Sewa Pompa ASI, Yay or Nay?


Sewa Pompa ASI, Yay or Nay?

Beberapa minggu setelah membeli pompa ASI untuk Yafiq, saya harus menerima kenyataan kalau mesin pompanya rusak karena kemasukan ASI. Mesinnya mati total dan mau tak mau saya harus mengirimnya ke service center untuk diperbaiki. Sebagai ibu menyusui yang harus menyiapkan ASIP untuk anaknya, kondisi ini pastinya membuat saya bingung dan galau. Saya pun membuat status tentang pompa ASI yang rusak ini.

Tak lama setelah status terkirim, seorang teman mengirimkan pesan. "Sewa pompa ASI aja," kata teman SMA saya ini lewat pesan whatsapp-nya.

"Ada ya penyewaan pompa ASI?" tanya saya kemudian.

"Ada kok. Aku kemarin sempat sewa pompa ASI selama beberapa bulan buat anakku," balasnya lagi. 

"Sewa di sini?" tanya saya lagi.

"Nggak. Di Jawa. Hehe."

Saya tertawa membaca jawaban teman saya ini. Ya kalau sewanya di Jawa harus nunggu juga dong barangnya dikirim, kata saya dalam hati. Memang setahu saya tak banyak rental perlengkapan bayi di kota saya yang menyewakan pompa ASI. Untungnya karena saya masih memiliki pompa manual dan pompa ASI adik saya juga masih bisa dipakai, maka wacana sewa pompa ASI ini tidak jadi terlaksana. 

Alasan sewa pompa ASI

Dalam dunia perbayian, keberadaan rental perlengkapan bayi saat ini sepertinya sudah semakin menjamur, ya? Biasanya rental perlengkapan bayi ini menyewakan barang-barang kebutuhan bayi berupa stroller, kursi makan bayi, car seat, gendongan, hingga mainan untuk balita. 

Adanya rental perlengkapan bayi ini pastinya sangat membantu para ibu yang ingin menyediakan barang-barang yang oke untuk anaknya, namun mungkin tak ingin repot membelinya. Opsi rental juga menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mencoba terlebih dahulu sebuah barang sebelum membelinya. Saya sendiri dulu sempat menyewa stroller dan beberapa mainan untuk Yumna.

Selain mainan dan stroller, ada juga rental perlengkapan bayi yang menyewakan pompa ASI untuk para ibu yang menyusui. Meski sebenarnya pompa ASI merupakan peralatan yang wajib dimiliki para ibu menyusui, terutama yang bekerja, namun kadang ada beberapa kondisi yang membuat ibu memilih menyewa pompa ASI. Untuk kasus saya, misalnya. Pompa ASI saya rusak dan harus dikirim ke pusat untuk diperbaiki sementara saya tak memiliki pompa cadangan. Maka menyewa pompa ASI bisa menjadi pilihan selama saya menunggu pompa diperbaiki.

Tak hanya karena pompa yang ada rusak, sewa pompa ASI juga kadang dilakukan saat ibu belum yakin ingin membeli pompa ASI yang mana. Seperti yang kita ketahui, ada cukup banyak merk pompa ASI yang beredar di pasaran. Mulai dari yang harganya ratusan ribu hingga yang harganya hampir 5 juta.

Sebagai sebuah barang investasi, pastinya kita tak mau membeli pompa yang tidak terpakai. Kenapa? Karena pompa ASI itu cocok-cocokan. Apa yang digunakan si A belum tentu cocok dengan ibu B. Saya sendiri sebelum Yafiq lahir sempat bingung juga ingin membeli pompa ASI yang mana. Dengan sewa pompa ASI, pastinya akan lebih memudahkan para ibu dalam menentukan ingin membeli pompa ASI yang mana.

Baca juga : Review Claire's Breastpump

Hal yang perlu diperhatikan sebelum sewa pompa ASI 

 


Dalam urusan sewa pompa ASI ini, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa pompa ASI antara lain:

Tentukan lebih dahulu pompa ASI yang ingin disewa

Sebelum menyewa pompa ASI, tentunya kita harus menentukan terlebih dahulu pompa ASI yang ingin digunakan. Biasanya pompa ASI yang disewakan di rental perlengkapan bayi merupakan pompa ASI dengan harga yang lumayan mahal. Entah itu merk Medela, Avent, hingga Spectra. Meskipun statusnya sewa, tentunya akan lebih memudahkan kalau kita sudah tahu merk apa yang ingin digunakan.

Cari info sebanyak-banyaknya tentang pompa ASI yang ingin disewa

Setelah menentukan pompa ASI yang ingin disewa, ada baiknya kita mencari tahu informasi tentang pompa ASI ini. Mulai dari cara pemakaian, kelebihan dan kekurangannya, risiko kerusakan dan informasi lain seputar pompa ASI tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusak, atau kebingungan saat akan menggunakan pompa.

Pilih rental pompa ASI yang terpercaya 

Untuk urusan tempat menyewa, tentunya kita juga harus memilih rental pompa ASI yang terpercaya. Untuk mengetahui bagus tidaknya rental perlengkapan bayi ini kita bisa bertanya kepada mereka yang pernah menyewa barang di rental tersebut. Bisa juga kita mencari testimoni terhadap rental tersebut. Layanan dari customer service juga bisa menjadi salah satu patokan kita dalam memilih rental tempat kita akan menyewa pompa ASI.

Pilih rental pompa ASI yang satu kota

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih sewa pompa ASI adalah memilih lokasi rental yang tak jauh dari rumah kita. Dengan memilih rental satu kota ini pastinya akan lebih memudahkan dalam proses pengiriman juga lebih menghemat biaya. Selain itu, jika ada hal yang tidak kita mengerti juga pastinya akan lebih mudah untuk menghubungi pihak rentalnya.

Nah, bagi teman-teman yang tinggal di wilayah Jabodetabek bisa mencoba rental perlengkapan bayi biru.id yang menyediakan aneka kebutuhan bayi termasuk pompa ASI. Di rental biru.id ini, teman-teman bisa menyewa pompa ASI yang hospital grade seperti Medela dan Spectra dengan harga terjangkau dan tentunya terjamin kebersihannya.


Demikian beberapa hal yang bisa saya bagikan seputar sewa pompa ASI ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

22 Comments

  1. aku pernah niat sewa mba tapi pas dihitung2 jauhnya lebih mahal apalagi pake selama 2 tahun hehehe jadi akhirnya aku beli alhamdulilahnya dikasih sama brand :p

    ReplyDelete
  2. Yang penting terbaik buat anak ya. Kalau memungkinkan kenapa tidak? Dengan tipsnya di atas semoga banyak pembaca yang tercerahkan...

    Salam
    Okti Lin

    ReplyDelete
  3. Sewa pompa asi sepertinya bisa jadi alternatif pilihan hemat juga ya. .apalagi kalau kita belum ada pengalaman tentang merk pompa yang bagus. Daripada beli dan ternyata bermasalah, mending sewa dulu sekalian nyoba gimana performanya. Iya ga sih?

    ReplyDelete
  4. Aku tuh baru tau ada penyewaan pompa asi dan perlengkapan bayi setelah selesai menyusui. Hehe telat banget taunya. Kalau bisa sewa ya pengennya sewa aja soalnya aku ga terlalu sering pumping tapi punya pompa asi manual 2 elektrik 1 kan mubazir jadinya.. hehe

    ReplyDelete
  5. untuk yang belum berpengalaman, bisa sewa pompa asi sebagai alternatif hemat bagi ibu yang memerlukan

    ReplyDelete
  6. Bener mba dengan sewa pompa ASI bisa jadi bahan pertimbangan sebelum beli pompa ASI, kita jadi bisa coba dulu pompa ASI, dan pilih yang cocok sama kita terus baru beli deh.

    ReplyDelete
  7. Ahhh kenapa juga aku baru tau soal biru ini. Dulu tepatnya dua tahun lalu galau banget beli pompa asi karena pengennya madela tapi mahal banget
    . Sekarang enak bisa sewa

    ReplyDelete
  8. Kalau aku lebih baik beli, karena pompa ASI termasuk asset kesuksesan kita memberikan ASI. Dan lebih aman memang beli jadi gak merasa was-was menggunakannya.

    ReplyDelete
  9. Aku sih yes, mendingan pilih sewa pompa asi daripada beli. Biar bisa pilih yang bagus, yang kalo beli harganya mahal banget. Dan lagian, pompa asi biasanya gak kepake lama. Aku dulu cuma 6 bulan aja pake pompa asi. Sayang banget beli jutaan kalo beli. :D

    ReplyDelete
  10. Its okey sih mba kalo harus sewa pompa ASI karena pompa ASI ku pun udah dipinjem teman beberapa kali dan kembali masih bagus

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat dulu pas anak pertama, aku diharuskan menggunakan pompa ASI karena deras banget, jadi nggak akan buat tersedak ke bayi. Bela-belain beli dong. Eh sekarang barangnya nggak kepake dan barangnya masih bagus, karena pas anak kedua ini keluarnya normal.

    ReplyDelete
  12. Oh...ternyata pompa ASI ini cocok-cocokan yaa...?
    Aku pikir semua pompa bisa hanya ada yang manual dan elektrik.

    Zamanku dulu adanya yang manual.
    Kalau pun ada elektrik, mesti pesen dulu ke salah sati toko bayi di Bandung.
    Huhuu~

    ReplyDelete
  13. Aku sih Nay mba, hehe.. Dulu pernah pesan yang merek apa gitu. Pompanya yang langsung dua, kanan kiri. Trus ternyata printilan dalamannya banyak. Eh, ada yang agak cepet rusak, terpaksa deh ganti. Jadi sewa pompa asi lagi itu suka horor, takut rusaknya lebih parah, hihi..

    ReplyDelete
  14. Wahhh baru tau kalau pompa asi ternyata bisa sewa juga hehe, sekarang suka bgt baca tentang parenting ky gini, buat bekal kalau udh jd ibu hehe

    ReplyDelete
  15. Setuju nih Mba, harus tetap teliti sebelum melakukan pinjaman pompa ASI. pilih yg terpercaya dan diliat juga kondisi kebersihannya ya. Jadi aman untuk ibu dan bayi

    ReplyDelete
  16. Kalau menurut daku yang belum menjadi pejuang ASI sih lebih menguntungkan untuk sewa ya, karena bisa digunakan ketika masa menyusui anak

    ReplyDelete
  17. sewa perlengkapan bayi emang paling simpel. karena kadang-kadang pemakaiannya kan terbatas waktu. kayak bouncher, bayinya udah gedean dikit kan gak muat lagi... hehe jadi daripada mubadzir ya mending sewa aja

    ReplyDelete
  18. menurutku gapapa sih sewa mbak, asal dibuat coba dulu gitu dan diniatin untuk beli sendiri setelahnya soalnya kan gimana2 juga buat jangka panjang hehe :D

    ReplyDelete
  19. aku baru tau nih ada sewa pompa ASI ya sekarang, wah menyenangkan sekali, secara pompa ASI yang electric mayan uga ya harganya kan kalo beli

    ReplyDelete
  20. Pompa ASI itu penting banget sih. Bagus banget kalau ada jasa sewa pompa ASI jadi kita bisa coba dulu sebelum benar-benar membeli. Atau menyewa disaat kondisi darurat seperti yang mbak alami.

    ReplyDelete
  21. Wah asik yah bisa sewa pompa ASI, jadi ga usah beli langsung yah bisa try dulu yang oke yang mana baru deh beli.

    ReplyDelete
  22. Aku lebih suka untuk beli pompa asi beb hehe

    ReplyDelete