Cari Info Biaya Umroh Murah Saja Tidak Cukup! Perhatikan Hal Ini!




Bisa mengunjungi kota Mekkah pastinya merupakan impian bagi semua muslim. Selain untuk menjalankan rukun Islam ke-5 yakni naik haji, mengunjungi Mekkah juga bisa menjadi sarana menapaktilasi perjalanan hidup nabi Muhammad SAW. Namun kadang untuk bisa naik haji ini, kita terbentur masalah biaya yang mahal. Belum lagi di beberapa daerah antriannya bisa sangat lama. Seperti di tempat saya nih, harus menunggu 20 tahun. Karena itu untuk bisa mengobati kerinduan ke tanah suci, beberapa orang memilih menjalankan ibadah umroh dulu baru haji.

Bicara soal biaya, memang biaya umroh memang tidak semahal haji. Meski demikian, kita tetap harus membuat budget plan agar keuangan tidak berantakan. Apa lagi kalau selain umroh, kita juga berencana melancong ke negara lain seperti Turki dan Uni Emirat Arab. Bisa dipastikan biaya yang diperlukan jauh lebih besar. Apa lagi beberapa waktu lalu, pemerintah Arab Saudi memberlakukan pajak untuk barang dan jasa sebesar 5%. Sudah pasti info biaya umroh kita perlu diupdate.

Baca juga : 4 Cara Hemat Listrik Rumah Tangga agar Pengeluaran Keluarga Tidak Boros

Nah, bagaimana ya mengira-ngira biaya umrohnya kalau mulai dari nol? Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan:

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Cari Info Biaya Umroh 2019 

Biaya Umroh Lewat Agen Travel 

Setiap agen travel menawarkan paket umroh yang berbeda-beda, tergantung dengan penawarannya. Untuk paket standar sejumlah travel terkenal mematok biaya rata-rata mulai Rp. 25 juta. Tentu saja perbedaan harga ini juga menentukan fasilitasnya seperti jenis pesawat yang akan kita naiki, hotel berbintang, menu makanan hingga souvenir. Jika teman-teman memilih paket umroh plus dengan sejumlah kunjungan ke negara tertentu seperti Turki, biaya yang akan Anda keluarkan rata-rata sekitar Rp. 40-47 juta.

Perhatikan Faktor "Printilan"

Faktor "printilan" yang dimaksud adalah biaya-biaya administrasi lain di luar biaya yang dipatok agen travel yang akan teman-teman ikuti, misalnya vaksin meningitis, paspor dan visa umroh. Umumnya agen travel sudah memasukkan biaya perjalanan lengkap dengan visa umrohnya. Tapi jika teman-teman pakai visa progresif, akan ada biaya tambahan sebesar 2.000 riyal. Atau bila dikonversikan ke mata uang kita menjadi sekitar Rp. 7,7 juta. Sementara itu, biaya pembuatan paspor adalah Rp. 600 ribu. 

Selain itu, ada beberapa alasan kenapa sebuah agen travel mematok biaya yang lebih mahal. Beberapa di antaranya adalah lokasi hotel dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi lebih dekat serta maskapai penerbangan yang dipakai. Terlebih jika mereka menyediakan jasa pengurusan paspor, harga juga akan semakin mahal. Biasanya ada beberapa agen perjalanan yang juga menawarkan jasa ini. 

Bagaimana Agar Tidak Tertipu Dengan Info Biaya Umroh Yang Beredar?

Sekarang banyak sekali agen yang menawarkan harga super murah, bahkan tidak masuk akal. Beberapa tahun lalu saja sebuah agen perjalanan umroh dan haji besar tersandung skandal penyelewengan dana milik jamaah. Nah, agar teman-teman tidak mengalami kejadian serupa, pastikan memperhatikan hal berikut ini:

Mendatangi Kantor Agen 

Informasi yang tersebar di internet memang selalu terlihat sangat meyakinkan. Apa lagi dengan banyak foto dan video sehingga membuat pembaca tidak curiga. Meski demikian, pastikan teman-teman mendatangi kantor agen agar bisa bertanya lebih leluasa dan menilai secara langsung profesionalitas penyedia jasa. Selain itu, teman-teman pun bisa berkonsultasi seputar hal lain berkenaan dengan perjalanan. Jadi tidak ada lagi kebingungan dan keraguan. 

Hindari Peak Season

Peak season menjadi faktor utama kenapa biaya umroh meroket. Hindari pergi beribadah pada bulan Juni, Juli dan Agustus. Umumnya agen travel menaikan harga di bulan ini. Tidak hanya itu, ada baiknya teman-teman mempertimbangkan musim menjelang haji dan ramadhan. Momen ini biasanya jauh lebih mahal. Namun jika memang teman-teman mementingkan waktu-waktu yang baik seperti Ramadhan dan musim haji, tidak masalah!

Daftar Umroh Jauh-jauh Hari 

Jadi prinsipnya mirip seperti ketika kita ingin jalan-jalan ke luar negeri. Jika kita pesan jauh-jauh hari, harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah. Teman-teman pun bisa menyesuaikan budget yang dimiliki dan mampu melakukan financial planning lebih baik. 

Jangan Segan Menanyakan Biaya Lain 

Apa sajakah biaya lain-lain itu? Teman-teman mungkin harus menanyakan biaya perlengkapan umroh, airport handling, city tour hingga vaksinasi. Meskipun beberapa agen menyediakan fasilitas ini, tidak ada salahnya bila kita bertanya.
Pergi beribadah umroh bisa dengan biaya terjangkau asalkan kita tahu cara mempersiapkannya. Selain dengan mengandalkan tabungan, ada beberapa instrumen investasi yang bisa dipakai, misalnya investasi emas yang bisa dijual nantinya ketika akan melunasi deposit. Pastikan memilih paket perjalanan yang sesuai dengan kondisi finansial teman-teman dan persiapkan jauh-jauh hari supaya setelah perjalanan ibadah, finansial tidak terganggu. Hal lain yang bisa dilakukan adalah rajin-rajin mencari info biaya umroh terbaru. Salah satunya teman-teman bisa update di https://www.cekaja.com/info/biaya-umroh-terbaru-2019/.

Post a Comment

19 Comments

  1. Iya memang kalau ga mau tertipu kita harus lebih teliti sebagai usaha dunia. Sisanya pasrahkan aja ke Allah ya

    ReplyDelete
  2. Setuju mbak. Jangan asal pilih yang murah. Justru kalau terlampau murah harus dicurigai hehee daripada tertipu ya kannnn

    ReplyDelete
  3. Ini keinginan terpendam ku kak. Masih maju.mundur takut banyak penipuan umrah. Tapi aku mau di cekaja dulu yaw budgetnya berapa..

    ReplyDelete
  4. Memang sekarang agen resmi yang bener-bener amanah lumayan sulit, apalagi banyak penipuan.
    Alih-alih usaha dibidang pemberangkatan umroh. Tapi bodong.
    Terimakasih sudah share beberapa info penting untuk mengetahui agar tidak terjebak dengan biaya murahnya saja.
    Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. Kalo terlalu terpaku dengan harga murah malah berakhir dengan jasa travel bodong ya mba. Memang banyak hal penting uang harus kita per jelas seandainya ketemu travel murah yang harganya di bawah harga pasar.

    ReplyDelete
  6. Pilih travel umroh emang harus hati hati ya
    Apalagi keluargaku masih trauma, ibu mertua jadi korban travel umroh yg hapening itu

    ReplyDelete
  7. Memang mesti hati-hati pilih agen perjalaan umroh dan juga harus memperhatikan persiapan lainnya. Dari kasus yang terjadi sebelumnya lebih baik bersiap dari jauh hari dan mencari informasi sebelumnya agar ibadah umroh kita lancar jaya nantinya

    ReplyDelete
  8. Sekarang memang harus lebih hati-hati milih travel umroh. Udah banyak cerita dan kejadian yang tertipu. Dan, saya pun hampir tertipu heheh... Jadi, lebih baik percayakan sama travel yang memang benar-benar sudah punya nama dan banyak testimoni positifnya aja.

    ReplyDelete
  9. mencari travel umroh itu jodoh2an ya. Ada aja yang ditawarka kepada kita tapi kalau belum sreg di hati ya ga jadi deh :) Kudu hati2 memeilih travel umroh :D Jangan tergiur harga murah. Sedang2 ajalah yang penting syarat dan ketentuannya sesuai terutama terdaftar di Depag tentunya.

    ReplyDelete
  10. Harus selektif dan hati2 nyari travel umroh zaman now ya mbak, jangan hanya karena harganya murah eh ujung2nya ditipu,naudzubillah. Semoga kita semua dimudahkan untuk bisa umroh, aamiin yaa Rabb.

    ReplyDelete
  11. Umroh impian aku sejak dlu smoga suatu saat bisa umroh sekluarga dapet travel yang baguss dimudahkan semuanyaa

    ReplyDelete
  12. Peak season itu pasti waktu puasa ya. Semoga bisa disegerakan kesana untuk umroh.

    ReplyDelete
  13. Momen pergi umroh diwaktu yang memang diimpikan alias peak season pasti memang banyak menarik perhatian orang banyak, maka wajarlah menjadi mahal biaya nya

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah impian sekali utk umroh Ya Allah. Bener mbak sebaiknya kallu daftar umrah jauh hari dan pastikan travelnya yang gak tipu2 ya. Bisa dengan baca testimoni sebelumnya atau minta rekomendasi dari teman

    ReplyDelete
  15. iya sering tahu ada umroh dg biaya murah. wajib banget tanya lagi apa ada biaya2 lainnya. jangan sampai ternyata masoh banyak biaya yg tak tertuly, jatuhnya jd mahal kan

    ReplyDelete
  16. Saya dan suami termasuk salah dua korban penipuan travel agen besar itu mbaa. Sediihnya uang hasil kerja nabung hilang tak berbekas. Kl dilihat kantornya mewaah sekali dan banyak yg sdh diberangkatkan. Mungkin blm jodoh saya u/ umroh ��

    ReplyDelete
  17. Bicara soal umroh. Jadi pengen umroh nih. Tapi kudu nabung dulu biar niat bs tercapai. Tapi ya itu kudu cari agen yg terpercaya ya. Menurut aku agen terpercaya sepertinya lbh aman dr bank.

    ReplyDelete
  18. ya Allah.. pengennya aku memberangkatkan ibu dan mertuaku untuk Umroh.. semoga doaku segera diijabah dan dikabulkan oleh Allah.. Aamiin

    ReplyDelete
  19. Bener, penting banget nih nanyain biaya lain di luar paket tour. Jangan sampai kita kaget dan ga prepare dengan baik yaa biaya lain-lain ituuu

    ReplyDelete