Pengalaman Mengunjungi Jakarta Aquarium Safari

Salah satu destinasi impian saya jika berkunjung ke Jakarta sebenarnya adalah Sea World Ancol. Entah kenapa saya benar-benar ingin mengunjungi tempat wisata bawah laut tersebut. Lalu ketika mengunjungi mertua di tahun 2023 lalu, saya sudah mengusulkan untuk mengajak anak-anak ke Sea World yang sayangnya ditolak suami karena alasan jauh. Maklum mertua tinggal di Tangsel sementara Sea World ada di Jakarta. Jadilah wacana untuk bisa melihat berbagai binatang laut di aquarium raksasa tidak kesampaian.

Nah, kesempatan berikutnya datang ketika saya mendapat perjalanan dinas dari kantor di akhir 2023 lalu. Saya sempat mempertimbangkan untuk pergi ke Sea World sendirian setelah masa diklat selesai. Namun akhirnya rencana tersebut saya batalkan karena sepengetahuan saya untuk bisa ke Ancol itu lumayan jauh juga dari Pasar Senen dan areanya juga sangat luas. Akhirnya saya memutuskan mengganti destinasi kunjungan ke tempat wisata lain di Jakarta yang juga menyajikan pemandangan bawah laut yakni Jakarta Aquarium Safari.

Pengalaman Mengunjungi Jakarta Aquarium Safari

Jakarta Aquarium Safari berlokasi di Mall Neo Soho yang ada di Jalan Letjen S. Parman Kavling 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat tepatnya di lantai Lg 101 - LGM 101. Saya berangkat dari halte Pasar Senen dengan menggunakan busway M2 dan berhenti di halte Pecenongan kemudian dilanjut dengan bus M8 dengan jurusan Pasar Baru - Lebak Bulus dan turun di halte Tanjung Duren yang letaknya tepat di depan Mall. Dan ternyata, Mall Neo Soho ini lokasinya berdampingan dengan Mall Central Park yang pernah saya impikan untuk kunjungi dalam salah satu postingan.

Setelah turun dari busway, saya langsung berjalan menuju Mall Neo Soho. Berhubung ini pertama kalinya saya ke Mall di Jakarta saya sempat bingung mencari lokasi dari Jakarta Aquarium Safari ini. Ternyata dari lantai tempat saya masuk saya harus turun lagi menuju lantai Lg tempat Jakarta Aquarium Safari berada. Begitu menemukan lokasinya, saya segera membeli tiket lewat salah satu aplikasi travel. Sebenarnya bisa saja sih saya membeli langsung di kasirnya namun membeli di aplikasi lebih murah walau hanya beberapa ribu. Hehe. Oh ya, untuk tiket masuk ini saya membeli yang reguler untuk dewasa dengan harga Rp. 115.000,00.

loket tiket di jakarta aquarium safari


Setelah tiket dibeli dan saya mendapatkan gelang, langsunglah saya menuju pintu masuk. Di pintu masuk ini minuman kemasan yang saya bawa sayangnya harus ditinggal. Selain itu, sebelum masuk ke dalam area aquarium saya juga mendapatkan sesi foto gratis dari fotografer yang stand by di depan. Sayangnya belakangan saya kemudian tahu kalau untuk menebus foto ini saya harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Bahkan untuk file mentahannya juga saya tetap harus merogoh kocek yang lumayan besarnya. Akhirnya saya tidak ambil deh cetakan foto saya di depan Jakarta Aquarium Safari ini. 

pintu masuk jakarta aquarium safari



Begitu memasuki area aquarium, tentunya saya disuguhi pemandangan binatang-binatang laut yang berenang di dalam aquarium. Tak hanya di bagian dinding, bahkan di bagian lantai dimanfaatkan sebagai aquarium untuk menampung para binatang laut ini. Pada bagian ini saya bisa melihat ikan-ikan yang berenang di bawah lantai yang saya jejaki. Jadi kepikiran gimana ya cara bikin strukturnya? 



Tak hanya binatang laut, rupanya Jakarta Aquarium Safari juga memiliki beberapa koleksi binatang darat seperti ular yang dipajang tanpa kandang, meerkat, laba-laba hingga juga binturong yang saya temukan di area depan setelah pintu masuk. Ini tentunya memberikan nuansa yang berbeda di tengah-tengah kumpulan binatang laut yang menjadi magnet utama dari tempat ini. 



Memasuki pintu berikutnya, saya dibuat terpana dengan Aquarium yang menampung ribuan ikan sehingga menampilkan pemandangan yang sangat indah. Ada juga ubur-ubur yang menari dengan indahnya di dalam Aquariumnya. Bahkan ada juga ratusan ikan piranha yang selama ini belum pernah saya lihat dengan mata kepala sendiri. Jujur pada bagian ini langsung mengingatkan saya pada salah satu film animasi yang pernah saya tonton yakni Finding Dory yang juga terdapat adegan di sebuah tempat wisata bawah laut. 



Selain menampilkan berbagai binatang laut dalam aquarium, Jakarta Aquarium Safari juga menawarkan berbagai atraksi yang bisa diikuti terutama untuk anak-anak seperti memberi makan ikan di jam-jam tertentu, pertunjukan putri duyung dan berbagai pertunjukan lainnya. Sayangnya karena datang sendirian dan juga keterbatasan waktu saya tidak mengikuti atraksi yang diagendakan tersebut. 

Setelah puas melihat-lihat aneka satwa laut yang ada di Jakarta Aquarium Safari, saya memutuskan untuk pulang. Bagi mereka yang ingin mengisi perut, bisa mampir dulu ke restoran yang ada di pintu keluar dari Jakarta Aquarium Safari. Saya sendiri memilih untuk mencari makan siang di tempat lain dan sebelum pulang saya mampir sebentar ke Central Park Mall yang lokasinya berdekatan dengan Neo Soho Mall dan dihubungkan oleh Sky Wall. By the way, Central Park Ini pernah saya tulis sebagai salah satu Mall yang ingin saya kunjungi jika ke Jakarta. Alhamdulillah ternyata akhirnya kesampaian juga keinginan saya tersebut. 

Demikian sedikit cerita saya saat mengunjungi tempat wisata Jakarta Aquarium Safari di Jakarta. Sampai jumpa di cerita perjalanan selanjutnya!


14 Comments

  1. Saya juga pernah ke JAQS. Sempet megang tarantula Amerika saat ada pertunjukannya. Seru lihat ikan-ikan besar berenang di sini.

    ReplyDelete
  2. Dunia hewan di bawah laut memang sangat misterius. Dunia yang banyak orang blm tahu

    ReplyDelete
  3. Penasaran akan dunia bawah lautnya sedikit terobati ya di Jakarta Aquarium Safari meski niat ke Sea World Ancol tetap belum kesampaian.
    Semoga suatu saat ke ibu kota lagi kesampaian ke Sea World Ancol sana ya Mak

    ReplyDelete
  4. Saya lebih suka Jakarta Aquarium Safari daripada Sea World Ancol. Tapi, tetap aja kalau jalan-jalan ke dua tempat itu bakal berah berlamalama lihat ikan. Kalau lokasi, juga agak enak ke Jakarta Aquarium Safari. Karena masih bisa naik TJ meskipun lumayan jauh dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, mbak. ini naik TJ haltenya langsung di depan mallnya. kalau ke sea world kayaknya harus jalan lumayan jauh kan ya?

      Delete
  5. Alhamdulillah, nggak cuma bisa mengunjungi Jakarta Aquarium Safari, bahkan bisa ke Central park juga ya mbak. Ucapan maupun tulisan itu memang bisa jadi doa ya.

    ReplyDelete
  6. paling penasaran sama atraksinya, karena memang hanya di jadwal tertentu dan berkesan gitu kalau lihat sendiri, aku pengin loh kasih makan gitu, seru kayaknya

    ReplyDelete
  7. Aku belum kesampaian berkunjung ke Jakarta Aquarium Safari, lho. Ternyata keren amat ya sampai pengunjung pada betah gitu. Eh, mbak kok sendirian ke sana? hihihi.... Ribuan ikan berenang ke sana kemari, cantik2 ya. Terpukau melihatnya di akuarium raksasa di sana. Kapan2 mau ah bareng keluarga.

    ReplyDelete
  8. Nah ade iparku juga pengen banget ngajak anaknya ke sea world aku sarankan ke Jakarta Aquarium aja apalagi lokasinya ada di Mall lebih menarik juga setelahnay bisa jalan-jalan. Aku malah belum pernah nih mbak ke sana seru ya. Anak-anak udah gede soalnya jadi pada ga mau diajak ke sana

    ReplyDelete
  9. Kereen ya ada aquarium safari di dalam mall. Kalau harga tiket segitu itungannya masih terjangkau lah ya. Moga bisa ke sana untuk ngajak Saladin, jalan2 sekaligus nambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. Kalau ngepoin IG Seaworld sama Jakarta Aquarium, jauh bangeett... bagusan Jakarta Aquarium. Twpi sbagai pendatang, pasti jadi pingin main dan bandingin keduanya yaah..

    Sukanya tuh, di IG Jakarta Aquarium bukan cuma promo, tapi ada fakta-fakta unik hewan yang ada di sana. Kan jadi makin kepo yaa.. Apalagi lokasinya di mall. Makin ga sulit kalo laper, dkk.

    ReplyDelete
  11. Aku yang tinggal di Depok aja belum ke sini Mak, padahal Deket ya. Harga tiketnya lumayanlah lebih murah daripada SeaWorld gak sih? Kapan-kapan ajak anak-anakku deh.

    ReplyDelete
  12. Wah ini akuarium baru (nggak abru baru amat sih. hehe) yang ada di Neo Soho ya maaak. aku jg belom pernah nih kesini, tapi kayanya cakep ya maaaak.. Jadi pengen ajak anak anak kesini jugaaa

    ReplyDelete
  13. Mak, aku belum pernah Jakarta Aquarium Safari , pernahnya ke Sea World Ancol. Kayaknya lebih bagus Jakarta Aquarium Safari ya. Kalau Sea World Ancol kan desainnya jadul banget

    ReplyDelete
Previous Post Next Post