Yuk, Intip Strategi Influencer Marketing IDN Creator Network

 

Yuk, Intip Strategi Influencer Marketing IDN Creator Network

Saat ini, banyak brand-brand lokal baru bermunculan terutama di dunia kecantikan. Sebagai pecinta produk lokal, tentunya saya menyambut dengan antusias kehadiran brand lokal ini, baik yang dikelola oleh artis ataupun mereka yang memang memiliki concern di dunia kecantikan. Dengan semakin banyaknya brand yang hadir ini, tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pemilik brand dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebuah brand dalam mempromosikan produknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan influencer marketing. Seperti yang kita tahu, saat ini media sosial merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Aplikasi seperti instagram, youtube hingga tiktok kini bisa menjadi sarana yang memiliki pengaruh kuat dalam mempromosikan sebuah produk. 

Tentunya dalam menjalankan influencer marketing, sebuah brand tidak boleh asal-asalan. Sebelum memilih influencer untuk mempromosikan produk, ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh pemilik brand. Nah, kali ini aku mau sharing sedikit penjelasan dari Yohana Sitompul, Digital Strategy Manager di IDN Creator Network, sebuah creator marketing platform di bawah naungan IDN Media.


Tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum jalankan influencer marketing 

 

Menurut Yohana Sitompul, dalam menjalankan sebuah campaign untuk produk, setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan brand antara lain:

Marketing objective

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah marketing objective dari sebuah campaign. Marketing objective sendiri merupakan sebuah tujuan yang ingin dicapai dari campaign yang dilakukan. 

“Ada poin-poin yang harus diperhatikan. Pertama, marketing objective. Kita harus paham apa tujuan dari pengadaan sebuah campaign melalui influencer marketing: apakah untuk awareness, conversion, promo, atau product launch?" ungkap Yohana.

 

Target Audiens

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah target audiens, apakah menyasar kepada remaja, anak-anak, atau juga orang dewasa. Dengan mengetahui target audiens ini akan memudahkan kita dalam menentukan platform yang akan digunakan, seperti yang disampaikan Yohana berikut:

"Kedua, target audiens. Dengan mengetahui target audiens brand, akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan platform mana yang cocok untuk brand tersebut: Instagram, twitter, Tiktok, Podcast. Namun, perlu ditekankan bahwa creator marketing platform jangan terus-terusan Instagram-minded. Everything is always evolved, we always need to adapt. Pada kenyataannya, shift memang perlahan terjadi: dari Instagram ke Tiktok, misalnya.”

 

 Referensi Gaya Konten

Dalam membuat konten promo, brand juga perlu memperhatikan referensi gaya konten, apakah menggunakan soft selling di mana promosi yang dilakukan memiliki alur cerita atau hard selling yang lebih to the point, menunjukkan produk dan menyampaikan kelebihan yang dimiliki produk tersebut? Meski demikian, Yohana secara implisit menyebutkan kalau saat ini strategi soft selling lebih banyak dipilih oleh brand dalam memperkenalkan produknya.

"..Sekarang ini, kalau saya bilang, sih, lebih banyak yang pakai strategi soft-selling, meski ada juga yang tetap pakai strategi hard-selling. Strategi soft-selling lebih baik didukung dengan konsep honest review―kita buat seolah audiens tak tahu bahwa mereka sedang terkena exposure branding, begitu,” ujar Yohana detail

 

Mengukur kesuksesan Campaign 

Untuk mengukur kesuksesan sebuah campaign, umumnya brand menetapkan number of reach dari sebuah postingan sebagai parameternya. 
“Kuantitas berdasar data adalah parameter utamanya―apakah memenuhi target yang sebelumnya telah ditetapkan, bagaimana interaksi yang mungkin dihasilkan dari suatu post, brand awareness-nya bagaimana. Nantinya, insight yang kita dapat akan kita kompilasi di sebuah laporan,” begitu penjelasan beliau.
Meski demikian tak menutup kemungkinan paramater lain bisa dijadikan patokan misalnya saat campaign tersebut ramai dibicarakan orang. Hal ini menandakan kalau campaign yang dilakukan sudah cukup sukses.

Ide campaign dari IDN Creator Network


 

Sebagai platform yang menghubungkan antara brand dengan creator, ada 5 campaign yang biasanya ditawarkan oleh IDN Creator Network kepada brand, antara lain:

Hyperlocal KOL (Key Opinion Leader)

Hyperlocal KOL, yakni menggunakan para KOL yang berlokasi di kota-kota kecil yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan adanya hyperlocal KOL ini campaign akan lebih tepat sasaran karena memiliki kedekatan dengan para audiens-nya.

 

Always On

Always On merupakan campaign yang dijalankan secara berkelanjutan untuk periode tertentu. Contoh dari campaign ini misalnya brand X mengadakan campaign dari Januari 2021. Tujuan dari campaign ini adalah menjaga eksistensi brand di mata konsumen.
 
 

Agile Campaign

 Dalam campaign ini, IDN Creator Network akan membantu dalam melakukan tracking dan pengecekan platform mana yang sedang ramai digunakan masyarakat. Dengan cara ini diharapkan brand image dapat terbentuk dengan lebih cepat.
 

National KOL

National KOL berfokus pada KOL yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia. KOL yang dipilih akan disesuaikan dengan target audiens yang ingin dicapai.


Vertical Domination 

Vertical Domination mengarah pada penggunaan KOL dalam jumlah yang sangat banyak. Dalam campaign ini, satu konten yang sama akan dibagikan oleh, misalnya 200 KOL dalam waktu sekian hari. Campaign ini biasanya dilakukan saat sebuah brand meluncurkan produk baru atau sedang mengadakan promo untuk produknya.
 
 
Nah, itulah dia strategi influencer marketing dari IDN Creator Network yang bisa saya bagikan. Dengan strategi yang matang, pastinya akan sangat membantu brand dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat.  
Baca Juga

Post a Comment

19 Comments

  1. Aku baru tau yang objective/goal itu. Awareness, conversion, atau promo. Kalau di media sosial pribadi berarti goalnya cuman di awareness ya mba?

    ReplyDelete
  2. Agile campaign dalam strategi influencer itu penting banget. Aku sih baru menyadari belakangan ini..

    ReplyDelete
  3. Jadi kalopun pake influenser marketing ngga asal jalan ya,mba ?
    ada step-stepnya.

    ReplyDelete
  4. Nggak heran yah kalau IDN Creator Network bisa menjaga eksistensi Brand nya. Ternyata punya strategi influencer marketing yang luar biasa.

    ReplyDelete
  5. Memang strategi soft selling lebih mengena ke audiens yaaa

    ReplyDelete
  6. Lagi belajar soft selling nih. Lebih oke kayaknya dibandingkan hard selling :)

    ReplyDelete
  7. Aku beneran baru tahu mengenai influencer ini begitu nyemplung ke dunia blogger. Keren sih menurutku bisa menggunakan influencer

    ReplyDelete
  8. Luar biasa ya strategi digital marketing dari IDN Creator Network. Nggak heran Media ini terus survive di tengah persaingan saat ini.

    ReplyDelete
  9. Manteb ini, jadi insight bagus kalau lagi mau melakukan campaign ke depannya. Makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
  10. Banyak istilah yg baru buat saya nih. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  11. Artikelnya bermanfaat sekali mbak. Kebetulan aku lagi butuh banget informasi ini buat ngerjain tugas.

    ReplyDelete
  12. Beberapa kali ikutan campaign brand bersama banyak influencer lainnya. Lalu baru tahu kalau itu namanya vertical domination. Bermanfaat banget info ini buat yang menjajal peruntungan di dunia influencer...

    ReplyDelete
  13. Menurut saya, pengetahuan seperti ini juga harus dimengerti oleh semua pihak baik brand, agency dan influencer agar traget campign tercapai

    ReplyDelete
  14. Number of reach dari sebuah postingan sebagai parameternya. Perlu banget di perhatikan....buat influencer marketing.

    ReplyDelete
  15. semuanya penting ya mba. gak bisa asal2an endorse. demi mengoptimalkan promosi

    ReplyDelete
  16. Wah tipsnya lengkap banget dari skala kecil sampe yang jangkauan nasional. Pantesan sekarang tiap brand punya tim marketing khusus yg bener2 fokus di bidang ini ya

    ReplyDelete
  17. Wah kita jadi tau nih gimana strategi influencer marketing. Keren juga euy yang ditawarkan oleh IDN creator network kepada Brand.

    ReplyDelete
  18. Marketing itu harus punya strategi memang ya biar target penjualan bisa tercapai. Bisa jadi belajar juga nih kita pada IDN Creator Network tenang strateginya ini.

    ReplyDelete
  19. Wah.. Keren strategi marketingnya. Bs dicontek nih untuk kt yg membangun bisnis jg

    ReplyDelete