Belajar SEO On Page dan Optimasi Instagram bersama Female Blogger of Banjarmasin


 


Minggu, 11 Oktober 2020 lalu, Komunitas Blogger Perempuan pertama di Banjarmasin yakni Female Blogger of Banjarmasin mengadakan perayaan ulang tahunnya yang ke-4. Jika di tahun-tahun sebelumnya perayaan ulang tahun FBB ini diadakan secara offline, maka untuk acara tahun digelar secara virtual menggunakan aplikasi zoom. Alasan dari diadakannya acara secara virtual ini pastinya karena pandemi Corona yang melanda negara kita. Sisi positifnya, dengan diadakan secara virtual teman-teman sesama blogger yang berasal dari luar kota bisa tetap mengikuti keseruan rangkaian acara ulang tahun.

Acara ulang tahun dimulai sekitar pukul 10 pagi. Saya sendiri mengikuti acara ini bersama beberapa teman-teman blogger dan panitia di Hotel Fave Banjarmasin. Dengan mengenakan dresscode merah marun, kami berkumpul bersama di salah satu ruang pertemuan di Fave Hotel sambil mengikuti jalannya acara. Untuk tahun keempatnya ini, Female Blogger of Banjarmasin mengambil tema Unstoppable Creation yang pastinya menjadi harapan agar para anggotanya juga tak berhenti berkarya meski di masa pandemi.
 
Dalam acara ulang tahun ke-4 ini, Komunitas Blogger Perempuan Female Blogger of Banjarmasin berhasil menggaet 2 orang narasumber keren untuk mengisi acara. Kedua orang ini adalah Mas Irwin Andriyanto (www.masirwin.com) yang merupakan founder dari  Tangerangdigital.com dan Mas Niko Julius founder dari www.nikojulius.com. Adapun materi yang disampaikan kedua narasumber ini adalah tentang Fundamental SEO on page pada blog dan juga optimasi instagram. 

 

Fundamental SEO oleh Irwin Andriyanto

 

Materi pertama pada acara ulang tahun FBB diisi oleh Mas Irwin Andriyanto yang mengusung tema Fundamental SEO. Sebagai blogger, pastinya saya cukup familiar dengan SEO ini dan sempat beberapa kali mengikuti pelatihannya. Pengertian SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan blog/website kita. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencari dalam menilai apakah blog/website kita layak untuk ditampilkandi posisi teratas hasil pencarian atau tidak.
 
Dalam penerapannya sendiri, SEO terbagi menjadi 3 yakni SEO on Page, SEO Off Page dan SEO Experience. SEO On page adalah teknik optimasi dari dalam blog seperti konten yang berkualitas, SEO Off Page adalah teknik optimasi dari luar blog seperti blogwalking, guest post dan SEO Experience teknik optimasi dari luar dalam blog dengan cara yang sudah cocok dengan blog.
 
Dalam materinya hari itu, Mas Irwin fokus kepada SEO On Page. Beberapa paramater dalam menerapkan SEO On Page ini antara lain:
 
1. URL
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat URL postingan adalah pastikan ada keyword dalam URL dan panjang maksimal URL adalah 75 karakter dihitung mulai dari https.
 
2. Title/Judul
Sama seperti URL, dalam membuat judul postingan kita juga sebaiknya menyelipkan kata kunci dengan panjang maksimal 55 karakter

3. Description
Dalam menuliskan meta description lagi-lagi harus ada kata kunci yang sebaiknya diulang sebanyak 2 kali dan panjang maksimalnya 150 karakter

4. Heading
Pastikan hanya ada H1 di setiap halaman. Heading yang paling awal adalah H1, buatlah heading yang urut dan pastikan kata kunci ada di heading

5. Image
Gambar yang diselipkan ke postingan diberi nama sesuai kata kunci yang dipilih.
 
Untuk mengoptimalkan SEO On Page ini, blogger dapat menggunakan beberapa tools seperti SEO Minions, Meta Inspector, Google Search Console dan beberapa tools lainnya.


Optimasi Instagram oleh Niko Julius 

Materi kedua diisi oleh Niko Julius, seorang pengusaha muda dan online enterpreneur pemilik website www.nikojulius.com. Dalam materinya ini, Niko membeberkan berbagai tips dan trik dalam mengoptimasi instagram bagi blogger. Dunia blogger saat ini memang tak melulu soal menulis di blog, namun juga sudah merambah ke instagram. Instagram kini bisa digunakan sebagai media untuk mempromosikan tulisan di blog bahkan kini di instagram juga ada istilah microblog yang merupakan artikel yang dikemas dalam bentuk instagram feed.

Dalam optimasi instagram, hal pertama yang harus diperhatikan adalah audience. Seorang pemilik instagram harus memahami siapa audience yang ingin dijangkaunya. Misalnya orang yang peduli dengan kesehatan akan membutuhkan informasi seputar kesehatan atau gaya hidup sehat. Sedangkan orang yang passionnya pada bisnis akan membutuhkan konten seputar tips, motivasi dan inspirasi. Adapun dalam membuat konten istagram, gambar visual memiliki peranan 80% dalam keberhasilan sebuah konten sedangkan Caption memiliki peranan 20%.

Tak hanya membahas tentang audience, Niko juga berbagi tips tentang bagaimana menemukan konten yang memiliki performa baik di audience, cara planning content lewat aplikasi trello, hingga tentang memahami algoritma instagram. Nah, kalau mau dapat lebih banyak ilmu dari mas Niko ini, teman-teman bisa kunjungi akun instagramnya di https://www.instagram.com/bynikojulius/.


Ulang Tahun FBB bertabur hadiah 

 

Selain diisi materi yang sangat berbobot, tentunya nggak seru dong kalau acara ulang tahun tidak dilengkapi dengan pembagian doorprize dan goodie bag kepada para peserta. Mulai dari produk kosmetik, Tupperware, voucher perawatan di salon hingga vouhcher menginap di hotel. Sayangnya untuk doorprize ini saya belum beruntung dan hanya pulang membawa goodie bag dari Mirabella. Meski begitu saya tak kecewa karena selain bisa mendapat ilmu baru saya juga bisa bertemu lagi dengan teman-teman sesama blogger setelah sekian lama. 
 
O ya, acara ulang tahun Komunitas Blogger Perempuan Female Blogger of Banjarmasin ini tentunya takkan sukses jika tak didukung oleh para sponsor. Berikut adalah sponsor-sponsor yang mendukung acara ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin:
 
1) Mirabella Cosmetics
2) Gloskin Banjarmasin
3) Fave Hotel Banjarmasin
4) Clean Well Banjarmasin
5) Tupperware Palma Tika Raya
6) Kebabblasan Banjarmasin
7) Summber Bed and Breakfast
8) Ambeer.Le Hijab
9) 57 Kitchen
10) media partner My Radio Banjarbaru
 
Demikian sedikit cerita saya tentang perayaan ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin. Semoga ke depannya Female Blogger of Banjarmasin semakin berkembang dan menjadi Komunitas Blogger Perempuan Banjarmasin yang berkualitas.

Post a Comment

2 Comments

  1. wahhh senengnya bisa gabung acara ini mbak, dpt ilmu tentang SEO, bertabur hadiah pula.
    jujur aja aku masih buta banget tentang SEO, belajarnya otodidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah, mbak panitia acaranya bisa menggaet para master. Heu

      Delete