanya mengenal 6 emosi yang dimiliki manusia seperti sedih, senang, takut, marah, jijik dan terkejut. Emosi ini biasanya bisa diketahui dari perubahan mimik wajah dari seseorang. Jika merasa senang, kita akan tersenyum, sebaliknya jika sedang marah maka wajah kita akan berubah menjadi lebih tegang. Lalu jika sedih, kita mungkin akan mengekspresikannya dengan menangis dan jika sedang takut atau jijik wajah kita mungkin akan mengkerut. 

Keenam emosi yang saya sebutkan di atas merupakan hasil penelitian dari psikolog Paul Eckman pada tahun 1970-an. Nah, di tahun 2017 berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Alan S Cowen dan Dacher Keltner PhD dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences (2017) disebutkan kalau manusia memiliki 27 jenis emosi yang berbeda-beda. Keduapuluh tujuh emosi yang ada pada manusia ini antara lain kekaguman, pemujaan, apresiasi, terhibur, gelisah, perasaan kagum, janggal, bosan, bingung, idaman, jijik, tak berempati, terbuka, iri, girang, takut, ngeri, bahagia, gembira, nostalgia, cinta, sedih, puas, hasrat seksual, simpati dan kemenangan. 

Dalam hubungannya dengan interaksi sosial, kemampuan untuk membaca emosi seseorang baik itu dari perubahan mimik wajah atau perilaku sangatlah penting. Dengan bisa membaca dan memahami emosi seseorang, maka akan memudahkan kita dalam bereaksi maupun menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar. 


Hubungan ekspresi wajah dengan teknologi AI pada handphone OPPO Reno6

Mengingat eratnya hubungan antara ekspresi wajah seseorang dengan emosi yang dimilikinya, maka pada tahun 1972, seorang peneliti bernam Paul Ekman mengembangkan sebuah teknologi bernama facial action coding system (FACS) yang berfungsi mendeteksi ekspresi berdasarkan pergerakan otot-otot di wajah yang disebut Action Unit. Dengan membandingkan dua obyek berdasarkan AU yang telah ditentukan, alat yang dibuat Ekman akan bisa membantu dalam mengetahui emosi yang dirasakan seseorang.

Pada tahun 2019, teknologi yang dikembangkan Ekman ini kemudian diimplementasikan ke dalam kamera berbasis sistem AI oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pengenalan emosi dan perilaku sosial yakni Neurodata Lab. Kamera yang berbasis AI ini kemudian dikembangkan untuk banyak hal seperti mendeteksi emosi seseorang, membantu mengidentifikasi pelaku terkait pencarian kerja hingga menguji penyataan tersangka kejahatan.

Tak hanya oleh perusahaan, sekarang teknologi AI untuk mendeteksi emosi ini juga sudah dibenamkan pada merk smartphone ternama yakni OPPO Reno6. Dengan adanya teknologi AI ini, membuat kamera OPPO Reno6 mampu mengabadikan berbagai ekspresi manusia dalam bentuk video portrait yang indah. Dari video tersebut, OPPO Reno6 juga akan menampilkan penjelasan terkait ekspresi atau emosi yang ada pada wajah objek dalam video. 
 
Terkait teknologi AI yang dimiliki OPPO Reno6 ini, sebenarnya fitur tersebut sudah ada pada seri pendahulunya yakni OPPO Reno4 dengan nama Night Flare Portrait yang bisa hadirkan foto dengan efek bokeh dan latar belakang blur yang artistik. Tentunya pada seri OPPO Reno6 teknologi yang ada tersebut disempurnakan lagi karena pada seri ini, efek bokeh tak hanya bisa diterapkan pada foto namun juga pada video. 


Berkenalan OPPO Reno6, Smartphone dengan fitur Video Bokeh

 

Bagi kamu pecinta handphone, tentunya tak asing lagi OPPO, brand handphone dari Tiongkok yang memiliki banyak produk dengan kualitas mumpuni. Nah, untuk tahun 2021 ini, OPPO merilis seri terbaru yakni OPPO Reno6 dengan berbagai fitur andalan dan tentu saja desain yang menarik. Nah, sebelum membeli handphone ini, yuk berkenalan dulu dengan fitur-fitur dan spesifikasi yang ada di dalamnya.

Desain OPPO Reno6 yang elegan tanpa meninggalkan bekas sidik jari



OPPO Reno6 hadir dengan desain yang trendy dengan 2 pilihan warna yakni Aurora dan Stellar Black. Permukaan handphone OPPO Reno6 didesain sedemikian rupa dengan teknik pewarnaan Reno Glow sehingga tidak meninggalkan bekas sidik jari setelah dipegang dan pastinya membuat handphone lebih enak dipandang. 
 
Reno Glow ini sendiri merupakan teknik pewarnaan yang mengandung 5 layer diamond spectrum dan menjadi ciri khas OPPO untuk membuat efek kilauan pada punggung handphone sehingga terlihat lebih halus. Untuk dimensinya sendiri, OPPO Reno6 memiliki ukuran ketebalan 7,8 mm dan berat 173 gram yang membuat handphone ini nyaman dipegang.


Fitur unggulan OPPO Reno6 bagi kamu pecinta foto dan video bokeh

Desain luar yang cantik tentunya takkan sempurna jika sebuah handphone tidak memiliki fitur unggulan. OPPO Reno sebagai brand yang sudah dikenal masyarakat dengan hasil fotonya yang oke memiliki berbagai keunggulan terutama dalam hal fotografi yang pastinya akan sangat memanjakan penggunanya. Untuk mendukung kualitas dalam bidang fotografi ini, OPPO Reno6 dibekali 4 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 64 MP (f. 1,7), kamera wide angle 8 MP (f2/2), kamera makro 2 MP (f/2.4) dan kamera mono 2 MP (f/2.4). Sedangkan untuk kamera depan juga tak kalah oke dengan kapasitas 44 MP dan bukaan lensa (f/2.4).
 
Lalu apa saja fitur unggulan dari OPPO Reno6 ini? Berikut ulasannya:

Bokeh Flare Portrait Video

Seperti yang saya tuliskan di atas, fitur ini sudah ada di seri OPPO Reno dengan nama Night Flare Portrait. Kelebihannya, jika pada seri sebelumnya fitur ini hanya untuk foto, maka pada OPPO Reno6 fitur ini dapat bekerja pada video. Pengguna OPPO Reno6 akan bisa menghasilkan video dengan efek bokeh seperti kamera mirrorless yang lebih presisi, serta peningkatan algoritma untuk memaksimalkan pencahayaan dan warna dalam pemrosesan video secara otomatis. Tak hanya itu, hasil perekaman juga dapat mengambil video hingga 300/s untuk menghasilkan efek bokeh yang real time.

AI Highlight Video

Fitur ini merupakan kombinasi dari Night Mode + HDR Live yang memungkinkan pengguna merekam video dalam kondisi kurang cahaya dengan hasil yang lebih cerah dan komposisi warna yang lebih optimal. Algoritma buatan pada fitur ini membantu dalam menstabilkan cahaya saat pemrosesan video. 

 

Portrait Beautification Video

Bagi kaum hawa fitur ini pasti sangat disukai. Pada OPPO Reno6 fitur yang dapat membuat wajah kita lebih cakep ini didukung oleh 2 algoritma baru yakni 373 titik pengenalan wajah untuk menghasilkan algoritma percantik yang lebih halus, alami dan akurat. Lalu ada juga Eye Brightening Algorithm yang akan mendeteksi mata dan memberikan kilauan sehingga dapat memberikan kesan dan karakter yang lebih tajam pada bagian mata tersebut. 
 

AI Palettes

Fitur ini berfungsi meningkatkan warna pada hasil foto dengan cara mengambil "palet warna" dari gambar lain untuk kemudian dipasangkan pada foto tersebut. Fitur ini juga dilengkapi Face Protection, yang menjaga objek wajah manusia agar tidak terjadi perubahan. 

 

Spesifikasi OPPO Reno6 yang membuat main game lebih menyenangkan


 

Setelah membahas fitur, kali ini kita akan membahas spesifikasi dan suku cadang yang dimiliki OPPO Reno6 yang membuatnya menjadi istimewa. OPPO Reno6 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 720G dengan RAM 8GB LPDDR4X dan memori internal 128 GB UFS 2.1. Dengan menggunakan chipset Snapdragon ini akan memberikan membuat permainan game HDR yang lebih mulus, warna dan kontras yang dinamis, dan permainan yang realistik. 

Tak hanya memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam bermain game, chipset snapdragon 720G ini juga menjanjikan kecepatan unduh hingga 800 mbps. Dan dengan subsistem Fastconnect, Snapdragon 720G ini menggandakan kecepatan dan penelurusan wifi untuk permainan dan penelurusan website. Untuk baterainya, handphone ini menggunakan baterai dengan kapasitas 4310 mAh yang didukung deegan kecepatan 50W Flash Charge. 
 
Adapun untuk layar, OPPO Reno6 menggunakan layar dengan panel AMOLED dengan ukuran 6,43". Layar yang digunakan ini memiliki refresh rate sebesar 90 Hz yang artinya layar handphone dapat menampilkan 90 frame dalam satu detiknya. Bagi para pecinta game, refresh rate sebesar 90 Hz ini tentunya sangat menguntungkan karena tampilan game menjadi lebih halus dan pastinya kontrol game pada layar akan lebih lancar. 
 
OPPO Reno6 juga dilengkapi dengan fitur hyperboost 4.0 yang bekerja dengan yang bekerja dengan teknologi AI Frame Adjustment guna menjaga kestabilan frame rate saat ponsel mengalami panas pada mesin atau gangguan sinyal, sehingga pengguna tidak mengalami frame drop secara drastis hingga mengganggu pengoperasian.

Bagi kamu pecinta game, OPPO Reno6 sudah dilengkapi dengan gaming shortcut mode yang memungkinan pengguna menjalankan game yang sudah sering dimainkan tanpa harus menunggu loading screen. Ada juga Bullet Screen Message yang membantu kita melihat notifikasi dari aplikasi instant message saat sedang bermain game tanpa perlu beralih aplikasi. Terakhir, OPPO Reno6 ini juga dibekali dengan Game Focus Mode yang menahan operasi aplikasi lain yang kemungkinan menghadang proses bermain, sehingga sesuai namanya dapat membuat pengguna fokus ke sesi permainan.

Hmm, setelah membaca spesifikasi yang dimiliki OPPO Reno6 ini pastinya teman-teman tertarik dong ya, untuk memilikinya. Apalagi bagi saya yang seorang blogger dan content creator, OPPO Reno6 ini bisa menjadi pilihan smartphone terbaik untuk rekam video dan juga mengabadikan foto pastinya. Handphone OPPO Reno6 ini sendiri sudah dirilis sejak 15 Juli 2021 kemarin dan kamu bisa membelinya akun official OPPO di Shopee dengan harga mulai dari 5 jutaan. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk pesan sekarang! 

18 Comments

  1. MasyaAllah makin canggih aja ya smartphone keluaran Oppo, udah gak perlu kemana mana bawa camera mirrorless atau slr, semua ada di genggaman

    ReplyDelete
  2. Semakin canggih ya, bbeberapa bulan yg lalu dibuat kagum sama Reno 4 dan skrg makin kagum sama speknya Reno 6

    ReplyDelete
  3. OPPO Reno makin keren saja ya. Pengen punya tapi gak kuat sama harganya, hanya bisa berharap ada yang menghadiahi ^_^

    ReplyDelete
  4. wah memang keren ini, andai bisa beli

    ReplyDelete
  5. Fitur yang ditawarkannya sangat kekinian ya. Pernah saya lihat foto teman waktu di Jember Festival bokehnya bagus banget. Ternyata ngambilnya pakai Oppo Reno. Tidak perlu pakai aplikasi hasil foto sudah bagus

    ReplyDelete
  6. Efek bokehnya bagus ya mba. Night mode nya juga. Kalo punya ini jadi gak worried kalo buat konten malem2

    ReplyDelete
  7. saya lihat Reno 5 punya Ipar aja udah kereenn.. ini Reno 6 reviewnya lebih cethaar lagi, weew kereen banget, cocok banget ini ya tuk yang senang video, nunggu harganya turun setengahnya lagi kali nih baru bisa dipinang :D

    ReplyDelete
  8. Saya kalau berangkat dan pulang kerja selalu liat Reno6 melambai-lambai dari toko-toko ponsel sepanjang jalan, wkwkwk. Semoga someday bisa bawa dia pulang. Amiin.

    ReplyDelete
  9. Handphone OPPO tambah bagus aja ya spesifikasinyaa yang bkin tambah tertarik warna hpnya keceh bngt nih duh jadi kpengen ganti hp OPPO Reno6 biar tambah semangat buat bkin konten

    ReplyDelete
  10. Huwaaa teknologi AI yang tertanam di dalam kameranya bisa mendeteksi emosi. Asiknya, bahkan bikin video pun bisa jadi bokeh. Selama ini baru foto bukan sih yang bisa begini? Kok Opppo Reno 6 kece ya? Bikin pengen punya.

    ReplyDelete
  11. Semua fiturnya canggih dan lengkap ya, cukup banget buat anak muda yang pengen mengasah jiwa kreatifnya sebagai content creator. Kameranya keren minta ampun.

    ReplyDelete
  12. Oppo selalu punya teknologi baru, keluaran reno ini tampilannya aja uudah elegant, ditambah dengan hasil fitur yang sangat cakep. Night mode bagus, nih buat yng suka ambil foto di malam hari

    ReplyDelete
  13. Wah, Oppo Reno 6 stylish banget designnya. Saya suka yang warna ocean blue. Cantik banget warnanya. Kualitas gambarnya keren, jadi pengen punya nih hp Oppo Reno 6

    ReplyDelete
  14. Ini launching-nya lumayan viral dan bikin mupeng ya karena hasil selfie-nya kece banget hahaha

    ReplyDelete
  15. Ini gadget ideal buat content creator masa kini, terutama bikin video bokeh yang berkelas. Jadi mupeng pengin punya bener nih OPPO Reno6, Kak. Desainnya juga spesial banget.

    ReplyDelete
  16. Sebagai content creator, ceilee, bikin karya harus ddidukung handphone yang sesuai. Oppo pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
  17. oppo reno ini smartphone yang keren banget nih. bikin video hasilnya bagus banget. jadi penegn punyaaa..

    ReplyDelete
  18. OPPO Reno6 memang keren banget mbak apalagi spesifikasinya mantul. Saya juga suka dengan kamera yang jernih serta tajam.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post