Inilah 7 Barang Penting yang Wajib Ada di Dalam Tas Mahasiswa, Apa Saja?






7 Barang Penting yang Wajib Ada di Dalam Tas Mahasiswa - Bagi saya, salah satu masa paling berkesan dalam hidup adalah saat menjadi mahasiswa. Bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai daerah membuat masa itu menjadi sangat istimewa. Tambahan lagi, masa menjadi mahasiswa adalah masa saya belajar untuk hidup jauh dari orang tua untuk tinggal di kos. Yah, meski jarak dari rumah ke kota tempat saya kuliah tak terlalu jauh namun tetap saja bagi saya hal itu merupakan pengalaman berharga.

Jika berbicara mengenai dunia mahasiswa pastinya tidak akan jauh-jauh dari perbincangan kuliah. Saat memasuki ke jenjang yang lebih tinggi lagi yakni kuliah, tentu segala kebutuhan untuk meningkatkan pendidikan akan sedikit berbeda dengan kebutuhan ketika masih berseragam putih abu-abu. Segala persiapan kuliahnya pun harus benar-benar disiapkan dengan matang.

Apalagi lagi kalau kalian kuliah di tempat yang cukup jauh dan mengharuskan untuk ngekost kayak saya dulu. Maka pastinya teman-teman harus mencari tempat kost yang bagus dan sehat dari jauh-jauh hari. Selain itu, teman-teman juga harus menyiapkan segala barang-barang penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kegiatan belajar kalian menjadi lebih lancar saat kuliah. Apa saja ya barang-barang tersebut? Penasaran? Yuk, langsung aja! 

 Laptop

Zaman saya kuliah dulu, laptop mungkin masih belum menjadi barang yang wajib dibawa saat masih kuliah. Namun untuk saat ini, laptop menjadi salah satu peralatan yang wajib dipunyai oleh setiap mahasiswa. Dengan hadirnya laptop untuk kuliah tentunya dapat mempermudah kegiatan belajar dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Terkadang juga ada beberapa dosen yang sering memberikan materi kuliah dengan bentuk soft file. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kerepotan saat kuliah teman-teman perlu membawa laptop untuk mengerjakan tugas kuliah. 

Alat Tulis

Peralatan menulis tentu sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa. Saat kuliah pasti kita akan mencatat dan menulis materi yang telah diberikan oleh dosen. Apalagi jika dosen yang menyampaikan materi secara lisan, maka kita perlu mencatat hal yang telah dijelaskan dosen. Disarankan untuk membawa alat tulis lengkap, jadi teman-teman tidak akan repot-repot meminjam alat tulis kepada teman. Alat tulis yang perlu dibawa antara lain pulpen, pensil, penghapus, tipe X, penggaris, rautan pensil dan juga stabilo. Simpan semua alat tulis ke dalam kostak pensil agar alat tulis tidak mudah hilang. 

Buku Catatan

Biasanya ada beberapa dosen yang menjelaskan materi secara lisan. Oleh karena itu, buku catatan juga perlu kamu bawa. Dengan kamu membawa buku catatan maka dapat mempermudah kamu dalam mengingat pembelajaran yang telah diberikan oleh dosen. Agar kegiatan belajar kamu jadi lebih semangat. Pilihlah buku catatan dengan desain yang menarik. Contohnya binder sebagai buku catatan kamu. Atau sesuaikan dengan selera masing-masing. 

Flashdisk

Flashdisk juga sangat penting untuk dibawa saat kuliah. Karena akan mempermudah teman-teman dalam menyimpan berbagai macam materi kuliah dengan bentuk soft file. Apalagi akan ada masa dimana teman-teman akan sibuk dengan segala tugas-tugas UTS/UAS, tentu teman-teman akan membutuhkan banyak sekali data dan file untuk disimpan. Oleh karena itu, flashdisk ini juga sangat penting untuk membantu kegiatan belajar saat kuliah. Pilihlah flashdisk dengan kapasitas yang cukup besar ya. 

Dompet

Barang yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan untuk dibawa kuliah. Meski sekarang orang-orang sudah mulai beralih ke pembayaran digital, dompet juga tetap diperlukan untuk dibawa. Dompet ini dapat mempermudah teman-teman untuk menyimpan segala barang kecil dan juga uang. Siapa tahu, kan kantin kampus masih memberlalukan pembayaran tunai. Untuk itu, sangat disarankan membawa dompet saat kuliah. Bawa juga uang receh agar bisa mempermudah teman-teman ketika ingin membayar parkir dan pengeluaran kecil lainnya. 

Smartphone

Setiap orang pastinya selalu membawa barang yang satu ini ketika bepergian, termasuk saat kuliah. Teman-teman tentunya sudah paham betul bagaimana pentingnya smartphone untuk kebutuhan sehari-hari. Smartphone bisa dijadikan sebagai sarana hiburan dan komunikasi dengan keluarga atau teman kuliah atau bahkan untuk nge-vlog. Hehe. Jangan lupa selalu gunakan mode getar saat perkuliahan sedang berlangsung agar perkuliahan dapat belajar dengan lancar. Charger HP atau powerbank juga jangan sampai ketinggalan, ya, guys! 

Tisu

Tidak hanya wanita saja yang membutuhkan tisu laki-laki juga perlu menyiapkan tisu di dalam tas untuk kuliah. Barang yang kaya manfaat satu ini akan mempermudah teman-teman dalam situasi darurat. Misalnya ketika ingin ke toilet lalu tidak ada tisu di sana, maka teman-teman dapat mengandalkan tisu yang dibawa. Ataupun kebutuhan lainnya. Teman-teman bisa membawa tisu basah dan tisu kering sebagai cadangan.

Jadi gimana, teman-teman sudah tahu kan barang-barang bawaan kuliah yang sering dibawa di dalam tas oleh mahasiswa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang ya!

Post a Comment

8 Comments

  1. Jadi teringat dulu waktu kuliah tali tas saya sempat putus gara-gara bawa laptop tiap hari. Bunyi gedebugnya itu tak kan terlupakan, wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Kangen jadi mahasiswa lagi baca tulisan ini. Tapi belum ada kesempatan lagi hehehe. Iya banget, mahasiswa hrs menyiapkan banyak hal termasuk tisu wkwk. Tapi kalau mahasiswi mungkin di tasnya ada lipstik dan teman2nya si haha

    ReplyDelete
  3. Dulu jadi mahasiswa bawaan kayanya segambreng deh wkwk, tapi jarang bawa tisu padahal penting. Yg pasti dulu suka bawa botol minum sendiri sama charger deh

    ReplyDelete
  4. kalau aku gk suka bawa tisu...hihihi
    bawa baju ganti buat switch ke baju kantor hohohoho

    ReplyDelete
  5. Smartphone itu paling terpenting sudah hihi. Tissue dulu jarang bawa tapi bener banget selalu butuh Apalagi pas makan. Malah beli lagi di luar kemasan kecil. Listnya lengkap Mba 😆

    ReplyDelete
  6. Kalo jaman emak jadi mahasiswi dulu isi tas itu buku catatan oret-oret buat nyatet (nanti dicatat ulang di buku catatan per matkul pas di rumah atau di perpus, itung-itung ngulang materi kuliah biar paham), fotokopian diktat/ slide bahan kuliah (nggak ppt bahari tu wkwk), disket (haaaahaaahaaa), uang koin/kartu telpon, duit secukupnya, dst.nya. Belum ada gadget waktu itu. *throwback jadoel*

    ReplyDelete
  7. Wah aku dulu pas jadi mahasiswa gak pernah bawa tissue malah bawanya obat obatan haha


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  8. Aku tissue yang jarang ada neh tp memang itu yang diperlukan banget ya apalagi kalau sudah keringatan, auto ke warung nyari tissue.

    ReplyDelete