Belajar SEO di Acara Ngobrol SEO Bareng Bang Jimmy


Belajar SEO di Acara Ngobrol SEO Bareng Bang Jimmy
Bang Jimmy dan para peserta


Sebagai blogger masa kini, kayaknya kita semua familiar ya dengan istilah SEO alias Search Engine Optimization. Saya sendiri sudah cukup lama mendengar istilah SEO ini namun baru benar-benar tertarik mempelajarinya setelah bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Alasan saya tertarik belajar SEO tentunya bisa ditebak. Saya ingin blog saya bisa menjaring lebih banyak pembaca lewat teknik-teknik yang ada dalam SEO.

Untuk belajar tentang SEO ini, sebenarnya kita bisa belajar secara otodidak dari berbagai website yang membahas tentang SEO. Namun sepertinya tidak afdol, ya, kalau belajar SEO ini kalau tidak bertatap muka langsung dengan gurunya. Soalnya dengan bertemu muka ini kita akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan dan pastinya bisa banyak bertanya. Hehe.

Nah, untuk itu lebih meningkatkan skill para anggotanya, komunitas Female Blogger of Banjarmasin pun mengadakan acara "Ngobrol SEO Bareng Bang Jimmy" pada 31 Maret 2019 lalu di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Acaranya dimulai sekitar pukul 10.00 WITA dan diikuti oleh beberapa anggota komunitas Female Blogger of Banjarmasin dan beberapa blogger banua yang lain.

Baca juga : Ngeblog Serius, Jadi Bebankah?


Bang Jimmy mulai membagikan ilmunya


Bang Jimmy Ahyari ini sendiri merupakan salah satu blogger Kalimantan Selatan yang sudah menggeluti dunia blog selama 10 tahun. Selain itu, beliau juga baru saja memenangkan kontes SEO yang diadakan oleh Sosiago. Jadi wajar dong kalau kami menggaet beliau sebagai nara sumber.


Pentingnya Belajar SEO bagi Blogger

Sebelum membahas lebih dalam tentang teknik SEO, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu SEO. Menurut blog Panduanim.com, SEO atau Search Engine Optimation adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian, terutama Google. Simpelnya sih, SEO ini usaha agar tulisan kita berada di halaman pertama Google, yang biasanya memang lebih cepat diklik oleh pembaca ketimbang halaman berikutnya.

Ruli ketua FBB menyampaikan sambutannya


Dari data bang Jimmy sendiri, dari 143 juta pengguna internet di Indonesia, 74%-nya mencari informasi di Google dan 72% mencari informasi ini secara mobile. Nah, dengan melakukan optimasi SEO ini, akan sangat membantu dalam meningkatkan posisi artikel kita di pencarian google yang pastinya berpengaruh pada traffic blog kita.

Baca juga : 5 Hal Wajib Dilakukan Sebelum Klik Tombol Publish untuk Blogger! Sudah Lakukan Belum? 


Di sesi pertamanya, bang Jimmy menjelaskan sedikit bagaimana Google Search bekerja terhadap sebuah artikel. Berikut urutan dari cara kerja Google Search ini:

1. Perayapan (Crawling)

Hal pertama yang dilakukan Google setelah tulisan kita tayang adalah melakukan crawling atau perayapan terhadap tulisan tersebut. Nah, agar tulisan kita mudah dirayapi, tips yang diberikan bang Jimmy adalah menggunakan url yang simpel seperti www.blog.com/judul-blog dan hindari url yang mengandung tagar seperti www.blog.com/#judul-blog.

2. Analisa konten dan algoritma

Setelah perayapan, hal yang kemudian dilakukan Google adalah melakukan analisa konten dan algoritma. Hal-hal yang dianalisa Google ini antara lain : Keyword Density (kerapatan kata kunci), Link, Neutral Matching, Rank Brain (misal terjadi typo dalam penulisan kata kunci) , 

3. Pengindeksan

Setelah perayapan dan analisa, Google pun melakukan pengindeksan terhadap tulisan. Pengindeksan ini berkaitan dengan url mana yang kita pilih. Untuk 1 postingan di blog, setidaknya ada 4 jenis url bisa kita pilih yakni:

https://blog.com/judul
http://www.blog.com/judul
https://blog.com/judul/index.php
https://www.blog.com/judul/?refer=717

Nah, saran dari bang Jimmy, sebaiknya kita memilih 1 url utama dan yang lainnya cukup pasang canonical agar jika seseorang mengetik alamat blog kita dengan tidak lengkap maka nantinya akan diarahkan menuju ke alamat yang sama.

Untuk lebih jelasnya, mungkin bisa dilihat di infografis di bawah ini ya.

https://www.stonetemple.com/wp-content/uploads/2016/12/Crawling-indexing-ranking-hero-image.jpg


Cara mengoptimalkan mesin pencari (SEO)

Setelah menjelaskan sedikit tentang proses pencarian Google, bang Jimmy kemudian berbagi ilmu tentang cara mengoptimalkan mesin pencari. Beberapa hal yang harus dipenuhi agar blog kita mudah ditelusuri antara lain:

🍊 Konten berkualitas

Dalam membuat sebuah tulisan, pastikan kita memiliki konten yang berkualitas. Untuk itu, kita perlu menempatkan diri kita sebagai orang yang mencari informasi di Google. Biasanya nih, jika seseorang melakukan pencarian di Google, akan ada 3 hal yang menjadi patokannya, yakni:

- Apakah tulisannya bisa dipercaya?
- Apakah sang penulis ahli di bidang yang ditulisnya?
- Apakah kontennya asli?

Nah, dengan dasar ini pastinya kita sudah ada bayangan dong akan pengertian konten yang berkualitas ini?

🍊 Search friendly

Search friendly juga merupakan syarat lain agar blog kitaa mudah dilacak Goocle. Agar blog kita search friendly, beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:

- Mendaftarkan blog ke Google Search Console
- Buat judul dan deskripsi yang baik
- Tambahkan "alt" pada gambar
- Ikuti pedoman Google Webmaster


🍊 Mobile friendly

Seperti yang saya tuliskan di atas, saat ini 72% pencari menggunakan mobile untuk pencariannya. Karena itu penggunaan templatw yang mobile friendly bisa dibilang wajib bagi para blogger. Kita tidak mau, kan, pembaca menutup kembali blog kita karena tampilan blog kita yang tulisannya kecil-kecil karena tidak menyesuaikan dengan perangkatnya?

🍊 Akses cepat

Kecepatan juga mempengaruhi pencarian tulisan kita di mesin pencari. Dari penelitian yang telah dilakukan, 53% pengguna akan menutup situs yang tidak terbuka sempurna dalam 3 detik. Duh padahal 3 detik itu termasuk cepat yaa.

🍊 Optimasi page speed

Untuk mengoptimasi page speed dari blog kita, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

- Prioritaskan konten yang "visible"
- Render Blocking JS dan CSS sebaiknya dibumihanguskan
- Minify
- Kompresi Aktif
- Pindah hosting/server yang lebih cepat

🍊 Keamanan blog

Sebagai user, pastinya kita ingin blog kita aman dari berbagai gangguan. Nah, dalam hal pengamanan blog, langkah paling mudah adalah mengganti http menjadi https.

🍊 Tulisan terstruktur

Bagian menarik dari pembahasan ini adalah tentang tulisan terstruktur ini. Ternyata, postingan yang memiliki tulisan terstruktur berbentuk list memiliki kesempatan yang cukup besar berada di halaman pertama bahkan berada di atas posisi 1 google. Contohnya ketika saya memasukkan kata kunci "kosmetik untuk ibu hamil" maka Google akan memunculkan website yang isinya berbentuk list di daftar teratasnya.

Trik kata kunci ala Bang Jimmy

Dalam ilmu SEO, pemilihan kata kunci termasuk hal yang penting dilakukan sebelum membuat sebuah tulisan. Untuk memudahkan kita dalam pencarian kata kunci ini, bisa dilakukan dengan bantuan berbagai perangkat mulai dari mengetikkan kata kunci di Google Search, menggunakan Google Adwords, Ubersuggest, dan masih beberapa website lainnya yang menyediakan jasa pencarian kata kunci.

Nah, bang Jimmy sendiri dalam acara Ngobrol SEO kemarin menambahkan senjata baru yakni add-on "Keywords Everywhere" yang bisa digunakan di browser Mozilla maupun Chrome. Dengan mnembahkan add-ons ini, setiap kali kita mengetikkan kata kunci di Google Search, maka kata kunci tersebut akan memunculkan volume pencarian perbulan dan CPC yang bisa didapat dari. Selain itu, Keywords Everywhere juga akan menampilkan daftar kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang kita cari.

Selanjutnya, jika kata kunci sudah terkumpul (entah itu dari Ubersuggest, Google Adwords ataupun Keywords Everywhere),  kita bisa mengolah sebuah paragraf dengan melakukan penggabungan dari kata kunci tersebut setelah sebelumnya menghilangkan kata yang sama. Tambahan lagi dari bang Jimmy, kata kunci yang digunakan tak harus berurutan namun bisa juga disebar dalam 1 paragraf. Biar lebih mudah teman-teman bisa menggunakan tool remove duplicate words ini.

Baca juga : [Review] Aplikasi Blogger Pro untuk Ngeblog

Kuis SEO ala Bang Jimmy

Setelah membagikan ilmunya, sebelum acara ditutup bang Jimmy mengadakan kuis yang akan diikuti seluruh peserta hari itu. Kuisnya adalah membuat postingan dengan kata kunci yang telah ditentukan oleh beliau. Nah, alih-alih menyebutkan langsung kata kuncinya, bang Jimmy malah mengetikkannya di laptop beliau.

nisamrajnab fo reggolb elamef

Itulah kata kunci yang terpampang di layar setelah bang Jimmy selesai mengetiknya. Mulanya saya pikir bang Jimmy hanya bercanda dengan menggunakan kata kunci tersebut. Soalnya tidak mungkin, kan, kami menulis artikel dengan kata kunci yang terbalik seperti itu. Nyatanya beliau serius. "Karena kata kunci itu tidak ada yang mencari di internet," begitu alasan beliau.

Saya pun mengangguk tanda mengerti. Dengan menggunakan kata kunci yang tidak pernah dicari orang pastinya akan memudahkan untuk mengeceknya di SERP. Saya pun mencoba mempraktikkan ilmu yang dibagikan bang Jimmy hari itu. Alhamdulillah di hari terakhir penjurian tulisan saya berhasil berada di peringkat pertama Google. Hehe. 

Demikianlah sedikit sharing saya seputar ilmu SEO yang saya dapatkan dari bang Jimmy Ahyari. Semoga bermanfaat. Sebelum ditutup, saya ingin mengutip salah satu pesan bang Jimmy terkait SEO ini. "Jangan lupa mengecek apakah tulisan kita sudah terindeks Google setelah diposting." 

21 comments:

  1. wah asyik ya bisa nambah ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah dapat percikan ilmu SEO dari artikel ini. Beberapa poin sudah saya lakukan, tapi meriset keyword itu yang belum. Terimakasih sudah berbagi ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak, sangat bermanfaat sekali untuk saya yg masih blm tahu apa itu seo

    ReplyDelete
  4. Benar benar bermanfaat ilmunya mbak, jadi makin tertarik setelah mengetahui SEO dengan belajar bareng bang jimy. Next time semoga ada kelas kaya gini lagi hehe

    ReplyDelete
  5. Ini pertama kalinya ketemu sama SEO. Ternyata perlu banget ya buat para narahubung. Selama ini taunya hanya menulis dan unggah.

    ReplyDelete
  6. Bagian search friendly poin tmbahkan alt pda gmbar itu mksudnya gmna mba antung? Banyak bgt yaa ilmunya dari bang jimmy, rugi bgt kemarin g bs ikut huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di blogspot kalau kita mau masukkan gambar diklik kanan nanti ada pilihan properties. Nah itu diisi title text sama alt textnya

      Delete
  7. Mantap Mba Antung, lengkap banget artikelnya. Semoga nanti ada bagian kedua belajar SEO ini... Ilmunya sangar bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Trik kata kunci ini mba antung aku masih krg percaya gitu.. Wkwk.. Kdg kita tuh suka pake keyword yg suka2 kita kan. Kdg yg bgt bs page one. Pas bener2 pke keyword yg bagus malah jd pasaran gitu. Lengkap artikelnya mb antung mantap bgt lgsg publish. Hihi. Btw, selamaat jd pemenang kuis SEO..

    ReplyDelete
  9. Mbak antung, mendaftarkan blog ke google search console itu gimana ya?

    ReplyDelete
  10. waaah makasih sharing ilmunya loh mbak, berguna sekali buat newbie blogger macam aku hehehe

    ReplyDelete
  11. Ya ampuuuun ilmunya daging bangetts. Ternyata beliau oemenang seo sosiago ya, aku juga ikuttt dan kah, qiqiqi, ya lawannya master begini... hihi...

    ReplyDelete
  12. Intinya tetap konten is the king ya...
    SEO kalau tidak dibarengi konten berkualitas terlihat jomplang juga

    ReplyDelete
  13. Waahh makasih banyak mba, berbagi ilmu di sini, jadi kita kebagian ilmunya juga hehehe.

    lagi pe er banget nih saya dengan keyword.
    pengen banget bisa nguasasin keyword, biar tulisan bisa dibaca banyak orang yang membutuhkan :)

    ReplyDelete
  14. Belajar SEO itu sudah dan bikin gemes, tapi kalau sudah tahu dasarnya dan merasakan berada di halaman pertama google... Pasti jadi tertarik dan akan terus Kulik ilmu SEO,ini terjadi sama saya loh ��
    Alhamdulillah kualitas page view blog jadi meningkatkan juga kalau kita praktekkan SEO

    ReplyDelete
  15. Aku sedang deman belajar seo cuman ribet. Hal yang aku lakuin adalah dengan liat keyword di google buat konten yang mau aku tulis. Agar bisa setidaknya di akses orang

    ReplyDelete
  16. Wah belajar SEO, seru banget. Ilmu yang gak pernah ada habisnya. Dan sangat susah aku mengerti. Kepengen juga dong belajar SEO dari ahlinya. :D

    ReplyDelete
  17. Wah acaranya daging bnget ya mbak... Saya senang kalau pakai pencarian seperti kuis, yg jarang orang pakai, heheeheh... Artikelnya bermanfaat banget nih, bookmarkin deh. Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  18. Coba lah dulu zaman di Kalsel aku udah ngemonetize blog kayak sekarang. Pasti betah aku di sana berasa punya teman sesama blogger. Itu yang ilmunya Keywords Everywhere aku save Mbak di notes. Nanti aku coba terapin deh pas bikn keywords.

    ReplyDelete
  19. Pengen banget belajar langsung karena aku cuman baca online aja nih tentang SEO, belum optimal jalanin karena masih abu2 juga pemahaman aku hahaha

    ReplyDelete
  20. Wah makasih sharingnya jadi belajar memahami sedikit sedikit apa arti dari SEO itu selama ini belum paham kalo ada yang ngebahas SEO

    ReplyDelete

Powered by Blogger.