Monday, January 15, 2018

5 Hal yang Ingin Dilakukan di Pantai Pandawa

Sumber gambar : www.spontieapp.com

Pantai apa saja yang ada di Bali? 

Kalau pertanyaan ini diajukan pada saya, mungkin saya hanya bisa menyebutkan 3 atau 4 nama. Padahal ada banyak sekali pantai di pulau Bali yang mungkin tidak akan khatam untuk didatangi. Entah itu pantai yang sudah dikenal lama, atau pantai-pantai tersembunyi yang menyimpan keindahan. 

Nah, salah satu pantai yang saat ini lumayan populer di Bali adalah Pantai Pandawa. Pantai Pandawa ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dari bandara Ngurah Rai sendiri, pantai ini berjarak sekitar 24,4 km memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk tiba di sana. 

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Pandawa adalah adanya 5 patung Pandawa berukuran 5 meter dengan lebar 2,5 meter yang dipahat di dinding kapur yang melindungi pantai ini. Jalan masuknya yang diapit dua tebing batu ini juga membuat Pantai Pandawa ini kerap disebut sebagai Pantai Rahasia. Jalan menuju pantai Pandawa sendiri merupakan merupakan bekas pertambangan batu dan masih terus dikembangkan. Jadi jangan heran kalau selama perjalanan kita disuguhi pemandangan mobil-mobil crane yang sedang bekerja. 


Untuk bisa memasuki Pantai Pandawa sendiri, kita cukup membayar tiket masuk per orang Rp 8.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000,00 untuk wisatawan asing. Nah, jika sudah tiba di Pantai Pandawa, kira-kira apa saja sih hal yang bisa kita lakukan di sana? Berikut daftar yang saya buat jika mengunjungi pantai Pandawa:

Menengok patung Pandawa Lima

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, di dinding menuju ke Pantai Pandawa terdapat 5 patung para Pandawa yakni Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima patung “penjaga” pantai tersebut diukir dengan indah oleh para seniman asli Bali. Di lokasi yang sama, ada pula patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima ksatria Pandawa. Semua patung-patung tersebut berwarna putih dengan tinggi sekitar lima meter, diberikan kain warna ungu di bagian pinggang, dan berjajar menghadap ke pantai. Jika saya berada di pantai Pandawa ini, tentunya takkan melewatkan momen untuk sekadar berfoto bersama kelima Pandawa dong, ya?

Sumber gambar : blog.traveloka.com/
Menikmati keindahan pantai

Layaknya pantai-pantai lain di Bali, Pantai Pandawa juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Pasirnya berwarna putih, ombaknya tenang dan airnya jernih. Bagi yang hobi berenang tentunya takkan melewatkan kesempatan berenang di pantai. Tapi kalau misalnya sedang tidak ingin berenang, bisa juga memandangi air laut di bawah kursi-kursi yang sudah disediakan untuk berteduh.
  
Bermain perahu Kano

Biasanya nih di pantai-pantai disediakan perahu atau banana boat bagi pengunjung yang ingin merasakan serunya mengarungi pantai. Nah, di Pantai Pandawa ternyata juga menyediakan kano untuk disewakan pada pengunjung. Untuk bisa menggunakan perahu kano ini, kita harus membayar Rp. 25. 000,00 untuk kano dengan kapasitas 1 orang dan Rp. 50.000,00 untuk kano dengan kapasitas 2 orang. Wah pasti seru banget nih mendayung sendiri mengarungi ombak di pantai Pandawa. Tapi kalau saya kayaknya memilih kano untuk 2 orang biar tidak terlalu capek mengayuh. Hehe.

Melihat Budidaya Rumput Laut

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Pandawa ternyata juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut oleh para penduduk. Lokasi budidaya rumput laut ini sendiri ada di sisi barat pantai. Penasaran dong ya bagaimana budidaya rumput laut itu.  Di sini kita bisa melihat langsung aktivitas para petani bekerja, mulai dati mengikat bibt, menanam hingga menjemur rumput laut. Bahkan katanya, kita juga diberi kesempatan untuk turut mencoba membudidayakan rumput laut. Wah, menarik sekali! 

Berburu Suvenir

Setiap kali mengunjungi sebuah tempat baru, kegiatan yang tidak boleh ketinggalan adalah berburu suvenir, toko yang menjual pakaian, kerajinan seni, kain, serta suvenir unik khas Bali. Kalau soal harga, katanya sih tidak jauh berbeda dengan membeli di toko oleh-oleh. 


Itulah dia 5 hal yang ingin saya lakukan jika mengunjungi Pantai Pandawa. Buat teman-teman yang ingin informasi lebih banyak tentang apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa, bisa klik info ini, ya. 
 
Nah, ngomong-ngomong soal liburan ke Bali, tentunya sebelum berangkat ke sana terlebih dahulu saya harus memesan tiket pesawat dan sebagainya. Untuk urusan tiket ini, biasanya saya memilih Traveloka untuk memesan tiket pesawat saat akan berlibur.

Baca juga : Merencanakan Liburan ke Bali
 
Ada banyak fitur yang dimiliki traveloka saat ini. Salah satunya adalah paket tiket pesawat dan juga hotel dalam 1 paket. Dengan paket ini, kita bisa pesan tiket pesawat + hotel secara bersamaan. Ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran terutama jika dibandingkan dengan memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Selain itu juga tentunya bisa lebih menghemat waktu pemesanan karena tidak ribet buka aplikasi lain kan ya? 

Tambahan lagi nih, dengan pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan di Traveloka bisa menghemat uang sampai 20% tanpa kode promo apapun. Jadi, kapan nih saya liburan ke Bali?

51 comments:

  1. Rencananya bulan depan mau jalan jalan pertama kalinya bawa anak nih mba. Kayaknya seru ya kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyiknyaa. Semoga sukses ya, jalan-jalannya :) insyaAllah pasti seru di sana

      Delete
  2. Pantai Pandawa asik juga nih kayaknya ya mba. Aksesnya dari bandara Ngurah Rai nggak begitu jauh kah?

    ReplyDelete
  3. aku pingin ke sana lagi
    dulu pas ke sana hujan
    pingin foto di depan tulisan "Pandawa" itu

    ReplyDelete
  4. Tempat di bali selalu keren2 deh. Pandawa 5 jd inget albumnya dewa19 hehe

    ReplyDelete
  5. wah itu pengen lihat budidaya rumput laut penasaran semoga bisa ke Bali ntar sama keluarga aku nih abis lahiran nunggu debay gedean dikit :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Semoga kesampaian ya, mbak ke Bali bersama keluarganya :)

      Delete
  6. Saya tinggal di bali tapi belum dapat kesempatan menikmati keindahan pantai ini. Pantai ini relatif baru populernya, mbak. Ternyata ada patung lima Pandawa disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi yang tinggal di bali malah belum sempat ke sana ya, mbak. Kalau saya lihat memang pantainya masih dalam pengembangan, mbak jadi baru mulai populer

      Delete
  7. Mestinya ada patung Dewi Madrim juga. Karena Dewi Kunti hanyalah ibu dari Yudhistira, Bima, dan Arjuna. Sedangkan Nakula, dan Sadewa adalah anak dari Dewi Madrim =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ya. Kadang orang lupa kalau ibunya nakula sadewa itu bukan dewi kunti

      Delete
  8. Belum bisa kesampean saya untuk pergi ke bali
    ada rencana tapi ke lombok

    ReplyDelete
  9. Pantai Pandawa sukses bikin saya penasaran dan tulisan ini malah membuat saya semakin penasaran dan pengen segera menjelajahinya. Makasih Mbak, postingannya keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera ke pantai Pandawa yaa :)

      Delete
  10. Penasaran dengan budidaya rumput lautnya....

    ReplyDelete
  11. Kalau disana yang jelas harus selfie juga, buat kenang kenangan fan juga dibagikan di sosmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Selfie itu wajib kalau sekarang mah :)

      Delete
  12. Replies
    1. Kayaknya asyik ya, mbak naik kano di pantai :)

      Delete
  13. Akhir tahun 2016 lalu kesini. Pantainya baguuus, sayang datangnya kesorean. Gak bisa naik Kano dan melihat budidaya rumput laut. Semoga tahun ini bisa ke Bali lagi :)

    ReplyDelete
  14. Wah kalo udah ada paketan hotel plus tiket enak banget liburan. Apalagi sama keluarga kan.. mana hemat biayaa hehe


    www.enychan.com

    ReplyDelete
  15. Aku pernah kesini, sayangnya belum berkesempatan melihat budidaya rumput laut itu, mbak Antung.

    ReplyDelete
  16. Aku blm prnh kesini.. Eh, ato udh prnh y wkt kecil? Lupa.. Hihi.. Yg jls pas udah gede g prnh jln ke bali dan aku mupeng.. Huhu

    ReplyDelete
  17. Wahhhh aya pengen ke sana deh Bali memang selalu menarik untuk di kunjungi 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku juga pengen banget bisa ke Bali. Heu

      Delete
  18. MasyaAllah, gak nyangka kalo pantai pandawa sekeren n seindah itu. 😍😍 malah baru tau dari mbak. Thx infonya, semoga kita bisa kesana ya.

    ReplyDelete
  19. Kalau aku ke Pantai Pandawa tentu akan berenang sepuasnya dan foto-foto untuk medsos 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi kalau airnya jernih kayak di pantai pandawa, ya. Pasti langsung pengen nyebur

      Delete
  20. Waaaa banyak postingan liburan gini, jadi ga sabar banget pengen liburan. Berharap nanti bisa ke bali terus sekalian ke pantai pink gitu. Hehe *kebanyakan maunya.

    ReplyDelete
  21. Saya belum sempat kesini waktu honeymoon, next semoga bisa leyehh2 bawa bayi liburan kesini aamiin

    ReplyDelete
  22. Padahal sudah bolak balik ke bali, tapi untuk pantai yang satu ini masih belum kesampain juga di kunjungi.Mudah mudahan ada yang mau ngajak traveling ke pantai ini hehehehe

    ReplyDelete
  23. Belum pernah liat budidaya rumput lautnya. Kayanya menarik nih. Besok kalau main ke Pantai Pandawa lagi mau nyempatin diri untuk liat ini ah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa lihat budidaya rumput lautnya ya :)

      Delete
  24. kemarin ke Bali malah belum sempat ke pantai Pandawa, kayaknya harus balik liburan lagi kesana :(


    www.diahestika.com

    ReplyDelete