7 Air Terjun Terindah di Thailand



Beberapa tahun yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi Loksado, salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Kalimantan Selatan. Saat itu saya dan puluhan rekan kantor lainnya mengikuti outbond yang diadakan kantor setiap tahunnya. Nah, saat berada di daerah Loksado ini, selain mencoba bamboo raftingnya, saya juga sempat mengunjungi sebuah air terjun kecil yang terletak di dekat salah satu resort. 

Wah, meski lokasinya kecil dan tersembunyi, air terjun ini sungguh menyegarkan dan memberikan ketenangan. Selama beberapa waktu, saya dan teman-teman menghabiskan waktu di air terjun kecil tersebut. Sambil menikmati segarnya air, saya jadi membayangkan kalau versi kecilnya sudah sangat indah, pastinya air terjun yang lebih besar jauh lebih indah.

Di Indonesia sendiri, air terjun telah tersebar ke berbagai penjuru pulau. Setiap pulau memiliki karakter air terjunnya masing-masing. Karakter tersebut dapat kita kenali ketika jutaan kubik air tersebut jatuh ke hilir. Bunyi yang muncul akibat pertemuan antara kedua air dari ketinggian yang berbeda tersebut memberikan ketenangan maksimal guna relaksasi tubuh.

Lalu bagaimana jika kita menginginkan sesuatu yang berbeda dan tidak pernah dilihat sebelumnya di Indonesia? Asia Tenggara tentunya memiliki sejuta tempat bagi mereka yang ingin mengenal keindaha alam serupa yang memiliki karakternya sendiri. Setiap air terjun yang disambangi akan memberikan momen yang berbeda. Nah, salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki pemandangan dan nuansa terbaik pada situs alam air terjun adalah Thailand. 

Baca juga : Wisata Kepulauan Indah di Pulau Kalimantan

Negeri Gajah Putih tersebut ternyata menyimpan ribuan air terjun yang patut untuk kita sambangi dan nikmati bersama keluarga. Keindahan dan relaksasi yang diberikan oleh beberapa air terjun di Thailand ini tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Siapkan waktu cuti Anda, lalu pesan tiket pesawat ke Thailand, lantas nikmatilah pemandangan alam dan bunyi relaksasi air terjun terbaik di Thailand. 

Apa saja sih air terjun terindah yang wajib dikunjungi? Berikut daftarnya: 

1. Khlong Lan


Sumber gambar : www.touronthai.com
Air terjun Khlong Lan merupakan daftar pertama air terjun di Thailand yang wajib disambangi. Air terjun dengan volume air yang sangat besar ini datang dari ketinggian yang terbilang fantastis, yakni sekitar 100 meter dan lebar 40 meter. Besaran tersebut membuat Khlong Lan hadir sebagai salah satu air terjun terbesar di Thailand. Air terjun yang berada di kawasan Kamphaeng Phet ini dapat ditempuh sekitar lima jam dari kota Bangkok.

2. Bang Pae

Sumber gambar : www.phuket.com
Phuket memang memiliki segala destinasi yang patut kita kunjungi. Mulai dari pantai, hutan, hingga air terjun pun dinilai memiliki kecantikan yang sangat “wah”. Air terjun Bang Pae dapat menambah rasa cinta Anda kepada kekayaan alam yang dimiliki oleh Phuket. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi favorit para warga untuk melarikan diri dari kerumunan. Walaupun air terjun ini berukuran sangat kecil, namun ketenangan yang diberikan amatlah besar. Kita dapar berenang tepat di bawah air mengalir sambil menikmati ruang terbuka hijau yang amat breathtaking.

3. Khlong Chak


sumber gambar : http://backpackerstory.org/

Terletak di pulau Koh Lanta, Khlong Chak telah siap memberikan kejutan yang terbilang sopan karena kita akan diberikan ketenangan maksimal olehnya. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang amat ramping dan melihat gajah serta monyet yang turut menyaksikan kita yang tengah berusaha mencapai air terjun Khlong Chak. Ketika sudah sampai di atas, dipastikan kesulitan dalam mencapai air terjun ini tidak akan berakhir sia-sia.  

Baca juga :  5 Hal yang Ingin Dilakukan di Pantai Pandawa

4. Phliu

Sumber gambar : Wikipedia (By KAlexey - Own work, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=9776953)
Air terjun yang berlokasi di Provinsi Chanthaburi ini merupakan salah satu taman nasional terbaik yang ada di Thailand. Taman tersebut bernama Namtok Phlio. Untuk mencapai taman nasional ini kita butuh waktu sekitar empat jam dari kota Bangkok. Air terjun Phliu merupakan salah satu air terjun yang sudah terkenal di Chanthaburi. Kita dapat melihat rombongan ikan yang sedang berenang di sela-sela derasnya air terjun. Kita juga diperbolehkan untuk berpiknik di sepanjang tepian air terjun sambil menikmati dan menjelajahi taman.

5. Koh Luang


 
Sumber gambar : en.wikipedia.org/
Jika ingin berburu air terjun indah, utara Thailand adalah tempat yang tepat. Di sana terdapat taman nasional Mae Ping yang siap disambangi. Taman nasional tersebut juga memiliki destinasi air terjun yang tak akalah cantik. Air terjun tersebut bernama Koh Luang. Uniknya, air terjun ini memiliki tujuh jalur yang dilewati oleh air untuk menuju ke sungi. Air terjun satu ini dapat juga menjadi spot foto menarik untuk segera diunggah ke dalam feed Instagram kita.

6. Haew Suwat


 
Sumber gambar : www.world-of-waterfalls.com
Mungkin ini adalah salah satu air terjun yang dapat menjadi tempat kongkow bagi kita. Sebab, masyarakat kerap kali memanjat hingga puncak air terjun, lalu mereka saling berbincang di atas sana. Haew Swat merupakan salah satu air terjun populer yang berada di kawasan taman nasional Khao Yai.

7. Erawan

 
Sumber gambar : http://www.thailand-guide.com
Terakhir, ada air terjun yang siap membuat kita menganga setiap saat karena ukurannya yang sangat besar, yaitu air terjun Erawan. Air terjun satu ini memiliki tujuh lapis sehingga Anda dapat melihat tujuh air terjun secara langsun dalam satu momen. Jutaan kubik air di sini jatuh dan tersebar ke seluruh bagian hilir yang memiliki luas sekitar 1.5 kilometer.

Itulah dia 7 wisata Air Terjun di Thailand yang bisa kita kunjungi. Jika teman-teman berkesempatan berkunjung ke Thailand, pastikan untuk mengunjungi salah satunya ya :)

51 Comments

  1. Pengen banget sebenarnya mbak berkunjung ke loksado tapi nggak ya paket wisatanya gitu disana. Air terjun di thaland keren-keren juga tuh tapi yang paling keren dan unik kelihatannya air terjun erawan. Mudah2an bisa kesan lain waktu

    ReplyDelete
  2. Mba antuung.. Itu yg erawan serius aslinya cakep begitu? Biru bangeeet! Keren euy..

    ReplyDelete
  3. Segar rasanya kalau lihat air terjun. Apalagi kalau siang hari saat matahari lagi terik. Pengennya main air di sana :)

    ReplyDelete
  4. Kalau ngelihat air terjun adem banget dan segar rasanya, bisa bikin pikiran relaks juga.

    ReplyDelete
  5. Indah banget ya tempat wisatanya, Indonesia juga banyak tapi belum sempat jalan-jalan. Ini keren banget air terjunnya

    ReplyDelete
  6. Wah, indah juga air terjun di Thailand. Saya suka pergi ke air terjun mba, karena suka merasakan dingin dan segarnya air. Suaranya deburan air itu seperti musik alami yang bikin rileks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalau ke thailand mampir ke sini ya, mbak. Hehe

      Delete
  7. Wah, indah juga air terjun di Thailand. Saya suka pergi ke air terjun mba, karena suka merasakan dingin dan segarnya air. Suaranya deburan air itu seperti musik alami yang bikin rileks

    ReplyDelete
  8. Banyak juga air terjun di Thailand ya..., Sejuk...

    Semoga suatu saat ntah kapan..bisa menikmati langsung..., Amiin..

    ReplyDelete
  9. Keren ya mbaaa.. tapi aku yakin di tanah air juga banyak dan bagus-bagus. Semoga bisa jalan-jaan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Di indonesia pasti bagus-bagus juga air terjunnya

      Delete
  10. Wah, semoga aku bisa kesana tahun ini menikmati keindahan Alam di Thailand

    ReplyDelete
  11. yang paling ataas fotonya paling aku suka

    ReplyDelete
  12. Kalau nggak salah Thailand punya musim yang setiap hari hujan badai itu ya, mbak. Kalau pas ke sana harus tahu ya kapan musim itu terjadi. Biar pas ke sana nggak sampai terjebak badai.

    ReplyDelete
  13. Wow indah2 yaaaa air terjun di Thailand, namun aku yakin di Kalimantan pun tak kalah indah, cuma blm digali lbh aja potensi wisatanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pril. Semoga nanti di kalimantan objek wisatanya bisa lebih dikenal

      Delete
  14. Ya ampun lihat air terjunnya indah sekali mbaa. Kapan ya bisa ke Thailand dan melihat langsung pemandangannya :)

    ReplyDelete
  15. gila keren banget tuh air terjun Erawan, bisa kayak gitu ya

    ReplyDelete
  16. Jarang bangat yang bahas air terjun thaiiland ternyata alamnya juga gak kalah dengan air terjun di Indonesia

    ReplyDelete
  17. Meski di daerah/negara kita juga banyak air terjunnya, tapi tetap kalau meliat air terjun di negara lain, ada sensasi yg beda mba ya. 😊
    Semoga suatu saat bisa ke sana. 😊

    ReplyDelete
  18. Ah, liat ini jadi pengen ke Thailand. Pernah liat film Thailand yang menampilkan air terjun Erawan dan memang cakep banget sih.

    ReplyDelete
  19. Yang erawan itu mirip kaya di derawan kaltim yak...dan ternyata byk juga air terjun disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Selama ini tahunya pantai doang kalau soal thailand. He

      Delete
  20. Bila berada di bawah air terjun rasanya segar banar, apalgi pas hari panas panas 😁 kenikmatan yang hqq

    ReplyDelete
  21. Thailand ini ekosistemnya mirip2 Indonesia. Banyak air terjunnya. Ke air terjun ini biasanya jalannya yg lumayan menantang, tp pemandangan yg didapat sesuai sih dg perjalanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capeknya langsung hilang ya pas sampai di air terjunnya

      Delete
  22. Erawan indah banget Mba, subhanallah! Ini baru bener-bener explore thailand namanya.. Aku bookmark nih Mba postingannya.. Thanks sharingnya Mba.. :)

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah, kerenn banget... Semoga bisa kesana suatu hari nanti. Aamiin

    ReplyDelete
  24. Duh, mupeng lihat air terjun cakep-cakep gini. Terutama yang terakhir itu kayak lukisan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Yang terakhir memang keren banget fotonya

      Delete
  25. Semua air terjunnya cakep. Apalagi yang terakhir :)

    ReplyDelete
  26. Ikutan setuju sama yg laen neh. Air terjun erawan cakeeeeep

    ReplyDelete
Previous Post Next Post