Review Film Bollywood Animal


Ayah merupakan sosok yang memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Kehadiran sosok ayah memberi banyak pengaruh bagi anak-anak kita mulai dari karakter hingga emosional mereka. Karena itulah penting sekali bagi para laki-laki untuk mengetahui perannya ini sebelum menikah agar ketika memiliki anak tidak serta merta melimpahkan urusan mendidik anak pada istrinya.


Sayangnya mungkin tidak banyak laki-laki yang sadar akan peranannya ini. Mereka beranggapan tugasnya hanyalah mencari nafkah untuk keluarga. Jika ayah pulang dengan membawa uang maka tugasnya sudah selesai. Jika ayah sudah membelikan mainan anak maka artinya dia memperhatikan anak. Padahal ada hal yang lebih penting ketimbang materi yang diperlukan anak yakni kehadiran ayah dalam masa-masa penting hidupnya. Jika kehadiran sosok ayah ini tidak didapatkan, maka akan memberikan pengaruh besar pada anak.

Itulah premis yang saya tangkap dari film Ranbir Kapoor yang berjudul Animal. Film yang rilis akhir 2023 sukses menarik perhatian dan juga laris manis di bioskop. Meski temanya tentang ayah, jangan dipikir ini adalah cerita keluarga yang mengharu biru, ya. Malah sebaliknya, Animal merupakan film brutal nan sadis yang mungkin sebagian orang tidak akan tahan untuk menontonnya sampai akhir. Hanya demi akting Ranbir Kapoor saja kayaknya saya bertahan melihat rangkaian pembunuhan yang ada di film ini.

Lalu bagaimana kisah dari film Animal ini? Yuk baca review ini hingga selesai

Review film Bollywood Animal



Judul film : Animal
Pemeran utama : Ranbir Kapoor, Anil Kapoor, Rashmika Mandana, Bobby Deol
Sutradara : Sandeep Reddy Vanga 
Durasi : 3 jam 21 menit

Cerita dimulai dari seorang pengusaha bernama Balbir Singh yang memiliki 3 orang anak Reet, Ranvijay dan Roop. Kesibukannya sebagai pengusaha membuat anak-anak Balbir Singh tidak memiliki banyak waktu untuk keluarganya. Bahkan di hari ulang tahunnya, Balbir Singh tidak ada di rumah padahal anak-anaknya sudah menunggu-nunggu momen tersebut, terutama Vijay putra ke duanya sangat mengidolakan sang ayah. 
 
Kurangnya waktu dan kasih sayang dari Balbir Singh ini membuat Vijay tumbuh sebagai pribadi yang brutal. Saat kakaknya di-bully di kampus, Vijay yang masih SMA membawa senjata ke kampus kakaknya dan membuat keributan di sana. Ia bahkan mengejar para penganggu kakaknya hingga mengalami kecelakaan. Apa yang dilakukan Vijay disebabkan Vijay yang merasa bertanggung jawab atas keamanan saudaranya di saat ayahnya sedang tidak ada. Sayangnya ketika hal ini diketahui ayahnya, Balbir Singh marah besar dan Vijay pun dihukum dan dikirim ke sekolah di Amerika.

Saat ulang tahun ayahnya yang ke-60, Vijay yang sudah berusia 30 tahun kembali ke India. Di sini ia bertemu kembali dengan Gitanjali, adik tingkatnya saat di sekolah. Gitanjali yang sebenarnya akan menikah kemudian termakan rayuan Vijay hingga akhirnya membatalkan pertunangannya dan malah menikah dengan Vijay. Karena Vijay lagi-lagi bersitegang dengan sang ayah di hari ulang tahunnya, setelah menikah ia dan Gitanjali langsung kembali ke Amerika.
 
Tujuh tahun kemudian, Vijay dan Gitanjali kembali ke India karena Balbir sang ayah ditembak orang tak dikenal. Sebagai putra satu-satunya Balbir Singh, Vijay berjanji untuk menemukan pelaku penembakan ayahnya dan bahkan membunuhnya. Untuk itu Vijay datang ke kampung halaman ayahnya dan meminta bantuan para sepupu untuk menjadi pasukannya.
 
Di sinilah aksi-aksi brutal Vijay Singh dimulai. Ia mengejar tanpa ampun orang-orang yang diketahui berhubungan dengan penembakan sang ayah. Mayat-mayat bergelimpangan dan darah berceceran di mana-mana. Tindakan yang dilakukan Vijay benar-benar seperti binatang yang menghabisi mangsanya tanpa ampun. Pokoknya dalam film ini prinsipnya adalah dibunuh atau membunuh. Dan kemudian setelah beberapa waktu akhirnya diketahuilah dalang dari penembakan sang ayah yang ternyata masih keluarga jauh mereka. Bagaimanakah cara Vijay Singh mengalahkan si dalang ini?

Kesan setelah menonton film Animal



Brutal dan sadis! Inilah kesan yang saya dapatkan setelah menonton film berdurasi 3 jam 20 menit ini. Jujur saya sendiri sempat bertanya-tanya bagaimana seseorang yang ayahnya tak pernah ada untuk dirinya bisa tetap menjadikan ayahnya sebagai idola. Namun seiring dengan perkembangan cerita saya akhirnya cukup mengerti bagaimana pola pikir Vijay dan bagaimana ia sebenarnya sangat haus kasih sayang ayahnya. 

Film Animal sendiri sebenarnya cukup melahirkan kontroversi. Selain karena adegan sadis yang ditampilkan, film ini juga membawa isu toxic maskulinity lewat tokoh-tokoh prianya. Balbir Singh selaku kepala keluarga selalu merasa dirinya benar. Vijay yang walaupun alasan dari tindakannya adalah untuk melindungi keluarga namun kadang juga bersikap merendahkan terhadap lawan jenis. Apalagi tokoh antagonisnya aduh luar biasalah itu. Jadi bisa dibilang semua tokoh pria di film ini adalah sosok-sosok red flag yang harus dihindari kaum hawa. 

Terlepas dari berbagai adegan sadis yang ditayangkan, ada beberapa adegan yang cukup menyentuh di film ini. Yang pertama adalah ketika Vijay berdialog dengan ayahnya di akhir film. Di sinilah kita bisa merasakan bagaimana Vijay dan inner child-nya yang tak terpenuhi. Bagaimana Vijay meminta ia dan ayahnya berganti peran hanya agar ayahnya tahu bagaimana rasanya diabaikan oleh orang yang diidolakan. Sungguh ini adalah adegan cukup membuat saya terbawa suasana.

Lalu adegan kedua adalah ketika putra sulung Vijay berlari menuju pelukannya yang memperlihatkan bahwa meski sebagai anak ia tak bisa mendapat kasih sayang ayahnya, namun sebagai ayah Vijay berhasil menjadi ayah yang dicintai putranya. Memang dalam salah satu adegan Gitanjali sempat menyebutkan bahwa selama di Amerika, di saat ia hidup hanya berdua dengan Vijay, hanya pada Vijay-lah Gitanjali bisa bersandar. Dan di saat ia melahirkan kedua anaknya, Vijaylah yang mengurus Gitanjali dengan sabar dan hal itulah yang membuat Gitanjali bisa bersabar bersama Vijay selain karena cintanya. 

Di mata saya sendiri, Animal memberikan sebuah pesan parenting yang sangat mendasar bagi pawa wanita dan juga pria. Pesan pertama tentunya pilihlah suami yang tepat yang bisa menghargai dan memperlakukanmu dengan baik. Sedangkan pesan penting lainnya dari film Animal bagi para ayah adalah jangan biarkan anakmu kehilangan dirimu di masa kecilnya.

Demikian review saya untuk film Animal. Jujur saya tidak merekomendasikan film ini bagi mereka yang tidak tahan dengan adegan sadis dan sadis. Namun bagi yang memang suka menonton film bisa mencoba menonton film ini sebagai hiburan dengan durasi yang sangat panjang. Hehe.

14 Comments

  1. Durasi filmya lama juga ya Mak, pasti film ini menimbulkan kontroversi ya karena banyak adegan pembunuhan. Setuju sih dengan pembalajaran yg diambil

    ReplyDelete
  2. Wah 3 jam mba dan filmnya ada adegan sadis ya. Huhu. Ceritanya menarik tapi 3 jamnya itu kayaknya aku bakal jeda2 misal nongol di netplik 😁. Kehilangan sosok seorang ayah di masa kecil sungguh pasti sedih. Apalagi ini dibunuh ya 😭

    ReplyDelete
  3. Wah film Animal ini kesan brutalnya keliatan sekali ya.
    Tapi ada juga hikmah yang bisa kita ambil, seperti pentingnya hubungan antara ayah dan anak.
    Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah lihat di media sosial, bahwa anak yang percaya diri itu rata-rata dekat dengan ayahnya dan terbiasa bermain dengan ayahnya.

    ReplyDelete
  4. kalau film triller sadis-sadisan gini ga berani nonton aku. tapi kalau film bollywood biasanya ga jauh dari isu kritik juga ga sih. Jangna-jangan isu maskulinity ini memang banyak di keluarga sekitar kita, ga di india juga sih, di kita juga banyak kan ya?

    ReplyDelete
  5. Film India kayaknya banyak yg tema sejenis gini, brutal dan sadis. Tentang dendam yang harus dibalaskan, pilihannya hanya dua, membunuh atau dibunuh.

    Tapi di film ini selain adegan brutal yang mana benar-benar seperti animal memangsa, ada pesan parenting yang disampaikan. Bahwa sebagai wanita kita mwsti mencari pasangan hidup yg baik, jangan yg red flag bahkan merendahkan.

    ReplyDelete
  6. Waaah...kayaknya aku ga bakalan tahan sama durasinya sih. Lamanyaaa... adegan sadisnya jg akan membuatku lemah huhuhu. Tapi pesannya bagus ya mbaa...kehadiran ayah (secara fisik maupun psikis) mmg sangat penting entah itu bagi anak laki2 maupun perempuan.

    ReplyDelete
  7. Jarang banget aku nonton film atau drama India sekarang, topiknya bisa menimbulkan perenungan betapa pentingnya peran bapak dalam perkembangan kehidupan anak-anak ya kurang kasih sayang bisa mengakibatkan ada yang hilang dari anak seperti tokoh film ini jadi brutal dan sadis

    ReplyDelete
  8. Dulu aku suka banget sama serial Bollywood
    Penggemar Shahrukh khan
    Sekarang da lama g nonton
    Padahal banyak film baru Bollywood yang seru ya mbak

    ReplyDelete
  9. Bukan film yang mengharu biru, kirain film komedi, Mbak. Ternyata sadis, ya? Huhu. Tapi aku ngerti sih pesan yang ingin disampaikan melalui film ini, betapa besarnya arti seorang ayah bagi anaknya. Dan meski seorang anak tumbuh tanpa ayah, ternyata bisa menjadi ayah yang baik saat dewasa. Tentu nggak semua orang dapat berproses sebaik Vijay, ya. Makanya jangan sepelekan peran ayah dalam keluarga.

    ReplyDelete
  10. Haduuuh Vijay ini kejam tapi sebenarnya sayang keluarga. Heran juga sih kenapa dia segitu dendamnya pada orang yang membunuh ayahnya padahal ayah abai padanya.

    ReplyDelete
  11. Lumayan juga ya ini durasi filmnya 3 jam, wah aku kayaknya kalau banyak adegan brutal dan sadis gak berani nonton. Kebayang banyakan tahan nafas terus biasanya, tapi baca revienya memang penasaran sih dan sudah lama juga gak pernah nonton film Bollywood

    ReplyDelete
  12. asalnya pengen nonton bareng keluarga tapi kalau full kekerasan nggak usahlah, but really kalau kita kurang kasih sayang ketika masih kecil akan tumbuh menjadi orang yang keras

    ReplyDelete
  13. Aku selalu yakin sama film Bollywood pasti ada makna mendalam terkait keluarga. Ini uda khas banget yaa.. Meskipun sadis dan brutal seperti Film Animal, tetap terasa "makna"nya.
    Tapi aku salut siih.. sama Vijay yang ngakunya gak dapet kasih sayang dari sang Ayah, tapi begitu tau Ayahnya meninggal dengan cara yang tidak baik, ia segera membela.

    ReplyDelete
  14. Relate isi ceritanya dengan kehidupan bahwa peran ayah di keluarga penting, ibu sbg wakil.kepala sekolah ayah kepala sekolah hrs bersinergi supaya anak2nya tumbuh mjd anak beraklak bagus

    ReplyDelete
Previous Post Next Post