Back Up Data di Handphone Lebih Mudah dengan USB OTG Sandisk


USB OTG Sandisk


Siang itu, saya mengunjungi salah satu toko hape ternama di kota saya. Maksud kedatangan saya hari itu adalah untuk survey handphone. Handphone lama saya sudah mulai tak nyaman lagi dipakai. Baterainya drop dan layarnya sudah tak presisi. Bagi saya yang lumayan sering melakukan aktivitas lewat hape, ini sangatlah mengganggu produktivitas saya. Akhirnya mau tak mau saya putuskan membeli handphone baru.

Begitu memasuki toko saya langsung berjalan menuju area handphone. Seperti biasa, toko tersebut selalu ramai dengan pengunjung. Dengan sigap para sales menawarkan produk yang mereka pegang dan menjelaskan kelebihan produk mereka. Saya baca dengan seksama spesifikasi dari handphone yang mereka tawarkan. Mulai resolusi kamera, kapasitas memori bawaan handphone hingga pastinya harga yang ditawarkan.

Sebagai seorang pengguna ponsel aktif, kapasitas memori menjadi salah satu pertimbangan saya dalam memilih handphone yang ingin digunakan. Dengan memori yang besar saya bisa menginstal banyak aplikasi, menyimpan berbagai film yang dan tentunya mengambil foto dan video sepuasnya. Akhirnya saya pun dengan membeli sebuah hape dengan memori internal 32 GB. 

Sayangnya sebuah kejadian tak terduga membuat handphone yang baru saya beli itu rusak. Mati total. Padahal umurnya belum ada setahun kala itu. Yang bikin nyesek, masih banyak foto-foto dan video yang ada di handphone tersebut belum sempat saya back up baik itu ke komputer maupun media penyimpanan online. Huhu. Jujur ini bukan pertama kalinya saya kehilangan foto-foto di handphone. Saat masih menggunakan handphone lama, koleksi foto-foto saya juga pernah raib tanpa sebab.

Suami akhirnya berbaik hati memberikan handphone miliknya untuk saya gunakan. Handphone miliknya ini memiliki kapasitas memori yang lebih besar yakni 64 GB. Wah, pastinya saya senang dong dapat handphone baru dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Tapi ternyata meski sudah 2 kali lebih besar tetap saja kapasitas itu terasa tak cukup. Buktinya sekarang memori 64 GB itu semakin hari semakin berkurang karena banyaknya foto dan video yang saya ambil serta aplikasi yang terus di-update. Hmm, kayaknya saya memang harus mulai rajin memback up foto-foto yang ada di handphone.



Pentingnya back up data pada smartphone

Bicara soal back up data di smartphone, kayaknya bukan cuma saya yang agak abai dalam melakukannya. Sebuah studi dilakukan oleh Western Digital yang melibatkan 1120 responden dari 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar terkait manajemen data di Indonesia. Dalam survey yang berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey ini menyebutkan 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.




Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Ini bisa dilihat dari tingkat penetrasi smartphone di Indonesia pada September 2018 yang  telah mencapai 27,4%. Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Balik lagi ke hasil survey yang dilakukan Western Digital, berikut beberapa penemuan menarik yang bisa disampaikan: 
  • Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’
  • Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
  • Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Nah, karena banyaknya foto dan video yang tersimpan, memori ini akhirnya tetap tidak cukup menyimpan semua foto tersebut. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan — dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.
Bagi saya sendiri, setidaknya ada 2 hal yang kerap menjadi penghalang dalam melakukan back up foto dan video di handphone. Pertama prosesnya yang ribet. Setiap kali akan memindah data, saya harus terhubung ke komputer atau laptop terlebih dahulu dengan menggunakan kabel data. Kadang kabel data ini juga tak bisa melakukan pemindahan data dengan cepat membuat saya semakin malas melakukan back up data. 

Alasan kedua adalah karena dalam praktiknya ada banyak pekerjaan terkait foto dan video tersebut yang dilakukan menggunakan handphone, mulai dari pengeditan hingga proses upload ke media sosial semua dilakukan di hape.Jadinya tak heran dong kalau pengguna handphone memiliki kebiasaan menyimpan semua foto di memori handphone (bahkan foto gagal juga kadang tetap disimpan karena #DibuangSayang). Heu.

Back Up Foto semakin mudah dengan USB OTG Sandisk

Bicara soal ribetnya mem-back up data dari handphone, tentunya sekarang saya tak perlu khawatir lagi. Werstern Digital sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang media penyimpanan kini sudah mengeluarkan produk yang bisa mempermudah proses pemindahan data ini, yakni USB OTG Sandisk. Sandisk sendiri tentunya bukan nama yang asing dong di telinga kita semua? Brand yang satu ini sudah sangat dikenal dengan berbagai produk penyimpan datanya mulai dari flashdisk hingga memory card.

USB OTG Sandisk sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni USB OTG Sandisk Dual Drive untuk handphone berbasis android dan iXpand Flash Drive untuk iPhone. USB OTG dari Sandisk ini memiliki kapasitas mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB dan 256 GB (untuk iXpand Flash Drive) dengan kecepatan 150 MB/s. Untuk versi androidnya, terdapat 2 tipe yakni Drive USG Ganda tipe C untuk handphone dengan perangkat USB tipe C dan Drive Ganda Ultra m3.0 untuk handphone dengan micro USB.


Lalu apa saja yang bisa kita lakukan dengan USB OTG Sandisk ini?

Back up data kapan saja dan di mana saja

Dengan adanya USB OTG Sandisk urusan back up data pastinya menjadi lebih mudah dan tidak ribet lagi. Tinggal colok USB sesuai dengan tipe hape kita dan pindahkan foto dan video ke dalam USB tanpa perlu cari laptop atau komputer lagi. Nggak perlu lagi deh hapus foto karena memori tidak mencukupi.

Back up data otomatis dengan aplikasi mobile Sandisk Memory Zone

Tak hanya bisa mem-back up data dengan mudah, USB OTG Sandisk juga bisa mem-backup data secara otomatis setiap kali USB dihubungkan ke handphone dengan menginstal aplikasi mobile Sandisk Memory Zone.

Back up data media sosial

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive. Dengan begini, pastinya kita tidak perlu takut kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.


Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, pastinya USB OTG Sandisk ini menjadi salah satu barang penting untuk melengkapi gawai kita.

#SanDiskAPAC.

Post a Comment

33 Comments

  1. Duh keren banget ya, baru tahu saya ada usb yang bisa langsung simpan data dari handphone. Biasanya saya manual, pindahin dulu ke pc baru copas lagi ke fd. Makasih infonya mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. waaah udah ada yang buat iphone. kemaren aku mau pesan online merk lain, harganya mahal banget. tp kalo sandisk ini harganya menengah dan kualitasnya jempolan sih

    ReplyDelete
  3. Kayaknya saya harus punya nih hahahahaha secara segala sesuatu dijepret. Kartu memori pasti sebentar lagi menjerit lehabisan tempat.

    ReplyDelete
  4. Desainnya bagus yak. Saya suka desain OTG seperti ini. Boleh nih masukkan ke wishlist XD

    ReplyDelete
  5. Wah ini super duper praktis daripad colokin kabel data ke komp & hp ya mbak, ahh aku mau coba juga

    ReplyDelete
  6. Mantap banget ya mbak, udah gak perlu ribet lagi nih mindahin data dari hp yang selalu penuh. Aku juga biasanya kalau mau mindahin data ke laptop, paling malas pas lagi perlu eh perlu ubek ubek laptop dulu. Kan jadinya ribet ya, hiks.

    Iya aku juga pernah hpku tiba-tiba mati total, wahhh sedih bangetlah ya. Emang penting banget ya backup data biar datanya aman.

    ReplyDelete
  7. Kebetulan banget aku lagi browsing2 buat back up data atau foto2 nih. Aku lagi transfer 1800 foto loh dari HP ke Laptop wiiiih lelahnya bukan main soalnya dipilih per kategori kan. Mestinya sejak awal langsung disave ya. Aku mau ah beli USB OTG Sandisk ini. Modelnya bagus, minimalis ya. Moga2 membantu aku nih biar memori HP ku luasssss lagi hehehe :) TFS ya.

    ReplyDelete
  8. kalo baca kata OTG wkwkwk, hapeku belum support untuk benda ituuuh. kebayang jadulnya ya. tapi back up memang penting, sampe sekarang masih setia dengan memory card dulu deh.

    ReplyDelete
  9. Praktis banget memang usb otg sandisk ini ya mba antung, bisa dmana aja dan kapan aja kalau mau back up data hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipakai kapan saja dan dimana saja itu yang bikin saya suka. Gak ribet harus pulang dulu nyambung ke komputer buat backup nya

      Delete
  10. Aku akan mulai backup data jelasnya mulai sekarang karena memori udah mau penuh banget dah hp lemot.

    ReplyDelete
  11. Setuju nih, soalnya aku juga make ini sih. Kayaknya cara back up paling praktis itu ya make USB OTG.

    ReplyDelete
  12. Wah, keren, ya sekarang nggak usah pusing dengan memori hp yang cepat penuh

    ReplyDelete
  13. USB OTG SanDisk ini keren banget, pakainya praktis ya. Back up data smartphone jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  14. sedih deh kalau hp keburu rusak, mati total gitu padahal belum dibackup file2nya, terutama foto2 kenangannya. huhu pernah kejadian kayak gitu makanya tiap bulan sekarang selalu back up pakai otg sandisk

    ReplyDelete
  15. Aku tau gimana nyeseknya poto-poto dan video yang hilang.. Huhuhu.. Aku juga jadi sering memback up data deh setelahnya. Daan.. Suami aku juga pakai otg sandisk. Lebih mudah dan ekonomis.

    ReplyDelete
  16. Harus punya nih USB OTG Sandisk, biar foto plus video nggak harus diikhlaskan dihapus. Kan sayang kita nggak bisa melihat lagi momen-momen yang kita rindukan.

    ReplyDelete
  17. Solusi banget ini buat aku yang sering dapet notif 'not enough memory' di hape 😂 apalagi brand SanDisk yang di dunia per USB an udah ga diragukan lagi kualitasnya, auto cus cek ke toko ah.. makasih sharingnya ya mba Antung :)

    ReplyDelete
  18. Bener nih
    Harus punya media ini untuk saving data supaya ga kehilangan momen atau berkas penting di salah satu gadget

    ReplyDelete
  19. nah ini yang aku butuhkan sebagai seorang blogger yang hapenya sering banget full karena kebanyakan dokumen, besok mau beli ah produk kerennya Sandisk ini

    ReplyDelete
  20. Buat seorang blogger, back up data itu penting dan harus rutin dilakukan.

    Sayangnya terkadang waktu jadi hambatan

    Tapi klo ada ini, urusan backup data jadi praktis y

    ReplyDelete
  21. setuju mba aku juga lebih suka ambil gambar pake smartphone ketibang kamera haahaha dan solusi jika memori penuh yah dg usb sandisk

    ReplyDelete
  22. Saya juga pakai Sandisk OTG ini mbak, apalagi kalau memori hape full jadi bisa simpai langsung. Sehingga file bisa terselamatkan.

    ReplyDelete
  23. saya ngandelin usb otg sandisk ini karena praktis dan juga mudah dibawa kemana-mana. back up data juga gampang

    ReplyDelete
  24. tosss. samaan kita kak. kami juga pake sandsik. satu satu sama suami jadi tambah enak buat back up datanya

    ReplyDelete
  25. Perlu banget back up data agar terhindar dari hilangnya data, dengan usb otw sandi datapun aman

    ReplyDelete

  26. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
  27. Aku udah punya nih USB OTW sandisk tapi gak bisa konek ke handphone. Apa ada pengaturannya kah mba?

    ReplyDelete
  28. Karena kemarin waktu di luar kota aku kelabakan gak bawa memorycard cadangan kamera terus bingung pas mau transfer foto ke hp juga penuh. Kayaknya emang kudu banget punya di USB OTG ini ya mbak.

    ReplyDelete
  29. Solusi banget ini mah klo kepenuhan memori handphone
    Apalagi klo untuk seorang blogger yang butuh foto untuk infografis..
    SanDisk memang terbaik nih

    ReplyDelete
  30. Proses Backup data smartphone emang mudah berkat aplikasi SanDisk Memory Zone, mbak. Kapan pun mau backup data mah cepat banget transfernya hehee

    ReplyDelete
  31. aku juga back up data hp pake sandisk otg, enak banget, gampang dan praktis. dual fungsi juga lagi, bisa buat hp dan laptop dalam 1 flashdisk.

    ReplyDelete