Perihal Cuci Mencuci Pakaian Bayi yang Harus Kita Perhatikan

Perihal Cuci Mencuci Pakaian Bayi yang Harus Kita Perhatikan

Menjadi seorang ibu pastinya memberikan pengalaman baru bagi setiap wanita, termasuk saya. Jadi ceritanya sewaktu akan melahirkan anak pertama dulu, pastinya saya membeli berbagai pakaian untuk calon debay. Sebelum digunakan, pastinya pakaian tersebut dicuci terlebih dahulu. Nah, saat akan mencuci pakaian bayi ini, saya baru sadar kalau deterjen yang digunakan tak bisa sembarangan. 

Hal ini karena bayi memiliki kulit yang cenderung sensitif sehingga sangat rentan mengalami iritasi. Untuk itu, diperlukan adanya metode khusus dan juga deterjen untuk baju bayi. Jadi, bagaimana ya kira-kira cara mencuci pakaian bayi yang baik dan benar? 

Selalu cuci baju baru sebelum dipakai 

Biasakan untuk mencuci setiap baju baru sebelum si Kecil menggunakannya. Ini mengingat kulit bayi yang lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Selain itu, walaupun masih terbungkus rapi dengan plastik, tidak menjamin baju baru bebas dari kuman, debu, ataupun senyawa berbahaya lainnya.

Pilih deterjen khusus untuk mencuci baju bayi 

Saat ini, pastinya ada banyak deterjen pakaian yang ditujukan khusus untuk bayi. Nah, syarat deterjen yang aman untuk si Kecil adalah deterjen yang tidak mengandung paraben, sehingga tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, carilah detergen yang mengandung bahan alami yang aman untuk kulit bayi serta menjaga pakaian bayi tetap lembut. Untuk informasi mengenai deterjen khusus baju bayi, bisa dicek di https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/tips-mengatasi-bau-pada-botol-susu-bayi.

Cuci baju sesuai jenis bahannya 

Tidak semua baju bayi dapat dicuci dengan cara yang sama. Beberapa pakaian dengan bahan tertentu seperti wol atau sutra mungkin tidak cocok dicuci menggunakan mesin cuci, dan sebaiknya dicuci dengan tangan. Sehingga ada baiknya melihat label yang tertera di baju.

Bilas baju sampai bersih 

Baik mencuci menggunakan tangan atau mesin, jangan lupa untuk membilas baju si Kecil dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada sisa sabun dan kotoran yang masih menempel pada pakaian bayi.

Selain pakaian, urusan mencuci peralatan makan juga perlu menjadi perhatian para ibu. Nah, untuk peralatan makan sendirim hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sabun pencuci foodgrade untuk alat makan bayi kita.

Jika kita tidak cermat dalam penggunaaan sabun pencuci alat makan bayi, bisa saja bayi anda keracunan residu sabun yang masih tertinggal. Intinya, selalu sediakan apapun yang terbaik untuk anak kita, terutama jika masih dalam masa perkembangan

Post a Comment

5 Comments

  1. Sederhana dan mengena Tips Nya Bunda
    Salam Kenal

    ReplyDelete
  2. deterjen bayi baunya lembut. selain itu,noda pup di insert clodi juga jadi lebih mudah bersih.

    ReplyDelete
  3. Udah gonta ganti detergen, ujung-ujungnya balik lagi ke Sleek untuk urusan cuci baju anak. Ampuh banget menghilangkan bau ompol dan wanginya tahan berhari-hari.

    ReplyDelete
  4. Gunakan sabun cuci khusus buat bayi deh

    ReplyDelete