Orang-orang yang Bisa Mengetahui Rahasiamu



Jelang hari pernikahan, saya menyambangi sebuah salon perawatan di kota saya. Maksud kedatangan saya kala itu apalagi kalau bukan untuk melakukan rangkaian perawatan pra nikah mulai dari lulur, timung dan perawatan lainnya. Aslinya sih saya bukan orang yang rajin ke salon untuk perawatan tubuh. Bahkan setelah berhijab belasan tahun yang lalu, frekuensi saya ke salon dalam setahun bisa dihitung dengan jari. Intinya sih saya kalau ke salon cuma buat potong rambut. Heuheu.

Saat berada di salon tersebut, sebuah pemikiran muncul di kepala saya. "Wah, para pegawai salon ini termasuk pekerjaan yang bisa mengetahui rahasia orang lain," kata saya dalam hati. Maksud dari rahasia di sini adalah rahasia yang ada di tubuh pelanggannya. Entah itu tahi lalat, tanda lahir, tato maupun rahasia lain yang kadang tak sembarang orang mengetahuinya.

Dalam keseharian kita, kadang baik secara sadar atau tidak kita membagikan rahasia yang ada pada diri kita. Entah itu pada sahabat, saudara dan orang-orang yang kita percayai. Namun ternyata ada juga orang-orang selain sahabat dan keluarga yang mengetahui rahasia yang ada pada diri kita. Entah itu rahasia dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk perkataan. Pada orang-orang ini, kita dengan suka rela berbagi rahasia kita. Berikut adalah profesi-profesi yang membuat kita harus membuka rahasia kita tersebut:


Tukang Pijat/Urut

Tukang pijat/urut mungkin menjadi salah satu orang pertama di luar keluarga yang mengetahui bagian-bagian tubuh kita. Saya sendiri sudah terbiasa diurut sejak masih kecil. Biasanya kalau jatuh atau keseleo, ibu akan segera mengajak saya ke tukang urut agar hilang sakit akibat keselo-nya. Saat sudah dewasa tukang urut dipanggil saat tubuh sudah terasa sangat capek karena bekerja. Kadang tukang urut/pijat ini juga bisa merangkap jadi tukang lulur kalau kita malas ke salon. Kalau dari pengalaman sih, malah lebih enak dilulur sama tukang pijat kayaknya mengingat mereka tahu titik-titik di tubuh kita yang tentunya semakin membuat kita merasa rileks.

Pegawai Salon

Dalam film Legally Blonde, Elle Wood, sang tokoh utama digambarkan kerap curhat dengan para pegawai salon tempatnya merawat diri. Pun begitu pula sebaliknya, si pegawai salon bercerita tentang kehidupan pribadinya pada Elle. Interaksi yang terjalin dalam proses mengecat kuku rupanya menghadirkan kedekatan antara keduanya. Wajar sih, ya. Dalam proses perawatan tubuh seperti itu kadang memakan waktu yang lama. Bagi mereka yang gemar bicara masa menunggu proses perawatan rambut dan kuku ini tentu akan diisi dengan obrolan ngalor ngidul.  Tak hanya menjadi teman curhat, pegawai salon juga berpotensi mengetahui rahasia tubuh kita. Contoh paling gampang ya saat luluran seperti halnya tukang pijat yang saya tulis di atas atau perawatan tubuh lain yang mewajibkan kita melepas pakaian.

Tenaga Medis

Tenaga medis jelas menjadi profesi lain yang memungkinkan seseorang untuk mengetahui rahasia orang lain. Entah itu dokter, perawat, bidan, hingga ahli forensik, semuanya menyimpan rahasia kita dalam bentuk yang berbeda-beda. Dokter dan perawat, misalnya. Mereka mengetahui penyakit yang ada di tubuh kita melalui rekam medis yang tersimpan di rumah sakit tempat kita berobat. Adapun ahli forensik mengetahui rahasia tubuh seseorang melalui uji forensik yang dilakukannya pada orang yang sudah meninggal.

Psikolog/Psikiater

Profesi terakhir yang memungkinkan untuk mengetahui rahasia orang lain adalah psikolog/psikiater. Biasanya mereka yang berprofesi ini akan disambangi saat seseorang merasa ada yang tidak beres dengan kejiwaannya. Entah itu depresi, stress, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kejiwaan kita. Biasanya dalam proses tatap muka dengan psikolog/psikiater ini kita akan memaparkan beberapa rahasia kita yang mungkin berhubungan dengan gangguan kejiwaan yang kita alami. Prosesnya bisa melalui hipnosis atau juga pendekatan halus saat berbicara. Dari hasil pertemuan yang dilakukan ini, psikolog/psikiater akan memberikan saran-saran yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi.

Oh, ya tentang dunia psikolog ini, saya jadi teringat dengan film Bollywood berjudul Dear Zindagi. Film ini bercerita tentang seorang wanita muda yang mengunjungi psikolog karena merasa ada yang salah dengan dirinya. Sang Psikolog (yang diperankan oleh Shahrukh Khan) kemudian berusaha menggali kenangan-kenangan masa kecil si wanita hingga akhirnya wanita ini mengetahui akar permasalahan yang ada dalam dirinya. Film yang menarik untuk ditonton kalau kata saya.

So, itulah dia beberapa profesi yang membuat seseorang mengetahui rahasia kita. Kalau kata saya sih profesi-profesi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihannya tentu saja bisa mengetahui rahasia orang. Kekurangannya, sebagai seseorang yang menjalankan profesi tersebut diharapkan bisa amanah dalam menjaga rahasia kliennya. Ini bisa jadi menimbulkan tekanan tersendiri bagi orang tersebut.

16 comments:

  1. Biasanya kalau ke salon saya memilih tidur hihihi

    ReplyDelete
  2. kalau saya pas potong rambut milih baca buku. kalau pas facial pasti ketiduran. hihi

    ReplyDelete
  3. Ulun malas ke salon yang tukang salonnya kepo suka nanya2. Hehehe....

    ReplyDelete
  4. jarang pang jua aku ketemu pegawai salon yang kepo. hihi

    ReplyDelete
  5. Iya, tukang salon sm tukang pijat nih yg strategis bgt buat perputaran mulut emak2.. Hihi.. Lucunya ya ktk ditanya "tau dari mn lah dy" yg nybarin mlh g tau2..

    ReplyDelete
  6. hihi. kadang suka nggak nyadar ya mereka nyebarin info

    ReplyDelete
  7. hihii makanya dulu saya males ke salon atau tukang urut. males diketahui rahasianya. hihi padahal ga punya rahasia juga. Eh tapi karena kebutuhan ya terpaksa berbagi rahasia dengan tukang salon. Kalau tukang urut sih belum pernah. masih ngandalin suami aja.. :-)

    ReplyDelete
  8. Tenaga Medis..
    ada dokter langganan yang tiap saya berkunjung pasti langsung ditebak penyakitnya "kenapa lagiiii maagnya kambuh?" :D

    ReplyDelete
  9. hahaha. sampai hapal ya dokternya, ray :D

    ReplyDelete
  10. wah suaminya jago urut, ya, mbak. sama kayak suami saya. hihi

    ReplyDelete
  11. Hahaha, iya betul banget mbak. Apalagi tukang pijat suka tau banget mana yang salah dalam tubuh :D

    ReplyDelete
  12. iya. tangannya jago yaa :)

    ReplyDelete
  13. semoga yang memilih profesi itu bisa jaga rahasia ya mbak... lucu juga kalau dia cerita kemana-mana...

    ReplyDelete
  14. iya, mbak :)

    ReplyDelete
  15. hahaha tukang urut, bener banget mbak :D apalagi yang udah langganan. ^_^

    ReplyDelete
  16. Perawatan di salon gak sambil ngobrol tuh rasanya ngantuk.. tapi kalau ngobrol pun mesti pinter2 jaga lidah. Kalau nggak, bukan cuma rahasia tubuh yg ketauan, tapi rahasia lain juga..

    ReplyDelete