Mengatasi Permasalahan Haid Menurut Cara Islam


Dalam kitab fiqih wanita, Syekh Muhammad Kamil Uwaidah berpendapat, haid adalah darah yang keluar dari lapisan dinding rahim setelah wanita mencapai masa baligh. Darah haid memiliki warna yang berbeda dari darah pada umumnya, yakni warnanya hitam pekat dan berbau tidak sedap. Keluarnya darah haid pun pada waktu-waktu tertentu, lazimnya satu bulan sekali. 

Namun, ada sebagian perempuan yang mengalami masalah seputar haid, seperti halnya siklus haid tidak normal dan adanya rasa nyeri saat haid. Nah, untuk kali ini saya ingin berbagi beberapa cara melancarkan haid menurut Islam yang bisa Anda coba.

Kapan Mulai dan Selesainya Masa Haid?

Dalam Syari'at, masa haid tidak bisa ditetapkan secara khusus, kapan dimulai dan selesainya. Hal ini tergantung kebiasaan wanita itu sendiri. Karena itu, tidak heran jika setiap wanita mengalami masa haid yang berbeda-beda. Masa haid wanita yang paling cepat satu hari satu malam, ada juga yang tiga belas atau lima belas hari, tetapi secara umum adalah enam sampai tujuh hari.

Untum berbagai permasalahan seputar haid, berikut beberapa cara mengatasinya yang dianjurkan dalam Islam.

Tidak menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi ini biasanya ditujukan untuk menunda kehamilan. Tetapi, efek sampingnya bisa mengganggu pada siklus haid wanita. Seperti halnya terlambat datang bulan atau masa haid lebih lama dari biasanya. 

Syari'at Islam menganjurkan untuk tidak menggunakan alat kontrasepsi, tujuannya agar keturunan umat Islam semakin banyak. Samping itu, wanita yang tidak memakai alat kontrasepsi, siklus haid setiap bulannya akan berjalan dengan lancar.

 

Konsumsi ramuan atau obat herbal

Beberapa ramuan herbal yang bisa melancarkan haid antara lain: 

Ketumbar
Biji ketumbar sendiri dipercaya dapat merangsang siklus menstruasi menjadi lebih lancar. 

Lidah buaya
Kandungan di dalam lidah buaya, memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi hormon untuk menormalkan siklus menstruasi pada wanita.

Kayu manis
Pada rempah-rempahan alami ini, dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat haid dan menormalkan siklus menstruasi setiap bulannya.

Periksakan ke dokter

Syari'at menganjurkan untuk kita melakukan ikhtiar melalui pengobatan apapun untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, begitupun saat Anda mengalami haid yang tidak normal. Sangat dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter ahli, agar dapat ditangani lebih serius. 

Di dalam Islam, tidak ada batasan apapun untuk melakukan pengobatan. Asalkan tidak keluar dari Syariat, yakni masuk dalam kategori pengobatan halal dan tidak dengan pengobatan yang haram.

Ketika siklus menstruasi normal, Anda pun dapat merencanakan kehamilan dengan matang, salah satunya caranya yaitu menggunakan kalkulator masa subur prenagen. 

Post a Comment

5 Comments

  1. sekarang ada kalkulatornya juga ya mba, kayaknya aku mau coba juga mba, skrg aku klo lagi PMS suka nyeri berlebih hiks

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tahu ada bbrp obat2an tradisional yg bs membantu melancarkan haid... makasih banyak informasinya ya mba..

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk yang jerah banget pakai alat kontrasepsi karena sempat tidak menstruasi selama dua tahun kecuali sy tidak mengonsumsinya (kebetulan saya pakai pil). Kalau sebulan tidak minum, sy langsung datang bulan. Tersiksa banget belum efek badan gampang capek. Akhirnya sekarang tidak berani pakai lagi..

    ReplyDelete
  4. Sepertinya obat dan ramuan herbal memang relatif lebih aman ya.

    Oh ya, kalkulator ini bisa untuk menentukan masa subur juga kah?

    ReplyDelete
  5. Biasanya saya haid sekitar 7 hari, beberapa bulan belakangan ini sering molor jadi 9-10 hari. Padahal ngga ada konsumsi / pemakaian kontrasepsi apapun. Kalau dari referensi fiqih wanita insyaaallah masih normal sih, belum lebih dari 15 hari.cm koq berasa lama banget, ngga nyaman jadinya

    ReplyDelete