Rekomendasi Game Simulasi Online untuk Anak di Komputer



Bagi sebagian orang, salah satu kegiatan yang selalu menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang adalah bermain game. Entah itu orang tua, remaja hingga anak-anak banyak yang gemar melakukan kegiatan ini di waktu senggangnya. Apalagi sekarang bermain game juga sudah bisa dilakukan di berbagai perangkat mulai dari handphone hingga komputer. Bahkan sekarang ada banyak game gratis yang bisa dimainkan lewat komputer tanpa perlu menginstal atau melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Di masa lalu, orang-orang yang suka bermain game mungkin akan mendapat komentar negatif seperti membuang waktu, merusak kesehatan mata dan berbagai opini negatif yang lainnya. Padahal sejatinya bermain game juga memiliki banyak manfaat bagi kita karena bermain game bisa membantu kinerja otak, melatih fokus, belajar strategi dan pastinya merehatkan pikiran kita. Tak hanya itu, sekarang bermain game malah bisa menjadi salah satu ladang penghasilan bagi mereka yang gemar menekuninya dan terjun ke dunia profesional. Jadi memang bukan zamannya lagi bagi kita untuk memandang remeh orang-orang yang suka bermain game. 

Manfaat Game Simulasi untuk Anak



Dua anak saya, Yumna dan Yafiq adalah anak-anak yang suka bermain game. Di jam-jam saat diperbolehkan memegang gadget, keduanya akan mengisinya dengan memainkan berbagai macam game yang mereka instal sendiri. Tentunya saya juga memeriksa game yang mereka mainkan tersebut apakah sudah sesuai umur atau belum. Selain itu pastinya saya juga menerapkan batasan dari lamanya mereka bermain game.

Salah satu jenis game yang biasanya disukai anak-anak aadalah game simulasi. Game simulasi adalah game yang menghadirkan sebuah kondisi seperti di dunia nyata dan adanya unsur bermain peran di dalamnya. Dalam game simulasi ini pemain akan dihadapkan pada berbagai situasi yang memerlukan  penyelesaian dengan target yang telah ditentukan. Game-game seperti Dinner Dash, Farm Frenzy adalah beberapa game simulasi yang sempat populer di masa saya . 

Tak berbeda dengan jenis game lainnya, game simulasi juga bisa memberikan manfaat bagi mereka yang memainkannya, termasuk untuk anak-anak. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari game simulasi ini antara lain:

Melatih fokus dan konsentrasi

Salah satu manfaat dari bermain game simulasi adalah dapat membantu dalam melatih fokus dan konsentrasi. Seperti yang kita ketahui bersama saat bermain game simulasi maka kita harus melakukan berbagai task atau tugas yang kalau tidak fokus maka akan membuat pekerjaan tersebut tidak terselesaikan. 

Belajar mengatur prioritas

Dalam bermain game simulasi pemain juga dilatih untuk mengatur prioritas pekerjaan mana yang harus dilakukan agar target bisa tercapai. Misalnya dalam game restoran, maka pemain akan belajar untuk memprioritaskan pembeli yang lebih dulu memesan agar pembeli tersebut tidak kecewa. 

Mengetahui target dan tujuan pekerjaan

Game simulasi juga mengajarkan pemainnya untuk mengetahui target dan tujuan dari pekerjaan yang diberikan padanya. Apakah itu targetnya adalah mencapai skor sekian atau melayani sekian pelanggan. Dengan adanya target dan tujuan dari pekerjaan ini pemain akan belajar untuk menetapkan target dalam permainannya. 

Mengelola keuangan

Pelajaran lain yang bisa didapat dari game simulasi adalah ilmu mengelola keuangan. Seperti yang kita tahu dalam permainan game simulasi biasanya pemain akan mendapatkan kesempatan melakukan upgrade peralatan yang dimilikinya dengan uang yang dihasilkan. 


Bermain game simulasi di mortgagecalculator.org


Dulu untuk bisa bermain game simulasi ini saya harus melakukan instalasi terlebih dahulu programnya. Parahnya lagi, karena game simulasi ini biasanya berbayar maka saya tak bisa memainkannya secara penuh kecuali dengan melakukan cheat alias cari mentahan yang sudah diunlock. Tentunya cara ini sangat berisiko karena bisa membuat komputer kita terkena virus dari file yang diinstal tersebut.

Untungnya sekarang sudah ada website yang menyediakan berbagai jenis game secara gratis tanpa perlu membayar atau biaya langganan. Salah satu website yang menyediakan game simulasi untuk anak adalah mortgagecalculator.org. Website mortgagecalculator.org ini sebenarnya adalah website finansial yang bisa membantu kita melakukan perhitungan terkait perencanaan keuangan di masa mendatang seperti biaya membeli rumah dan juga dana pensiun. Namun sekarang mortgagecalculator.org juga memiliki fitur tambahan yakni money games yang berisi berbagai permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa.

Ada berbagai jenis game yang bisa dimainkan di mortgagecalculator.org ini. Lewat game yang ada di mortgagecalculator.org kita bisa sekalian mengajarkan tentang kedua gan

Gocery Cashier

Grocery Cashier merupakan permainan mesin kasir di mana pemain akan diminta untuk memasukkan harga dari barang yang dibelanjakan layaknya seorang kasir. Jika harga barang yang dibeli sudah dimasukkan semua, maka pemain hanya perlu menekan tombol total dan mesin kasir akan menghitung total belanja pembeli. 




Jika angka total sudah muncul, maka pemain akan diminta untuk menginput jumlah uang yang diserahkan oleh pembeli tersebut dan jika ada kembalian maka pemain akan memilih beberapa jenis uang sesuai dengan total kembalian yang harus diserahkan kepada pembeli. Untuk bermain game ini teman-teman bisa klik link ini ya https://www.mortgagecalculator.org/money-games/grocery-cashier/.

Jewel Shop



Jewel Shop merupakan game simulasi di mana pemain akan berperan sebagai pemilik toko perhiasan dan sesuai dengan profesinya pemain akan diminta untuk melayani pembeli yang datang ke tokonya. Tentunya ada target pembeli yang harus dilayani oleh penjual. Game ini terdiri atas 10 level dan di setiap kenaikan level akan muncul jenis baru dari perhiasan yang dijual yang tentunya memerlukan konsentrasi yang lebih saat akan melayani pembeli. Teman-teman bisa memainkan permainan ini di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/jewel-shop/.

Farm Town 


Farm Town adalah game berkebun di mana pemain akan berperan sebagai petani yang bertugas menanam berbagai bibit di kebun dan menjualnya. Dengan hasil penjualan hasil panen ini, petani bisa membeli bibit baru, peralatan berkebun hingga membeli hewan ternak untuk memperbesar kebunnya. Tentunya dalam setiap level akan memiliki tingkat kesulitan dan goal-nya masing-masing dan kadang perlu kegigihan untuk bisa menyelesaikan level dari game ini. Adapun alamat untuk permainan ini adalah di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/farm-town/.

Itulah dia beberapa rekomandasi game simulasi online gratis yang bisa dimainkan anak-anak di komputer. Kalau teman-teman ingin tahu game lainnya bisa mampir ke website http://mortgagecalculator.org/money-games/ yaa.


9 Comments

  1. Nama game nya belum dimainkan anakku, btw ngelola keuangan bener banget nih soalnya kalo mau beli pesawat di game kan harus pake uang hehehe makasih informasi nya mba

    ReplyDelete
  2. Senangnya bisa main game sekaligus belajar, ya. Banyak game yang dapat dimainkan oleh anak-anak yang ternyata ada nilai positifnya juga. Tugas orang tua mengawasi dan tetap mendampingi, ya, Mbak supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan..

    ReplyDelete
  3. Wow, bisa seedukatif ini ya game masa kini. Catatan buat anak-anakku yang belum cukup usia. Setuju sama komen Mba Muyas di atas, tuga skita sebagai ortu untuk mengawasi dan mendampingi.

    ReplyDelete
  4. Baru tau website nya. Mesti teliti ya milih game anak plus gimana biar tetep ada dampak positifnya. Bisa nih sesekali jadi ide untuk me time bareng anak tentunya dengan rules ya

    ReplyDelete
  5. Wah, makasih infonya Mbak. Saya baru tau ada website seru kayak gini. Saya dan anak-anak penggemar game simulasi juga. Bermain sambil belajar tentunya bikin anak-anak makin happy ya

    ReplyDelete
  6. Setuju banget sm Mbak kl banyak game sumulasi yg bisa membantu anak untuk mengembangkan diri. Anak pun ga cepet bosan karena nggak berasa lagi belajar

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sekarang udah banyak game yang nggak cuma buat sekedar main saja tapi juga menstimulasi kecerdasan anak seperti di atas

    ReplyDelete
  8. Game yang sangat bermanfaat untuk anak-anak. Bermain sambil belajar keuangan sehingga bisa jadi kebiasaan nanti hingga dewasa

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya ada manfaatnya asal penggunaan juga bertanggung jawab dan sesuai porsi Andi. Kira-kira begitu ya?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post