Tips Memulai Jualan Skincare Online

cara jualan online

Bagi mereka ingin mendapatkan pendapatan tambahan dari rumah, saat ini jualan online menjadi pilihan karena banyak kemudahan yang didapatkan. Berkat kehadiran marketplace selama 10 tahun terakhir, seseorang tak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai usaha jualan online. Ada yang hanya bermodal ratusan ribu bahkan ada yang tanpa modal karena menjadi reseller atau affiliator dengan pendapatan yang juga cukup menjanjikan.

Namun kenyataannya, tidak semua orang yang memutuskan untuk jualan online dari rumah itu berhasil untuk mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sepinya jualan online seseorang di marketplace. Bisa dari pemilihan produk yang tidak tepat hingga mungkin kurangnya promosi yang dilakukan. Apalagi saat ini persaingan di dunia marketplace juga luar biasa karena itu tentu perlu banyak strategi agar ide jualan kita bisa dieksekusi dengan baik dan memberikan banyak penghasilan.

Saya sendiri sebenarnya sudah pernah melakoni usaha jualan online ini. Saat itu jualan online pertama yang saya lakukan adalah berjualan sweater di aplikasi Facebook sekitar 10 tahun yang lalu yang sayangnya hanya berjalan kurang lebih 1 tahun. Terakhir kali, saya juga memiliki toko di salah satu marketplace yang berhasil menjual produk berupa pupuk kotoran kambing. Produk pupuk ini sebenarnya merupakan produk dari suami saya yang sempat melakoni usaha ternak ayam di era pandemi lalu. Jujur saya agak kaget juga ternyata ada yang membeli pupuk kotoran kambing ini di toko saya. Hehe. Sayangnya lagi-lagi karena tidak diseriusi toko online saya itu sekarang kembali terbengkalai.

Ide Jualan Skincare Online

ide jualan online


Belakangan ide jualan online kembali hadir di benak saya. Maklumlah yaa saat ini rasanya kebutuhan hidup harganya semakin mahal dan saya merasa perlu memiliki tambahan penghasilan dan menabung untuk hari tua dan ke tanah suci bersama keluarga. Saat ini sebenarnya ada banyak sekali ide jualan dan  pilihan produk untuk dijual secara online. Namun untuk saya sendiri masih berpikir untuk berjualan produk skincare yang bisa dibilang saat ini menjadi salah satu kebutuhan dasar para wanita.

Selama beberapa tahun terakhir, kita bisa melihat bagaimana pesatnya perkembangan dunia skincare lokal. Setiap bulan rasanya ada saja produk skincare baru yang keluar dari berbagai brand dengan berbagai range harga. Hal ini mungkin bisa disebabkan oleh semakin aware-nya wanita Indonesia dengan pentingnya merawat kulit dengan skincare dasar. Apalagi selama beberapa tahun terakhir juga bermunculan banyak influencer yang tak bosan-bosannya membagikan review-nya untuk berbagai produk skincare lokal. Tentunya ini memberikan banyak pilihan bagi konsumen khususnya kaum hawa untuk memilih skincare sesuai kebutuhan dan kantong mereka.   

Atas alasan inilah saya kemudian memiliki rencana untuk jualan skincare online. Meski persaingan di bidang skincare ini cukup ketat, saya melihat pasar dari dunia skincare masih cukup terbuka lebar bagi mereka yang ingin mengais rezeki lewat jualan skincare online dari rumah. Namun tentunya untuk memulai jualan online di bidang skincare ini saya juga perlu memperhatikan berbagai aspek diantaranya: 

Melakukan survey terkait skincare yang laris di pasaran

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai usaha jualan online adalah melakukan riset dan survey terlebih dahulu terkait jenis dan brand yang ingin dipasarkan. Saat ini ada banyak sekali brand skincare lokal yang hadir mewarnai dunia skincare tanah air. Ada yang produknya bisa dibeli dengan mudah di toko kosmetik ada juga yang hanya bisa didapatkan secara online atau malah lewat agen khusus. Nah, tentunya saya juga harus melakukan survey terlebih dahulu produk apa saja yang kira-kira lebih cepat laris dan mudah dipasarkan.

Mencari distributor atau agen untuk memasok barang

Langkah kedua yang bisa dilakukan cara jualan online skincare adalah mencari distributor atau agen untuk memasok barang yang akan kita jual. Untuk langkah ke dua ini kita bisa menghubungi langsung brand skincare dan bergabung menjadi distributor atau resellernya atau bisa juga membeli secara kulakan di toko kosmetik yang cukup besar di kota kita yang biasanya memberikan diskon besar jika membeli dalam jumlah banyak. 

Menyiapkan strategi marketing seperti akun media sosial untuk toko yang baru dibuka

Tentunya takkan lengkap jika saat merealisasikan ide jualan online kita, tidak ada akun media sosial yang bisa menjadi sarana promosi dari produk yang dijual. Selain bisa berfungsi sebagai wadah promosi, media sosial juga diperlukan untuk membangun awareness dan memperkenalkan usaha kita. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk ini mulai dari facebook, instagram hingga tiktok yang bisa diisi dengan berbagai konten yang relevan dengan usaha yang dijalankan.

Membuka toko online agar memudahkan penjualan produk

Langkah terakhir dalam cara jualan online tentunya adalah membuka toko online kita sendiri. Saat ini ada banyak pilihan aplikasi jualan online yang memberikan fasilitas toko bagi penggunanya yang pastinya gratis dan tidak memerlukan banyak biaya. Gampang sekali ya sekarang buat buka toko jadinya.


Memulai jualan online di Lazada 

aplikasi jualan online


Bagi teman-teman yang berniat jualan online bisa memilih Lazada sebagai tempat berjualan. Lazada merupakan salah satu marketplace yang sudah ada sejak tahun 2012 lalu dan hadir di beberapa negara di Asia Tenggara yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Philipina. Untuk semakin melebarkan sayapnya di Asia Tenggara, tahun 2016 lalu Lazada bergabung dengan Alibaba Grup sehingga menjadikannya sebagai perusahaan eCommerce terkemuka di Asia Tenggara.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berjualan online di aplikasi Lazada diantaranya:

  • Proses pendaftaran mudah dan gratis
  • Mendapat pendampingan seller selama 90 hari
  • Gratis ikut promo/campaign dengan persyaratan tertentu
  • Mendapat subsidi ongkir dan iklan dengan total 1,5 juta

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa berjualan online di Lazada yakni:

  1. Buka website lazada.co.id dan klik pilihan menjadi seller
  2. Klik daftar penjual dan pilih apakah ingin menjadi penjual Lazada atau Penjual Lazmall
  3. Isi data yang diperlukan yakni KTP dan buku tabungan bagi perorangan
  4. Pastikan sudah membaca Ketentuan layanan (penjual), Perjanjian Jasa Logistik dan Kebijakan Privasi sebelum melakukan checklist
  5. Akun seller sudah jadi dan kamu sudah mulai bisa mengupload produk

Intip website Yuk Jualan Online untuk menambah wawasan jualan online-mu

aplikasi jualan online


Yang namanya memulai usaha, tentunya memerlukan banyak ilmu baru dalam bidang jualan online ini. Hal ini karena dalam dunia usaha termasuk jualan online selalu terjadi perubahan baik itu dari segi metode penjualan hingga strategi yang digunakan. Contoh sederhana adalah dulunya berjualan hanya bisa lewat toko maka sekarang bisa hanya dengan menggunakan handphone di tangan. Lalu dalam hal promosi produk juga selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Sebagai penjual tentunya kita juga harus mengikuti tren agar usaha bisa terus berkembang.

Lazada sebagai aplikasi jualan online kini memiliki blog bagi mereka yang ingin memulai usaha yuk jualan online. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari websitu Yuk Jualan Online ini diantaranya:

  • Mendapatkan banyak informasi dan ilmu seputar jualan online. Ada banyak insight dan artikel yang pastinya selalu update dan membantu dalam mengembangkan usaha jualan online kita di Lazada
  • Mendapat inspirasi dari berbagai tulisan tentang sosok inpiratif yang sukses berjualan di Lazada. Pastinya ini menjadi inspirasi dan motivasi dong ya bagi kita yang baru memulai jualan online di Lazada 
  • Di website Yuk Jualan Online kamu bisa bergabung dengan komunitas seller Lazada sehingga bisa saling berbagi ilmu seputar bisnis dan usaha.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk gabung jadi online seller di Lazada sekarang!

28 Comments

  1. Makasih banyak untuk informasinya, pas banget saya lagi belajar jualan skincare.

    ReplyDelete
  2. iya nih, aku maju mundur mau jualan online
    pengen ke bisnis skincare, tapi mukaku berjerawat
    duh gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samma nih. Secara aku sering scroll skin care untuk kulit kering. Kira-kira reseller dulu bisa ga ya? Belajar ah di Lazada. Cocok banget buat pemula kayak aku...

      Delete
  3. Saya kira jualan skincare itu ribet, ternyata tidak ya. Setelah baca artikel ini jadi tahu deh langkah-langkahnya. Makasih ya mbak atas infonya

    ReplyDelete
  4. Ya saya pikir jualan skincare itu ribet dan susah cari target jual. Baca ini jadi pingin gabung

    ReplyDelete
  5. Mudah ya ternyata pendaftarannya untuk ikut jualan online di Lazada terlebih dapat pendampingan gratis selama 90 hari ya mba? waaah tertarik nih. Kira-kira jualan apa ya yang lagi viral

    ReplyDelete
  6. Saat ini kebutuhan akan skincare memang lagi melonjak, bisa dibilang permintaan pasarnya pun cukup banyak. Asal konsisten membuka usaha online bukan lagi hal mustahil apalagi kini platform ecomerce juga memfasilitasi dgn sangat lengakap dan beri kemudahan

    ReplyDelete
  7. Kelihatannya memang product kosmetik salah satu yang paling besar ya marketnya untuk dijual secara online selain fashion. dan dengan cara online perluasan pasar bisa berlipat2 secara lebih efeketif yaa. keponakanku juga bisnis kosmetik secara online dan pengembangannya luar biasa

    ReplyDelete
  8. bener, makin banyak aja bermunculan merk dan produk skincare baru, karena memang pasarnya banyak dan luas ya mbak. Nggak cuma wanita, bahkan banyak juga pria yang mulai aware dengan perawatan fisik. Ini memang jadi peluang untuk bisnis jualan skincare secara online. Bisa dimulai dengan gabung di Yuk jualan online lazada, apalagi bisa belajar dan bertumbuh bersama seller lazada lainnya

    ReplyDelete
  9. Sama nih mak, sedang memikirkan untuk usaha sampingan tapi apa ya. jualan skincare bisa jadi ide cemerlang juga ya mak,secara pengguna skincare itu kan terus menerus jadi kemungkinan untuk repurchasenya lumayan tinggi.

    ReplyDelete
  10. Produk skincare ini memang sedang banyak peminatnya ya, banyak yang peduli dengan perawatan wajahnya. Dan ini bisa dijadikan peluang untuk usaha. Semoga usahanya bisa terus berkembang, Mbak

    ReplyDelete
  11. Jualan skincare di indonesia sepertinya menjanjikan karena disana banyak orang Yang dituntut glowing. Bisa juga dicoba buka lazada dan jual skincare di sana

    ReplyDelete
  12. Aku selama ini juga mengamati ecommerce kalau lagi live..
    Dan sepertinya memang produk skincare ini bisa ngena banget di hati. Apalagi perempuan tuh memang mengidamkan kulit yang sehat dan cantik menawan hanya dari rumah aja.
    Pastinya jadi kebantu banget dengan rekomendasi dan cara penggunaan yang tepat.

    ReplyDelete
  13. Sekarang ini bisnis skincare sedang berkembang pesat
    Apalagi jika dijual secara online
    Marketnya makin luas ya

    ReplyDelete
  14. Beli skincare secara online memang bikin hidup kita praktis dan mudah, ga usah ribet ke outlet atau toko secara offline. Apalagi kalau niat mau usaha, skincare bisa dilirik untuk pilihan usaha, karena skincare saat ini menjadi kebutuhan terutama bagi wanita untuk merawat kulitnya

    ReplyDelete
  15. Bisnis skincare memang paling dilirik nih karena banyak yang sudah melek tentang perawatan tubuh dan wajah

    ReplyDelete
  16. iya sekarang banyak juga yang belanja skincare di online, hemat waktu sih menurut kebanyakan yang pernah belanja skincare online. Kan gak serumit kalau belanja makeup musti hafal produk yang dibeli agar tepat

    ReplyDelete
  17. Aku saat ini belum kepikiran buat jual skincare. Merasa belum mumpuni aja. Pengetahuannya masih cetek banget. Cuma memang sekarang banyak marketplace oke buat jualan kaya Lazada ini. Cara gabungnya juga terbilang mudah ya

    ReplyDelete
  18. Iya sekarang dengan modal HP aja bisa jualan kapanpun di manapun yaaa. Bahkan gak perlu nyetok barang juga bisa tu jd OS asal mau berusaha keras ngiklanin dan promoin jualannya. Wih mantul jualan di Lazada ada subsidi ongkir yaa, kudu dimanfaatin baik2 tu.

    ReplyDelete
  19. Kalo Lazada udah ga diragukan lagi keberadaannya, marketplace yg udah lama banget. Eh, sekarang mempermudah kita yang mau berjualan online menjadi sellernya disana .

    Btw bener banget tuh jualan skinker brand lokal makin banyak nih buat nambah pundi2.

    ReplyDelete
  20. Beruntung dijaman sekarang bisa jualan online ada yg memfasilitasi spt Lazada. Tidak perlu modal sewa tempat, bayar pegawai dkk.

    ReplyDelete
  21. Memulai jualan di Lazada adalah pilihan yang tepat. Karena waktunya fleksibel bisa kapan saja dan di mana saja.

    ReplyDelete
  22. jadi dropship skincare boleh ga sii hehe

    ReplyDelete
  23. Website yuk jualan online bisa nih buat tutor bagi yang mau jualan online asalkan ada produk dan siap untuk jualan online

    ReplyDelete
  24. Asyik ya jualan online di lazada, banyak keunggulannya... Semoga lancar dan sukses ya mak jualan skincarenya...

    ReplyDelete
  25. Saya juga pernah jualan skincare Mba, cuman belum pernah jualan di marketplace seperti Lazada. Ternyata cara jualannya juga nggak susah ya, berjualan di Lazada memang banyak untungnya

    ReplyDelete
  26. Jadi kepikiran buat memahami banyak bahan yang biasa digunakan skincare.
    Karena konsumen saat ini uda cerdas-cerdas banget kan yaa.. Jadi sebagai yang jualan online, juga gercep kalo ditanyain ama buyer mengenai ingredients dan cocok untuk kulit dengan permasalahan tertentu.

    ReplyDelete
  27. Sedang menimbang-nimbang untuk lanjut berjualan buku online lagi tapi kali ini lewat Lazada. Jualan skincare yang lagi trending bagus juga ya asal produknya original pasti banyak yang beli

    ReplyDelete
Previous Post Next Post